Cara Menghapus Data Kontak dari Pinjaman Online

Pinjol sangat identik dengan menghubungi semua daftar kontak yang ada di HP si peminjam, agar itu tidak terjadi lagi kamu bisa menggunakan beberapa cara menghapus data kontak dari pinjaman online berikut ini.

Tapi, sebelumnya kita harus mengetahui kenapa aplikasi pinjaman online (Pinjol) ini bisa mendapatkan daftar kontak dari hp sipeminjam. Sehingga yang banyak terjadi saat ini adalah mereka (pihak perusahan pinjol) akan menginformasikan tentang wajib pelunasan hutang kepada semua kontak yang bisa mereka akses dari perangkat hp si peminjam.

Dari pandangan orang awam teknologi, pasti cara ini sangat aneh dan membingungkan kenapa mereka bisa menghubungi kontak sipeminjam itu. Ternyata itu karena dari awal instal dan daftar aplikasi pinjol ini kita (sipeminjam) sudah memberikan persetujuan untuk mengakses daftar kontak dan galeri yang ada di HP pendaftar.

Oleh karena itu, laciusang.com telah merangkum beberapa cara menghapus data kontak dari pinjaman online dari media online terpercaya.

2 Cara Hapus Daftar Kontak dari Aplikasi Pinjol

cara menghapus data kontak dari pinjaman online
Cara Mengamankan Kontak Dari Pinjaman Online Yang Menganggu (image:manajemenbank)

Sebelum membahas bagaimana cara menghapusnya, kita harus mengetahui terlebih dahulu asal muasal kenapa daftar kontak kita tersebark oleh aplikasi pinjol.

Jadi, pada saat proses daftar, Aplikasi pinjaman online ini akan meminta izin untuk bisa mengakses data pribadi seperti galeri dan kontak yang tersimpan di smartphone. Nah, banyak pihak pinjol ilegal yang menyalahgunakan data-data tersebut.

Ciri-ciri dari pinjol ilegal itu adalah melakukan penekanan hingga ancaman kepada kontak yang mereka akses. Ancaman ini mereka lakukan ketia pembayaran cicilan tagihan pinjamannya tersendat.

Untuk itu kamu bisa menggunakan 2 cara menghapus data kontak dari pinjaman online berikut ini.

Baca : Cara Menghilangkan Sadapan Pinjaman Online

Cara 1. Hilangkan Izin Akses Datanya

Cara yang pertama adalah hilangkan izin akses aplikasi pinjolnya dengan menghapus pengaturan awal daftarnya. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Buka Smartphone dan masuk ke menu Setting atau Pengaturan
  • Kemudian pilih submenu Aplikasi dan cari aplikasi pinjol yang kamu gunakan
  • Scroll kebawah dan pada bagian Izin kamu bisa ubah statusnya menjadi Off/dimatikan

Cara 2. Lunasi dan Telepon Call Center

Cara yang kedua adalah segera melunasi total tagihan pinjaman kamu dan lanjut dengan melakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Telepon Call center Pinjol yang kamu gunakan dan ajukan permohonan hapus data pribadi kamu yang tersimpan di server mereka
  • Setelah itu Hapus aplikasi pinjol yang ada di smartphone kamu.
  • Ganti SIM Card dan ganti dengan nomor baru
  • Hapus akun Sosial Media jika diperlukan
  • Dan jika kamu masih mendapatkan ancaman atau gangguan dari pinjol, segera melapor ke OJK.

Demikianlah penjelasan tentang bagaimana cara kita untuk menghapus data kontak dari pinjaman online agar tidak mendapatkan tekanan dari para penagih walaupun sudah lunas.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA