Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta Per Bulan

Gaji 2 juta perbulan adalah gaji yang sudah mencukupi. Akan tetapi jika kalian tidak mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta per bulan, maka gaji 2 juta tidak mencukupi kebutuhan kalian untuk satu bulan.

Mengatur keuangan rumah tangga agar mencukupi selama satu bulan penuh merupakan tantangan yang tidak mudah. Karena harus memutar otak bagaimana dengan gaji 2 juta rupiah bisa mengcover semua kebutuhan keluarga.

Tetapi bagi yang masih single tentu masih bisa menabung dengan gaji 2 juta per bulan. Sebenarnya bukan hanya masalah single atau sudah menikah, mengatur keuangan memang seharusnya dilakukan supaya kebutuhan terpenuhi sepenuhnya.

Tetapi masih banyak oramg yang belum terbiasa mengatur keuangan mereka. Banyak yang masih sembrono dalam membelanjakan uang gajinya tanpa memilih mana yang merupakan kebutuhan pokok.

Dalam mengatur keuangan rumah tangga memerlukan konsistensi dan kesabaran sehingga tidak sembarangan dalam mengatur keuangan. Karena di zaman saat ini semua membutuhkan uang, tidak ada yang namanya gratis.

Terlebih lagi harga-harga barang pokok, tagihan bulanan serta pajak setiap kali selalu mengalami kenaikan dan cenderung tidak stabil. Sehingga sebagai masyarakat mau tidak mau harus menyesuaikan diri terlepas berapa jumlah penghasilan yang diterima.

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta per bulan agar mencukupi? Tentunya banyak tips dan trik yang bisa diterapkan agar penghasilan tersebut mencukupi.

Yang diperlukan juga kalian tentu harus menjalaninya tips-tips tersebut dengan konsisten dan telaten serta tidak menjalankan ketika hanya sedang ingin saja.

Baca tips dan cara mengatur uang gaji 2 juta per bulan berikut ini agar kebutuhan kalian tercukupi.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 2 Juta

Cara mengatur keuangan agar mencukupi selama satu bulan dengan gaji 2 juta adalah hal yang gampang gampang susah. Karena gaji 2 tidak bisa dibilang besar dan juga tidak bisa dibilang kecil.

Berikut langkah-langkah yang bisa kalian lakukan untuk cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta per bulan:

  1. Buat Skala Prioritas Kebutuhan Pokok Bulanan

Skala prioritas menjadi patokan untuk setiap uang yang kita belanjakan sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan setiap hari. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta dengan skala prioritas ini agar kita mengetahui hal-hal penting yang harus diutamakan, agar kebutuhan pokok terpenuhi sehingga aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

Selalu buat skala prioritas beserta dana yang harus dikeluarkan untuk kebutuhan pokok sehari hari seperti: Biaya Kost, Biaya Makan, Biaya Transportasi, Biaya Tagihan Bulanan, Biaya Kebersihan, Biaya Dapur, dan Biaya Darurat. Pastikan kebutuhan pokok tersebut terpenuhi selama satu bulan. Dan uang yang telah dipersiapkan untuk biaya-biaya tersebut tidak boleh terpakai untuk hal lainnya.

Rincian belanja rumah tangga gaji 2 juta adalah sebagai berikut:

Biaya Kost Rp.500.000

Biaya Makan Rp.600.000

Biaya Transportasi Rp.200.000

Biaya Tagihan Bulanan Rp.200.000

Biaya Lain Lain Rp.200.000

Total Rp.1.700.000

Sisa dari gaji kalian dapat digunakan untuk ditabung atau digunakan untuk keperluan mendadak.

  1. Catat Setiap Pemasukan dan Pengeluaran Harian

Mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran harian memang tidak mudah, terkadang banyak yang sering lupa untuk mencatatkan karena sibuknya kegiatan sehari-hari. Untuk menghindari itu setiap kali membeli sesuatu mintalah struk bukti pembayaran dimana nanti itu bisa digunakan untuk mencatat semua pengeluaran yang dilakukan.

Untuk pemasukan sendiri kalian selalu menerima di awal bulan jadi hanya memerlukan struk gaji untuk mencatat pemasukan. Buatkan buku khusus untuk mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kalian, sehingga tidak tercampur dengan buku catatan yang lainnya.

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran ini terbukti bermanfaat. Karena kalian dapat mengontrol pengeluaran agar kebutuhan tetap tercukupi.

  1. Bagikan Uang Sesuai Dengan Kebutuhan

Dengan gaji 2 juta pastikan kalian memakai gaji tersebut sekitar 70%-75% dari total semua gaji, berarti jika dihitung sekitar 1,4 juta atau 1,5 juta perbulannya untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Jadi dari semua gaji 1,4 atau 1,5 juta tersebut sudah harus mencukupi biaya-biaya kebutuhan pokok. Bagikan juga sesuai dengan kebutuhan dengan menyediakan dompet khusus di setiap kebutuhan agar tidak tercampur dengan uang kebutuhan lainnya.

Sisa 30% atau 25% dari gaji kalian tersebut dapat kalian gunakan untuk kebutuhan lainnya. Atau bisa juga ditabung, agar jika terdapat keperluan mendadak kalian masih mempunyai tabungan.

  1. Kumpulkan Uang Kembalian Setiap Membeli Apapun

Mengumpulkan uang kembalian adalah salah satu cara menghemat uang gaji 2 juta. Ketika membeli sesuatu pasti selalu ada kembalian, meskipun hanya uang receh kalian tidak boleh menyepelekan uang tersebut.

Karena masih banyak orang yang agak risih dengan uang recehan sehingga memilih tidak membawa uang kembalian receh. Padahal uang receh jika dikumpulkan lama-lama akan menjadi banyak dan kita bisa menggunakannya untuk hal-hal yang lain seperti bisa juga digunakan untuk menabung.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

  1. Biasakan Memasak Sendiri

Memasak memang bukan hal yang gampang tetapi tidak terlalu sulit juga, hanya memerlukan ketlatenan diri. Karena membeli makan setiap hari juga kurang efektif dan cenderung kelihatan lebih boros.

Jika diasumsikan satu kali makan Rp.15.000 sampai Rp.20.000 maka dalam satu bulan totalnya Rp.450.000 – Rp.600.000 perbulannya. Jika memasak sendiri Rp.120.000 sudah bisa mendapatkan beras 12 kg (harga beras perkilo saat ini Rp.10.000) lebih dari cukup dalam satu bulan.

Jika untuk beli sayur perhari Rp.10.000 dalam satu bulan menghabiskan Rp.300.000, jika di totalkan satu bulan memerlukan Rp.420.000 lebih murah dari membeli makanan. Maka dari itu lebih baik memasak sendiri daripada membeli makanan agar lebih hemat.

  1. Hindari Hutang

Saat ini banyak sekali yang menawarkan hutang atau pinjaman online atau offline, apalagi dengan iming-iming bunga rendah siapapun pasti akan tergiur. Tetapi batasi diri kalian untuk meminjam dana jika tidak digunakan untuk hal yang sangat penting sekali.

Karena pinjaman dana itu bisa mengikat sehingga bukannya berhenti, kalian akan terus saja untuk meminjam.

Terlebih lagi uang pinjaman tersebut digunakan untuk memenuhi gaya hidup yang konsumtif. Hal itu tidaklah baik bagi kalian untuk masa ataupun dimasa depan. Maka dari itu hindari hutang yang digunakan untuk kebutuhan konsumtif. Boleh saja meminjam dana jika memang benar-benar digunakan untuk hal yang sangat penting sekali.

  1. Kurangi Berpergian Keluar

Berpergian keluar memang diperlukan untuk melepas penat, capek, dan stress dari pekerjaan atau aktivitas rutin. Tetapi jika berpergian yang terlalu banyak membutuhkan uang, lebih baik jangan lakukan terlalu sering.

Lakukan saja misalnya di akhir weekend atau di hari libur saja. Karena saat ini sudah banyak sarana yang bisa ditempuh selain berpergian untuk menghilangkan stress. Seperti bercocok tanam bunga, memasak, melukis, membaca, menonton film tanpa harus keluar rumah. Atau juga dengan berjalan-jalan disekitar rumah dan bertegur sapa dengan orang-orang sekitar.

Memang bagi yang terbiasa berpergian bukan hal yang mudah, kalian bisa belajar bagaimana memanfaatkan sesuatu yang simpel tanpa harus mengeluarkan biaya. Tidak terlalu sering berpergian juga bisa menghemat biaya dan juga bisa ditabung uangnya untuk keperluan lain yang lebih penting.

  1. Cari Penghasilan Tambahan

Saat ini banyak yang mencoba atau bahakan sudah berhasil membangun bisnis kecil-kecilan untuk menambah penghasilan.

Tambahan penghasilan bisa kalian coba dengan membuka jasa penjualan online, bimbingan belajar, jasa menjahit, jasa memasak, jasa bersih-bersih dan masih banyak lagi lainnya. Meskipun tidak setiap hari, kalian tetap akan mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa kalian tabung.

Itulah cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta yang dapat kalian terapkan pada kehidupan kalian. Tips di atas belum tentu cocok bagi kalian, karena setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda beda.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

Cara Menabung dengan Gaji 2 Juta Per Bulan

Cara menabung dengan gaji 2 juta dapat kalian lakukan dengan mengatur kebutuhan pokok sebesar 70% atau 75% dan 30 atau 25% dari total gaji digunakan untuk menabung. Prosentase kebutuhan pokok tersebut kami rasa sudah mencukupi dan tidak akan menggangu aktivitas kalian.

jika dalam hitungan uang maka kebutuhan pokok dalam satu bulan kalian berkisar antara 1,4 juta sampai 1,5 juta. Dan sisa gaji yang telah dipotong oleh kebutuhan pokok tersebut digunakan untuk menabung.

Selain menabung kalian juga bisa menggunakannya untuk investasi atau ikut asuransi jiwa serta kesehatan yang nantinya bisa kalian nikmati dimasa tua nanti. Tetapi lebih baik jika dari 30-25% total gaji tidak semuanya di tabung tetapi juga untuk mendaftar di asuransi sehingga kalian memiliki 2 tabungan dimasa depan.

Perlukan Asuransi dengan Gaji 2 juta Per Bulan?

Menurut pendapat saya Asuransi itu penting, karena dananya dapat kalian nikmati di masa depan. Akan tetapi dalam berasuransi pilihlah asuransi yang benar-benar keuntungannya bisa kalian nikmati serta angsuran polis yang ringan setiap bulannya.

Cari saja asuransi yang angsuran polisnya mulai Rp.200.000 sampai Rp.300.000 setiap bulannya, karena harga tersebut cukup terjangkau. Banyak jasa yang menawarkan asuransi, tetapi kalian harus tetap cermat dalam memilihnya.

Baca Juga: Cara Daftar Asuransi Allianz

Semoga artikel cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 2 juta per bulan ini bisa bermanfaat dan membantu kalian.

Jika ada yang kurang kalian pahami tentang cara mengatur keuangan gaji 2 juta, silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah kami sediakan. Jangan lupa share ke teman-teman kalian.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA