Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta Per Bulan

Untuk mengatur keuangan rumah tangga atau keluarga agar mencukupi perlu dilakukan sebuah manajemen keuangan. Berikut cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta per bulan.

Dalam rumah tangga pasti diperlukan sekali dalam mengatur keuangan agar bisa tercukupi kebutuhan semua anggota keluarga. Termasuk gaji yang diterima setiap bulannya harus diatur sedemikian rupa sehingga bisa memenuhi semua kebutuhan.

Gaji yang diterima setiap orang memang berbeda-beda tergantung jenis pekerjaan yang mereka jalani. Saat ini paling sedikit seseorang menerima gaji senilai 1 juta rupiah setiap bulannya, tetapi itu berlaku di tempat atau daerah yang kecil.

Gaji senilai 1 juta bagi beberapa orang nilainya cukup banyak tetapi ada juga yang kurang mencukupi tergantung dari gaya hidup yang dijalani.

Gaji senilai 1 juta jika digunakan untuk memenuhi biaya hidup terlihat mustahil di jaman saat ini. Terlebih kebutuhan bahan baku atau kebutuhan yang setiap kali kalian harus beli harganya selalu merangkak naik dan cenderung tidak stabil. Sehingga mau tidak mau kalian harus menyesuaikan dengan keadaan.

Tidak mudah juga mengatur keuangan rumah tangga, belum lagi jika ada kebutuhan yang mendesak kalian harus mempersiapkan diri agar uang gaji tersebut tetap cukup.

Untuk mengatur kebutuhan hidup yang begitu banyak, kalian perlu mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta per bulan berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 1 Juta

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim harus diperhitungkan secara matang. Kalian harus benar-benar memperhitungkan dengan baik. Jangan sembrono dalam membelanjakan uang gaji kalian.

Memang perlu juga mengatur gaya hidup agar kebutuhan yang pokok terpenuhi sehingga tidak perlu memaksakan diri untuk sama dengan orang lain. Justru harus bisa menyesuaikan diri dengan kondisi keuangan yang kita miliki. Berikut ada beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta perbulan agar tidak boros:

  1. Buat Skala atau Anggaran Kebutuhan Pokok

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta dapat kalian lakukan dengan membuat skala prioritas. Membuat skala atau anggaran sangat diperlukan sekali, karena dengan membuat ini kalian bisa tahu dari awal kebutuhan yang benar-benar kalian butuhkan.

Buat list berapa banyak barang yang harus dibeli untuk memenuhi kebutuhan selama satu bulan. Jangan sampai kebutuhan pokok kalian tidak terpenuhi. Karena kebutuhan pokok tidak bisa digantikan dengan apapun dan harus dinomorsatuka agar aktivitas kalian tidak terganggu.

Misalkan sebagai Contoh mengatur kebutuhan biaya pokok di bawah ini:

  • Biaya transportasi jika memakai ojek online terlalu mahal maka kalian bisa beralih ke angkot sehingga biaya yang dikeluarkan bisa berkurang. Jika kalian memiliki kendaraan sendiri belilah bensin yang bisa dipakai untuk pulang pergi kerja selama satu minggu atau sesuai hari aktif kerja hindari menggunakan kendaraan untuk hal yang tidak penting.
  • Untuk kebutuhan pokok makan usahakan jangan selalu beli makanan tetapi kalian bisa memasak nasi sendiri dan beli lauk saja agar pengeluaran berkurang.
  • Untuk kebutuhan kebersihan belilah yang bisa digunakan untuk sebulan atau buat list dimana kebutuhan yang harus kalian beli dihitung untuk mencukupi selama sebulan. Jangan juga membiasakan meloundry baju karena bisa menambah biaya.
  • Bagi perempuan pasti tidak bisa dipisahkan dengan yang namanya make up yang sudah seperti kebutuhan pokok juga. Sehingga dalam menggunakan make up kalian harus berhemat juga pakailah sesuai yang dibutuhkan wajah dan kulit kalian jangan terlalu berlebihan.
  1. Persiapkan Dana untuk Membayar Tagihan

Setiap menerima gaji di awal bulan, selalu sisihkan dana khusus untuk membayar tagihan. Dan jangan gunakan uang sudah kalian sisihkan untuk membayar keperluan lainnya.

Tagihan listrik atau air atau internet wajib kalian bayar setiap bulannya dan jangan sampai telat membayar karena bisa diputus oleh penyedia jasa sehingga aktivitas kalian jadi terganggu.

Kalian bisa membuat dompet khusus untuk menaruh uang tagihan bulanan.

  1. Simpan Sisa Uang Kembalian

Setiap kalian membeli sesuatu pasti selalu ada kembalian. Walaupun kembaliannya tidak banyak, kalian tetap perlu untuk menyimpannya. Jika dikumpulkan sedikit demi sedikit semakin lama akan bertambah banyak dan bisa disimpan juga untuk ditabung.

  1. Optimalkan Tagihan Ponsel

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan penghasilan minim salah satunya dengan mengoptimalkan tagihan ponsel meliputi pulsa dan paket data.

Saat ini kebutuhan internet memang sudah hampir seperti kebutuhan pokok, setiap hari selalu dibutuhkan untuk bekerja atau sekolah. Terlebih masa pandemi saat ini semua serba online.

Setiap bulan kalian harus menyiapkan tagihan paket data dimana setiap provider menawarkan harga paket data yang berbeda-beda.

Optimalkan tagihan sesuai yang kalian butuhkan. Juga hitung berapa paket data yang kalian butuhkan perbulannya sehingga bisa menyiapkan dana untuk membeli paket data di bulan berikutnya.

  1. Efisiensikan Pengeluaran

Sebenarnya pengeluaran setiap harinya dapat kalian atur sehemat dan seefisien mungkin. Pilihlah mana pengeluaran yang benar-benar penting jangan terlalu banyak keinginan yang tidak terlalu penting.

Utamakan untuk pengeluaran kebutuhan lebih dahulu saja. Boleh membeli sesuatu sesuai yang kalian inginkan tetapi tetap pikirkan secara matang apakah keuangan mencukupi jika digunakan untuk membeli apa yang kalian inginkan.

Jika kalian membeli barang untuk kebutuhan bulanan agar lebih hemat kalian bisa membeli di toko yang menjual produk barang pokok dengan harga lebih murah, produk diskon, produk potongan harga atau produk yang termasuk cuci gudang.

  1. Gunakan Uang Tunai

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta dapat kalian lakukan dengan menggunakan uang secara tunai. Karena dengan uang tunai kalian bisa langsung tahu berapa nominal uang yang kalian gunakan sehingga bisa digunakan untuk mengatur keperluan bulanan agar tidak berlebihan.

Karena jika kalian menggunakna kartu kredit kalian tidak akan tahu berapa nominal uang yang kalian gunakan secara langsung tetapi akan kalian ketahui di akhir bulan. Dengan uang tunai jika akan membeli sesuatu kalian akan cenderung berpikir dua kali. Uang tunai adalah raja.

  1. Lakukan dengan Konsisten Sesuai Skala Prioritas

Konsisten adalah kunci dari cara mengelola keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta per bulan. Konsistensi sangat diperlukan dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam mengatur keuangan bulanan.

Memang dalam merencanakan sesuatu jika ingin berhasil harus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan. Tentunya harus dengan niat serta tekad yang kuat juga dan juga kesabaran dalam menjalani setiap langkah-langkahnya.

Itulah tips mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta per bulan. Kami disini hanya memberikan sebuah referensi bagi kalian. Kalian boleh mengikuti saran dari kami atau jika tidak itu tergantung pada kalian sendiri.

Baca Juga: Cara Menabung di Bank BRI

Cara Menabung dengan Gaji 1 juta Per Bulan

Apabila kalian menerapkan cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta per bulan di atas, kalian pasti dapat menabung. Sebenarnya setiap gaji wajib 10% dari total gaji untuk ditabung sehingga jika ada kebutuhan mendesak, tabungan tersebut bisa dipakai.

Menabung merupakan salah satu cara menghemat uang gaji 1 juta per bulan. Kalian dapat menabung sesuai kemampuan kalian.

Menabung memang terlihat sulit bagi yang tidak biasa menjalaninya tetapi beberapa orang mewajibkan untuk memiliki tabungan. Menabung senilai Rp.100.000 per bulan bagi orang tertentu cukup banyak dan kalian harus menyisihkan uang tersebut untuk ditabung ketika menerima gaji di awal bulan.

Hindari juga untuk mealakukan hal-hal yang kurang penting serta pengeluaran yang diluar skala prioritas sehingga uang bisa kalian gunakan untuk menabung.

Kami akan memberikan contoh mengatur anggaran selama satu bulan dengn gaji 1 juta rupiah. Diasumsikan kalian wajib menabung senilai Rp.100.000 maka ada sisa Rp.900.000 untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Bayar kost Rp. 300.000

Kebutuhan pokok Rp.300.000

Biaya Tagihan dan Internet Rp.100.000

Transportasi Rp.100.000

Lain-lain Rp.100.000

Total semuanya Rp.900.000

Skala diatas adalah sebagai contoh saja, kalian bisa tetap menyesuaikan sesuai dengan yang kalian butuhkan. Tetapi kalau bisa kalian harus bisa menyisihkan untuk ditabung meskipun tidak banyak tetapi jika kalian tetap menjalankan dengan konsisten uang tabungan bisa sangat membantu kalian di kemudian hari.

Hidup di desa ataupun di kota sama saja, kebutuhan yang diperlukan juga sama yang terpenting adalah sesuaikan gaya hidup kalian dengan budget keuangan yang kalian miliki. Jangan memaksakan diri untuk mengikuti tren yang ada. Cukupkan kebutuhan pokok kalian terlebih dahulu yang menjadikan aktivitas sehari-hari kalian berjalan lancar serta terpenuhi.

Penyebab Gaji 1 Per Bulan Tidak Cukup

Bagi banyak orang uang senilai 1 juta memang terasa tidak cukup. Hal itu memang realistis karena memang ada penyebab sehingga dengan uang 1 juta tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok saja. Hal tersebut disebabkan karena beberapa hal berikut:

  • Biaya Transportasi

Rata-rata biaya transportasi perhari adalah Rp.20.000 itu jika kalian tidak memiliki kendaraan sendiri dan harus pulang pergi menggunakan kendaraan umum. Tentunya dalam sebulan kalian harus mengeluarkan biaya untuk transportasi saja senilai Rp.600.000 cukup banyak sekali biaya yang harus kalian keluarkan untuk transportasi saja.

  • Biaya Makan

Biaya makan merupakan yang paling penting karena makan sudah menjdi kebutuhan setiap orang untuk bertahan hidup. Bagi kalian yang tidak bisa memasak sendiri tentunya harus membeli, dan biasanya sekali makan bisa menghabiskan uang Rp.10.000 sampai dengan Rp.15.000. Maka dalam satu bulan bisa menghabiskan uang sekitar Rp.300.000 sampai Rp.450.000.

  • Biaya Sewa Kost atau Kontrakan

Biaya sewa kost atau kontrakan di berbagai daerah atau kota mempunyai perbedaan dan tidak bisa disamakan meskipun memang beberapa harga sewa kost ada yang hampir sama.

Rata-rata biaya kost paling murah sekitar Rp.150.000- Rp.700.000 per bulannya dengan fasilitas yang berbeda. Biasanya kost yang paling mahal fasilitas yang diberikan memang paket komplit terkadang juga disediakan kamar mandi dalam.

  • Biaya Kebutuhan Pokok

Kebutuhan pokok juga tidak kalah penting, seperti kebutuhan kebersihan dan kebutuhan pokok lainnya harus terpenuhi setiap bulannya. Meskipun barang tersebut kecil tetapi jika dihitung bisa sampai Rp.500.000 per bulan. Belum lagi saat ini tidak bisa terpisah dengan paket data yang hanya bisa dipakai sebulan saja. Dan masih banyak lagi kebutuhan pokok selain makanan.

  • Biaya Tagihan

Saat kita kost ataupun tinggal di rumah sendiri kita perlu membayar uang listrik setiap bulan, belum lagi langganan air atau televisi kabel atau juga wifi juga. Jika dijumlahkan saja bisa mencapai Rp.100.000 sampai Rp.200.000 tergantung juga dari banyak watt listrik dan bayaknya air yang dipakai. Biaya sebelumnya bisa bertambah jika kalian memakainya lebih dari kebutuhan biasanya.

Hal-hal di atas memang sering dialami oleh orang-orang saat ini, dan belum lagi jika ada kebutuhan yang mendesak. Uang senilai satu juta serasa tidak mencukupi jika dipikirkan karena semakin banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi. Maka dari itu perlu sekali membuat skala prioritas agar keuangan dengan gaji 1 juta mencukupi kebutuhan selama satu bulan.

Terima kasih sudah membaca, semoga artikel cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 1 juta per bulan ini bisa bermanfaat dan membantu kalian.

Jika ada yang kurang kalian pahami tentang cara mengatur keuangan keluarga dengan gaji 1 juta per bulan silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah kami sediakan. Jangan lupa share ke teman-teman kalian.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA