Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA

[Lengkap] Cara Mengecek Tagihan Kartu Kredit BCA

Untuk kalian pengguna kartu kredit harus mengetahui cara mengecek tagihan kartu kredit BCA ini. Tagihan kartu kredit adalah daftar transaksi dalam satu bulan berjalan yang dirangkum menjadi satu dan dimasukkan ke dalam sebuah tagihan kartu kredit. Tagihan kartu kredit memuat daftar transaksi dan nominal akhir yang harus dibayarkan oleh nasabah kartu kredit.

Sebagai nasabah, kalian harus mengetahui cara mengecek tagihan kartu kredit kalian seperti BCA agar tidak terkena denda karena telat membayar tagihan kartu kredit atau kecolongan transaksi yang dilakukan pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, tujuan mengecek tagihan kartu kredit BCA secara rutin juga berguna untuk memantau pengeluaran kalian.

Cara Mengecek Tagihan Kartu Kredit BCA

Pastinya ada berbagai metode untuk cek tagihan kartu kredit BCA, misalnya seperti dengan menggunakan mobile banking (m banking), kode dial up, melalui SMS, dan masih banyak metode yang lainnya. Dan kali ini kami akan memberikan tutorial lengkap dan mudah yang bisa kalian terapkan di rumah. Jadi baca terus artikel ini sampai akhir dan jangan sampai ada yang terlewat.

Cara Mengecek Tagihan Kartu Kredit BCA

Melalui Kode Dial Up

Cara pertama yang harus kalian lakukan ketika ingin cek tagihan kartu kredit BCA adalah dengan menggunakan kode dial up, yang bisa kalian akses pada ponsel kalian masing-masing. Untuk tutorialnya bisa kalian baca di bawah ini:

  1. Buka menu telepon pada ponsel kalian
  2. Kemudian ketik kode *141#
  3. Pilih Bank BCA
  4. Selanjutnya pilihlah menu Kartu Kredit

Cara Mengecek Tagihan Kartu Kredit BCA Melalui Kode Dial

  1. Setelah itu lanjutkan kembali dengan memilih menu Tagihan
  2. Lalu pilih tagihan yang ingin diketahui, yaitu tagihan per kartu atau tagihan gabungan dari seluruh kartu kredit BCA yang kalian punya

Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BCA Melalui Kode Dial

  1. Masukkan 16 digit nomor kartu kredit
  2. Selanjutnya kalian akan menerima informasi tagihan dari kartu kredit BCA

Via SMS Banking

Selain menggunakan kode dial up, untuk mengecek tagihan kartu kredit BCA bisa kalian lakukan dengan menggunakan SMS. Dan pastinya cara ini juga tidak kalah mudah dengan cara pertama. Sebelum melakukan cara ini, kalian harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Kami juga akan memberikan tutorialnya secara lengkap dan mudah. Berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Pertama datang ke mesin ATM terdekat
  2. Lalu masukkan kartu ATM BCA dan setelah itu masukkan PIN kalian
  3. Lalu pilih menu Daftar E-Banking/Autodebet
  4. Kemudian pilih SMS BCA
  5. Input nomor handphone
  6. Masukkan 4 digit kode akses
  7. Masukkan kode akses sekali lagi
  8. Lanjutkan dengan memilih Ya sebagai tanda setuju

Kemudian, untuk cara mengecek tagihan kartu kredit BCA bisa dilakukan dengan cara ini:

  1. Buka menu SMS pada ponsel kalian
  2. Ketik Tagihan (spasi) 16 Digit Nomor Kartu Kredit. Contoh: Tagihan 1234567891011121
  3. Lalu kirimkan SMS tersebut ke nomor 69888

Melalui Mobile Banking BCA (M-Banking)

Dengan menggunakan mobile banking BCA (m banking) kalian harus mengunduh aplikasinya terlebih dahulu yang ada di Play Store ataupun App Store. Setelah itu kalian bisa mengikuti cara-cara yang ada di bawah ini:

Sebelum mengecek tagihan kartu kredit BCA, terlebih dahulu kalian harus mendaftar Mobile Banking BCA. Untuk caranya perhatikan langkah-langkah berikut :

  1. Pergi ke ATM terdekat
  2. Masukkan kartu ATM BCA dan masukkan PIN kalian
  3. Kemudian pilih menu Transaksi Lainnya
  4. Selanjutnya silahkan pilih menu Mobile Banking
  5. Masukkan nomor handphone yang ingin didaftarkan
  6. Masukkan PIN mobile banking yang ingin digunakan untuk mengakses aplikasi m-BCA
  7. Konfirmasi kembali PIN mobile banking. Selesai!

Setelah melakukan cara tersebut, artinya kalian sudah terdaftar. Untuk langkah selanjutnya bisa kalian baca di bawah ini:

  1. Buka aplikasi BCA Mobile
  2. Kemudian masukkan User ID untuk melakukan login
  3. Pilih menu Transaksi
  4. Kemudian pilih nomor kartu kredit yang ingin kalian cek
  5. Selanjutnya masukkan PIN Mobile BCA
  6. Lalu informasi tagihan kartu kredit akan muncul pada layar ponsel kalian

Baca Juga : Cara Transfer BCA ke Mandiri

Melalui KlikBCA

Sama ketika dengan menggunakan metode via SMS, karena dengan KlikBCA kalin harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di ATM BCA. Untuk lebih jelasnya bisa kalian perhatikan tutorialnya di bawah ini:

  1. Pertama masukkan kartu ATM BCA dan setelah itu masukkan PIN kalian
  2. Lalu pilih menu Daftar e-Banking atau Autodebet
  3. Lanjutkan dengan memilih menu Internet Banking
  4. Masukkan PIN enam digit angka
  5. Masukkan kembali PIN sebagai konfirmasi
  6. Setelah itu kalian akan menerima struk berisi user ID dan PIN untuk mengakses layanan Internet banking

Jika sudah melakukan pendaftaran dan sudah memiliki akun, selanjutnya kalian bisa mengikuti cara di bawah ini:

  1. Buka situs website KlikBCA.com
  2. Lakukan login ke Internet Banking Individual
  3. Kemudian masukkan User ID dan PIN kalian
  4. Lalu pilih menu Informasi Kartu Kredit
  5. Dan pilih menu Tagihan

Melalui HaloBCA 500888

Mengecek tagihan kartu kredit BCA melalui HaloBCA 500888 ini termasuk cara yang paling mudah untuk dilakukan. Bagi kalian yang malas dengan tutorial yang terlalu panjang, cara ini bisa kalian gunakan.

Cara ini bisa dikatakan paling mudah dan simpel karena yang kalian lakukan hanya menghubungi HaloBCA 500888. Setelah itu pihak dari BCA akan memberikan arahan-arahan terkait dengan cara mengecek tagihan kartu kredit BCA.

Melalui Fitur Vira

Mungkin beberapa dari kalian masih merasa asing dengan yang namanya Vira. Apasih Vira itu? Jadi, Vira merupakan sebuah layanan yang disediakan oleh BCA yang bisa kalian hubungi melalui platform Line, Facebook Messenger, Kaskus Chat, dan Asisten Google.

Selain bisa digunakan untuk mengecek tagihan kartu kredit BCA, Vira juga memberikan informasi seputar promo-promo, kurs, serta lokasi ATM. Kalian juga bisa meminta informasi terkait dengan informasi saldo, mutasi rekening, informasi kartu kredit, dan masih banyak lagi.

Untuk menanyakan cara mengecek tagihan kartu kredit BCA melalui Vira, kalian bisa mengikuti langkah yang sudah kami tulis di bawah ini:

  1. Pertama, daftarkan nomor handphone kalian terlebih dahulu di ATM BCA, lalu akses menu e-banking untuk menerima OTP (One Time Password)
  2. Setelah itu, buka aplikasi Line, Facebook Messenger, atau aplikasi lainnya yang kalian inginkan
  3. Kemudian pilih menu Transaksi Perbankan
  4. Lakukan persetujuan syarat dan ketentuan, dan pilih menu Registrasi
  5. Lalu masukkan nomor kartu ATM, dan pilih nomor handphone untuk menerima OTP
  6. Masukkan OTP yang diterima, lalu klik Lanjut

Cara Membaca Tagihan Kartu Kredit

Bagi kalian yang masih bingung untuk cara membaca tagihan kartu kredit, berikut akan kami beri penjelasan secara detail. Secara umum kartu kredit mempunyai empat bagian.

Pada bagian pertama akan disajikan beberapa rincian sebagai berikut :

  • Data pribadi meliputi informasi nama, alamat penagihan dan nomor kartu kredit
  • Tanggal tagihan adalah periode tagihan pada bulan tersebut
  • Tanggal jatuh tempo merupakanbatas pembayaran tagihan
  • Total tagihan adalah total tagihan pada bulan tersebut
  • Pembayaran minimum adalah beban pembayaran minimum yang dapat kalian bayar. Jika saat itu kalian tidak mempunyai uang sebesar pembayaran tersebut, kalian dapat membayar senilai pembayaran minimum tersebut. Akan tetapi hal tersebut tidak kami sarankan, karena kalian akan dikenai bunga tambahan.
  • Kualitas kredit adalah informasi mengenai kelancaran kredit

Selanjutnya pada bagian bagian kedua. Pada bagian ini berisi tentang kolom transaksi yang diisi oleh daftar transkasi yang kalian lakukan. Periksa dengan teliti apakah daftar transaksi terseebut memang dilakukan olehmu.

Pada bagian ini akan terdapat dua jenis tanggal yaitu tanggal transaksi dan tanggal pembukuan. Tanggal transaksi adalah tanggal ketika kalian melakukan pembelian barang atau jasa. Sedangkan tanggal pembukuan adalah tanggal saat transaksi yang dilakukan dan dibukukan ke dalam tagihan kartu kredit.

Selanjutnya pada bagian ketiga berisi tentang sisa dari tagihan sebelumnya, total tagihan, batas transaksi, bunga, dan biaya overlimit. Biaya overlimit adalah biaya yang akan muncul jika kalian pernah menggunakan kartu kredit melebihi limit yang telah ditentukan.

Selanjutnya pada bagian empat berisi tentang reward kartu kredit yang kalian peroleh pada bulan penagihan, bulan sebelumnya, serta yang telah digunakan.

Untuk mencegah terjadinya denda karena kalian lalai tidak mengecek sebuah tagihan kartu kredit, mungkin artikel kami ini bisa membantu kalian semua. Sebenarnya tidak masalah jika kalian memiliki tagihan yang mendekati limit kartu kredit. Namun alangkah lebih baiknya jika dihindari saja. Mengapa demikian? Karena nantinya pasti akan membebani kalian untuk melunasinya. Jadi coba saja cara di atas yang menurut kalian mudah untuk dilakukan.

Itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai artikel tentang cara mengecek tagihan kartu kredit BCA. Silahkan share jika menurut kalian bermanfaat dan agar yang lain juga bisa mencobanya. Atau berikan komentar yang ada di bawah ini mengenai artikel ini jika ada yang tidak jelas.

Tinggalkan komentar