Cara Mudah Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format

Apakah kalian sedang mengalami masalah disaat kalian memformat sebuah flashdisk atau penyimpanan eksternal lainnya? Berikut akan kami berikan cara mengatasi windows was unable to complete the format.

Melakukan pemformatan adalah menghapus semua file pada perangkat, dalam hal ini adalah perangkat penyimpanan eksternal. Format juga dapat dilakukan apabila kalian ingin mengganti tipe format penyimpanan.

Misalnya pada flashdisk berformat FAT32. Apabila kalian ingin mengganti flashdisk dengan format NTFS, maka kalian diharuskan untuk melakukan format flashdisk terlebih dahulu.

Flashdisk, Micro SD dan Hardisk adalah salah satu penyimpaan eksternal yang dapat kalian format di sebuah perangkat laptop atau komputer.

Akan tetapi pada beberapa orang mengalami sebuah pesan windows was unable to complete the format yang menandakan proses format gagal.

Lalu bagaimana cara mengatasi windows was unable to complete the format? Berikut akan kami berikan tutorialnya secara mudah beserta gambar agar kalian mudah memahaminya.

Penyebab Windows Was Unable To Complete The Format

Sebenarnya masalah tersebut adalah hal yang sudah biasa, jadi kalian tidak perlu khawatir apabila mengalami windows was unable to complete the format.

Terlebih dahulu sebelum kalian mengetahui cara mengatasi windows was unable to complete the format, kalian perlu mengetahui penyebabnya. Berikut akan kami berikan apa saja penyebab windows was unable to complete the format.

  1. Terdapat bug atau kesalahan pada sistem laptop atau komputer kalian
  2. Driver windows error
  3. Terdapat malware yang menggangu proses format
  4. Terdapat write protection di drive
  5. Sistem pada flashdisk mengalami error
  6. Flashdisk mengalami kerusakan

Itulah penyebab terjadinya windows was unable to complete the format. Apabila kalian mengalami masalah tersebut, kalian wajib mencurigai apakah kalian mencurigai penyebab windows was unable to complete the format.

Pastikan semua penyebab windows was unable to complete the format di atas sudah teratasi oleh kalian.

Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format

Setelah kalian mengetahui penyebab dari windows was unable to complete the format di atas, kini kalian dapat mengatasinya dengan cara mengatasi windows was unable to complete the format yang dapat kalian baca di bawah ini.

Format Menggunakan Disk Management

Cara mengatasi windows was unable to complete the format yang pertama ini adalah dengan memformat menggunakan disk management.

Disk management adalah alat yang sudah diberikan oleh windows untuk melakukan konfigurasi atau manajemen sebuah penyimpanan (storage)

Untuk cara memperbaiki windows was unable to complete the format dengan disk management, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama untuk membuka Disk Management adalah dengan menekan tombol Windows + X, setelah itu pilih Disk Management.

Disk Management

  1. Atau untuk membuka Disk Managemen kalain dapat menekan tombol Windows + R, kemudian ketikkan diskmgmt.msc kemudian tekan Enter

Disk Management Via Run

  1. Setelah terbuka Disk Management, kalian akan melihat seluruh penyimpanan kalian baik penyimpanan internal maupun eksternal
  2. Kali ini kalian akan mengatasi windows was unable to complete the format yang terdapat pada flashdisk, Micro SD atau hardisk.
  3. Klik kanan pada penyimpanan yang ingin kalian format. Pastikan kalian tidak salah memilih memformat penyimpanan internal kalian (local disk)
  4. Setelah itu pilih Format, maka akan muncul dialog box.

Cara Mengatasi Flashdisk yang Windows Was Unable To Complete The Format

  1. Pada volume label ketikkan nama. Pada file system pilih (kami sarankan memilih NTFS, karena dapat digunakan pada seluruh platform). Pada allocation unit size pilih default. Dan juga kami menyarankan untuk tidak mencentang perform a quick format, karena agar windows dapat mendeteksi bad sector pada disk
  2. Setelah itu pilih OK, setelah itu akan muncul dialog box peringatan, pilih saja OK

Cara Mengatasi Flashdisk Windows Was Unable To Complete The Format

Dengan melakukan cara memperbaiki windows was unable to complete the format di atas, kami yakin flashdisk atau micro sd atau hardisk kalian akan sukses terformat.

Membuat Ulang Volume

Apabila memformat menggunakan cara di atas, kalian mengalami kegagalan. Maka kalian harus membuat ulang volume.

Pada dasarnya melakukan format hanyalah menghapus file atau membersihkan file yang berada pada sebuah disk atau penyimpanan.

Akan tetapi jika membuat ulang volume, kalian akan menghapus semua ketetapan yang diterapkan windows ke sebuah disk.

Untuk cara mengatasi windows was unable to complete the format dengan membuat ulang volume ini, kalian dapat memperhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Apabila disk yang bermasalah tersebut belum bertuliskan unlocated, maka kalian harus melakukan delete terlebih dahulu dengan klik kanan kemudian pilih opsi Delete
  2. Jika sudah disk sudah dalam kondisi unlocated, maka kalian klik kanan pada disk unlocated tersebut kemudian pilih New Simple Volume

Membuat Volume Baru

  1. Kemudian akan muncul Wizard, pilih saja Next
  2. Lalu akan muncul Specify Volume Size, langsung saja pilih Next

Size Volume

  1. Untuk drive letternya kalian dapat memilih abjad secara bebas, setelah itu pilih Next
  2. Pada volume label ketikkan nama. Pada file system pilih (kami sarankan memilih NTFS, karena dapat digunakan pada seluruh platform). Pada allocation unit size pilih default. Dan juga kami menyarankan untuk tidak mencentang perform a quick format, karena agar windows dapat mendeteksi bad sector pada disk
  3. Setelah itu pilih Next

Cara Mengatasi Hardisk Windows Was Unable To Complete The Format

  1. Lalu pilih Finish

Setelah melakukan cara di atas, kalian dapat melihat apakah disk (flashdisk, hardisk, atau micro sd) dapat berjalan dengan normal. Jika masih tidak bisa, kalian dapat mencoba cara lainnya.

Menggunakan CMD (Command Prompt)

Setelah kalian gagal melakukan format, mungkin masalahnya terletak pada write protection di drive. Untuk mengatasi hal tersebut kalian diharuskan untuk menghapusnya.

Untuk cara memperbaiki windows was unable to complete the format dengan menghapus write protection di drive, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Tekan Windows + R untuk memunculkan dialog run, setelah itu ketikkan diskpart dan tekan Enter. Apabila muncul dialog user account control maka pilih Yes
  2. Setelah itu akan muncul command prompt, ketikkan list disk dan tekan Enter
  3. Akan muncul disk yang saat ini terpasang pada perangkat kalian baik internal maupunn eksternal. Pilih disk yang ingin kalian ubah dengan mengetik select disk (angka dari disk yang kalian pilih) kemudian tekan enter. Contoh : select disk 1
  4. Setelah itu akan muncul pemberitahuan bahwa disk telah kalian pilih
  5. Lalu ketikkan attributes disk dan tekan Enter
  6. Kemudian akan tampil detail disk kalian. Lihat pada bagian Current Read-only State. Apabila berstatus yes, maka maka disk memiliki write protection. Jika no, maka disk tidak mempunyai write protection.
  7. Apabila disk mempunyai write protection, kalian dapat menghapusnya dengan mengetikkan attributes disk clear readonly dan tekan Enter.
  8. Setelah itu akan terdapat informasi bahwa atribut berhasil dihapus.
  9. Setelah menghapus write protection tersebut, kalian dapat mencoba memformat disk menggunakan cara di atas.

Cara Mengatasi Windows Was Unable To Complete The Format

Dengan melakukan cara di atas kami berharap kalian sudah dapat menyelesaikan masalah windows was unable to complete the format.

Scan Error pada Disk

Apabila kalian sudah menerapkan cara di atas, dan kalian masih mengalami windows was unable to complete the format. Maka kalian dapat melakukan scan untuk mengetahui errornya.

Melakukan scan error ini adalah membiarkan windows untuk mendeteksi sendiri kesalahan yang ada pada sistem. Apabila windows menemukan kerusakan sistem, maka windows akan secara otomatis memperbaiki sendiri.

Untuk cara mengatasi windows was unable to complete the format dengan scan error, kalian dapat memperhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka file eksplorer pada laptop atau komputer kalian
  2. Setelah itu klik kanan pada disk yang bermasalah tersebut dan pilih Properties
  3. Setelah itu pilih pada tab Tools dan pilih Check pada menu error checking

Cara Mengatasi micro SD Windows Was Unable To Complete The Format

  1. Kemudian akan muncul dialog box, pilih Scan and Repair Drive

Windows akan melakukan scan, proses ini biasanya akan memakan waktu, jadi kalian tunggu saja hingga prosesnya selesai.

Itulah cara mengatasi flashdisk, hardisk atau micro SD yang windows was unable to complete the format yang dapat kalian coba. Semoga dengan mencoba cara di atas, kami berharap kalian dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan. Apabila menurut kalian bermanfaat, kalian dapat berbagi melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Atau jika terdapat sesuatu tentang cara mengatasi windows was unable to complete the format ini, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar