5 Cara Mudah Mengganti Background Foto di Android dan PC

Mengetahui cara mengganti background foto sangat diharuskan bagi kalangan remaja dan dewasa, karena pada saat itu sangat banyak kepentingan yang melibatkan foto formal. Dengan mengetahui ini, kalian dapat dengan mudah misalnya mengganti foto background biru menjadi foto background merah atau lainnya.

Cara Mengganti Background Foto Online (Tanpa Aplikasi)

Cara ini dapat kalian lakukan menggunakan smartphone atau pc, karena cara ini hanya memerlukan internet. Cara ini bisa dibilang cara yang paling mudah dan hasilnya cukup memuaskan. Salah satu website yang menyediakan jasa menghapus dan mengganti background foto adalah remove.bg

Menggunakan Remove.bg

Remove.bg merupakan website terbaik untuk menghapus dan mengganti background foto. Dalam website ini menyediakan tool edit yang dapat membantu kita untuk mengganti background. Selain itu, untuk mengahapus backgroundnya kita tidak perlu menyeleksi, kita hanya disuruh mengupload foto dan background foto otomatis terhapus. Berikut langkah – langkahnya :

  1. Kunjungi website remove.bg
  2. Pilih Upload Image

Cara Mengganti Background Foto dengan remove bg

  1. Cari foto yang ingin kalian ganti backgroundnya, setelah itu pilih fotonya – open

dengan remove bg

  1. Background otomatis terhapus, kalian bisa langsung download jika hanya ingin menghapus backgroundnya. Akan tetapi jika ingin menggantinya pilih edit.

dengan remove bg

  1. Saat masuk ke halaman pengeditan, kalian bisa memilih untuk memberikan background photo atau warna. Pilih sesuai keinginan.
  2. Setelah selesai memberikan background pilih download untuk menyimpanya

dengan remove bg

Cara Mengganti Background Foto di Android

Seiring berkembangnya zaman, mengganti foto juga dapat dilakukan hanya menggunakan sebuah smartphone. Misalnya kalian akan mengganti foto background biru menjadi foto background merah, itu semua dapat dilakukan hanya dengan sebuah aplikasi dalam smarphone. Berikut aplikasi yang dapat digunakan untuk mengganti background beserta caranya :

Menggunakan PicsArt

Picsart merupakan salah satu aplikasi edit background foto yang cukup baik. Tool yang disediakan cukup lengkap. Berikut langkah – langkahnya

  1. Install PicsArt di Google Play Store
  2. Pada halaman awal, pilih icon + dan pilih foto yang akan kalian edit
  3. Setelah masuk ke halaman pengeditan, pilih tool cutout dan sapukan kuas pada foto yang tidak ingin kalian hapus (Sesuaikan ukuran kuas dengan pilih icon kuas dibawah). Lanjutkan untuk menghapus seleksi yang salah dengan pilih icon arah kanan pada pojok kanan atas
  4. Pada halaman kedua cutout ini akan disajikan tool kuas dan penghapus beserta ukuran dan hardnessnya. Juga terdapat tool preview (icon mata). Rapikan seleksi kalian pada halaman ini, setelah rapi pilih save.
  5. Setelah background terhapus, simpan gambar tersebut dengan pilih icon arah kanan pada pojok kanan atas dan pilih gallery.

Cara Mengganti Background Foto Menggunakan PicsArt

  1. Kembali buka picsart, pilih icon + dan pilih foto yang akan kalian jadikan sebagai background
  2. Setelah masuk halaman pengeditan, pilih add Photo dan pilih foto yang baru saja kalian edit hilangkan backgroundnya tadi.
  3. Sesuaikan ukuran foto yang kalian inginkan, atau gunakan tool crop untuk memotong foto. Setelah selesai pilih icon centang pada pojok kanan atas.
  4. Simpan foto kalian dengan pilih icon arah kanan pada pojok kanan atas dan pilih gallery. Secara otomatis foto kalian akan tersimpan di memori smartphone.

Menggunakan PicsArt

Menggunakan Automatic Background Changer

Automatic Background Changer merupakan sebuah aplikasi pengganti background yang cukup terkenal. Aplikasi ini berukuran sangat kecil dan sudah mempunyai fitur yang cukup untuk menghapus dan mengganti background. Berikut langkah – langkahnya :

  1. Install Automatic Background Changer di Google Play Store
  2. Masuk ke dalam aplikasi tersebut dan pilih foto yang akan kalian ganti backgroundnya
  3. Kalian akan otomatis diarahkan pada halaman pemotongan, potong bagian foto yang tidak diperlukan. Setelah selesai pilih icon arah kanan pada pojok kanan atas
  4. Jangan lupa untuk menggunakan internet. Karena saat anda menggunakan internet, aplikasi akan otomatis mendeteksi background dan menghapusnya. Jika itu tidak terjadi atau kalian belum puas dengan penghapusan background, kalian dapat menghapus manual dengan tool icon jari.
  5. Terdapat pula tool icon orang, tool tersebut untuk mengatur feather dan ukuran gambar. Terdapat pula tool icon bingkai, tool tersebut untuk menentukan rasio foto kalian.

Cara Mengganti Background Foto dengan Automatic Background Changer

  1. Setelah dirasa penghapusan background selesai, kalian dapat memberi backgroundnya dengan pilih tool icon gambar kemudia pilih dari galeri kalian.
  2. Kalian dapat menentukan besar kecilnya gambar dengan mencubit gambarnya. Setelah dirasa selesai, kalian dapat menyimpannya dengan pilih icon download. Otomatis gambar akan tersimpan di smartphone kalian.

dengan Automatic Background Changer

Cara Mengganti Background Foto di PC atau Laptop

Menghapus dan mengganti background foto juga dapat dilakukan menggunakan pc atau laptop. Berbagai software tersedia untuk melakukan pengeditan foto, akan tetapi disini kami menggunakan software yang paling mudah yaitu paint dan photoshop.

Menggunakan Photoshop

Photoshop adalah salah satu software edit foto terbaik. Mengganti background foto sama dengan memotongnya, untuk itu kalian juga perlu mengetahui cara memotong gambar di photoshop. Pada tutorial ini, teknik memotongnya menggunakan magnetic lasso tool. Berikut langkah – langkahnya :

  1. Cari gambar kalian dan klik kanan – open with – photoshop

Cara Mengganti Background Foto Menggunakan Photoshop

  1. Setelah masuk photoshop, buka kunci layer dengan klik icon gembok pada tab layers
  2. Pilih tool untuk melakukan seleksi dengan klik kanan pada lasso tool dan pilih magnetic lasso tool.

Dengan Photoshop

  1. Seleksi pada bagian perpotongan antara background dan objek. Seleksi semua background karena background akan dihapus. Jangan lupa untuk menghubungkan titik awal dan akhir seleksi.
  2. Setelah terseleksi, tekan tombol delete pada keyboard.
  3. Untuk mewarnai background, pilih Paint Bucket Tool. Dan juga pilih warna yang kalian inginkan.
  4. Setelah itu klik pada bagian yang kosong (transparan).

Dengan Photoshop

  1. Jika hasil kurang maksimal atau masih tersisa bekas warna sebelumnya, kalian dapat merapikan seleksi tersebut menggunakan Brush Tool.

Dengan Photoshop

  1. Setelah foto dirasa sudah bagus, kalian dapat menyimpannya dengan pilih file – save as.

Menggunakan Paint

Paint merupakan software asli bawaan dari Microsoft, jadi setiap laptop dengan os windows pasti mempunyai software ini. Untuk melakukan editing sederhana, paint sangat direkomendasikan karena ringan dan simpel, salah satunya untuk mengganti background foto. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Cari gambar kalian dan klik kanan – open with – paint

Cara Mengganti Background Foto dengan Paint

  1. Setelah masuk ke paint, cari selection – pilih free form selection

dengan Paint

  1. Seleksi pada bagian perpotongan antara background dan objek. Seleksi semua background karena background akan dihapus. Jangan lupa untuk menghubungkan titik awal dan akhir seleksi.
  2. Setelah background foto terseleksi, kalian dapat menghapusnya dengan pilih select – delete atau langsung tekan tombol delete pada keyboard.

dengan Paint

  1. Setelah itu kalian pilih icon timba cat untuk mewarnai backgroundnya, jangan lupa untuk memilih warna yang diinginkan. Setelah itu dengan tool timba cat klik pada bagian yang kosong (putih).

dengan Paint

  1. Jika hasil kurang maksimal atau masih tersisa bekas warna sebelumnya, kalian dapat merapikan seleksi tersebut menggunakan tool brush.

dengan Paint

  1. Setelah foto dirasa sudah bagus, kalian dapat menyimpannya dengan pilih file – save as atau save.

Itulah cara mengganti background foto baik di android maupun di laptop/pc. Jika terdapat sesuatu yang tidak dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini. Kalian juga dapat membagikan artikel ini dengan tombol share yang sudah  disediakan.

Tinggalkan komentar