Cara Menghilangkan Mode Aman atau Safe Mode Android

Kalian pasti kaget saat mengetahui terdapat tulisan mode aman atau safe mode dalam hp kalian. Mungkin kalian mengira bahwa smartphone dalam kondisi rusak, tenang kawan itu hanyalah masalah sepele. Setelah kalian mengetahui cara menghilangkan mode aman ini, rasa takut itu pasti akan hilang. Bagi sebagian orang yang paham tentang safe mode ini, mereka dapat dengan mudah mengeluarkannya dan bahkan safe mode ini membantu mereka.

Mode aman adalah sebuah fitur yang diciptakan produsen untuk menghindari smartphone dari kesalahan. Fungsi mode aman atau safe mode ini adalah menghindari pengguna melakukan kesalahan yang sama di lain waktu. Jadi sewaktu kalian menggunakan fitur dari sebuah aplikasi dan aplikasi tersebut melakukan kesalahan yang dapat membahayakan sistem. Maka smartphone otomatis akan memasuki mode aman untuk mendeteksi kesalahan atau problem yang sedang dialami smartphone. Jadi mode aman atau safe mode ini adalah salah satu fitur bawaan dari smartphone dan itu tidak mengindikasi bahwa smartphone kalian rusak. Setelah mengetahui tentang mode aman tersebut mungkin rasa khawatir dan takut kalian mungkin sedikit berkurang.

Biasanya saat smartphone kalian masuk dalam mode aman, melakukan restart dapat menonkatifkan mode tersebut. Tetapi pada beberapa kasus meskipun sudah melakukan restart, smartphone masih saja dalam kondisi mode aman. Itu berarti masih terdapat masalah yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara menghilangkan mode aman di Android.

Cara Menghilangkan Mode Aman

6 Cara Menghilangkan Mode Aman di Android

  1. Restart

Cara ini dapat kalian gunakan ketika smartphone mengalami sedikit error tak terkecuali ketika berada dalam mode aman. Restart merupakan mengembalikan sistem menjadi dalam keadan normal kembali. Mungkin cara meghilangkan mode aman ini dapat dapat berhasil, karena berdasarkan pengalaman saya sendiri ketika berada dalam keadaan safe mode, cara ini dapat menonkatifkan mode aman. Patut dicoba cara ini, karena metode seperti ini juga biasa dilakukan untuk mengatasi error pada masalah-masalah lain dan kebanyakan hasilnya berhasil.

Merestart hp pada semua merek smartphone mempunyai cara yang hampir sama yaitu dengan menekan tombol power sekitar 3 deitk, kemudian Jika merestart ini tidak dapat mengembalikan hp kalian dalam keadaan normal, berarti ada penyebab lain yang harus diselesaikan. Kalian dapat mencoba cara lainnya.

  1. Lepas Baterai

Cara menghilangkan mode aman ini berlaku hanya pada smartphone yang baterainya dapat dilepas. Jika kalian mempunyai smartphone yang baterainya non-removable (baterai tanam), silahkan skip cara ini dan coba cara lainnya. Melepas baterai hampir sama dengan restart akan tetapi cara ini lebih efektif, karena memberikan jeda pada smartphone untuk memperbaiki sistemnya. Lepas baterai hp kalian dan tunggu sekitar 5 menit, kemudian pasang lagi dan nyalakan. Lihat apakah hp kalian sudah bisa keluar dari safe mode. Jika metode ini gagal, mungkin ada penyebeb lain yang harus diperbaiki. Kalian dapat mencoba cara lainnya.

  1. Mengahapus Aplikasi Error

Error aplikasi tidak menutup kemungkinan bisa menjadi penyebab hp kalian masuk ke dalam safe mode. Cara mengatasi mode aman tersebut dengan menghapus aplikasi yang berkemungkinan error. Rata rata aplikasi yang terjadi error adalah aplikasi yang terakhir kali kalian install. Coba cek atau jalankan aplikasi tersebut dan lihat apakah aplikasi berjalan dengan lancar atau tidak. Atau juga terdapat beberapa aplikasi yang cara menjalankannya harus melalui safe mode. Segera uninstall aplikasi tersebut untuk keluar dari mode aman tersebut.

Aplikasi yang rusak atau corrupt juga dapat menyebabkan sistem operasi kalian error dan smarphone akan otomatis masuk ke dalam mode aman untuk memproteksi sistemnya agar tidak rusak juga. Biasanya aplikasi yang rusak adalah aplikasi yang diunduh dari website bajakan atau dari internet yang tidak jelas sumbernya. Budayakan mengunduh aplikasi dari Play Store agar terhindar dari kerusakan aplikasi.

Cara mencopot pemasangan aplikasi dengan masuk ke Pengaturan – Manajemen Aplikasi – Cari Aplikasinya – Hapus Instalasi atau Copot Pemasangan. Jika setelah mencopot pemasangan tersebut hp kalian masih belum keluar dari mode aman, kalian dapat mencoba cara mematikan mode aman lainnya.

  1. Bersihkan Cache

Cache adalah suatu sampah yang dihasilkan dari aplikasi atau browser yang kalian gunakan. Cache yang menumpuk dan tidak kalian hapus dapat menyebabkan sistem error. Nah ini mungkin menjadi penyebab hp kalian masuk ke dalam mode aman. Masalah tersebut dapat kalian beresekan dengan menghapus cachenya. Caranya adalah buka Pengaturan dan pilih Penyimpanan cari dan pilih Hapus Cache. Selain cara tersebut kalian dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Play Store untuk membersihkan cache. Tinggal ketik “pembersih cache” maka play store akan menampilkan beberapa rekomendasi aplikasi pembeersih cache.

Setelah kalian melakukan pembersihan cache lanjutkan dengan melakukan restart. Sistem akan memulai ulang telepon dalam kondisi ringan tanpa beban dari cache. Cara Itu memungkinkan kalian dapat keluar dari safe mode atau mode aman.

  1. Restart dan volume bawah

Cara ini hanya berlaku untuk pengguna android dengan sistem operasi jellybean dan kitkat. Bagi kalian yang mempunyai sistem operasi di atas kitkat, silahkan skip cara ini. Cara menghilangkan mode aman ini biasanya dilakukan pada hp samsung versi lama.

Caranya cukup mudah yaitu restart hp seperti biasa dengan menekan tombol power sekitar 3 detik, kemudian pilih restart. Setelah itu hp akan mati dan melakukan booting, pada saat muncul logo merek smartphone kalian tekan dan tahan volume bawah atau volume minus. Lepaskan jika smarphone sudah menyala dan masuk pada tampilan beranda. Biasanya cara menonaktifkan mode aman ini berhasil pada smartphone dengan sistem operasi android kitkat dan jellybean, sudah banyak percobaan dengan menggunakan cara ini dan berhasil.

  1. Factory Reset atau Kembalikan ke Setelan Pengaturan Pabrik

Ini adalah cara terakhir ketika semua cara menghilangkan mode aman sudah dilakukan dan hasilnya masih gagal. Cara ini sudah terjamin berhasil, akan tetapi kalian juga harus menanggung resikonya. Resikonya adalah semua data akan terhapus termasuk aplikasi dan file yang kalian taruh pada penyimpana internal. Tapi jangan khawatir, kalian dapat melakukan backup dengan aplikasi backup agar data-data kalian aman dan tidak hilang.

Cara mengembalikan setelan pabrik adalah dengan masuk ke Pengaturan, kemudian cari Cadangkan dan Reset, kalian dapat mencadangkan data-data melaui fitur di Pengaturan tersebut. Jika sudah dicadangkan, pilih Factory Reset Data (Reset Data Pabrik). Metode ini memakan waktu sedikit lama, tunggu smartphone membersihkan data. Setelah itu akan booting dan smartphone kalian akan kembali seperti baru.

Itulah ulasan tentang cara menghilangkan mode aman. Cara ini dapat diterapkan pada semua merek hp antara lain Xiaomi, Samsung, Asus Semoga artikel kami dapat membantu kalian dan dapat menyelesaikan masalah kalian. Jika artikel ini bermanfaat, kalian dapat membagikannya agar banyak orang menegetahui. Apabila ada yang belum kalian pahami, kalian dapat menanyakan melalui kolom komentar.

Tinggalkan komentar