7 Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Tidak dapat mengirim pesan pada Telegram merupakan sesuatu yang sangat menjengkelkan. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan

Telegram menjadi aplikasi chat dengan privasi yang sangat ketat dari aplikasi chat lainnya. Tidak heran semakin banyak yang memakai aplikasi ini, bahkan penggunannya di seluruh dunia mencapai ratusan juta lebih.

Sebagai aplikasi chat populer, Telegram menerapkan fitur enkripsi end to end dimana hanya pengirim dan penerima pesan yang bisa mengetahui komunikasi yang sedang dilakukan. Tidak hanya pada pesan fitur ini berlaku tetapi juga pada gambar dan video.

Namun pernahkah kalian mengalami ketika akan mengirim pesan tetapi gagal tidak bisa dikirim. Kira-kira apa penyebab Telegram tidak bisa kirim pesan?

Penyebab Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Apa saja saja faktor penyebab telegram tidak bisa kirim pesan? Berikut ini beberapa penyebabnya beserta solusinya :

  1. Koneksi Jaringan Internet Tidak Stabil

Telegram merupakan aplikasi chat online, dimana untuk mengirimkan pesan harus terhubung dengan jaringan internet. Jika jaringan internet tidak stabil atau down maka ini bisa menjadi salah satu penyebabnya.

  1. Server Telegram Down

Server telegram yang mengalami down karena disebabkan bebrapa hal juga bisa menjadi penyebabnya, memang downnya server tidak bisa diprediksi kapan terjadinya.

Tanda server sedang down yaitu pesan tidak bisa dikirim, tidak hanya pesan dalam bentuk teks atau suara tetapi juga gambar dan video.

  1. Ada Maintenance Sistem Telegram

Setiap aplikasi pasti ada maintenance untuk perbaikan atau penambahan fitur-fitur baru. Hal ini juga sangat jarang sekali terjadi, saat terjadi maintenance aplikasi akan tidak bisa digunakan sementara.

  1. Telegram Belum Update Versi Terbaru

Mengupdate versi terbaru bukan hal yang wajib, tetapi jika ingin kinerja sistem lebih optimal dari sebelumnya maka lakukan update versi terbaru.

Telegram versi lama memang tetap bisa dipakai, tetapi jika sistem diupdate kinerja sistem akan lebih optimal dan tidak terjadi eror.

  1. Perangkat Smartphone Bermasalah

Selain dari aplikasinya, sistem.smartphone juga harus update agar sinkronisasi kinerja sistem aplikasi dan smarphone berjalan dengan baik.

Sistem mengalami kerusakan mang tidak bisa diprediksi, tetapi tandanya bisa dilihat jika sering terjadi eror atau masalah. Atau bisa juga diebabkan karena pengaturan proxy masih aktif.

  1. File Cache Penuh atau Terlalu Banyak

Meskipun hanya file sampah, tetapi jika jumlahnya terlalu banyak bisa mengganggu kinerja aplikasi tidak terkecuali Telegram.

  1. Kontak Diblokir

Penyebab lainnya adalah kontak penerima pesan sedang kalian blokir sehingga pesan yang kalian kirim tidak bisa dikirim.

  1. Akun Telegram di Banned (terkena pembatasan)

Sistem telegram mempunyai kebijakan bagi penggunanya untuk tidak mengirim spam baik dalam bentuk video, gambar atau pesan.  Jika kalian melanggar kebijakan ini secara otomatis sistem akan membanned akun kalian.

Cukup banyak penyebab telegram tidak bisa mengirim pesan dikarenakan karena memang telegram yang sedang bermasalah, sistem smartphone dan juga jaringan internet.

Baca Juga: Cara Mengatasi Telegram Terlalu Banyak Mencoba

Cara Mengatasi Telegram Tidak Bisa Kirim Pesan

Jika terjadi masalah-masalah di atas kalian jangan panik dahulu, berikut cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan.

  1. Tunggu Jaringan Internet Kembali Normal

Lalu apa yang harus dilakukan jika jaringan sedang tidak stabil? Tentu saja kalian harus menunggu sampai jaringan internet kembali normal. Biasanya jaringan akan kembali normal kembali dalam beberapa jam.

Kalian juga bisa menggunakan aplikasi Speedtest untuk mengecek jaringan sedang stabil atau tidak.

  1. Tunggu Maintenance Selesai dan Server Telegram Kembali Normal

Proses maintenance tidak lama, paling tidak membutuhkan waktu beberapa jam. Memang sedikit lama tetapi maintenance tersebut demi kebaikan aplikasi.

Jika maintenace sudah selesai maka server akan kembali normal, dan Telegram bisa digunakan untuk mengirim pesan kembali.

  1. Lakukan Update Aplikasi Versi Terbaru

Melalukan update aplikasi versi terbaru tidak membutuhkan waktu yang lama, kurang dari 10 menit selesai. Berikut langkah-langkah update versi terbaru :

  • Buka toko aplikasi Appstore/Playstore
  • Cari Telegram pada kolon pencarian lalu klik
  • Sistem akan mendownload terlebih dulu versi terbaru.
  • Selesai mengupdate akan otomatis sistem yang terinstal yang terbaru.

Jika kalian tidak yakin untuk update, kalian bisa untuk menguninstalnya kemudian kalian download kembali.

  1. Cek dan Nonaktifkan Pengaturan Proxy

Pengaturan Proxy merupakan yang mengatur akses pemakaian Telegram dan meningkatkan keamanan Telegram. Jadi sebelum kalian mengakses telegram koneksi internet harus terhubung terlebih dahulu dengan proxy server kemudian pesan baru bisa dikirim.

Jika proxy server mengalami eror bahkan bisa mati sehingga otomatis akses telegram untik mengirim pesan terganggu. Jadi alangkah lebih baik jika fitur ini di nonaktifkan saja, berikut langkah-langkahnya :

  • Buka Telegram, lalu klik tiga titik pajak pojok kanan atas.
  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Pilih menu Data dan Penyimpanan.
  • Scroll ke bawah lalu pilih Pengaturan Proxy.
  • Nonaktifkan Pengaturan Proxy.
  1. Hapus File Cache

Cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan selanjutnya dengan membersihan file cache yang penuh pada aplikasi Telegram, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka telegram, lalu klik tiga titik di pojok kanan atas.
  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Pilih menu Data dan Penyimpanan.
  • Scroll lalu pilih menu Pemakaian Penyimpanan.
  • Hapus Cache dan Selesai.
  1. Buka Blokir

Untuk mengatasi kontak diblokir agar bisa mengirim pesan lagi yaitu hanya dengan membuka blokir, bagaimana caranya? Berikut cara mudahnya:

  • Buka telegram, lalu klik tiga titik di pojok kanan atas.
  • Masuk ke menu Pengaturan atau Settings.
  • Pilih menu Privasi dan Keamanan.
  • Kemudian klik Daftar Blokir.
  • Cari kontak yang ingin kalian buka blokirnya.
  • Jika sudah ketemu, klik tiga titik pada profil pengguna di pojok kanan atas.
  • Pilih dan klik Lepas Blokir.
  • Selesai blokir sudah terbuka dan kalian sudah bisa mengirim pesan lagi.
  1. Restrat Perangkat

Langkah ini yang paling mudah juga untuk cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan. Berikut langkah-langkahnya:

  • Klik tombol power agak lama.
  • Setelah itu akan muncul 4 pilihan menu utama.
  • Pilih saja Restart untuk memulai ualng sistem.
  • Tunggu beberapa saat kemudian jika sistem menyala kembali, aplikasi telegram bisa kalian pakai untuk mengirim pesan kembali.

Solusi diatas bisa kalian pakai sesuai permasalahan yang ada, tidak harus kalian menerapkan semua cara mengatasi Telegram tidak bisa kirim pesan yang ada. Jadi selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

Jangan lupa share ya, jika ada pertanyaan tinggalkan di kolom komentar yang tersedia.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA