Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 4 Juta Per Bulan

Gaji 4 juta per bulan tidak serta membuat hidup kalian tercukupi apabila kalian tidak mengerti bagaimana cara mengelola keuangan keluarga. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta per bulan.

Saat ini memiliki gaji dengan nilai diatas UMR adalah impian semua orang. Siapa juga tidak ingin Gaji senilai 4 juta sedangkan daerah tempat kerja masih memberi gaji dengan UMR. Sangat jarang sekali ditemukan perusahaan yang bisa memberikan gaji senilai 4 juta. Memang beberapa perusahaan sudah ada yang menggaji karyawannya dengan gaji 4 juta tentunya dengan jabatan tertentu.

Apakah gaji tersebut bisa mencukupi untuk kebutuhan satu bulan? Tentu saja sangat mencukupi bahkan kalian bisa menyimpan 50-60% total gaji untuk digunakan menabung bahkan investasi.

Semua orang pasti sangat senang sekali jika kebutuhan pokok terpenuhi terlebih lagi bisa menabung dan investasi dalam waktu bersamaan. Tetapi ada juga dengan gaji 4 juta perbulan habis untuk memenuhi kebutuhan hidup serta bayar cicilan setiap bulannya.

Tentunya jika kalian bisa mengatur keuangan rumah tangga kalian dengan baik, gaji 4 juta itu sudah sangat lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok bulanan.

Dengan tetap memenuhi pengeluaran kebutuhan pokok sesuai yang kalian butuhkan dan tidak terlalu menuruti setiap keinginan kalian mau maka masih banyak sisa dari gaji yang bisa digunakan untuk menabung bahkan investasi.

Semua tergantung dari bijaknya kalian mengatur alokasi dana pada kebutuhan yang tepat. Meskipun hal tersebut tidak mudah untuk dijalankan, asalkan memiliki kesabaran dan konsistensi tentu tingkat keberhasilannya lebih tinggi.

Jadi jangan mudah menyerah, praktikkan saja beberapa tips atau cara mengatur keuangan rumah tangga atau keluarga dengan gaji 4 juta berikut ini.

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 4 Juta

Setiap orang pasti menginginkan gaji yang diterimanya dapat mencukupi semua kebutuhannya selama satu bulan penuh, bahkan jika bisa ada sisa untuk ditabung. Karena seberapa besar gaji yang kita terima jika belum bisa mengaturnya dengan baik seperti gaji hanya diterima di muka kemudian habis tak bersisa, terlebih juga memaksakan gaya hidup yang tidak sesuai dengan kondisi keuangan yang dimiliki.

Maka dari itu diperlukan tips mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta supaya gaji yang kalian terima mencukupi semuanya. Berikut beberapa cara mengelola gaji 4 juta:

  1. Membuat Daftar Skala Prioritas

Dalam hal apapun skala prioritas sangat berguna sekali. Membuat skala prioritas menjadi salah satu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta. Tanpa skala prioritas pasti banyak yang lebih suka menghamburkan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan tetapi hanya sedang ingin saja yang sifatnya hanya sementara dan mudah bosan.

Di dalam skala prioritas terdapat daftar kebutuhan pokok yang sehari-hari dan tentunya hal-hal penting lainnya. Siapkan buku khusus untuk mencatat kebutuhan prioritas kalian agar mudah untuk membelinya di bulan-bulan berikutnya.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

  1. Mencatat Setiap Pengeluaran dan Pemasukan

Selain menyiapkan buku khusus untuk mencatat skala prioritas, maka kalian juga memerlukan buku khusus untuk mencatat setiap pengeluaran yang kalian lakukan.

Mengapa perlu mencatat setiap pengeluaran? Karena terkadang kita membeli sesuatu yang tidak terdapat di skala prioritas dan spontan atau ada hal tak terduga dan harus mengeluarkan uang sehingga pengeluaran bertambah.

Selain itu cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta dengan mencatat setiap pengeluaran akan terlihat jelas uang yang kita keluarkan untuk apa saja sehingga bisa digunakan juga untuk pandangan kebutuhan bulan berikutnya.

Tips mencatat pengeluaran adalah dengan menyimpan setiap nota atau sturk pembayaran yang sudah tertera tanggal kemudian dikumpulkan dan kalian bisa mencatatnya langsung hari itu juga atau 2-3 hari setelahnya jangan sampai satu minggu baru dituliskan karena kalian pasti lupa.  Untuk setiap kali menerima pemasukan kalian juga harus mencatatnya sebisa mungkin pada hari kalian menerima pemasukan.

  1. Menyisihkan Uang Sesuai Alokasi Kebutuhan

Mengalokasikan dana sesuai dengan kebutuhan adalah salah satu cara mengelola gaji 4 juta yang susah gampang, perlu konsistensi dan disiplin yang ketat agar tips ini berhasil. Harus kuat untuk menahan diri untuk tidak menuruti keingininan.

Kalian bisa menyisihkan dengan membuat dompet atau amplop khusus sesuai dengan alokasi kebutuhan, sehingga bisa dengan mudah menggunakan dana sesuai dengan alokasi dana kebutuhan tanpa tercampur dengan kebutuhan lainnya.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 1 Juta

  1. Konsisten Hidup Hemat

Hidup hemat memang menjadi tantangan setiap orang, menjalankannya pun tidak semudah membayangkan. Hemat artinya hidup sesuai dengan yang kita butuhkan dan tidak berlebihan. Membeli sesuatu sesuai yang dibutuhkan bukan yang diinginkan.

Hemat juga berarti tidak membeli barang baru jika yang lama atau yang saat ini dimiliki masih bisa dipakai. Tidak membeli makanan tetapi memilih untuk memasak sendiri. Hemat sendiri memiliki banyak artian luas, kaian bisa juga menerapkan hemat sesuai dengan prinsip yang kalian jalani.

Hemat adalah salah satu kunci dari cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta ini. Karena dengan hemat uang kalian akan tidak habis untuk hal yang kurang penting.

  1. Menyisihkan Uang untuk Kebutuhan Kondisional

Kebutuhan kondisional juga tidak bisa dipisahkan, karena mengharuskan dana siap siaga disisihkan setiap bulannya. Hampir sama dengan kebutuhan pokok yang tidak bisa ditinggal begitu saja karena sudah menjadi tanggung jawab.

Sebisa mungkin kalian menyisihkan dana untuk kebutuhan kondisional ini bersamaan dengan menyisihkan dana untuk kebutuhan pokok. Sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan tinggal dialokasikan saja.

  1. Hindari Hutang Konsumtif

Hutang memang diperlukan jika menyangkut kebutuhan yang penting sekali misalkan untuk pengembangan usaha, tetapi jika tidak dibatasi akan menjadikan benalu dan berdampak tidak bagi keuangan kalian.

Maka dari itu lebih baik menghindari hutang jika hutang hanya untuk kebutuhan konsumtif yang memiliki dampak negatif. Manfaatkan keuangan kalian dengan baik jangan hidup dengan boros dan berlebihan agar terhindar dari hutang konsumtif serta belajar untuk hemat.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 2 Juta

  1. Hindari Meminjamkan Uang yang Berlebihan

Meminjamkan uang kepada orang lain boleh, tapi ingat yang kalian pinjami memiliki tanggung jawab apa tidak. Jika tidak punya tanggung jawab lebih baik jangan dipinjamkan, tolak saja dengan alasan yang logis dan apa adanya.

Karena prinsip pinjam meminjam itu baik peminjam atau yang dipinjami harus punya tanggung jawab. Jika salah satu tidak bertanggung jawab maka pinjam meminjam tidak diperbolehkan. Meminjam dalam jumlah kecil atau besar tetap sama saja tanggung jawab nomor satu.

  1. Kurangi Berpergian

Berpergian untuk hal-hal yang penting saja, jika akan berpergian untuk bersenang-senang atau berlibur boleh tapi jangan terlalu sering sekali satu kali setiap weekend atau waktu hari libur tertentu saja.

Berpergian juga diperlukan untuk menghilangkan jenuh dan stress karena sibuk dengan pekerjaan, selain itu juga menyenangkan orang yang kalian sayangi jadi berpergian juga tidak ada salahnya asalkan kalian tahu tempat yang cocok dengan uang yang kalian miliki.

  1. Menambah Penghasilan dengan Usaha

Meskipun mendapat gaji diatas UMR, jika kalian memiliki keahlian yang bisa menghasilkan uang manfaatkan saja untuk menambah penghasilan. Jika kalian kerja sistem shift atau ada libur di hari weekend gunakan saja waktu senggang tersebut untuk mencari pekerjaan yang tidak terikat waktu. Atau bisa berjualan secara online di rumah sehingga memiliki usaha sendiri tidak perlu ikut orang lain.

  1. Pembagian Prosentase yang Pas

Senator DPR Inggris Elizabeth Warren membagikan tips 50 30 20 dalam mengatur keuangan gaji dalam satu bulannya. 50 untuk kebutuhan pokok, 30 untuk senang-senang dan 20 untuk tabungan. Pembagian prosentase diatas dinilai cukup pas, ringan dan mudah. Tetapi menurut kami kalian juga berhak menetapkan berapa prosentase yang akan kalian jalankan dengan gaji 4 juta bisa saja jadi 40 10 50 atau 50 10 40 atau yang lainnya lagi. Yang tahu pasnya prosentase tentu kalian yang menjalani. Prosentase-prosentase yang disebutkan tadi adalah sebagai contoh saja.

Tips-tips cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta di atas merupakan rekomendasi dari kami, masih banyak tips-tipa lain yang bisa kalian coba untuk atau kalian tambahkan selain tips diatas. Kunci dari berhasilnya tips mengatur keuangan adalah jalani dengan sabar, telaten, teliti, disiplin serta konsisten langkah demi langkah.

Jika keberatan menjalankan semua tips dalam satu waktu coba terlebih dahulu satu persatu sampai berhasil. Semangat mencoba.

Dengan Gaji 4 Juta, Pilih Menabung, Asuransi atau Investasi?

Dengan gaji 4 juta, kalian bisa menyisihkan dana 50% dari total gaji untuk ditabungkan deposito, asuransi atau investasi. Boleh saja juga ikut asuransi untuk menjamin kesehatan dan jiwa kalian. Jika dikurangi untuk kebutuhan pokok perbulan sisanya lumayan cukup banyak. Jadi kalian bisa memanfaatkan untuk kebutuhan masa depan seperti tabungan deposito atau investasi dan asuransi baik jiwa maupun kesehatan.

  1. Menabung Deposito

Menabung deposito tidak hanya memerlukan uang sedikit, minimalnya mulai dari 5 juta rupiah dan maksimal tergantung pihak perbankan. Deposito artinya menabung banyak dalam jangka waktu yang ditentukan oleh pihak bank dan akan memperoleh tambahan bunga setiap bulannya.

Menabung deposito memiliki banyak keuntungan tidak hanya uang anda di jamin aman tetapi uang ynag kalian tabung akan terus bertambah sampi batas waktu pengambilan. Banyak sekali pihak bank menawarkan program tabungan ini dengan kelebihannya, kami pernah tahu salah satu program tabungan deposito dari salah satu bank BUMN dengan jangka waktu pilihan mulai dari 12-46 bulan kalian bisa memilih sendiri hadiah yang diterima dari handphone sampai mobil alphard dengan syarat setor dana sebesar yang diminta deposito pilih jangka waktu pilih langsung hadiahnya.

Cukup menarik sekali bukan? Walaupun harus menunggu waktu yang lumayan lama tetapi uang yang kalian simpan bisa bertambah dari bunga yang diberikan setiap bulannya.

  1. Investasi Emas

Investasi yang paling aman dan nilai yang stabil tentu emas jawabannya, bahkan tersedia juga tabungan emas. Investasi emas juga bisa kalian simpan sendiri sebenarnya yaitu dengan kalian membeli emas batangan murni 99,9% kandungan emasnya ditoko perhiasan atau di pegadaian.

Jika diasumsikan per gram seharga 1 juta rupiah (kurs saat ini) dan sisa gaji yang kalian miliki senilai 2 juta maka kalian sudah bisa membeli 2 gram emas. Setiap satu bulan kalian bisa investasi 2 gram emas dalam setahun 24 gram emas sangat banyak sekali bukan. 24 gram emas jika tahun berikutnya harganya naik dan kalian menjual emas yang kalian simpan sudah berapa keuntungan yang kalian dapatkan?

Tetapi kalian tidak bisa menjual emas tanpa disimpan dalam waktu tahunan karena bisa rugi banyak, jika setelah kalian simpan beberapa tahun pasti akan selalu ada kenaikan harga dan kalian tidak akan merugi.

  1. Investasi Saham

Investasi saham saat ini sangat banyak sekali, tetapi lebih banyak juga modus penipuan seperti ini. Jadinya perlu sekali kalian harus berhati-hati dalam memilih menginvestasikan uang kalian untuk saham.

Harga perlembar saham memang bermacam-macam tergantung dari posisi dan jenis perusahaan penerbit atau pemilik. Pilih saja perusahaan yang menawarkan saham dengan harga terjangku tetapi kestabilan harga di bursa efek terjangkau juga atau bahkan bisa naik dan stabil. Tetapi investasi saham memang banyak sekali resiko yang harus di tanggung terlebih menstabilkannya.

Maka kalian hanya perlu memilih saja mau investasikan uang kalian untik saham apa. Kalian harus cermat mana saham yang memberikan deviden yang cukup stabil pertahunnya Banyak-banyak membaca dan update berita jika kalian menginvestasikan uang kalian untuk saham.

  1. Asuransi Jiwa dan Kesehatan

Asuransi dengan iuran polis termurah mulai dari 300.000 perbulan, banyak jenis penyedia polis hanya perlu memilih saja yang sesuai dengan kondisi keuangan. Jika kalian sendiri dan belum berkeluarga hanya perlu satu orang untuk daftar, jika sudah berkeluarga minimal 3 orang untuk sekali daftar. Tetapi tidak apa-apa sisa gaji kalian masih cukup untuk membayar asuransj, investasi serta menabung.

Perhitungannya cukup mudah yaitu jika 900.000 untuk asuransi (untuk 3 orang), 1.000.000 untuk 1 gram emas dan sisanya 500.000 untuk ditabung dikumpulkan untuk deposito ini didapatkan dari 60% dari total gaji yang telah dikurangi untuk kebutuhan pokok.

Jika kalian sudah menggunakan 50% total dari gaji, kalian tinggal menghitungnya saja berapa alokasi dananya. Jika tidka bersisa untuk tabungan deposito jadi ya untuk asuransi saja dan investasi emas.

Jika tidak mendaftar asuransi, bisa digunakan untuk menabung deposito dan investasi emas.

Jika tidak mendaftar asuransi maupun deposito digunkanan saja untuk investasi emas.

Jika tidak investasi emas dan asuransi digunakan semuanya untuk ditbaung deposito.

Cukup mudah jika alokasi dana sudah jelas jadi tidak perlu bingung lagi. Tetapi tetap saja kalian bisa memilih opsi mana yang akan kalian jalani. Contoh perhitungan di atas adalah sebagai gambaran saja. Belum tentu sisa gaji sebanyak yang saya perhitungkan bisa saja lebih bisa saj kurang tergantung dari kalian yang akan menggambarkan. Intinya kalian berhak untuk memilih yang nyaman untuk kalian jalani.

Sampai disini untuk pembahasan kali ini tentang cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 4 juta. Semoga bisa bermanfaan dan membantu kalian.

Jika ada yang kurang kalian pahami silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang telah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA