Cara Mengganti IP Address Android Tanpa Aplikasi 100% Terbukti

Sebelum kita menuju ke pembahasan kali ini mengenai cara mengganti ip address android, sebaiknya kenalan dulu apa itu ip address.

IP Address adalah rangkaian yang terdiri dari beberapa angka dan dipisahkan oleh titik yang mengidentifikasin perangkat di internet atau di lokal. IP kepanjangan dari Internet Protocol. Contoh: 192.193.1.0.1

Jenis dari IP ada beberapa yang perlu kalian ketahui.  Berikut diantaranya:

  1. Private IP Address
  2. Consumer IP Address
  3. Public IP Address
  4. Dynamic IP Address
  5. Static IP Address

Membahas tentang apa itu IP Address memang luas sekali. Namun kali ini saya tidak membahas secara detail tentang IP. Karena dipostingan ini saya akan membantu kalian dalam merubah ip address yang ada pada android kalian.

Saya tidak tau kalian membutuhkan IP dan ingin mengganti IP Address untuk keperluan apa. Disini saya hanya ingin memberikan informasi bahwa mengganti ip address di hp android bisa dan mudah dilakukan.

Manfaat Mengganti IP Address

  1. Mudah Mengakses Situs Web Yang DiBlokir

Dengan mengganti ip address kalian dapat dengan mudah mengakses situs-situs yang diblokir. Kalian dapat melewati pembatasan konten yang ada pada situs tersebut.

  1. Melindungi Data

VPN berguna juga untuk melindungi data penting data privasi kalian. Menggunakan VPN dapat menutupi IP dan melindungi transmisi data menggunakan enkripsi 256-bit.

  1. Dapat Membuat Akun Berbeda di Satu Platform

Di beberapa platform ada yang hanya mengizinkan satu akun satu IP. Jika kalian menemukan situs web seperti itu kalian dapat menggunakan VPN untuk mengelabui sistem mereka.

Dan lain-lain. Banyak manfaat dalam menggunakan vpn. Terlebih itu kalian harus menggunakan vpn yang aman.

Paling umum untuk merubah sebuah alamat ip address yaitu dengan menginstall aplikasi VPN. Selain itu terdapat cara lain yang bisa dicoba selain dengan menggunakan tambahan aplikasi VPN.

Jika kalin tidak sabar untuk mengganti ip address android kalian, berikut ini adalah cara merubah ip address android.

Cara Mengganti IP Address Android

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa kalian bisa ganti ip address dengan menginstall dan menggunakan aplikasi VPN yang ada di playstore.

  1. Merubah IP Address Android Dengan VPN

Cara pertama yang bisa kalian coba yaitu dengan menginstall aplikasi tambahan di hp android setelah itu buka dan nyalakan vpn sesuai negara yang ingin kalian gunakan.

Terdapat banyak sekali aplikasi VPN yang bisa dicoba di google play store. Namun mungkin kalian perlu melihat referensi VPN yang mungkin aman untuk digunkan.

Karena menggunakan VPN juga bisa membuat kalian mengalami hal yang tidak diinginkan misalnya rekening m-banking kalian terbobol.

  1. Mengganti IP Address Dengan VPN Bawaan Android

Jika kalian tidak ingin menambah aplikasi pada hp android kalian. Cara mengganti IP Address tanpa aplikasi yang paling tepat yaitu mensetting vpn yang ada di pangaturan.

Jika kalian tidak tau tentang VPN bawaan android ini silahkan kalian cek di pengaturan->pengaturan lainnya dan temukan menu VPN yang ada.

Kalian bisa mengcustom VPN sesuka kalian sesuka negara mana yang akan kalian gunakan. Jika kalian bingung bagaimana cara merubah ip address dengan cara ini, kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pertama kalian perlu menemukan Alamat Server, Nama Pengguna dan Juga Password kalian bisa mengunjungi website vpnbook.com
  2. Jika Sudah kalian bisa scroll sedikit ke bawah dan cari menu PPTP

Cara Mengganti IP Address

  1. Disana terdapat beberapa server diantaranya Poland, Germany, US, France dan Canada
  1. Silahkan tentukan kalian ingin menggunakan server yang mana. Kemudian masukkan pada VPN yang ada di dalam pengaturan hp android kalian
  1. Kemudian masuk pada Pengaturan->Pengaturan Lainnya->VPN->Tambah Jaringan VPN lokasi pengaturan VPN ini mungkin berbeda di beberapa hp android
  1. Sebagai contoh berikut
    • NAMA: Poland VPN Server
    • Alamat Server : PL226.vpnbook.com
    • Username: vpnbook
    • Kata Sandi : 4dK 5esN

Catatan: Password dapat berubah-ubah dalam kurun beberapa hari.

Cara Mengganti IP Address Android

  1. Setelah itu simpan dan coba nyalakan VPN yang telah kalian setting. Tunggu prosesnya sampai benar-benar sukses dan dapat digunakan. Jika gagal kalian perlu mengeditnya lagi sampai bisa.

Sangat mudah sekali untuk mengganti ip address di android. Namun lebih mudah lagi jika kalian menggunakan jaringan seperti wifi atau hostpot. Kalian hanya perlu perlu menuju ke opsi lanjutan dari wifi dan memulai mengubah ip address.

Cara Mengganti IP Address Android Wifi

Kalian bisa mengikuti langkah-langkah dibawah untuk mengganti ip address android jika terhubung dengan koneksi wifi.

  1. Pertama-tama kalian siapkan koneksi wifi bisa menggunakan hostpot atau koneksi dari wifi indihome atau yang lain
  2. Masuk ke wifi pilih wifi yang sedang terhubung di perangkat hp android kalian kemudian ikon > (beda hp berbeda)
  3. Kemudian cari menu Setelan IP rubah yang awalnya DHCP menjadi Statik
  4. Menu tambahan akan muncul terdapat ip address, gateaway, Panjang awalan, DNS 1 dan DNS 2
  5. Setelah itu saat menggunakan alamat IP statis maka kalian harus memilih beberapa alamat IP pribadi standar yang tertera
  • 0.0.0 hingga 10.255.255.255
  • 16.0.0 hingga 172.31.255.255
  • 168.0.0 hingga 192.168.255.255

Cara Mengubah Setelah IP Address Wifi di Android

  1. Jika sudah mengatur klik simpan dan tunggulan sampai koneksi wifi tersambung Kembali.

Diatas adalah salah cara mengatur ip address android. Kalian bisa menggunakan cara yang mana terserah kalian. Saya sarankan untuk menggunakan cara yang kedua yaitu mensetting ip address di pengaturan menggunakan vpnbook.

Sebagai tambahan lagi, kalian dapat menggunakan aplikasi IP Changer + History untuk merubah alamat ip address di android.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara yang bisa kalian coba untuk mengganti ip address di android. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna buat kalian yang membutuhkan tutorial tentang cara ganti ip address di android.

Tinggalkan komentar