Cara Mengatasi Printer Error 5B00 dan B200 Canon IP2770

Jika terdapat masalah pada saat kalian melakukan print menggunakan Printer Canon IP2770, maka pasti akan muncul kode diantaranya adalah error 5B00 dan B200 Canon IP2770. Berikut cara mengatasi atau memperbaiki kode error 5B00 dan B200 Printer Canon IP2770.

Kata Error pasti bukan kata asing bagi kita. Meskipun bukan berasal dari bahasa Indonesia, kalian pasti sering mendengar atau melihat kata ini ketika kalian sedang menggunakan internet ataupun menggunakan komputer.

Error sendiri berasal dari bahasa Inggris yang artinya kesalahan. Jika dalam bahasa programmer Error adalah kejadian pada program yang tidak sesuai dengan yang diharapkan karena kesalahan dari pengguna program.

Nah ini yang sering kalian lihat di layar yang muncul dalam bentuk notifikasi mengingatkan bahwa perintah yang kalian masukkan ada kesalahan sehingga muncul kata Error beserta kodenya yang memiliki maksud berbeda-beda.

Kali ini saya akan membahas tentang Error yang terjadi di Printer Canon IP2770 yang merupakan printer yang saat ini banyak digunakan.

Ada beberapa Error yang mungkin terjadi pada printer Canon IP2770 ini. Setiap error pasti mempunyai penyebab dan cara mengatasinya.

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan cara memperbaiki kode error 5B00 dan B200 Printer Canon IP2770.

Cara Mengatasi Kode Error 5B00 Dan B200 Printer Canon IP2770

Tentunya kalian kesal ketika sedang menggunakan printer dan tiba-tiba printer mengalami error dan proses mengeprint menjadi terganggu apalagi jika sedang terburu-buru. Perlu kalian ketahui bahwa semua benda elektronik yang dibuat dengan sempurna pasti ada saja hal yang bisa menyebabkan terjadinya error.

Tapi tenang saja, ada solusi untuk mengatasi jika printer mengalami error terutama printer Canon IP2770 tanpa perlu membawanya ke service. Berikut saya akan menjelaskan penyebab dari terjadinya error 5B00 dan B200 Canon IP2770 dan cara mengatasinya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Printer Error 5100 dan 5200 Canon IP2770

Error 5B00 Canon IP2770

Ketika sedang mengalami kode error 5B00 pada printer Canon IP2770, maka laptop atau komputer akan memberikan notifikasi pada layar komputer seperti di bawah ini:

Error Number: 5B00

Printer error has occurred.

Contact the service center.

Tanda lainnya jika printer Canon IP2770 mengalami error dengan kode 5B00 adalah lampu indikator yang terdapat pada printer juga akan ikut berkedip-kedip.

Penyebab Error 5B00 Canon IP2770

Penyebab dari Error 5B00 ini disebabkan karena ink absorter dan limbah pada printer yang hampir penuh. Sehingga ini menyebabkan terhambatnya proses print dan bahkan proses print bisa terhenti atau macet.

Cara Mengatasi Error 5B00 Canon IP2770

Jika kalian sedang mengalami error 5B00 Canon IP2770. Berikut cara yang bisa kalian coba untuk mengatasi error 5B00 pada printer Canon IP2770 kalian.

  1. Download terlebih dahulu Aplikasi Software Service Tool (Resetter)

Service Tool sendiri berfungsi sebagai alat untuk menyelesaikan permasalahan dari error 5B00 yang terjadi pada printer Canon IP2770 ini. Ada dua macam Service Tool yang bisa kalian gunakan untuk mereset printer yaitu  versi 1074 dan versi 3400.

Keduanya sama saja, hanya saja berbeda dalam segi tampilan. Setiap komputer mempunyai respon yang berbeda-beda pada aplikasi perangkat lunak, jadi kalian bisa mengunduh keduanya dan memilih versi yang cocok untuk perangkat kalian.

  1. Masuk ke Service Mode

Sebelum mereset printer, masukkan printer ke service mode terlebih dahulu. Tujuan service mode adalah agar proses reset berjalan lancar tanpa terjadi error apapun.

  • Pastikan printer kalian dalam keadaan mati.
  • Tekan tombol Resume selama dua detik sambil menekan tombol Power sampai lampu indikator berwarna hijau.
  • Lepas tombol Resume dengan tetap menekan tombol Power.
  • Tekan tombol Resume sebanyak 5 kali (tekan tombol lalu lepaskan sampai 5 kali).
  • Lepaskan kedua tombol (Resume dan Power) secara bersamaan.
  • Otomatis lampu indikator pada printer akan berkedip dan berwarna hijau.
  • Selesai kalian sudah masuk ke service mode.
  1. Pasang kertas pada printer

Pemasangan kertas pada printer ini bertujuan untuk melakukan printer test nantinya. Sedangkan untuk jumalah kertasnya terserah kalian, lebih banyak lebih baik.

  1. Reset Printer

Proses reset printer ini dilakukan menggunakan software yang sebelumnya sudah kalian unduh. Selanjutnya kalian ekstrak terlebih dahulu service tool nya dan berikut langkah selanjutnya.

Untuk service tool v3400 :

  • Set bagian Clear Ink Counter tunggu hingga proses selesai.
  • Setelah selesai printer akan melakukan print pada kertas dengan hasil tulisan D=000.0.
  • Kemudian set bagian Ink Aborter Counter dan tunggu proses selesai.
  • Setelah selesai akan muncul notifikasi pada layar A function was finished, kemudian silahkan klik
  • Klik EEPROM kemudian klik Ok dan printer akan melakukan print otomatis.
  • Setelah berhasil mencetak dan salah satu barisnya bertuliskan TPAGE(TTL=00000 ) maka eeprom printer kalian sudah berhasil direset ke titik 0.
  • Proses reset Selesai.

Untuk service tool v1074 :

  • Klik Main di bagian Clear Ink Counter dan tunggu proses selesai.
  • Setelah selesai printer akan melakukan print pada kertas dengan hasil tulisan D=000.0
  • Kemudian klik tombol EEPROM Clear. Setelah itu akan muncul A function was finished, silahkan klik OK
  • Setelah berhasil mencetak dan salah satu barisnya bertuliskan TPAGE(TTL=00000) maka eeprom printer kalian sudah berhasil di reset ke titik 0.
  • Proses reset Selesai.
  1. Matikan printer dengan menekan tombol Power, Setelah itu hidupkan printer dan printer siap digunakan kembali.

Dengan melakukan cara di atas, printer kalian akan dapat berjalan normal kembali. Dan jika printer kalian masih tidak bisa berjalan normal, maka kalian perlu membawanya ke service atau teknisi ahli.

Baca Juga: Cara Scan Ijazah

Error B200 Canon IP2770

Ketika sedang mengalami kode error B200 pada printer Canon IP2770, maka laptop atau komputer akan memberikan notifikasi pada layar komputer seperti di bawah ini:

Error Number: B200

A printer error has occurred. Turn the printer off and unplug the power cord of the printer from the power supply. Then contact the service center.

Penyebab Error B200 Canon IP2770

Penyebab dari error B200 Canon IP2770 ini dikarenakan head cartridge tidak bergerak karena overhead, tegangan power supply yang tidak stabil, dan ada kerusakan pada komponen mainboardnya.

Cara Mengatasi Error B200 Canon IP2770

Jika kalian sedang mengalami error B200 Canon IP2770. Berikut beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi error B200 pada printer Canon IP2770 kalian.

  • Ganti Catridge

Jika terjadi overhead sehingga cartridge tidak bisa bergerak, maka kalian bisa mengganti sementara dengan cartridge yang lain dan melepaskan cartridge yang tidak bergerak tersebut.

Jika sudah berfungsi kembali dengan diganti cartridge yang lain, kalian bisa menggantinya kembali memakai catridge sebelumnya dan lihat apakah printer Canon IP2770 sudah berjalan normal atau tidak

  • Ganti Kabel Power

Jika masalah terletak pada power suplay yang tidak stabil, maka kalian bisa atasi dengan mengganti kabel power dengan yang baru.

  • Ganti Resistor Pada Mainboard

Untuk kerusakan pada komponen mainboard, biasanya yang paling sering mengalami kerusakan adalah komponen resistor dengan koda R301. Kalian bisa menggantinya dengan melepas resistor yang mengalami kerusakan tersebut dan menggantinya dengan yang baru.

  • Melakukan Reset Logic

Reset Logic ini merupakan suatu proses untuk mereset printer dan dapat membuat printer dapat berjalan normal kembali. Untuk caranya perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pastikan printer dalam keadaan mati dan kabel power masih terpasang.
  2. Tekan tombol RESUME selama 2 detik dengan tidak melepas tombol RESUME kemudian tekan tombol POWER sampai lampu menyala berwarna hijau.
  3. Lepas tombol RESUME akan tetapi jangan lepas tombol
  4. Sambil menekan tombol POWER, tekan tombol RESUME sebanyak 5 kali sehingga lampu pada printer akan menyala bergantian orange hijau dan terkahir akan menyala orange.
  5. Lepaskan tombol RESUME dan POWER bersama-sama. Lampu pada printer akan mengedip sebentar dan berwarna hijau.
  6. Printer biasanya akan memproses memposisikan catridge. Proses ini berlangsung sekitar 25 sampai 30 detik.
  7. Setelah suara proses memposisikan catridge selesai, Matikan printernya.
  8. Nyalakan kembali printer dan printer siap digunakan kembali.
  • Memberhentikan Cartridge

Untuk mengatasi permasalah ini, kalian dapat memberhentikan catridge. Untuk caranya, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Matikan printer kalian
  2. Kemudian nyalakan lagi lalu buka cover atas printer. Cartridge akan mempersiapkan proses mencetak dengan bergerak dari tepi kiri ke tepi kanan. Sebelum cartridge mencapai ke tepi kanan tahan cartridge di posisi tengah sehingga kembali ke posisi normal.
  3. Lepas kedua catridge (catridge hitam dan catridge warna) lalu tutup kembali cover printer atas. Otomatis rumah catridge akan ditarik ke kanan, kemudian roll printer akan berputar memproses hingga proses berhenti (prose ini berlangsung sekitar 30 detik).
  4. Lampu pada printer akan berwarna orange dan berkedip sebanyak 4 hingga 5 kali.
  5. Buka kembali cover printer atas. Pastikan rumah catridge kembali ke posisi tengah
  6. Lalu pasang kembali catridge tersebut dan tutup cover printer atas dan tunggu antara 1-2 menit.
  7. Jika berhasil printer akan kembali normal dan lampu pada printer akan berwarna hijau.

Perlu diketahui, ketika printer yang error baru saja diperbaiki maka jangan langsung menggunakan printer untuk mencetak file dokumen dalam jumlah yang banyak. Karena hal tersebut bisa menyebabkan cartridge akan panas dan error kembali terjadi.

Jadi usahakan saat mencetak banyak file dokumen, lakukan dalam beberapa kali tahap dan jangan langsung sekaligus banyak sehingga error pada printer tidak akan sering terjadi.

Karena pada dasarnya printer membutuhkan waktu istirahat untuk merefresh tinta dan mendinginkan mesin. Jadi jika ingin printer kalian awet, maka lakukan print sebanyak 5 sampai 10 lembar saja dan diamkan beberapa menit, lalu lakukan print kembali.

Cara mengatasi kode Error 5B00 Dan B200 Printer Canon IP2770 di atas harus kalian kuasai sehingga jika terjadi error kembali, kalian tidak perlu memanggil teknisi ahli atau membawanya ke service.

Semoga artikel kami bermanfaat dan kalian dapat mengatasi error 5B00 dan B200 Canon IP2770.

Jika terdapat sesuatu yang kurang kalian pahami, maka kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Atau jika dirasa artikel cara mengatasi kode Error 5B00 Dan B200 Printer Canon IP2770 ini bermanfaat, kalian dapat berbagi melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar