Cara Menggunakan Ecosia, Mesin Pencarian Saingan Google!

Trend baru di bidang teknologi terus bermunculan dan yang sedang viral saat ini adalah mesin pencari Ecosia! Banyak yang penasaran dengan mesin pencarian terbaru ini dan mulai memikirkan apakah cara menggunakan ecosia ini sama seperti mesin pencari Google?

Memang saat ini Google adalah mesin pencarian atau Search Engine di internet yang paling dan sangat-sangat populer. Hampir semua negara menggunakan fitur yang ada didalamnya dan kenapa Google bisa menjadi nomor 1? itu karena fitur dan layanannya yang sangat lengkap, ditambah lagi produk-produk google lainnya seperti Gmail, google Maps, google drive dan lainnya bisa dengan mudah digunakan dan gratis.

Nah, kembali pada Ecosia, mesin pencari terbaru ini hadir berbeda dengan lainnya, karena mereka membuat sebuah program setiap beberapa kali menggunakan penelusuran atau pencarian dengan Ecosia, maka itu setara dengan 1 pohon yang Anda sumbangkan untuk ditanam. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa menyimak pengenalannya berikut ini.

Tentang Ecosia

apa itu ecosia

Apa itu Ecosia? Ini adalah salah satu mesin pencarian atau search engine terbaru yang fiturnya sama seperti Search Engine Google, Bing, Yahoo ataupun yang lainnya. Nah, mesin pencarian terbaru ini disebut juga sebagai Google “Hijau”, kenapa? karena pihak Ecosia mengklaim bahwa akan menyisihkan profit atau keuntungan yang mereka dapatkan dari iklan untuk mendukung program konservasi alam atau penghijauan.

Adapun organisasi yang mereka tunjuk ini adalah The World Wide fund for Nature (WWF), Internasional Rescue Comittee (IRC) dan masih ada organisasi lainnya lagi. Pendiri dari search engine Ecosia ini adalah Christian Kroll dari Jerman pada tahun 2009 dan pada saat ini Ecosia menjadi opsi default untuk browser Bravo. Anda juga bisa menggunakan mesin pencari Ecosia di google chrome dengan cara menambahkannya melalui esktensi.

Para pengguna perangkat Android dan juga iPhone saat ini sudah bisa mendownload aplikasi ecosia melalui situs resmi mereka ecosia.org ataupun langsung dari app store perangkat.

Cara Menggunakan Mesin Pencasi Ecosia

Cara menggunakan ecosia ini tidaklah rumit. Contohnya saja untuk yang menggunakan laptop dan sudah terinstal Google Chrome, maka kamu bisa menambahkannya sebagai ektensi. Caranya adalah sebagai berikut :

Cara Menggunakan Ecosia di Google Chrome

cara menggunakan ecosia di google chrome

  1. Buka browser Google Chrome dan ketikkan link berikut ini https://chrome.google.com/webstore/category/extensions
  2. Setelah itu pada kolom pencarian, ketikkan “Ecosia” dan akan muncul seperti gambar diatas
  3. Klik paling atas “Ecosia – The search engine that plants trees” atau bisa juga yang mau dark mode di nomor 2
    Setelah di klik maka lanjut klik tombol “Add to Chrome”
  4. Muncul popup dan pilih “Add Extention”
  5. Setelah terpasang, klik manage extention yang biasanya ada dipojon kanan atas (icon puzzle) dan pasang pin di Ecosia.

Setelah Anda memasang extention Ecosia ini di Google Chrome, maka secara otomatis default mesin pencariannya akan menggunakan Ecosia dan ketika Anda klik New Tab juga akan muncul halaman Ecosia.

Seperti itulah penjelasan singkan cara menggunakan ecosia di komputer yang menggunakan google chrome sebagai browser untuk berselancarnya. Semoga bermanfaaat.

This content is protected by DMCA