Cara Mengaktifkan Kembali Touchpad Laptop Acer yang Tidak Berfungsi

Permasalah touchpad laptop Acer yang tidak berfungsi menjadi masalah yang umum terjadi bagi pengguna laptop Acer. Untuk itu kami akan memberikan cara mengaktifkan touchpad laptop Acer yang tidak berfungsi atau mati.

Saat ini Touchpad menjadi alat yang praktis digunakan sebagai navigasi di laptop. Kenapa praktis? karena sudah tertanam langsung di laptop tanpa harus memerlukan alat bantu seperti mouse.

Touchpad di setiap tipe Laptop terkadang memiliki fungsi yang berbeda karena mungkin ada beberapa tambahan fitur seperti sidik jari atau yang lainnya.

Sebelumnya saya pernah membahas cara mengaktifkan touchpad laptop Asus. Mungkin caranya hampir sama. Akan tetapi berbeda merek biasanya terdapat bebera cara yang berbeda. Karena hal tersebut kami memberikan cara mengaktifkan touchpad laptop Acer yang tidak berfungsi atau mati.

Jika touchpad yang sedang bermasalah atau tiba-tiba nonaktif sendiri bagaimana sih cara untuk mengaktifkan kembali touchpad laptop Acer? Tenang ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengaktifkan kembali. Berikut saya akan berbagi beberapa cara tersebut.

Penyebab Touchpad Laptop Acer Tidak Berfungsi

Sebelum membahas cara mengaktifkan kembali touchpad di laptop Acer,kalian harus mengetahui dahulu penyebab dari tidak aktifnya touchpad tersebut. Apa saja yang menyebabkan touchpad tidak berfungsi? Berikut beberapa penyebab touchpad laptop Acer tidak aktif:

  1. Penyebab utamanya biasanya dikarenakan touchpad mati sendiri atau tidak sengaja ternonaktifkan. Sehingga menyebabkan touchpad tidak bergerak karena nonaktif atau disable.
  2. Driver touchpad perlu diupdate, pengupdatean versi terbaru drive memang perlu dilakukan agar software dapat berjalan dengan baik. Tetapi jika kalian lupa mengupdate terkadang bisa menyebabkan error hingga bisa sampai tidak berfungsi dengan normal.
  3. Karena terpasang software Mouse, biasanya mouse manual hanya perlu dicolokkan saja pada laptop. Akan tetapi jika keadaan laptop atau mouse yang sudah tua biasanya diperlukan drive sehingga touchpad dan mouse tidak berebut menggerakkan kursor yang bisa menyebabkan salah satu menjadi tidak berfungsi.
  4. Touchpad tidak berfungsi karena install ulang windows, hal ini disebabkan karena ada masalah pada sistem atau format yang kurang tepat pada saat install ulang. Perlu diperhatikan bahwa saat install ulang harus berjalan sebagai mana mestinya dan jangan sampai memaksakan format pada laptop yang bisa berakibat fatal pada laptop kalian.
  5. Touchpad tidak berfungsi karena sedang dicas, terkadang touchpad akan sedikit mengalami error ketika dipakai bersama dengan saat laptop dicas. Dan juga karena cas yang digunakan tidak asli atau sedang bermasalah juga bisa menyebabkan touchpad tidak bisa berfungsi atau bekerja dengan baik.

Beberapa hal di atas harus kalian waspadai agar laptop kalian bisa awet dan tahan lama sehingga bisa di gunakan dalam jangka waktu yang lama. Karena jika barang yang kita pakai awet tentunya kita juga bisa berhemat.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus yang Tidak Berfungsi

Cara Mengaktifkan Kembali Touchpad Acer yang Tidak Berfungsi

Jika kalian sedang mengalami masalah touchpad laptop Acer tidak berfungsi atau tiba tiba mati. Maka kalian harus menerapkan beberapa cara untuk mengaktifkannya kembali touchpad laptop Acer yang mati ini. Ada beberapa cara yang dapat kalian coba.

  1. Mengaktifkan Kembali Touchpad Disable

Apabila touchpad sengaja dinonaktifkan atau nonaktif sendiri sehingga tidak berfungsi, kalian bisa menggunakan tombol kombinasi pada keyboard atau tombol yang terdapat icon touchpad biasanya terletak di tombol yang di awali huruf F mulai dari F1-F12.

Untuk tombol kombinasi pada Laptop Acer kalian bisa menggunakan kombinasi tombol Fn + F6 atau F7 dengan menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan.

Setelah itu kalian bisa memeriksa dengan mencoba touchpad telah berfungsi kembali atau belum. Jika sudah berfungsi kembali berarti cara menghidupkan kembali touchpad laptop Acer ini berhasil.

Atau jika F6 dan F7 tidak berhasil, maka cari tombol F yang bergambar touchpad.

Cara Mengaktifkan Kembali Touchpad Laptop Acer

  1. Mengaktifkan Touchpad melalui Setting atau Pengaturan Laptop

Setiap fitur software di laptop maupun komputer pasti memiliki pengaturan yang tersedia di settings atau pengaturan, termasuk juga touchpad. Bagaimana cara untuk mengaktifkan touchpad melalui settings atau pengaturan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Windows kemudian ketikkan Mouse pada kolom pencarian atau search.
  • Setelah itu akan masuk ke bagian Menu Properties.
  • Kemudian Pilih Device Manager.
  • Pada bagian Touchpad silahkan klik tab beberapa kali sehingga muncul pilihan Enable kemudian klik Enter
  • Touchpad sudah berfungsi kembali.
  1. Update Driver Melalui Device Manager

Jika touchpad masih belum berfungsi kalian bisa mencoba untuk mengupdate driver untuk mencari touchpad yang terbaru secara otomatis dengan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Klik kolom Search pada Start Menu.
  2. Ketikkan Device Manager, kemudian buka.
  3. Klik kanan Driver Touchpad
  4. Pilih opsi Update Driver Software.
  5. Klik Search Automatically for Drivers.
  6. Tunggu sebentar sampai proses selesai.
  7. Jika touchpad sudah terinstal matikan laptop sebentar kemudian hidupkan kembali dan periksa apakah touchpad sudah berfungsi lagi atau belum.

Perlu diketahui, cara ini harus menggunakan koneksi internet. Dan pastikan kalian menggunakan koneksi internet yang lancar dan stabil.

  1. Mengunduh Driver Touchpad dari Website Acer

Silahkan kunjungi website resmi dari Acer, kemudian ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Masukkan nomor seri, SNID atau nomor model dari laptop Acer atau masukkan kotegori, seri dan model dari laptop Acer.
  • Tentukan Sistem Operasi yang kalian gunakan
  • Pilih Driver Touchpad yang sesuai dengan Laptop kalian kemudian unduh atau download.
  • Install Driver Touchpad dan setelah terinstall kalian bisa coba untuk menggunakannya.
  1. Periksa Charger Laptop

Pastikan kalian menggunakan charger laptop original. Karena biasanya charger laptop yang tidak original mempunyai kualitas yang berbeda dari charger laptop original.

Atau kalian dapat mencoba untuk melepas charger dan mengetes touchpad apakah dapat digunakan atau tidak.

  1. Bawa ke Service

Jika dari semua cara mengaktifkan kembali touchpad laptop Acer tidak berfungsi di atas tidak berhasil, bisa dipastikan touchpad memang sedang bermasalah atau bahkan terjadi kerusakan pada perangkat touchpad. Maka kalian harus segera membawanya ke teknisi ahli atau ke service center khusus laptop Acer.

Jika garansi laptop masih berlaku. Segera mungkin untuk memperbaiki agar tidak lebih parah rusaknya.

Nah itu tadi pembahasan tentang cara mengaktifkan touchpad laptop Acer di Windows 10, 8, 7 dan lainnya. Selain itu kami juga sudah memberikan apa saja penyebab touchpad laptop Acer tidak berfungsi.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan jika ada yang kurang dipahami, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar di bawah.

Dan jangan lupa bagikan artikel cara mengatasi touchpad laptop Acer tidak berfungsi ini ke teman-teman kalian dengan klik tombol share yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar