Cara Mengatasi Gagal Upload File Ditolak Server di Google Form

Beberapa formular di Google Form, mengharuskan kalian untuk mengunggah file. Akan tetapi tidak sedikit yang mengalami ditolak server Google Form. Berikut akan kami berikan cara mengatasi gagal upload file ditolak server di Google Form.

Gagal Upload file di Google Forrm ini sudah sering terjadi dan kalian tidak perlu khawatir. Hal ini disebabkan oleh beberapa penyebab yang menyebabkan hal tersebut. Untuk itulah kalian harus mengatasi tidak bisa upload di Google Form ini.

Akan tetapi sebelum itu pastikan kalian mengetahui penyebab dari gagal upload di Google Form. Upload memiliki arti proses transmisi file dari satu sistem ke sistem yang lain. Gagal upload bisa diartikan ketika akan mengirimkan file dan file tersebut tidak bisa terkirim alias gagal.

Cara Mengatasi Gagal Upload File Ditolak Server di Google Form

Penyebab Gagal Upload File Ditolak Server di Google Form

Tentunya ada banyak penyebab yang membuat gagal upload file di Google Form. Apa saja sih yang menyebabkan file gagal upload? Berikut saya akan membagikan beberapa sebab tersebut:

  1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Koneksi yang tidak stabil menjadi salah satu penyebab file gagal upload di Google Form. Karena jika koneksi internet tidak stabil, file yang seharusnya hanya dalam beberapa detik bisa terupload maka bisa membutuhkan waktu yang lebih lama sehingga bisa saja kita membatalkan upload file karena terlalu lama.

  1. Jenis File Tidak Sesuai

Banyak sekali jenis format file, tetapi tidak semua bisa diupload di Google Form. File gagal upload disebabkan file tersebut formatnya tidak mendukung atau tidak terdaftar.

  1. Ukuran File Yang Terlalu Besar

Ukuran file yang akan diupload di Google Form dapat diatur oleh pembuat Google Form, jadi pastikan ukuran file kalian tidak melebihi batas dari yang sudah ditetapkan. Jika pada Google Form tidak diberikan deskripsi maksimal ukuran file, maka hubungi pembuat Google Form untuk mengetahui batas ukuran maksimal file.

  1. File Rusak

File rusak juga dapat menyebabkan gagal upload di Google Form. Untuk mengetahui apakah file rusak atau tidak, kalian dapat membukanya terlebih dahulu. Jika file dapat terbuka, maka file tersebut tidak rusak.

Beberapa hal di atas adalah penyebab yang sering temukan atau umum terjadi ketika mengalami gagal upload file atau ditolak server Google Form.

Baca Juga: Contoh Kuesioner Google Form

Cara Mengatasi Gagal Upload File Ditolak Server di Google Form

Jika sudah mengetahui apa penyebab dari gagalnya upload file di Google Form, tentunya kalian ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi ditolak server Google Form tersebut. Berikut cara-cara yang bisa kalian coba untuk mengatasinya:

  1. Gunakan Koneksi Internet yang Stabil

Penyebab umum biasanya adalah dikarenakan koneksi internet yang tidak stabil, keadaan ini menjadi kendala yang cukup mengganggu. Jadi pastikan ketika kalian akan mengupload file keadaan koneksi internet stabil. Jaringan dikatakan stabil apabila tidak naik turun, hilang timbul dan tidak berganti mode jaringan secara tiba tiba.

  1. Gunakan File Yang Didukung

Jenis-jenis file yang sesuai atau mendukung untuk diupload di antaranya adalah sebagai berikut.

  • File gambar/foto/image dengan format GIF, JPG/JPEG, PNG, ICO
  • File suara dengan format MP3, MID, AMR, WAV, AAC
  • File video dengan format MP4, 3GP
  • File dokumen dengan format DOC, DOCX, RTF
  • File excel dengan format XLS, XLSX, CSV
  • File lainnya dengan format SIS, SISX, JAR, JAD, ZIP, RAR, NTH, THM, SWF, TXT, PDF, APK, COD, CSS

Jika format file yang kalian punya tidak tersedia diatas kalian bisa mempack file tersebut ke dalam bentuk ZIP/RAR dengan menggunakan PC ataupun menggunakan aplikasi. Atau jika belum mengetahui baca artikel cara membuat file rar.

  1. Jangan Melebihi Batas Ukuran Maksimal File

Ukuran file yang akan diupload pastikan tidak melebihi dari ukuran yang tentukan misal ukuran maksimal upload 10 MB, pastikan kalian mengupload file dengan ukuran di bawah atau sama dengan ukuran yang ditentukan.

Kalian juga bisa menanyakan kepada pembuat Google Form atau membaca deskripsi pada Google Form tersebut terkait dengan batas ukuran maksimal file.

  1. Pastikan File Tidak Rusak

Pastikan kalian mengecek keadaan file sebelum diupload apakah rusak atau tidak. Jika file rusak karena mengubah bentuk file secara langsung tanpa melalui aplikasi bantuan maka ketika akan mengubah bentuk file silahkan gunakan Jasa Convert Online baik dari aplikasi, software maupun website yang tersedia di Google.

Jika sudah melakukan convert file, pastikan kalian membuka filenya terlebih dahulu untuk memastikan bahwa file tidak rusak.

  1. Bersihkan Cache dan Cookies

Bersihkan data browser berupa cache, cookie, dan data lainnya yang bisa menganggu dalam mengupload file.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kunci Jawaban di Google Form

Itulah penyebab dan cara mengatasi gagal upload file ditolak server di Google Form yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kalain yang sedang mengalami masalah tersebut.

Jika diras artikel ini bermanfaat, kalian dapat membagikan melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Atau jika ada yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar