Cara Menggunakan Kuota Lokal Indosat Terbaru

Cara Menggunakan Kuota Lokal Indosat Terbaru

Indosat selalu menyediakan berbagai promo menarik seperti untuk SMS, telpon, kuota internet, dan masih banyak lagi. Untuk bonus kuota internet, pasti kalian sudah pernah mendengar tentang kuota lokal. Jika ada yang belum tahu, pastikan kalian membaca artikel ini sampai akhir karena kami akan membahas tuntas tentang cara menggunakan kuota lokal indosat.

Kuota lokal  indosat  adalah kuota yang hanya dapat digunakan pada area yang telah terdaftar. Jadi jika kalian tidak pada area tersebut, maka otomatis kuota lokal tidak dapat digunakan. Untuk itu kalian harus mengetahui cara menggunakan kuota lokal indosat ooredoo.

Mungkin dari kalian ada yang membeli paket internet indosat berbentuk voucher dan bingung untuk memasukkan kodenya, maka dari itu kalian juga harus mengetahui cara memasukkan voucher Indosat.

Cara Mendapatkan Kuota Lokal Indosat

Untuk mendapatkan kuota lokal sebenarnya sangat mudah, karena kuota lokal merupakan bonus pada saat kalian melakukan pembelian paket internet freedom combo atau paket internet lainnya pada area tertentu. Dan untuk daftar atau membeli paket internet freedom combo sendiri kalian bisa menggunakan kode dial up, sms, aplikasi, maupun website indosat.

Baca Juga : Cara Transfer Kuota Indosat

Cara Menggunakan Kuota Lokal Indosat

Kuota lokal indosat merupakan kuota khusus yang hanya bisa digunakan di daerah tertentu saja. Berbeda dengan kuota reguler yang bisa digunakan di seluruh Indonesia, maka kuota lokal hanya bisa digunakan di daerah dimana nomor tersebut mendapatkan kuota lokal. Lalu bagaimana cara menggunakan kuota lokal indosat tersebut? Untuk lebih jelasnya kalian bisa membaca langkah-langkah yang ada di bawah ini.

Cek Lokasi Kuota Lokal Indosat

Sebelum menggunakan kuota lokal indosat, terlebih dahulu kalian harus mengecek apakah lokasi kalian termasuk kedalam area kuota lokal indosat. Kalian dapat melakukan cek lokasi kuota lokal indosat melalui beberapa metode. Berikut adalah cara mudah cek lokasi kuota lokal indosat.

  1. Buka menu telepon pada ponsel kalian
  2. Ketik *123*486# kemudian “panggil” atau “call”
  3. Lalu pilih menu “info lokasi”
  4. Selesai

Cara Menggunakan Kuota Lokal Indosat dengan Cek Lokasi

Setelah kalian melakukan cara di atas, kalian akan mendapatkan SMS berupa info lokasi. Jika kalian mendapatkan SMS berupa lokasi yang kalian tempat saat ini, maka bisa dipastikan kalian dapat menggunakan kuota lokal indosat karena  area yang kalian tempati saat ini sudah terdaftar dalam area kuota lokal indosat.

Selain itu kalian juga dapat melakukan cek status lokasi melalui SMS. Berikut langkah – langkahnya :

  1. Buka menu pesan pada ponsel kalian
  2. Ketik “STATUS” spasi “LOKASI”
  3. Lalu kirimkan ke “363”
  4. Selesai

Setelah melakukan cara tersebut, kalian akan mendapatkan SMS berupa info apakah kalian berada di area kuota lokal indosat dan mempunyai kuota lokal indosat.

Cek Kuota Lokal Indosat

Setelah mengecek lokasi kuota lokal indosat, cara menggunakan kuota lokal indosat selanjutnya adalah kalian harus mengecek apakah kalian masih memiliki kuota lokal indosat. Untuk caranya kalian bisa menggunakan beberapa metode, yaitu dengan via SMS, aplikasi, dan kode dial up. Untuk menggunakan SMS kalian bisa melihat cara di bawah ini:

  1. Buka menu pesan pada ponsel kalian
  2. Ketik “USAGE” lalu kirimkan ke nomor “363”
  3. Permintaan akan di proses, dan tunggu sampai ada balasan dari indosat
  4. Selesai

Selanjutnya yaitu dengan menggunakan aplikasi MyIM3, jika belum punya kalian bisa mengunduh terlebih dahulu di Play Store atau App Store setelah itu bisa dugunakan untuk cek kuota lokal indosat. Berikut adalah caranya:

  1. Buka aplikasi myIM3 pada ponsel kalian
  2. Setekah itu pilih menu “data”
  3. Maka kalian akan mengetahui berapa jumlah kuota lokal yang tersisa
  4. Selesai

Dan terakhir yaitu dengan menggunakan kode dial up, sama untuk cek lokasi yaitu dengan menggunakan kode dial up #123*486#. Agar lebih jelas, kalian bisa membaca cara-cara di bawah ini:

  1. Buka menu telepon pada ponsel kalian
  2. Ketik *123*486# lalu pilih “panggil” atau “call”
  3. Selanjutnya pilih “cek kuota”
  4. Tunggu sampai ada pemberitahuan sisa kuota yang kalian miliki
  5. Selesai

Cara Cek Kuota Lokal Indosat

Itulah beberapa metode untuk cek kuota lokal indosat kalian. Dan setelah kalian melakukan salah satu dari metode tersebut, silahkan periksa dengan membuka beberapa media sosial yang kalian miliki seperti instagram, facebook, dan yang lain sebagainnya. Setelah itu kembali cek kuota kalian dan memastikan apakah kuota lokal kalian berkurang. Jika berkurang maka bisa dipastikan kalian sudah dapat menggunakan kuota lokal indosat.

Akan tetapi jika kalian sudah melakukan cara menggunakan kuota lokal Indosat di atas, dan kuota lokal kalian tidak berkurang. Maka kalian perlu mengetahui cara mengatasi kuota lokal indosat yang tidak bisa digunakan.

Cara Mengatasi Kuota Lokal Indosat yang Tidak Bisa Digunakan

Pada saat membeli paket internet freedom combo pasti kalian akan mendapatkan bonus internet berupa kuota lokal. Namun terkadang kuota lokal tersebut tidak bisa digunakan. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi kuota lokal indosat yang tidak bisa digunakan? Salah satu penyebabnya yaitu adalah lokasi. Bisa jadi lokasi kalian saat ini berbeda dengan saat mendaftar paket internet.

Solusinya yaitu dengan cara kalian harus mengecek lokasi terlebih dahulu. Saat mengecek kalian juga bisa menggunakan alternatif lain dengan membuka website resmi dari indosat melalui https://indosatooredoo.com/id/personal/producttariff/im3/freedom-combo-kuota-lokal. Setelah masuk pada website tersebut, ketik nama kota yang sedang kalian tempati saat ini. Jika muncul berbagai pakai freedom combo maka bisa dipastikan kalian dapat menggunakan kuota lokal indosat.

Namun jika sudah melakukan berbagai cara dan tidak berhasil, sebaiknya kalian menghubungi customer service indosat untuk informasi lebih lanjut.

Ketentuan Saat Menggunakan Kuota Lokal Indosat

Sebelum kalian mengetahui cara menggunakan kuota lokal indosat, alangkah baiknya terlebih dahulu kalain harus mengetahui tentang ketentuan saat menggunakan kuota lokal indosat.

Perlu kalian ketahui bahwa pada saat kalian mendaftar paket internet di suatu wilayah atau kota, maka paket lokal tersebut hanya bisa kalian gunakan pada wilayah pada saat kalian mendaftar tersebut.

Tetapi ada juga meskipun sudah berada pada wilayah saat mendaftar paket internet, namun kuota lokal masih tetap tidak bisa digunakan. Untuk itu kalian harus mengetahui ketentuan pada saat menggunakan kuota lokal indosat tersebut.

  1. Kuota lokal bisa didapatkan ketika kalian membeli paket internet freedom combo dan paket internet yang lainnya yang mempunyai bonus kuota lokal.
  2. Kuota lokal hanya dapat digunakan pada wilayah yang sama saat pendaftaran paket internet.
  3. Kuota lokal hanya dapat digunakan apabila pelanggan berada di daerah non 4G.
  4. Kuota lokal hanya bisa digunakan pada wilayah tertentu. Kalian bisa mengeceknya pada website resmi indosat.

Itulah sedikit informasi tentang artikel kami mengenai cara memakai kuota lokal indosat. Mumgkin setelah membaca tulisan tersebut, kalian bisa menggunakan kuota lokal dari indosat dan mengetahui penyebab mengapa kuota lokal tidak bisa digunakan. Kesimpulannya jika kuota lokal tidak bisa digunakan maka kalian harus cek lokasi seperti cara-cara yang telah kami tulis di atas.

Cukup sekian kali ini, jika kalian kurang memahami tentang cara menggunakan kuota lokal indosat, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah. Jangan lupa untuk share artikel ini jika menurut kalian bermanfaat. Terimakasih dan selamat mencoba!!

Tinggalkan komentar