Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root 100% Terbukti

Mungkin kalian pengguna HP Xiaomi terganggu dengan aplikasi bawaan dari HP. Untuk itu kami akan memberikan cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root dan dengan root.

Hampir semua produsen smartphone melengkapi smartphonenya dengan aplikasi bawaan. Jumlahnya kadang terlalu banyak sehingga memakan memori cukup banyak. Sebenarnya aplikasi bawaan ada yang bisa dihapus tapi tidak semuanya.

Karena ada beberapa aplikasi bawaan tersebut terhubung langsung dengan sistem smartphone, sehingga apabila aplikasi bawaan tersebut dihapus bisa menggangu kinerja sistem smartphone dan menyebabkan error.

Salah satu smartphone yang mempunyai aplikasi bawaan cukup banyak yaitu Xiaomi. Namun beberapa aplikasi bawaan tersebut dapat dihapus atau uninstal tapi tidak semunya bisa dihapus.

Apakah ada cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi? Aplikasi bawaan terkadang sangat menganggu karena memang kita tidak memerlukannya dan juga jarang memakainya sehingga aplikasi tersebut hanya memenuhi memori saja.

Cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi bisa dilakukan dengan root dan tanpa root. Sebenarnya tujuan dari penghapusan aplikasi untuk mengurangi penggunaan space memori supaya memori sedikit longgar.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Menonaktifkan aplikasi yang tidak penting menjadi salah satu cara untuk menghemat baterai smartphone Xiaomi. Sebab aplikasi yang dinonaktifkan tidak akan berjalan pada background atau latar belakang sehingga konsumsi baterai akan lebih hemat.

Untuk melakukan cara menonaktifkan aplikasi bawaan xiaomi, kalian dapat menggunakan 2 cara yaitu dengan melakukan root pada HP maupun tanpa root.

Akan tetapi kami menyarankan kepada kalian untuk menggunakan cara yang tanpa root. Karena melakukan root pada HP mungkin akan sedikit berbahaya bagi yang tidak mengetahuinya.

Untuk mengetahui apa saja cara hapus aplikasi bawan Xiaomi, kalian dapat membaca tutorialnya di bawah ini.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

Cara hapus aplikasi bawan xiaomi tanpa root ini adalah cara yang sangat kami rekomendasikan kepada kalian, karena kalian tidak perlu repot-repot melakukan root kepada HP.

Akan tetapi kalian harus membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk menghapus aplikasi bawan Xiaomi. Aplikasi bantuan tersebut sudah terdapat di Google Play Store, jadi kalian dapat dengan mudah menemukannya.

Untuk cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di hp xiaomi ini kalian dapat menggunakan aplikasi Redmi System Manager dan System App Remover. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Redmi System Manager di Google Play Store
  2. Tunggu hingga proses selesai dan kalian buka aplikasi Redmi System Manager
  3. Pilih Remove Apps
  4. Pilihlah aplikasi yang ingin kalian hapus.
  5. Akan muncul opsi Nonaktifkan atau Paksa berhenti. Untuk menghilangkan aplikasi dari homescreen kalian pilih Nonaktifkan.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Tanpa Root

Dengan menerapkan cara menghapus aplikasi bawan Xiaomi tanpa root di atas, aplikasi tersebut akan hilang dari homescreen tetapi tidak benar-benar terhapus karena hanya dinonaktifkan saja.

Sebenarnya tidak semua aplikasi bisa dihapus dengan menggunakan Redmi System Manager atau System App Remover. Saya sarankan kalian tidak benar-benar menghapus aplikasi bawaan tersebut.

Karena mungkin kalian akan membutuhkan aplikasi tersebut di kemudian hari. Kalian dapat menghapus aplikasi yang ditandai dengan instruksi “Could remove” dan “Should keep” .

Cara Mengaktifkan Kembali Aplikasi Bawaan yang Sudah Dinonaktifkan

Karena hanya dinonaktifkan saja aplikasi yang tadi kalian nonaktifkan bisa kalian aktifkan kembali dengan cara berikut ini.

  1. Buka Redmi System Manager.
  2. Pilih Remove Apps
  3. Pilih aplikasi yang ingin diaktifkan kembali. Aplikasi yang pernah kalian nonaktifkan akan ditandai tulisan nonaktif
  4. Pilih Aktifkan dan tunggu prosesnya.

Cara Mengaktifkan Aplikasi yang Dinonaktifkan

Setelah menerapkan cara diatas, maka aplikasi akan tampil lagi dilayar beranda, dan kalian dapat menggunakan aplikasi tersebut lagi.

Artikel Seputar Xiaomi

Fitur Tersembunyi Tombol Navigasi Xiaomi

Kode Rahasia Xiaomi

Cara Cek Garansi Xiaomi

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi dengan Root

Cara ini mungkin sangat beresiko, akan tetapi cara menghapus aplikasi bawaan hp xiaomi ini dapat menghapus aplikasi bawaan Xiaomi secara tuntas. Akan tetapi ada yang perlu kalian perhatikan yaitu:

  1. Root smartphone Xiaomi kalian via Magisk atau SuperSU. Kondisi smartphone harus sudah root sebelum memulai penghapusan aplikasi bawaan.
  2. Install/unduh Aplikasi System App Remover untuk menghapus aplikasi bawan Xiaomi.

Berikut ini adalah cara menghapus Bloatware Xiaomi dengan root:

  1. Install aplikasi Magisk/SuperSU
  2. Instal/Unduh Aplikasi System App Remover.
  3. Kalau ada permintaan Grant Access superuser, pilih Grant.
  4. Jalankan Aplikasi System App Remover.
  5. Pilih salah satu Aplikasi bawaan yang ingin kalian hapus lalu klik centang.
  6. Klik tanda Uninstall.
  7. Tunggu sampai proses pencopotan aplikasi selesai.
  8. Setelah proses selesai kalian dapat kembali ke homescreen kemudian coba klik aplikasi yang tadi kalian hapus. Maka aplikasi akan tetap terlihat tetapi jika dibuka aplikasi tersebut akan eror.

Tetapi bagi kalian yang sudah melakukan root pada smartphone Xiaomi, maka kalian akan kehilangan garansi. Sehingga kalian harus memikirkan terlebih dahulu untuk melakukan root pada HP Xiaomi.

Aplikasi Bawaan Xiaomi Yang Boleh Dihapus

Setelah kalian mengetahui cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, maka agar tidak merusak sistem, kalian perlu mengetahui apa saja aplikasi bawaan Xiaomi yang diperbolehkan dihapus. Untuk itu kami akan memberikan daftarnya di bawah ini.

  • Mi Picks Aplikasi ini dapat kalian hapus, apabila kalian tidak membutuhkannya
  • Mi Credit Mungkin bagi penduduk Indonesia jarang menggunakan Mi Credit ini, jadi kalian dapat menghapusnya saja.
  • Google Text-to-speech Mungkin bagi sebagian orang aplikasi ini berguna, akan tetapi apabila kalian tidak membutuhkannya kalian dapat menghapusnya.
  • Masukkan. Aplikasi ini digunakan untuk mengirimkan masukan jika terdapat bug pada HP Xiaomi, apabila kalian tidak membutuhkannya kalian dapat menghapusnya.
  • Radio FM. Mungkin kalian jarang mendengarkan radio saat ini, jadi kalian dapat menghapusnya saja.
  • Kalkulator. Apabila kalian sudah mempunyai aplikasi kalkulator lain seperti kalkulator scientific, kalian dapat menghapus aplikasi ini.
  • Google Keyboard. Apabila kalian sudah menggunakan aplikasi keyboard lain, maka kalian dapat menghapus aplikasi ini
  • Catatan. Aplikasi ini juga dapat kalian hapus apabila kalian sudah menggunakan aplikasi catatan lainnya.

Itulah informasi bagaimana cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi tanpa root dan dengan root. Yang perlu kalian ingat adalah untuk menghapus aplikasi bawaan xiaomi ini kalian perlu memikirkannya lagi dampaknya agar kalian tidak menyesal kedepannya.

Apabila artikel cara uninstall aplikasi bawaan xiaomi ini dirasa bermanfaat kalian dapat berbagi melalui tombol share yang sudah kami sediakan. Atau kalian dapat memberikan komentar apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami.

Tinggalkan komentar