Cara Menghilangkan Background Tanda Tangan di Word

Bagaimana sih cara menghilangkan background tanda tangan di word? pertanyaan yang kadang muncul dari orang yang sedang ingin mengirimkan cv/lamaran kerja via email.

Tutorial Word ini bukan untuk para pencari kerja saja, karena banyak juga teman-teman yang sudah bekerja ingin mengirimkan surat resmi atau penawaran melalui email dan harus membubuhkan tanda-tangan. Hasilnya kurang bagus jika scan ttdnya masih terlihat background kertas, untuk itu kamu bisa coba trik berikut ini.

Panduan cara menghilangkan background tanda tangan di MS.word ini sebenarnya sudah banyak yang membuatnya, kamu bisa menemukan di video tiktok, youtube ataupun media online lainnya. Perlu kamu ketahui bahwa trik ini akan secara otomatis menyamarkan background atau membuat jadi lebih transparant.

Tutorial Cara Hapus Background Tandatangan di Word

cara insert gambar ttd scan

Kita langsung saja membahas tutorial untuk menghilangkan background ttd hasil scan di microsoft word (cara ini bisa juga kamu gunakan di aplikasi office lainnya seperti Ms.Excel ataupun Ms.Powerpoint)

  1. Langkah pertama adalah buka Microsoft Word atau file word cv/lamaran kerja atau file surat pekerjaan kamu.
    setelah itu pilih menu “Insert” dan pilih Pictures untuk upload tandatangan hasil scan yang ingin ditambahkan ke dokumen
  2. Setelah gambar scan ttdnya diupload, pilih “Picture Format” dan pilih “Remove Background”
  3. Gambar ttdnya akan langsung dikelilingin warna efek seperti ungu (ini tandanya bahwa background ttdnya akan hilang/terhapus).
  4. Jika kamu merasa sudah pas, kamu bisa langsung klik “Keep Change” untuk menyimpan hasil edit hapus background ttdnya.

Perlu kamu ketahui juga bagian “Mark Areas to Keep” adalah areh yang tidak dihapus, sedangkan “Mark Areas to remove” adalah area yang akan dihilangkan. Jadi, pastikan gambar tantatangannya ada di bagian Mark areas as Keep.

Satu hal lagi yang perlu diketahui ketika kamu ingin menggunakan trik cara menghilangkan background tanda tangan di word ini agar hasilnya benar-benar bersih, yaitu :

  • Siapkan kertas polos putih yang masih rapi (bukan kertas bekas)
  • Kertasnya bisa menggunakan kertas A4 yang biasanya digunakan untuk mencetak dokumen dikantor
  • Pastikan kamu membuat tandatangannya menggunakan Pulpen yang warnanya pekat (tebal).
  • Untuk menyimpan dalam bentuk gambar, kamu bisa menggunakan Scanner atau bisa juga menggunakan kamera HP dengan syarat saat memfoto ttdnya harus bagus.

Demikianlah tutorial cara hapus background ttd di word dan aplikasi microsoft office lainnya. Sebenarnya, jika hasil scan ttdnya besih, kamu tidak perlu lagi menghapus background. Cukup dengan mengaturnya menjadi “Behind Text” saja akan tetap terlihat rapi.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA