Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Instagram

Instagram merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat di era modern ini, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sudah mempunyai akun instagram. Instagram telah diunduh sebanyak 1 miliar lebih pada platform Play Store, woow sangat banyak. Dengan populernya media sosial instagram, masih adakah dari kalian yang tidak mengenal instagram? Pasti dari kalian sudah banyak mengetahui hal seputar instagram. Tapi tahukah kalian tentang cara mengembalikan foto yang terhapus di instagram? Hmm mungkin belum mengetahuinya.

Berbicara tentang foto di Instagram, sebelumnya kalian harus mengetahui terlebih dahulu ukuran foto yang pas untuk Instagram.

Kehilangan foto atau terhapusnya foto di instagram mungkin dapat membuat anda sedih, dengan alasan karena itu adalah foto yang sangat berkesan atau mungkin ada alasan lainnya. Karena instagram juga dapat menjadi galeri anda untuk menyimpan banyak foto. Sangat asik bermain sosial media yang satu ini, akan tetapi jika salah satu foto kalian terhapus sedangkan kalian tidak menginginkan hal tersebut, maka bermain instagram menjadi tidak asik. Tapi tenang, kali ini kami akan memberikan cara mengembalikan foto yang terhapus di instagram agar kalian tidak sedih dan bermain instagram menjadi asik lagi.

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Instagram

Bisakah Mengembalikan Foto yang Terhapus di Instagram?

Ya tentunya bisa lah. Dengan 5 cara mengembalikan foto yang terhapus di instagram ini, kalian dapat dengan mudah mendapatkan kembali foto yang telah terhapus tersebut.

5 Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Instagram

Kami mempunyai 5 metode mengembalikan foto yang terhapus di instagram. Perhatikan dan coba praktikan agar foto kalian dapat kembali

  1. Menggunakan Fitur Unduh Data di Instagram

Pada update terbaru, Instagram menambahkan fitur Unduh Data. Fitur tersebut memungkinkan kalian untuk menemukan foto yang telah terhapus. Cara mengembalikan foto yang terhapus di Instagram ini hanya membutuhkan koneksi internet dan akun Instagram yang sudah login. Untuk lebih detailnya sebagai berikut :

  1. Langkah pertama login menggunakan Instagram kalian
  2. Setelah itu masuk pada bagian profil (pojok kanan bawah)
  3. Kemudia pilih garis tiga pada pojok kanan atas
  4. Pilih pengaturan
  5. Piih bagian Keamanan

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Instagram

  1. Klik Unduh Data
  2. Setelah itu masukkan email yang aktif dan pilih minta unduhan
  3. Setelah itu masukkan kata sandi Instagram kalian, kemudian pilih selanjutnya

Cara Mengembalikan Foto yang Terhapus di Instagram

  1. Tunggu beberapa saat, maka Instagram akan mengirimkan file di email kalian. Kalian dapat mengunduh file tersebut melalui email yang diberikan Instagram tersebut.

Catatan : File tersebut hanya dapat bertahan selama 4 hari, jadi usahakan mengunduh data kalian sebelum 4 hari. Jika sudah terlampaui 4 hari, kalian dapat mengulangi cara yang sama untuk mengembalikan foto yang terhapus di Instagram.

  1. Menggunakan Software Easeus Data Recovery Software

Cara kedua ini diperlukan perangkat komputer atau laptop. Jika kalian tidak mempunyai hal tersebut, dapat kalian skip cara ini dan lanjut cara yang ketiga. Kenapa cara ini harus menggunakan pc? Karena kalian diharuskan menginstall software Easesus Data Recovery sedangkan untuk cara menggunakannya:

  1. Siapkan kabel data, komputer atau pc dan smartphone kalian yang sering anda gunakan untuk bermain instagram.
  2. Install software Easeus Data Recovery [Disini].
  3. Jika proses install sudah selesai, segera hubungkan smartphone kalian dengan komputer atau laptop menggunakan kabel data. Jangan lupa untuk mengaktifkan USB Debugging.
  4. Setelah itu, Easus Data Recovery akan merespon dan memindai perangkat kalian dan segera akan menemukan berkas-berkas yang terhapus termasuk foto di instagram kalian.

Proses ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jika dengan cara ini kalian masih gagal, maka kalian dapat mencoba cara yang selanjutnya.

  1. Menggunakan website Instaport

Instaport adalah salah satu website dimana kalian dapat mengunduh arsip dari akun instagram sendiri. Instaport akan meminta anda untuk memasukkan akun instagram, setelah itu instaport akan menganalisis dan menyajikan kumpulan foto yang pernah kalian upload. Banyak tersebar berita bahwa instaport adalah website yang dapat meretas akun kalian, tetapi untuk instaport yang satu ini sudah kami riset dan termasuk dalam kategori paling aman. Jika kalian ragu menggunakan cara ini, boleh langsung skip ke cara yang ketiga. Bagi kalian yang ingin mengetahui caranya, simak langkah langkah berikut ini:

  1. Buka website instaport.me
  2. Login menggunakan akun instagram kalian.
  3. Setelah kalian login, pilih Authorize.
  4. Kemudian akan muncul banyak pilihan backup, kalian dapat memilih rentang waktu mulai dari kapan sampai kapan atau semua foto yang pernah kalian unggah.
  5. Setelah kalian memilih pilihan tersebut silahkan klik Start Export.
  6. Instaport akan memproses dan ini memakan waktu yang sedikit lama. Diusahakan menggunakan koneksi yang baik dan stabil agara proses berjalan lancar.
  7. Setelah proses selesai, silahkan unduh filenya yang berbentuk .zip

Setelah proses selesai maka kalian akan mendapatkan kumpulan foto instagram kalian dalam bentuk zip. Ekstrak file tersebut dan pilih mana saja foto yang ingin anda ambil.

  1. Periksa File Instagram di Smartphone Kalian

Jika kalian mengaktifkan pengaturan “Simpan foto yang diposting” tanpa kalian sadari instagram akan membuat duplikat pada foto yang kalian unggah. Jika kalian belum mengaktifkan nya maka cara ini tidak bisa digunakan dan skip ke cara selanjutnya. Jika kalian sudah mengaktifkannya maka beruntunglah karena kalian dapat mengecek pada folder My files (Internal) – Pictures – Instagram. Cara ini akan berhasil jika anda tidak sering bergonta ganti hp, karena instagram menduplikat foto kalian saat proses mengunggahnya. Jadi jika setelah menggungah foto tersebut, kalian berganti hp maka foto anda akan tertinggal di hp lama. Coba cek smartphone lama kalian.

  1. Menggunakan Bantuan Teman Kalian

Cara mengembalikan foto yang terhapus di Instagram yang satu ini sebenarnya kemungkinan keberhasilannya sangat kecil, tetapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Barangkali foto yang kalian unggah adalah hasil jepretan hp atau kamera milik teman kalian sendiri dan teman kalian masih menyimpannya. Kalian dapat menanyakan foto tersebut. Jika teman kalian masih menyimpannya, maka dapat anda minta foto tersebut.

Atau juga pada saat kalian posting di Instagram, ada salah satu teman kalian yang mungkin sekedar iseng men-screenshotnya. Kalian dapat memiliki lagi foto tersebut dengan memintanya.

Selain itu, mungkin masih banyak tips dan trik yang belum kalian ketahui seputar Instagram, misalnya cara membuat cover highlight Instagram atau cara membuat sorotan di Instagram.

Itulah 5 cara mengembalikan foto yang terhapus di Instagram yang dapat kalian coba. Coba satu persatu cara diatas dan semoga masalah kalian dapat teratasi. Jika dengan cara diatas foto kalian masih saja tidak ditemukan, maka ikhlaskanlah hehehehe karena sudah tidak ada cara lagi untuk mengembalikannya.

Tinggalkan komentar