7 Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus yang Tidak Berfungsi

Beberapa pengguna laptop Asus mengalami touchpad yang tidak bisa digerakkan. Untuk itulah kali ini kami akan memberikan cara mengaktifkan touchpad laptop Asus di Windows 10, 8, dan 7.

Touchpad adalah alat atau perangkat penunjuk (pointing device atau pointer) berbentuk papan sentuh berfungsi menjalankan cursor dengan ukuran variatif (40 cm²/ 6,3 x 6,3 cm atau sekitar 6 inci²) yang terdapat di perangkat laptop.

Touchpad menjadi alat penunjuk standar paten dan menempel di laptop. Touchpad bekerja menerjemahkan posisi cursor dengan gerakan jari pada touchpad ke posisi relatif di layar komputer.

Jika kalian terbiasa menggunakan mouse, touchpad juga dapat digunakan sebagai alternatif penggerak jika kalian menggunakan laptop pada meja dengan ukuran yang kecil atau sempit.

Touchpad sendiri diciptakan agar memudahkan dalam menggunakan laptop jika dibawa ke mana saja, tidak memerlukan perangkat tambahan seperti mouse dan tentunya menjadi lebih praktis.

Dengan manfaat tersebut, rasanya fungsi touchpad sangat penting bagi sebuah laptop. Lalu bagaimana jika touchpad laptop Asus tidak berfungsi?

Pada artikel ini kami akan memberikan khusus bagi kalian pengguna laptop Asus yaitu tentang bagaimana cara mengaktifkan touchpad laptop Asus yang mati.

Penyebab Touchpad Laptop Asus Tidak Aktif

Terkadang saat kita menggunakan laptop dan ternyata touchpad laptop Asus tidak berfungsi, hal tersebut sangat menyebalkan bukan? Tentunya begitu apalagi jika sedang mengerjakan tugas, mendesain ataupun lainnya.

Tapi ternyata ada hal-hal yang menyebabkan touchpad tidak berfungsi bahkan nonaktif. Berikut beberapa hal yang menyebabkan touchpad tidak berfungsi:

  1. Kesalahan Sistem Pada Laptop

Update otomatis windows terkadang dapat menyebabkan touchpad nonaktif sendiri. Karena tidak semua laptop dapat menyesuaikan langsung dengan update terbaru windows.

  1. Kelalaian Pengguna

Ini biasanya juga sering terjadi, karena lalai menggunakan touchpad dengan kasar atau terlalu menekan dengan keras dapat menyebabkan touchpad tidak berfungsi dengan baik.

Selain itu ketika kita makan sesuatu remah remah kecil dan jatuh mengenai touchpad, hal tersebut menyebabkan touchpad kotor dan bisa saja remahan tersebut akan menyelinap masuk ke touchpad dan menyebabkan touchpad rusak.

Hendaknya ketika kita menggunakan touchpad laptop, pastikan tangan kita bersih atau cuci tangan dulu sebelum menggunakan laptop kalian.

  1. Touchpad Belum Diaktifkan

Terkadang bagi kalian yang terlalu nyaman memakai mouse, kalian secara tidak sengaja menonaktifkan touchpad agar tidak mengganggu.

Akan tetapi saat kalian tidak menggunakan mouse, maka kalian harus mengaktifkan touchpad yang sebelumnya kalian nonaktifkan tersebut.

Nah disini banyak orang lupa bahwa ia pernah menonaktifkan touchpad dan belum mengaktifkannya kembali.

Dari beberapa penyebab yang menyebabkan touchpad laptop Asus tidak berfungsi, tentunya kalian harus mengantisipasi agar touchpad tetap awet dengan menghindari ketiga hal di atas.

Setelah mengetahui penyebab dari touchpad Laptop Asus tidak berfungsi atau nonaktif, kini saatnya kami akan memberikan cara menghidupkan touchpad Laptop Asus.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Acer

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus

Ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan untuk mengaktifkan touchpad, jika touchpad nonaktif sendiri atau terkunci sendiri berikut beberapa cara tersebut.

Perlu diketahui cara mengaktifkan touchpad laptop Asus ini dapat digunakan untuk semua seri laptop Asus seperti ZenBook, ExpertBook, VivoBook, ROG, TUF Gaming, Chromebook, a442u, x441b, x441n, x441u, a455l dan masih banyak lainnya.

  1. Menggunakan Tombol Kombinasi Keyboard

Untuk mengaktifkan touchpad di laptop Asus, kalian dapat menggunakan shortcut keyboard yang letaknya paling atas biasanya didominasi denga awalan huruf F. Atau kalian juga bisa langsung melihat jika ada gambar touchpad pada shortcut keyboard tersebut bisa langsung kalian klik saja untuk mengaktifkan.

Jika tidak bisa kalian bisa menggunakan kombinasi shortcut keyboard seperti di bawah ini :

  • Fn dan F9
  • F3
  • F10
  • Fn dan F5
  • Fn dan F6
  • Fn dan F7

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus

Sebenarnya setiap seri laptop Asus mempuyai kombinasi tombol yang berbeda-beda. Jadi untuk mengaktifkan touchpad Laptop Asus, sesuaikan dengan icon touchpad pada keyboard kalian.

Cari tombol yang bergambar touchpad dan pencet tombol tersebut. Jika masih tidak bisa tambahkan tombol Fn dan tekan tombol yang bergambar touchpad tersebut.

  1. Mengaktifkan Melalui Pengaturan Windows

Ada dua versi yang dapat kalian gunakan yaitu menggunakan Windows 8 dan Windows 10. Sesuaikan dengan Windows yang kalian pakai pada laptop Asus kalian.

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus Windows 8

Untuk mengatasi touchpad laptop Asus tidak berfungsi di Windows 8, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Start Menu terlebih dahulu.
  2. Pada kolom Search silahkan Ketik Mouse.
  3. Akan muncul jendela baru pada layar laptop kalian.
  4. Cek status Touchpad pada tab Device Options.
  5. Jika tidak aktif, silakan klik Aktifkan.

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus Windows 10

Untuk mengatasi touchpad laptop Asus tidak berfungsi di Windows 10, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik Start kemudian klik Logo Settings (Icon Gerigi) pada laptop kalian.
  2. Masuk ke menu Device lalu buka Touchpad
  3. Di jendela itu kalian bisa melihat apakah Touchpad aktif atau tidak. Jika tidak aktif maka Aktifkan.

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus Windows 10

Jika ternyata kalian masih tidak dapat menggunakan touchpad, maka kalian harus menerapkan cara yang lainnya agar touchpad kalian dapat berfungsi.

  1. Update Driver Touchpad

Cara selanjutnya kalian bisa mengupdate driver touchpad, terkadang versi yang terlalu lama juga bisa menyebabkan touchpad bermasalah. Kalian bisa mengupdate nya melalui Device Manager, berikut langkah-langkahnya:

  • Klik kolom Search pada Start Menu kemudian ketikkan Device Manager.
  • Buka Device Manager.
  • Klik kanan Driver Touchpad, silahkan pilih opsi Update Driver Software.
  • Kemudian klik Search Automatically for Drivers.
  • Tunggu beberapa saat sampai laptop menemukan Driver Touchpad.
  • Jika sudah terinstal, Aktifkan Touchpad.

Jika bingung mencari Driver Touchpad nya, kalian bisa periksa pada bagian Mice and Other Pointing Device. Untuk cara mengaktifkan touchpad laptop Asus ini, kalian diharuskan untuk terkoneksi dengan internet. Cari koneksi internet yang stabil dan cepat agar proses pencarian driver touchpad dapat berjalan lancar.

  1. Uninstal Driver Touchpad

Jika dengan mengupdate belum berhasil kalian bisa mencobanya dengan menguninstal driver touchpad. Berikut lagkah-langkah untuk menguninstal driver touchpad:

  • Pada kolom Search Start Menu Ketik Device Manager.
  • Buka Device Manager.
  • Kemudian cari Driver Touchpad menu
  • Klik kanan pad Driver Touchpad lalu pilih opsi Uninstall
  • Selanjutnya Restart Laptop
  • Kemudian periksa kembali Touchpadnya apakah sudah berfungsi lagi atau belum.

Langkah ini sudah dipastikan aman, karena jika laptop Asus dinyalakan kembali, maka driver touchpad akan otomatis terinstal kembali.

  1. Nonaktifkan Tablet Input Service

Fitur ini terkadang mengganggu performa dari Touchpad. Touchpad bisa terganggu dan terkunci.

Untuk cara mengatasi touchpad laptop Asus tidak berfungsi, maka lebih baik nonaktifkan saja Tablet Input Service, berikut langkah-langkahnya:

  • Ketuk tombol Windows + R pada keyboard.
  • Ketikkan services.msc kemudian klik OK.
  • Masuk menu Services Windows.
  • Cari pengaturan Tablet Input Service pada menu.
  • Pada Tablet Input Service Klik kanan lalu pilih Disable untuk menonaktifkan fitur Tablet Input Sevice.

Setelah itu, alangkah baiknya kalian melakukan restart pada Laptop Asus agar sistem berjalan dengan normal kembali

  1. Periksa Changer Laptop

Changer rusak juga bisa mempengaruhi kinerja Touchpad, pastikan charger laptop dalam keadaan normal. Periksa juga pada baterai laptop. Jika keduanya terasa kurang normal lebih baik segera diganti saja agar kinerja touchpad kembali normal.

  1. Segera Service Laptop

Jika langkah di atas tidak berhasil, maka dapat dipastikan touchpad memang dalam keadaan rusak, maka jalan satu-satunya adalah membawa laptop ke Service Center Laptop.

Kalian dapat melakukan klaim garansi ke Asus Service Center jika laptop Asus kalian masih dalam masa garansi. Untuk mengetahui apakah laptop kalian masih dalam masa garansi atau tidak, kalian perlu mengetahui cara cek garansi laptop Asus.

Tips Agar Touchpad Tetap Awet

Agar Touchpad tetap Awet dan tahan lama maka kalian saya sarankan beberapa hal berikut. Ikuti tips berikut untuk merawat touchpad kalian.

  • Jauhkan Touchpad dari air. Jika sudah tertumpah air, touchpad mungkin akan mengalami kerusakan. Karena air merupakan salah satu benda yang harus dihindarkan dari barang elektronik.
  • Jika menemukan kotoran di atas touchpad, maka segera bersihkan.
  • Gunakan touchpad dengan sentuhan yang wajar dan jangan terlalu keras.

Nah itu tadi pembahasan tentang cara mengaktifkan touchpad laptop Asus. Selain itu kami juga sudah memberikan apa saja penyebab touchpad laptop Asus tidak berfungsi dan berbagi tips agar touchpad Laptop tetap awet dan bertahan lama.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian dan jika ada yang kurang dipahami, silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar di bawah.

Dan jangan lupa bagikan artikel cara mengatasi touchpad laptop Asus tidak berfungsi ini ke teman-teman kalian jika artikel ini dirasa bermanfaat dengan klik tombol share yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar