Cara Menggunakan dan Setting Remote AC Panasonic Biar Dingin

Mungkin beberapa dari kalian mempuyai AC Panasonic baru dan tidak mengetahui cara menggunakan remote nya, untuk itu kami akan memberikan cara setting AC Panasonic biar dingin.

Salah satu alat kebutuhan rumah tangga yang dipakai saat ini adalah AC (Air Conditioner) yang digunakan untuk mendinginkan suatu ruangan.

Jika di sebuah ruangan terdapat banyak orang, tentunya hal tersebut akan menjadikan ruangan menjadi panas dan pengap, maka dari itu pemasangan AC diperlukan untuk menjaga udara tetap dingin dan sejuk.

AC juga membuat udara terhindar dari debu sehingga sangat bagus untuk pernafasan. Tidak bisa dipungkiri jika orang-orang saat ini sangat nyaman apabila berada di dalam ruangan yang berAC.

Merk AC di Indonesia sendiri sangat banyak macamnya, salah satu produsen AC yang terkenal di Indonesia adalah Panasonic. Panasonic merupakan perusahaan yang berdiri dan berbasis di Negeri Jepang yang merupakan perusahaan pembuat barang elektronik rumah tangga pertama di Jepang.

Namun Panasonic sendiri sudah ada di Indonesia sejak 50 tahun yang lalu. Panasonic juga sebagai pelopor produsen barang elektronik rumah tangga di Indonesia. Produk-produknya mulai dari mesin cuci, alat penanak nasi, televisi , kulkas dan masih banyak lagi.

Akan tetapi barang yang paling banyak dipakai dari merk Panasonic ini yaitu AC. AC merk Panasonic sudah banyak tersebar di pasaran Indonesia. Tentunya pasti karena memiliki kelebihan, sehingga AC Panasonic sangat digemari masyarakat di Indonesia.

Dengan banyaknya pengguna di Indonesia, hal tersebut muncul sebuah permasalahan yaitu tak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara menggunakan remote AC Panasonic.

Untuk itulah pada artikel kali ini kami akan memberikan cara setting AC Panasonic biar dingin.

Cara Setting AC Panasonic Biar Dingin

Mengenal Fungsi Tombol-tombol Remote AC Panasonic

Sebelum beranjak ke bagaimana cara setting AC Panasonic biar dingin, kalian terlebih dahulu harus mengetahui fungsi setiap tombol di remot AC Panasonic.

Remote AC merupakan benda penting, karena remote AC digunakan untuk mengontorol AC seperti menyalakan AC, mengatur suhu dan masih banyak lagi.

Bagi kalian yang ingin mengetahui apa saja fungsi tombol-tombol di remote AC Panasonic, berikut akan kami jelaskan secara detail.

  1. Transmitter

Tombol yang berfungsi untuk memberikan perintah pada unit Indoor pada AC. Jadi saat menggunakan remote AC, pastikan untuk mengarahkan remote ke AC dengan benar.

  1. Display

Display atau tampilan layar kecil yang menunjukkan pengaturan yang sedang dipakai. Di layar remote AC, kalian akan melihat beberapa pengaturan seperti suhu, mode, dan pengaturan lainnya akan terlihat.

  1. ON/OFF

Tombol yang berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan mesin AC. Letaknya tepat di bawah layar (display) atau di barisan tombol paling atas.

  1. Mode

Tombol Mode berfungsi untuk memilih mode yang menentukan kinerja AC. Selain pengaturan suhu, AC juga dapat ditentukan oleh mode yang kalian pilih. Ada beberapa mode yang bisa kalian pilih.

  • Auto Mode

AC di buat bekerja secara otomatis, perubahan kecepatan fan pada mode ini akan berubah secara otomatis menyesuaikan dengan temperature suhu ruangan.

  • Cool Mode

Jika kalian ingin suhu ruangan menjadi cepat dingin kalian bisa menggunakan Cool Mode ini.

  • Dry Mode

Untuk kalian yang berada di ruangan agak lembab kalian bisa menggunakan Dry Mode untuk mengurangi kelembaban ruangan kalian.

  • Fan Mode

Mode ini berfungsi untuk menjalankan fan indoor tanpa harus menghidupkan bagian unit outdoor.

  1. Timer

Tombol ini berfungsi untuk mengatur waktu hidup AC sesuai keinginan kalian. Tombol ini bisa kalian gunakan ketika kalian akan keluar ruangan tidak perlu untuk mematikan AC karena AC akan mati sendiri secara otomatis sesuai waktu yang kalian tentukan.

  1. Air Swing

Mengatur udara yang keluar dari AC terarah ke satu arah yang kalian inginkan saja. Jadi kalian bisa menikmati suhu AC terpusat pada satu titik.

  1. Temperature

Mengatur naik turunnya suhu AC sesuai yang kalian inginkan. Jika suhu ruangan agak panas, kalian bisa menambah suhu AC agar lebih dingin.

Jika suhu ruangan terlalu dingin, kalian bisa mengurangi suhu AC agar tidak terlalu dingin.

  1. Eco Smart

Eco smart merupakan mode hemat energi yang ada pada AC Panasonic. Jadi kalian dapat menggunakan Eco Smart ini untuk mengurangi penggunaan daya dari AC Panasonic.

Itu tadi beberapa tombol pada remote AC beserta fungsinya. Sekarang ini perkembangan AC lumayan canggih bahkan tanpa perlu menggunakan remote bawaan AC bisa di kontrol menggunakan aplikasi remote AC yang saat ini juga di sediakan beberapa aplikasi bawaan smartphone.

Setelah kalian mengetahui fungsi dari tombol-tombol di remote AC Panasonic, kini kami akan memberikan cara menggunakan remote AC Panasonic dan mensetting supaya dingin.

Cara Setting AC Panasonic Biar Dingin

Terkadang beberapa orang merasa kurang cocok dengan suhu udara dari AC. Maka kita perlu untuk mensetting agar AC lebih dingin atau bertambah dingin sesuai yang kita inginkan. Berikut cara untuk mengatur AC Panasonic biar dingin.

  1. Mengubah Mode AC menjadi Cool Mode

Cool Mode menjadikan ruang menjadi lebih dingin dengan cepat. Selain itu Cool Mode di remote AC Panasonic ini diberikan tanda bintang (*) pada display remote AC. Kalian harus memilih mode ini agar ruangan menjadi lebih dingin.

  1. Mengatur Temperatur

Setelah memilih Cool Mode kalian harus mengatur suhu menjadi 16-18 derajat celcius. Suhu 16-18 derajat celcius akan memberikan kesejukan yang konsisten atau stabil pada ruangan kalian.

  1. Gunakan Swing Mode

Cara setting AC Panasonic biar dingin menggunakan Swing Mode ini sebenarnya untuk mengatur daun AC yang membuka dan menutup secara konsisten. Sehingga udara yang dikeluarkan bisa lebih kencang dan lebih dingin.

  1. Atur Perputaran Fan atau Kipas

Atur perputaran fan atau kipas menjadi full, dengan mode maksimal ini udara yang keluar dar AC akan lebih cepat dan suhu akan menjadi lebih dingin.

  1. Mengatur Suhu Standar AC yang Tepat

Mengatur suhu di dalam ruangan dengan menyesuaikan kondisi suhu di luar ruangan. Biasanya suhu standar AC sekitar 22-25 derajat celcius.

  1. Jangan Membuat AC Bekerja Terlalu Keras

Jangan memaksakan suhu ideal jika cuaca di luar terlalu panas karena hal ini akan membuat AC terlalu bekerja keras tetapi tidak menghasilkan udara yang kalian inginkan. Misal suhu di luar 32 derajat celcius tetapi kalian memaksakan mengatur suhu 18 derajat celcius. Saat cuaca di luar pada siang hari cukup panas kalian jangan memaksakan untuk mengatur suhu di bawah 20 derajat celcius tetapi lebih baik atur saja suhu sekitar 24-25 derajat celcius.

  1. Menurunkan Suhu AC Secara Bertahap

Jika dirasa belum mendapatkan suhu AC yang diinginkan, kalian bisa menurunkan suhu AC secara bertahap, turunkan satu derajat bertahap sampai mendapatkan suhu yang diinginkan.

  1. Tutup Pintu dan Jendela Ruangan

Meskipun tidak termasuk cara setting AC Panasonic biar dingin, akan tetapi dengan menutup pintu dan jendela bisa membantu kinerja AC lebih baik dan cepat dalam membuat suhu ruangan lebih dingin.

Beberapa cara menggunakan remote AC Panasonic dan mensetting supaya dingin di atas bisa kalian coba dengan menyesuaikan kondisi cuaca dan suhu di sekitar kalian.

Akan tetapi dalam mensetting, jangan sampai kalian membuat AC bekerja terlalu keras karena bukan mendapatkan suhu ideal yang kalian inginkan tetapi AC bisa menjadi cepat rusak.

Semoga artikel cara setting AC Panasonic biar dingin ini dapat membantu kalian, jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan di kolom yang sudah disediakan.

Atau jika artikel ini dirasa bermanfaat, kalian dapat membagikan melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar