Cara Mengatasi Printer Error 5100 dan 5200 Canon IP2770

Error 5100 atau 5200 pada printer Canon IP2770 sudah banyak dialami oleh pengguna printer tersebut. Untuk itulah kami akan memberikan cara mengatasi printer error 5100 dan 5200 Canon IP2770.

Printer Canon IP2770 bisa dikatan printer sejuta umat mengingat printer ini sangat banyak diguanakan baik keperluan kantor maupun keperluan pribadi.

Akan tetapi printer ini merupakan printer dari Canon yang merupakan seri yang sangat lama. Jadi tidak heran jika printer ini sering mengalami error.

Karena printer ini adalah printer keluaran lama, sistem yang ada masih mempunyai banyak bug (kesalahan). Akan tetapi kesalahan tersebut sangatlah kecil dan tidak menyebabkan printer Canon IP2770 mati total.

Salah satu masalah yang sering muncul adalah error 5100 dan 5200 Canon IP2770. Error tersebut biasanya muncul saat kalian sedang melakukan print menggunakan printer Canon IP2770 ini.

Lalu bagaimana cara mengatasi printer error 5100 dan 5200 Canon IP2770. Untuk memperbaikinya kalian dapat membaca artikel kami di bawah ini.

Cara Mengatasi Printer Error 5100 dan 5200 Canon IP2770

Cara memperbaiki printer error 5100 dan 5200 Canon IP2770 ini bisa dibilang susah susah gampang. Karena kalian diharuskan melakukan beberapa langkah agar printer Canon IP2770 dapat berjalan normal kembali.

Kami sangat merekomendasikan kalian dapat memperbaiki error 5100 dan 5200 Canon IP2770 ini sendiri. Karena jika kalian dapat memperbaikinya sendiri, kalian tidak perlu membawa printer ke service atau teknisi ahli.

Hal tersebut dapat menghemat uang kalian beserta kalian akan mendapatkan ilmu baru untuk memperbaiki printer Canon IP2770. Untuk lebih lengkapnya beriku adalah cara mengatasi printer error 5100 dan 5200 Canon IP2770.

Error 5100 Canon IP2770

Error 5100 pada printer Cannon IP2770 terjadi ditandai dengan notifikasi pada layar komputer seperti berikut ini:

Service Error 5100

Cancel printing and turn the printer off and then on again. If this doesn’t clear the error, see the printer manual for more detail.

Selain itu biasanya jika printer mengalami masalah 5100 ini, lampu printer dekat tombol resume dan power akan berkedip-kedip bergantian satu kali. Karena hal tersebut, kalian perlu mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Error 5100 Canon IP2770

Penyebab utama error 5100 Canon IP2770 adalah karena adanya gangguan pergerakan mekanik printer. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa penyebab diantaranya:

  1. Selang infus mengganggu pergerakan rumah cartridge, sehingga selang infus nyangkut karena terlalu pendek
  2. Gear box mekanik ada yang patah
  3. Ada benda yang masuk ke bagian mekanik yang mengganggu sistem kerja printer

Dengan mengetahui penyebab error 5100 Canon IP2770 di atas, maka selidiki apakah pinter kalian mengalami penyebab yang sudah kami sebutkan di atas.

Cara Mengatasi Error 5100 Canon IP2770

Jika kalian mengalami error 5100 pada printer Canon IP2770, maka solusi terbaik untuk memperbaikinya adalah sebagai berikut.

  1. Rapikan Selang Infus

Jika selang infus yang menjadikan permasalahan, maka rapikan selang infus sehingga tidak mengganggu jalannya pergerakan rumah cartridge. Buat serapi mungkin agar tidak tersangkut lagi.

  1. Perbaiki Gear Box

Jika gear box mekanik ada yang patah, maka kalian harus segera memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru jika tidak memungkinkan untuk diperbaiki.

  1. Bersihkan Printer

Jika ada benda atau sampah yang mengganggu jalannya printer, maka kalian harus membongkar printer kemudian ambil benda/sampah itu dan buang jauh-jauh.

Selain beberapa cara yang sudah kami berikan di atas, kami mempunyai cara lain apabila ternyata printer Canon IP2770 masih tidak dapat berjalan normal kembali. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  • Pertama matikan printer terlebih dulu.
  • Keluarkan kedua cartridge (catridge hitam dan warna) dari dalam printer.
  • Bersihkan konektor terminal catridge. Untuk membersihkan permukaan konektor terminal cartridge dari kotoran, gunakan kain yang sudah dibasahi alkohol atau juga bisa menggunakan penghapus pensil.
  • Setelah terminal konektor catridge berhasil dibersihkan, pasang kembali cartridge ke dalam mesin printer.
  • Jika printer menggunakan sistem selang infus, cek kembali jalurnya selang infus yang mensuplai tinta pada cartridge. Pastikan rapi dan tidak berantakan sehinggga tidak menghambat jalannya cartridge.
  • Cek lagi pada tempat pemberhentian cartridge apakah ada kotoran atau sampah kertas. Jika ada segera ambil dan bersihkan.
  • Selesai dan coba nyalakan kembali printer.

Cara di atas dapat kalian coba untuk mengatasi masalah printer dengan kode error 5100 Canon IP2770. Jika kalian sudah menerapkan cara di atas dan printer masih tidak bisa digunakan, maka segera bawa ke service atau teknisi ahli.

Baca Juga: Cara Mengatasi Printer Error 5B00 dan B200 Canon IP2770

Error 5200 Canon IP2770

Secara umum error 5200 pada printer Canon IP2770 ditandai dengan munculnya notofikasi pada layar komputer atau laptop kalian sebagai berikut:

Error Number: 5200

A printer error has occurred. Turn the printer off and then on again. If this doesn’t clear the error, see the user’s guide for more detail.

Penyebab Error 5200 Canon IP2770

Beberapa penyebab dapat mengakibatkan terjadi error printer Canon IP2770 dengan kode 5200. Akan tetapi error ini biasanya disebabkan karena kertas tersangkut pada saat proses pengeprint-an.

Cara Mengatasi Error 5200 Canon IP2770

Untuk mengatasi error 5200 Canon IP2770, kami mempunyai dua cara yang bisa kalian coba. Untuk lebih jelasnya, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

Cara Pertama

  1. Hidupkan printer terlebih dahulu.
  2. Coba test dengan melakukan pengeprintan mencetak sebuah dokumen. Jika tidak bisa dan muncul Error 5200 pada layar komputer kalian, segera cabut kabel listriknya tanpa menekan tombol ON/OFF pada printer
  3. Buka printer, kemudian tarik cartridge ke tengah secara manual dengan cara tekan kait pengunci yang berwarna putih terletak di belakang head kemudian tarik cartridge ke tengah.
  4. Cabut semua cartridge dan tetap biarkan tutupnya terbuka.
  5. Selanjutnya hidupkan kembali printer maka head printer akan bertabrakan ke kiri dan kanan. Biarkan tutupnya masih terbuka hingga akhirnya berhenti di tengah.
  6. Pasang kembali cartridge yang kalian lepas tadi dan kemudian tutup kembali dengan benar dan pas.
  7. Printer akan kembali normal dan siap digunakan kembali.

Cara Kedua :

  1. Printer dalam keadaan mati dan kabelnya masih terpasang.
  2. Tekan tombol RESUME 2 detik dengan tidak melepas tombol RESUME kemudian tekan tombol POWER sampai lampu menyala berwarna hijau.
  3. Lepas tombol RESUME tetapi jangan lepas tombol
  4. Sambil menekan tombol POWER, tekan tombol RESUME sebanyak 5 kali sehingga lampu pada printer akan menyala bergantian orange hijau dan terkahir akan menyala orange.
  5. Lepaskan tombol RESUME dan POWER bersama-sama. Lampu pada printer akan mengedip sebentar dan berwarna hijau.
  6. Jika komputer mendeteksi hardware baru, maka abaikan saja.
  7. Tekan tombol POWER dan printer akan mati. Kemudian nyalakan kembali dengan menekan tombol POWER dan printer siap digunakan kembali.

Sedikit informasi bagi kalian yang ingin memperbaiki printer dengan kode error 5100 dan 5200. Jangan langsung menggunakan printer ketika baru saja mengalami error tersebut.

Selain itu saat kalian mempunyai printer, maka terdapat hal yang perlu diketahui. Yaitu kalian tidak diperbolehkan untuk melakukan print dalam jumlah banyak sekaligus.

Hal tersebut dapat membuat printer mudah rusak. Karena mesin printer akan sangat panas dan dapat menyebabkan beberapa komponen rusak.

Maka dari itu, kalian harus melakukan print secara bertahap untuk memberikan waktu print merefresh dan mendinginkan mesin.

Itulah cara mengatasi printer error 5100 dan 5200 Canon IP2770. Kami juga sudah memberikan penyebabnya dan berbagi tips agar printer kalian awet juga tahan lama.

Semoga artikel kami dapat membantu kalian. Jika terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Atau apabila artikel ini dirasa bermanfaat, kalian dapat berbagi melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar