Cara Mengetahui OS Android Tanpa Ribet

Bagi kalian pengguna android harus mengerti cara mengetahui os android smarthphone masing-masing. Hal ini dilakukan agar kalian tau kapan harus mengupdate versi OS android. Update android atau biasa dikenal sebagai upgrade sistem operasi (OS).

Android OS merupakan sebuah sistem operasi terbuka dibawah lisensi Apache yang memungkinkan sistem ini dapat dikembangkan, dimodifikasi dan disditribusikan oleh pihak-pihak tertentu. Sistem operasi ini mendukung kinerja perangkat elektronik layar sentuh.

Setiap merk smartphone pasti memiliki batas maksimal upgrade OS. Alangkah baiknya kalian harus memperhatikan android kalian bisa mencapai versi apa. Seperti  Jelly Bean, Kitkat, Lollipop, Marshmellow, Nouga, Oreo, dan  Pie.

Nama setiap versi dari android memiliki nama yang unik dan menarik. Dari mulai Android rilis komersial selalu diberi nama yang mengandung makanan manis, hanya saja untuk versi terbaru dinamai Android 10 memperingati bahwa Android telah ada 1 dekade.

Nah, Cara melihat os android di hp asus, samsung, vivo , atau xiaomi di rasa sama-sama cukup mudah dan sederhana. Karena perusahaan smarthphone tidak mungkin mempersulit penggunanya.

Namun, apabila kalian belum tahu cara cek os android bisa simak artikel tutorialnya di bawah ini.

Cara Mengetahui Versi OS Terbaru di HP Android

Tingkatan versi OS di setiap perusahaan berlangsung bertahap. Ada yang cepat upgrade ada juga yang sedikit terlambat. Serta tidak semua smarthphone memberi notifikasi untuk update Android.

Sehingga patut bagi kalian untuk memeriksa setiap merasa ada yang kurang dari gadget kalian. Ada beberapa pilihan cara melihat update os andorid, menggunakan aplikasi atau tidak.

Jika kalian ingin dengan mudah cek versi os android tanpa perlu menambah aplikasi baru dari play store. Cukup lakukan cara mudah mengetahui os android asli berikut ini :

Cara Melihat OS Android Vivo

Vivo salah satu Brand yang siap untuk beradaptasi dari evolusi sistem operasi android ke versi 10. Secara resmi Vivo merilis linimasa smartphone yang bakal mendapat pembaruan Android 10.

Nah, apakah Vivo kalian sudah mendapat pembaruan android 10? Cara cek os android vivo seperti yang ada pada gambar di bawah. Cukup masuk ke area Pengaturan -> Pengaturan lainnya -> Tentang Ponsel

cara cek os android vivo

Baca juga:

Cara Melihat OS Android di HP Asus

Dalam menggunakan android, kalian juga perlu memperhatikan update sistem yang ada dalam hp Android kalian.

Memperhatikan versi android kalian itu penting, dengan selalu mengupdate sistem android juga dapat menghilangkan bug yang ada di hp.

Khusus untuk Asus Zenfone 4, 5, dan 6 berikut ini cara mengecek os ponsel android :

  1. Cari menu Setting dan tekan tombol untuk masuk ke tampilan selanjutnya
  2. Selanjunya ketuk menu About, kalian sudah akan ditunjukan android Versions pada hp Asus

Cara Melihat OS Android di Samsung

Untuk cara mengetahui versi os android di hp seberanya di semua merk smarthphone relatif sama. Hanya saja akan berbeda pada letak menu dan penamaan menu. Nah, cek os android pada samsung sebagai berikut :

  1. Cari menu Setting/Pengaturan
  2. Saat berada di menu pengaturan klik Tentang ponsel
  3. Setelah itu kalian tekan Info Perangkat Lunak, maka akan tersedia informasi versi android ponsel kalian sudah OS berapa

cek versi os android samsung

Dilansir dari laman samsung.com, bagi kalian para pengguna Samsung untuk selalu memeriksa atau mengecek secara berkala pembaruan software pada Galaxy masing-masing.

Baca juga: Cara Cek Sensor Hp Samsung Asli atau Kw.

Berikut cara cek secara manual Update OS Android pada Galaxy Samsung :

  1. Cari menu Settings dan ketuk untuk masuk ke tampilan selanjutnya
  2. Kemudia pilih Software update
  3. Jika sudah maka kalian akan masuk ke tampilan selanjutnya, ketuk Download and Install
  4. Tunggu hingga proses download dan instalasi selesai. Jika sudah Up to Date, maka informasi software sudah terupdate akan tampil pada ponsel kalian

Cara Melihat OS Android di Xiaomi

Xiaomi memutuskan untuk beberapa smartphone xiaomi tidak bisa melakukan update OS android 10. Hal ini dikarenakan untuk menghindari bug atau gangguan performa berlebih di ponsel Redmi lawas.

Kalian juga dapat menghapus aplikasi bawaan yang ada di hp xiaomi kalian. Kalian dapat membaca tentang cara menghapus aplikasi bawaan xiaomi.

Berikut  cara mengetahui versi OS Android di hp Xiaomi:

  1. Step cek os android xiaomi dengan tekan Setelan -> Tentang telepon

cara melihat os android xiaomi

Seperti yang telah kita bahas pada awal artikel, bahwa nama android memiliki beragam jenis dengan nama makanan manis yang digunakan.

Daftar Urutan Versi OS Android

Jika kalian sudah mengetahui cara mengecek os android dengan mudah maka kalian juga harus tahu jenis os apa yang sudah ter-update pada ponsel.

Jika kalian memiliki hp baru kalian wajib tau garansi kalian sampai kapan. Kalian dapat mengeceknya baca cara Cek Garansi Smartphone Xiaomi, Samsung, Realme, Vivo, Oppo, dan Asus.

Berikut daftar list beberapa jenis android berdasarkan urutan perkembangan versi Android hingga saat ini :

  1. Android 1.5 Cupcake android versi 1.5 Cupcake diperkenalkan secara komersial pada tanggal 30 april 2009. Berawal dari android versi 1.5 Cupcake menggunakan nama makanan manis kepada setiap version selanjutnya.
  2. Android 1.6 Donut dirilis pada tanggal 15 September 2009, pada versi android 1.6 donut ini terdapat beberapa fitur seperti persentase daya baterai, dukungan gestur, fasilitas pencarian di android market atau yang sekarang kita kenal dengan Play Store.
  3. Android 2.0 Eclair vesi android ini diluncurkan pada tanggal 26 Oktober 2009 dengan beberapa fitur tambahan seperti multi touch, live wallpaper, perubahan tampilan antarmuka dan dukungan browser untuk HTML5.
  4. Android 2.2 Froyo pada tanggal 20 Mei 2010 Android kembali meluncurkan versi terbarunya yaitu versi 2.2 Froyo. Kalian dapat menggunakan fitur tethering dengan menggunakan USB dan wifi di mulai dari rilisnya android 2.2 Froyo. Selain itu fitur tambahan lainnya yaitu zoom gambar gallery menggunakan gesture dan juga dukungan animasi GIF pada web browser.
  5. Android 2.3 Gingerbread dirilis pada tanggal 6 Desember 2010 dengan menambah beberapa fitur tambahan seperti dukungan NFC, fitur copy atau paste dan juga beberapa dukungan sensor lainnya.
  6. Android 3.0 Honeycomb dilunjurkan tanggal 22 Februari 2011, dengan membawa beberapa fitur baru seperti procesor multi core, multitasking recent apps dan juga obrolan video. Versi ini dikhususkan untuk perangkat tablet pc.
  7. Android 4.0 Ice Cream Sandwich pada tanggal; 19 Oktober 2011 Android kembali meluncurkan versi terbarunya yaitu versi 4.0 dengan menambahkan beberapa fitur baru seperti perbaikan antarmuka dan konstumisasi widget.
  8. Android 4.1 Jelly Bean dirilis pada tanggal 27 Juni 2012. Pengembangan versi Jelly Bean lebih berfokus terhadap peningkatan performa tampilan antarmuka.
  9. Android 4.4 KitKat diresmikan pada tanggal 31 Oktober 2013 dengan tambahan fitur baru yaitu webviews berbasi chromium dan juga peningkatan kinerja di spesifikasi perangkat rendah dan juga dukungan sensor batching dan step detector.
  10. Android 5.0 Lollipop versi android terbaru dirilis pada 25 Juni 2014 dengan membawa fitur baru yaitu android dapat berjalan pada perangkat lain seperti android tv dan juga google fit. Selain itu terdapat juga fitur tambahan lainnya yaitu user interface mengikuti desain google dan fitur factory reset protection.
  11. Android 6.0 Marshmallow pada tanggal 5 Mei 2015 android versi terbaru dirilis. Fitur baru versi Android Marshmallow adalah dukungan sensor sidik.
  12. Android 7.0 Nougat dilunjurkan tanggal 19 Oktober 2016, Android 7.0 Nougat berfokus pada peningkatan performa user interface. Penggunaan aplikasi secara bersamaan akan lebih lancar. Selain itu juga terdapat fitur terbaru dari rilisnya android nougat yaitu mode malam, keyboard yang dapat mengirim GIF dan juga fitur panggilan multi-endpoint.
  13. Android 8.0 Oreo diluncurkan pada bulan Agustus 2017, dan sudah banyak merk smarthphone yang menggunakan OS versi ini. Fitur terbaru dari versi ini yaitu fitur autofill yang dapat memberikan kemudaan dalam mengisi sebuah formular.
  14. Android 9.0 Pie dirilis pada bulan Agustus 2018. Fitur terbaru dari versi android 9.0 pie ini adalah fitur AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan. Dengan AI smartphone kalian dapat menganalisa penggunaan smartphone secara otomatis.
  15. Android 10 android versi ini versi paling terbaru. Versi android 10 ini lebih ke penyempurnaan fitur mode malam dan juga peningkatan fitur sound amplifier.

Akhir Kata

Memeriksa dan mengupdate versi android adalah salah satu kewajiban kalian sebagai pengguna telepon genggam yang baik. Alangkah lebih baik jika ponsel kalian tidak terlambat dalam update software.

Nah, sekian tentang cara mengetahui os android pada ponsel kalian. Kami harap artikel ini bisa membantu kalian dalam cek os android. Dan menurut kalian versi OS mana yang paling berkesan bagi kalian?

Jika kalian memiliki pertanyaan dan saran bisa tuliskan pada kolom komentar yang telah disediakan. Jangan lupa untuk tidak ketinggalan pada artikel yang telah di update laciusang.com.

Tinggalkan komentar