Cara mengecek Touchscreen di Semua Merek Smartphone Android

Berbeda dengan zaman dulu yang terdapat ponsel berbasis keyboard, sekarang hampir semua smartphone berbasis layar sentuh atau touchscreen. Touchscreeen menjadi salah satu komponen penting dalam smartphone. Jika terjadi error maka kinerja sebuah smartphone pasti akan sangat terganggu. Namanya sebuah barang elektronik, touchscreen juga dapat mengalami kerusakan. Untuk mengetahui sebuah kerusakan kalian harus mengecek touchscreen tersebut. Untuk itu kami akan membahas tentang cara mengecek touchscreen di semua merek smartphone android.

Cara cek touchscreen juga diperlukan ketika kalian membeli sebuah hp bekas. Apa jadinya jika kalian membeli hp dan ternyata touchscreen nya error di beberapa titik, pasti kalian tidak mau mengalami hal itu kan. Mungkin dipikiran kalian akan timbul sebuah pertanyaan bagaimana cara cek touchscreen? Tenang, kali ini Laci Usang akan memberikan artikel tentang hal itu.

Cara Mengecek Touchscreen

Cara Mengecek Touchscreen Tanpa Aplikasi

Hampir semua merek smartphone telah memberi fasilitas bagi penggunanya untuk mengecek kerusakan touchscreen. Cukup dengan memberikan kode dial khusu kalian dapat mengeceknya. Tapi berbeda smartphone mungkin akan berbeda juga dialnya.

Cara Mengecek Touchscreen Oppo

Pabrikan ponsel oppo memberikan kode khusus bagi penggunanya yang ingin mengecek kondisi touchscreennya. Untuk lebih detailnya ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Masuk pada aplikasi Telepon.
  2. Setelah masuk ketik *#800# agar dapat memunculkan Engineer Mode.
  3. Setelah kalian masuk pada Engineer Mode, pilih bagian Touchscreen.
  4. Maka kalian akan disajikan kotak-kotak, cukup sentuh semuanya hingga berwarna hijau. Jika semua kotak dapat berwarna hijau maka touchscreen anda tidak mengalami kerusakan.

Kalian dapat melakukan berbagai test dengan Engineer mode, untuk mengetahui apakah oppo kalian terdapat kerusakan. Cara ini dapat dilakukan pada semua merek oppo seperti a3s, a71, f1, f1 plus, f3, f3 plus dan masih banyak lagi

Cara Mengecek Touchscreen Realme

Realme sudah membekali sebuah aplikasi untuk penggunanya agar dapat mengecek touchscreen secara langsung pada aplikasi bawaannya. Sebenarnya tidak hanya touchscreen, kalian juga dapat mengecek seluruh hardware pada hp realme kalian melalui aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut bernama Manajer Tlp. Untuk lebih detailnya sebagai berikut :

  1. Masuk pada aplikasi Manajer Tlp.
  2. Lalu pilih Pemeriksaan Komponen (Uji Rutin)
  3. Setelah masuk pada menu tersebut pilih Deteksi Sekarang
  4. Untuk mengecek pada layar, centang hanya pada pilihan Layar. Setelah itu Mulai Deteksi.
  5. Ikuti Instruksi yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

Cara Mengecek Touchscreen Realme dan Oppo

Cara ini dapat berlaku pada semua jenis realme. atau juga merek Oppo yang versi terbaru sudah tersedia fitur tersebut.

Cara Mengecek Touchscreen Samsung

Samsung mempunyai kode dial rahasia yang dapat digunakan untuk mengecek hardware. Tapi kali ini kita hanya memberitahu kode dial rahasia untuk mengecek layar sentuh atau touchscreen. Dan caranya sebagai berikut:

  1. Masuk pada aplikasi Telepon
  2. Setelah masuk telepon ketik *#0*# untuk masuk pada hardware test.
  3. Setelah masuk hardware test, pilih pada bagian Touch.
  4. Akan ditampilkan kotak-kotak putih yang membentuk tanda silang dan persegi panjang.
  5. Sentuh pada bagian kotak-kotak kecil putih tadi hingga berwarna hijau semuanya. Jika semua kotak berwarna hijau artinya touchscreen normal dan touchscreen test akan menutup secara otomatis.

Selain touchscreen test kalian dapat mengecek beberapa hardware lainnya diantaranya speaker, vibration, sensor dan masih banyak lagi. Cara mengecek touchscreen samsung ini dapat bekerja pada semua tipe samsung seperti Samsung J2 prime, Samsung j5 prime, Samsung j7 prime, Samsung j1 ace, Samsung a5, Samsung a3 dan masih banyak lagi

Cara Mengecek Touchscreen Xiaomi

Xiaomi mempunyai kode dial rahasia yang sangat banyak. Akan tetapi kali ini kita hanya akan membahas tentang cara mengecek touchscreen melalui kode dial pada xiaomi. Caranya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Telepon
  2. Setelah masuk, Ketikkan kode *#*#64663#*#*
  3. Kalian akan masuk pada hardware test,pilih pada bagian Touchpanel Edge.
  4. Setelah masuk touchpanel edge, tekan dan tahan pada semua kotak hingga semuanya menjadi hijau.
  5. Jika semuanya dapat berwarna hijau artinya touchscreen tidak mengalami kerusakan. Jika terdapat kotak yang tidak dapat berwarna hijau berarti touchscreen kalian mengalami keruakan pada bagian itu.

Cukup mudah mengecek touchscreen di smartphone xiaomi. Cara ini dapat digunakan pada semua tipe xiaomi misalnya Redmi 4x, Redmi 4a, Redmi Note 5, Redmi 3 pro, Redmi note 4 dan masih banyak lainnya.

Cara Mengecek Touchscreen Vivo

Vivo juga tidak kalah dengan smartphone lainnya. Vivo juga mempunyai kode rahasia untuk mengecek touchscreen atau hardware lainnya. Untuk cara mendetailnya dapat kalian ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk pada aplikasi bawaan smartphone yaitu Telepon.
  2. Setelah masuk aplikasi telepon ketik *#558# untuk masuk pada hardware test.
  3. Setelah masuk hardware test, pilih pada bagian Engineering Test.
  4. Selanjutnya pilih bagian Engineering Test 2.
  5. Cari dan pilih Handwriting test.
  6. Akan ditampilkan kotak-kotak putih yang membentuk tanda silang dan persegi panjang.
  7. Sentuh pada bagian kotak-kotak kecil putih tadi hingga berwarna hijau semuanya. Jika semua kotak berwarna hijau artinya touchscreen normal dan touchscreen test akan menutup secara otomatis.

Itulah cara mengecek touchscreen vivo, dengan dial tersebut kalian juga dapat mengecek beberapa hardware lainnya. Dial ini dapat dilakukan pada semua tipe vivo diantaranya vivo v5, vivo v9, vivo v5s, vivoy71, vivo y53 dan masih banyak lagi.

Cara Mengecek Touchscreen Asus

Berbeda dengan merek lainya, asus memberikan kode rahasia bukan untuk diketik di telepon melainkan pada kalkulator. Salah satu hal yang dapat dicek ketika berada di hardware test adalah mengecek touchscreen. Jika kalian bingung caranya, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Masuk pada aplikasi Kalkulator bawaan asus.
  2. Setelah masuk di kalkulator ketikkan .12345+=
  3. Kalian akan masuk pada hardware test dan pilih Touch_Test jika hanya ingin mengecek touchscreen.
  4. Setelah itu kalian dapat mengecek dengan coretan-coretan. Jika semua coretan dapat dilakukan pada layar artinya touchscreen masih dalam keadaan normal.

Sebenarnya saat masuk pada hardware test kalian dapat mengecek semua kondisi hardware dengan pilih icon titik tiga di pojok kanan atas dan pilih start autorun. Cara ini dapat dilakukan pada semua tipe asus seperti Zenfone max pro m1, zenfone 3 max, zenfone 4, zenfone 5 dan masih banyak lagi.

Cara Mengecek Touchscreen Dengan Aplikasi Touchscreen

Jika kalian gagal mencoba cara mengecek touchscreen tanpa aplikasi di atas, kalian dapat mencoba mengecek touchscreen dengan aplikasi yang terdapat di Play Store. Berikut akan kami berikan beberapa aplikasi rekomendasi untuk mengecek touchscreen kalian.

Touchscreen Test (Play Store)

Touchscreen Test

Aplikasi ini adalah solusi jika kalian gagal mencoba mengecek touchscreen tanpa aplikasi, karena touchscreen test mempunyai fungsi yang hampir sama dengan itu. Cukup install aplikasinya dan start test dan sentuh kotak-kotak putih hingga semua menjadi hijau. Cukup mudah bukan? Aplikasi ini mempunyai size yang sangat kecil jadi tidak terlalu memenuhi memori kalian.

Multi Touch Test (Play Store)

Multi Touch Test

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk cek touchscreen. Multi Touch Test mempunyai 3 fitur yaitu Paint test dimana kalian dapat menggambar untuk menguji layar sentuh, multi touch test dimana kalian dapat menguji touchscreen dengan beberapa sentuhan sekaligus, dan colour test dimana kalian dapat mengetes keakuratan warna atau ketajaman warna. Sangat direkomendasikan aplikasi ini untuk mengetahui kondisi kesehatan touchscreen kalian.

Touch Screen Test (Play Store)

Touch Screen Test

Ini juga adalah aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk mengecek touchscreen. Dalam aplikasi ini kalian dapat mencoret coret untuk mengetahui apakah touchscreen berjalan normal. Jika terdapat bagian yang tidak dapat dicoret itu artinya terdapat kerusakan pada touchscreen bagian itu. Sedangkan jika seluruh bagian layar sentuh dapat dicoret berarti touchscreen masih dalam keadaan normal. Cukup simpel dalam penggunaan aplikasi ini.

Cara Mengecek Touchscreen Dengan Aplikasi Drawing

Ternyata aplikasi drawing atau menggambar juga dapat digunakan untuk mengecek loh. Simpelnya, kalian buat projek gambar berukuran sesuai layar hp kalian. Kemudian ambil tool untuk mencoret-coret. Tinggal coret coret semua bagiannya. Jika dapat tercoret semuanya maka touchscreen masih dalam keadaan normal. Begitu juga sebaliknya jika terdapat bagian yang tidak dapat dicoret maka dapat diindikasi bahwa terdapat kerusakan pada bagian itu. Ini adalah beberapa aplikasi drawing atau menggambar yang dapat kalian gunakan untuk mengecek touchscreen.

Picsay (Play Store)

Picsay

Picsay adalah salah satu aplikasi edit foto yang cukup terkenal. Dalam aplikasi ini terdapat fitur paint yang dapat kalian gunakan untuk mengecek touchscreen. Aplikasi ini berukuran sangat kecil sehingga tidak membuat penyimpanan kalian penuh. Aplikasi ini sangat recommended untuk dicoba.

Simple Draw (Play Store)

Simple Draw

Ini adalah aplikasi menggambar, jadi dengan aplikasi ini kalian dapat mencoret coret layar sentuh kalian, sehingga dapat diketahui apakah terdapat error pada touchscreen kalian. Aplikasi ini sangat ringan dan mudah digunakan.

Sebenarnya masih banyak aplikasi drawing yang dapat digunakan untuk mengecek touchscreen seperti SketchBook, ibis Paint X, PaperDraw, dan masih banyak lagi. Aplikasi semacam ini dapat kalian cari di play store dengan mengetikkan drawing.

Itulah beberapa cara mengecek touchscreen mulai dari tanpa aplikasi hingga menggunakan aplikasi. Kalian bebas memilih menggunakan cara yang manapun. Tetapi Kami memberi saran jika gagal menggunakan metode tanpa aplikasi, maka install aplikasi di play store sesuai rekomendasi dari kami di atas.

Tinggalkan komentar