Cara Mengatasi Perangkat Anda Tidak Kompatibel Dengan Versi Ini di Play Store

Bagaimana cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini di Play Store? Pertanyaan tersebut pasti tiba – tiba muncul di benak kalian apabila Play Store sedang bermasalah pada saat kalian ingin mengunduh aplikasi.

Meskipun Google Play Store merupakan aplikasi donwload yang resmi di Android, namun beberapa orang pernah mengalami masalah pada aplikasi Play Store ini. Masalah yang sering ditemukan ketika menggunakan Play Store ini adalah Perangkat Anda tidak kompatibel dengan versi ini. Selain itu masih ada masalah lainnya seperti metode pembayaran google play ditolak atau metode pembayaran tidak tersedia.

Jika kalian pernah mengalami hal tersebut, pastinya kalian merasa kesal. Apalagi jika aplikasi yang akan kalian download tersebut sangatlah penting. Lalu adakah cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel dengan versi ini? Pastinya ada, dan semuanya telah kami rangkum pada artikel hari ini.

Munculnya pemberitahuan perangkat tidak kompatibel ini bisa disebabkan oleh bermacam macam hal. Penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store adalah dikarenakan perangkat atau ponsel yang kalian gunakan tidak memenuhi standard yang dibutuhkan aplikasi tersebut.

Akan tetapi hal tersebut masih dapat diatasi dengan berbagai cara yang akan saya jelaskan di bawah. Untuk itu perhatikan cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel dengan versi ini di Play Store berikut ini.

Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel di Play Store

Sebelum beranjak ke cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel di Play Store, kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab perangkat tidak kompatibel dengan versi ini di Play Store. Berikut adalah penyebabnya :

  1. Versi OS Android Tidak Sesuai

Setiap aplikasi pasti mempunyai spesifikasi yang dibutuhkan, apabila kalian mempunyai ponsel dengan sistem operasi yang rendah maka untuk menginstall aplikasi yang kalian inginkan tersebut, kalian harus melakukan upgrade Operating System terlebih dahulu

  1. Aplikasi Membutuhkan Spesifikasi Tinggi

Terdapat beberapa aplikasi yang mengharuskan penggunanya memiliki spesifikasi smartphone yang cukup tinggi. Apabila kalian mendapatkan notifikasi perangkat tidak kompatibel dengan versi ini, maka kalian perlu mencari tahu terlebih dahulu apakah smartphone yang kalian gunakan support dengan aplikasi tersebut

  1. Belum atau Tidak Tersedia Di Negara Pengguna

Beberapa aplikasi di Play Store tidak diluncurkan di semua negara. Hal yang terjadi apabila aplikasi tersebut diinstall di tempat yang tidak diizinkan, maka akan muncul peringatan perangkat tidak kompatibel.

Nahh, itulah kira – kira penyebab perangkat kalian tidak kompatibel di Play Store. Dengan mengetahui penyebab aplikasi tidak kompatibel di Play Store, kalian dapat mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel di Play Store.

Baca Juga : Cara Menambahkan Metode Pembayaran Telkomsel

Cara Mengatasi Perangkat Anda Tidak Kompatibel Dengan Versi Ini di Play Store

Munculnya peringatan perangkat tidak kompatibel ini juga dapa disebabkan oleh Play Store itu sendiri. Terkadang perangkat kita sudah mempunyai spesifikasi cukup tinggi tapi masih saja muncul peringatan perangkat tidak kompatibel dengan perangkat ini. Lalu bagaimana cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel di Play Store?

Ada empat cara yang bisa kalian gunakan untuk cara mengatasi aplikasi tidak kompatibel yaitu bisa dengan menginstal dengan file APK,  mengganti wilayah di perangkat, mencari tempat download alternatif, dan mengubah versi perangkat kalian. apakah kalian penasaran dengan tutorialnya? Berikut ini adalah tutorial lengkap dan singkat tentang cara membuat aplikasi menjadi kompatibel di Play Store.

Menghapus Data dan Cache Play Store

Bisa jadi munculnya peringatan perangkat tidak kompatibel dengan versi ini dikarenakan terjadi error pada Google Play Store kalian. Karena itu kalian perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi aplikasi tidak kompatibel ini. Salah satu hal yang dapat kalian lakukan adalah dengan menghapus data dan cache Play Store.

Cara mendownload aplikasi yang tidak kompatibel ini bisa dibilang cukup mudah dilakukan. Kalian hanya tinggal masuk pada Pengaturan kemudian pilih Aplikasi setelah itu cari aplikasi Google Play Store dan pilih Hapus Data dan Cache.

cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel di Play Store

Mencari Tempat Download Alternatif

Tutorial pertama yang bisa kalian ikuti dalam cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store adalah dengan menginstal menggunakan file APK di tempat download alternatif seperti APKPure, APKMirror, Aptoide, dan lainnya.

Untuk bisa menginstall file APK di smartphone android kalian, pastikan sudah mengaktifkan fitur untuk install aplikasi dari sumber tidak diketahui dengan cara:

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings pada smartphone kalian
  2. Setelah itu dilanjutkan dengan mencari menu Security
  3. Jika sudah menemukannya, selanjutnya silahkan pilih menu Unknown Source

Setelah kalian mengaktifkan install aplikasi dari sumber yang tidak dikenal, kalian tinggal unduh saja aplikasi pada website yang menyediakan aplikasi yang kalian inginkan. Setelah mendapatkan file APKnya silahkan install seperti biasa.

Dengan mencoba market selain Google Play Store, kalian akan dapat melakukan cara download aplikasi yang tidak kompatibel, karena biasanya market – market di atas memiliki ketentuan yang berbeda dengan kebijakan di Google Play Store.

Baca Juga : Cara Mengubah Metode Pembayaran Google Play

Mengganti Wilayah Dengan VPN

Sebenarnya untuk cara download aplikasi tidak kompatibel di Play Store pertama tadi sudah cukup mudah untuk dilakukan, namun bagaimana jika belum berhasil? Tidak perlu khawatir, kami masih memiliki cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel di play store dengan mengubah wilayah di perangkat menggunakan VPN.

VPN atau singkatan dari Virtual Private Network merupakan sebuah aplikasi yang bisa digunakan untuk menghubungkan ke negara di mana aplikasi tersebut bisa digunakan. Misalnya, saat kalian akan mencoba game Android terbaru yang biasa terlebih dulu hadir di China, berarti kalian harus menggunakan VPN dan terhubung ke server China terlebih dulu.

Untuk menggunakannya, kalian dapat menginstal salah satu aplikasi VPN yang kalian percaya. Atau kalau tidak, kalian bisa mengaturnya sendiri, tetapi tentu saja kalian harus membeli atau berlangganan akun VPN tersebut jika ingin menentukan negaranya.

Apabila kalian menggunakan VPN gratis kemungkinan besar akan mendapatkan kendala, seperti aplikasi tidak lancar atau ping merah saat bermain game online multiplayer. Maka dari itu agar lebih baik, kalian bisa berlangganan akun VPN premium.

Aplikasi VPN yang dapat gunakan diantaranya adalah Turbo VPN, Speedy Quark VPN, VPN Master, Nord VPN, dan masih banyak lagi. Kalian bisa mencarinya di Play Store dan mengetikkan kata VPN.

Melakukan Upgrade (Pembaruan) Sistem

Cara mengatasi perangkat tidak kompatibel di Play Store selanjutnya adalah dengan melakukan pembaruan sistem. Mungkin salah satu munculnya peringatan perangkat kalian tidak kompatibel dengan versi ini dikarenakan kalian belum melakukan update sistem ke versi yang paling baru.

Segera kalian melakukan pembaruan sistem, karena pembaruan tersebut sangatlah berguna bagi ponsel kalian. Dengan melakukan pembaruan sistem ke versi yang terbaru, kalian diharapkan dapat mengunduh aplikasi yang diinginkan. Melakukan pembaruan sistem juga termasuk salah satu upaya merawat handpohone, karena melakukan update akan memperbaiki kesalahan-kesalahan sistem pada versi sebelumya.

Bagaimana menurut kalian, apakah cara mengatasi perangkat anda tidak kompatibel di Play Store tadi cukup membantu dan mudah? Tentunya sangat mudah bukan?

Apabila kalian mengalami permasalahan pada Play Store, silahkan ikuti cara mengatasi perangkat tidak kompatibel dengan versi ini di Play Store pada artikel ini. jangan lupa untuk share juga ya, sebarkan ke teman, keluarga, atau kerabat agar mereka juga bisa memperbaiki Play Store yang bermasalah. Jika terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar