Cara Mengatasi Sinyal XL Hilang 100% Terbukti

Pernahkah kalian mengalami sinyal XL tiba-tiba hilang? Hilangnya tersebut terjadi oleh beberapa penyebab. Untuk mengatasi hal tersebut, kalian harus mengetahui terlebih dahulu cara mengatasi sinyal XL hilang dengan cepat.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial cara memperbaiki sinyal XL hilang secara tiba tiba. Cara yang akan kami berikan kali ini cukup banyak, kalian dapat mencobanya satu persatu hingga kalian dapat mengatasinya.

Seperti yang kalian ketahui bahwa XL adalah salah satu operator seluler yang sangat populer karena adanya berbagai layanan yang menarik di dalamnya menjadikan pelanggan penasaran ingin memanfaatkan kartu XL ini. Kartu XL menyediakan berbagai paket internet yang menarik, biasanya paket internet dapat dibeli di konter dengan berbentuk voucher. Karena berupa vouher kalian perlu mengetahui cara memasukkan voucher xl.

Mulai dari paket Xtra Combo yang menawarkan internetan dan streaming youtube tanpa kuota selama 24 jam, dan ada Hotrod yang menawarkan akses internet semua jaringan mulai dari Rp. 30.000/bulan dan yang terakhir Super Ngebut yang menawarkan kecepatan yang sangat cepat mulai dari Rp. 5000/hari.

Meskipun begitu banyak layanan menarik yang di berikan oleh provider XL, hal itu semua tidak berarti apabila sinyal atau jaringan yang kalian gunakan lemot.

Cara Mengatasi Sinyal XL Hilang

XL memang sering mengalami gangguan seperti kendala masalah sinyal dan jaringan sehingga para pengguna menjadi kesulitan untuk bisa mengakses internet dengan lancar. Oleh karena itu, demi kenyamanan kalian dalam mengakses internet dengan jaringan yang lancar, di bawah ini sudah kami berikan ringkasan secara lengkap untuk solusi mengatasi sinyal XL yang hilang.

Apabila sinyal data atau jaringan internet XL kalian hilang, mungkin apa yang kami tuliskan di bawah ini bisa sangat membantu, sehingga kalian bisa mengakses internet dengan lancar tanpa khawatir jaringan akan hilang lagi. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi sinyal internet XL yang hilang. Untuk lebih lengkapnya kalian dapat melihat caranya dibawah ini.

  1. Aktifkan Mode Pesawat atau Airplane Mode Untuk Sementara

Cara Mengatasi Sinyal XL Hilang secara tiba tiba

Taukah kalian, ternyata dengan mengaktifkan mode pesawat pada ponsel bisa membantu mengatasi sinyal yang hilang. Ketika kalian mengaktifkan Airplane Mode atau mode pesawat ternyata itu bisa membantu, sebab dengan mengaktifkan mode pesawat dan kemudian menonaktifkan mode pesawat, kalian sudah melakukan restart jaringan.

Dengan begitu kalian sudah dapat mengatasi jaringan internet XL yang hilang. Setelah melakukan hal tersebut, cobalah untuk menyambungkan ke internet lagi. Jika sinyal XL masih hilang, maka kalian perlu melakukan cara mengatasi sinyak XL yang hilang lainnya.

  1. Restart Smartphone

Cara Mengatasi Sinyal XL Hilang

Jika jaringan kalian tidak muncul ataupun hilang kalian dapat melakukan restart pada perangkat smartphone kalian, karena hal itu dapat membuat jaringan kalian melakukan restart untuk mencari jaringan baru dan sinyal yang lebih baik akan segera muncul.

Restart smartphone ini tidak hanya digunakan untuk memperbaiki jaringan sinyal XL yang hilang, akan tetapi biasanya digunakan untuk mengatasi jika terdapat sedikit error pada smartphone dan terbukti ampuh untuk mengatasinya.

  1. Mencari Sinyal Di Luar Ruangan

Ketika kalian berada di dalam rumah atau dalam ruangan dan sinyal menjadi hilang, itu tandanya smartphone kalian tidak bisa menagkap sinyal secara optimal sehingga menyebabkan jaringan menjadi lemot dan sinyal akan hilang. Maka dari itu cara mengatasi sinyal XL yang hilang tersebut adalah dengan keluar dari ruangan rumah atau gedung untuk menangkap kembali sinyal XL yang hilang.

  1. Mengganti Settingan APN Atau Mengatur Ulang APN

Ganti settingan APN atau reset ulang APN kalian, pada smartphone, APN dapat ditemukan dengan cara pilih menu SettingKartu SIM & Jaringan SelulerPilih kartu anda – Selanjutnya, pilih Nama Titik Akses (APN). Kemudian kalian bisa melakukan reset (setel ulang) atau menggantinya dengan APN XL berikut ini:

  • Nama APN : xlunlimited
  • APN Akses : xlunlimited
  • Username : kosongkan / jangan diisi
  • Password : kosongkan / jangan diisi
  • Proxy : kosongkan atau isi dengan proxy resmi XL yaitu 202.152.240.50
  • Port : kosongkan atau isi dengan port resmi XL yaitu 8080.

Cara Mengatasi Jaringan XL Hilang

  1. Periksa Kembali Kondisi Kartu XL

Selanjutnya, kalian harus memastikan kondisi kartu XL kalian sudah terpasang dengan baik dan tidak terbalik. Karena apabila kalian memasang dengan cara yang terbalik, maka hal tersebut juga dapat mempengaruhi terjadinya sinyal menjadi hilang.

Cobalah untuk mengeluarkan kartu XL dari ponsel kalian dan cek apakah terjadi kerusakan pada kartu SIM XL tersebut.

  1. Menghubungi Provider XL

Apabila di antara cara mengatasi sinyal XL hilang karena gangguan di atas masih belum berhasil, cara sederhana selanjutnya bisa kalian coba, yaitu dengan menghubungi langsung Customer Service provider XL. Bagaimana caranya? Sangat gampang, kalian tinggal menghubungi melalui nomor 817 atau melalui website di www.xl.co.id

  1. Ganti Jaringan WCDMA Atau GSM

Untuk mengganti jaringan, langkah pertama matikanlah jaringan selulermu kemudian gantilah  pengaturan data seluler dalam kartu XL dengan GSM atau WCDMA. Cara menggantinya dengan mengetikkan kode dial *#*#4636#*#* atau *#*#4838#*#* kemudian masuk ke informasi telepon dan ubah jaringan ke WCDMA atau GSM.

Cara lainnya adalah dengan mengubah pengaturan jaringan pada pengaturan telepon kalian. Masuk ke aplikasi pengaturanpengaturan SIM dan jaringanprioritas jaringan ubah ke WCDMA atau GSM.

Cara Memperbaiki Sinyal XL yang Hilang

  1. Lakukan Factory Reset

Apabila semua cara di atas tidak berhasil maka cara ini bisa digunakan yaitu dengan Factory Reset. Namun sebelum melakukan itu backup terlebih dahulu data-data yang kamu anggap penting dan bila sudah maka silahkan kamu masuk ke menu Setting lalu pilih Cadangkan dan Reset maka selanjutnya klik Reset Data Factory dan klik Reset Data.

Penyebab Sinyal XL Menjadi Hilang

Hilangnya sinyal XL terjadi tentunya bukan tanpa sebab, terdapat berbagai penyebab mengapa sinyal XL kalian hilang secara tiba tiba, yaitu antara lain:

  1. Kartu XL Yang Terasang Di Smartphone Tidak Pas

Jika kalian memasang kartu di Hp kalian tidak pas itu dapat mengakibatkan sinyal di Hp kalian tidak akan muncul. Coba kalian cek kembali SIM kalian di slot SIM Hp jika longgar maka kalian dapat mengencangkannya lagi atau menaruh sim di tempat yang pas.

  1. Rusaknya Perangkat Keras Pada Smartphone

Apabila Hp kalian pernah terbanting atau masuk ke dalam air itu akan dapat menyebabkan karat pada bagian slot SIM atau bagian lainnya yang dapat menyababkan sinyal di Hp kalian tidak muncul, jika itu terjadi kalian dapat membenarkan Hp kalian ke konter resmi Hp kalian atau konter-konter HP yang kalian percaya.

  1. Faktor Cuaca

Biasanya cuaca memang mempengaruhi kuat tidaknya sinyal. Jika di tempat kalian terjadi hujan lebat di sertai petir sebaiknya di matikan saja HP demi keaamanan kalian.

  1. Sedang Adanya Perbaikan Jaringan

Apabila sedang adanya perbaikan yang dilakukan oleh provider di tempat kalian itu memungkinkan sekali menyebabkan sinyal gangguan bahkan dapat menyebabkan sinyal di HP kalian menghilang. Apabila hal tersebut terjadi kalian dapat menanyakan ke provider di tempat kalian.

Itulah cara mengatasi sinyal XL yang hilang serta penyebab mengapa sinyal menjadi hilang. Jadi bagaimana? Menurut kalian bermanfaat atau sebaliknya? Jika bermanfaat ada baiknya kalian share artikel ini pada pengguna XL lainnya, agar mereka tidak kebingungan saat mengalami jaringan XL yang tiba-tiba hilang. Dan apabila ada yang kurang jelas kalian bisa menuliskannya pada kolom komentar yang kami siapkan di bawah ini.

Tinggalkan komentar