3 Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP

Persen atau persentase sendiri merupakan sebuah angka untuk menyatakan jumlah pecahan atau sebagian jumlah dari keseluruhan data tersebut. Bagi kalian yang suka berbelanja, entah online maupun pergi ke toko langsung, pasti sudah tidak asing lagi dengan diskon yang tertulis dalam bentuk persen. Contohnya seperti baju dengan harga Rp 60.000 dan tertulis diskon 15%. Namun terkadang hal tersebut masih membingungkan bagi kebanyakan orang. Untuk itu kami akan membahas tentang cara menghitung persen di kalkulator.

Beberapa tahun sebelumnya ada banyak jenis kalkulator seperti kalkulator citizen, casio, scientific dan masih banyak lagi. Namun sekarang semua menjadi lebih canggih, karena hp sudah dilengkapi dengan aplikasi kalkulator. Jadi kita bisa membawanya kemana saja.

Meskipun masih banyak juga yang menggunakan kalkulator citizen dan sebagainya, tetapi untuk anak remaja sebagian besar lebih memilih aplikasi kalkulator yang sudah tersedia pada ponsel mereka atau menggunakan kalkulator online yang bisa diakses menggunakan koneksi internet. Maka dari itu kalian perlu mengetahui cara menghitung persen di kalkulator hp dan online.

Cara Menghitung Persen di Kalkulator

Sebenarnya ada banyak metode untuk menghitung persen pada kalkulator, misalnya dengan menggunakan aplikasi kalkulator, kalkulator online maupun dengan menggunakan exel. Oleh karena itu, untuk membantu kalian dalam mengatasi kesulitan ini, kami akan memberikan beberapa tutorial dalam menghitung persen menggunakan kalkulator.

Cara Menghitung Persen di Kalkulator Hp yang Tidak Ada Tombol Persennya (%)

Di dalam ponsel pasti ada yang namanya kalkulator, kalkulator tersebut secara umum berisi tentang penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan lain-lain. Namun ada juga kalkulator hp yang tidak menyediakan hitungan dalam bentuk persen. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara menghitung persen di kalkulator hp yang tidak ada tombol persennya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi kalkulator yang ada di ponsel kalian
  2. Sebagai contoh ada sebuah pakaian dengan harga Rp 200.000 dan diberi diskon sebesar 20%. Jadi berapakah pakaian tersebut setelah mendapatkan diskon?
  3. Seperti yang kalian ketahui, dalam matematika persentase atau perseratus adalah sebuah angka atau perbandingan untuk menyatakan pecahan dari seratus. Jadi, sesuai dengan contoh di atas. Kalian tulis “20/100”
  4. Kemudian dari perhitungan tersebut muncul hasil sebesar “0,2”
  5. Setelah itu kalikan dengan harga pakaian tersebut. Contoh: “0,2 x 200.000 “
  6. Dari perkalian tersebut maka akan muncul hasil “40.000”
  7. Jadi diskon yang ada pada pakaian tersebut sebesar “Rp 40.000”
  8. Lalu berapa harga pakaian tersebut setelah mendapatkan diskon? Kalian hanya perlu mengurangi harga asli pakaian tersebut dengan jumlah diskon yang telah dihitung. Contoh: “200.000 – 40.000 = 160.000”
  9. Jadi harga pakaian setelah mendapatkan diskon adalah sebesar “Rp 160.000”

Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP yang Tidak Ada Tombol Persennya

Sangat mudah bukan cara mengitung persen di kalkulator hp yang tidak ada tombol persennya. Meskipun kalkultor bawaan hp tidak dilengkapi dengan tombol persen, ternyata kalian masih dapat menghitungnya.

Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP Yang Ada Tombol Persennya (%)

Cara menghitung selanjutnya yaitu dengan menggunakan kalkulator hp yang sudah dilengkapi dengan persen (%). Sedikit berbeda dengan yang di atas, namun cara ini juga tidak sulit sama sekali. Perhatikan cara dan contoh di bawah ini agar kalian bisa menerapkannya dengan baik dan benar:

  1. Buka aplikasi kalkulator yang ada di ponsel kalian
  2. Sebagai contoh ada sebuah pakaian dengan harga Rp 200.000 dan diberi diskon sebesar 20%. Jadi berapakah pakaian tersebut setelah mendapatkan diskon?
  3. Tulislah berapa banyak diskon yang tertulis. Contoh: “20%”
  4. Kemudian akan muncul hasil sebesar “0,2”

Cara Menghitung Persen di Kalkulator HP Ada Tombol Persennya

  1. Setelah itu kalikan hasil tersebut dengan harga pakaian. Contoh: “0,2 x 200.000”
  2. Maka pakaian tersebut memiliki diskon sebesar “Rp 40.000”
  3. Untuk mengetahui harga pakaian setelah mendapatkan diskon yaitu dengan mengurangi harga asli pakaian tersebut dengan jumlah diskon yang telah dihitung. Contoh: “200.000 – 40.000 = 160.000”
  4. Jadi, kalian hanya membayar pakaian tersebut dengan harga “Rp 160.000”
  5. Selesai

Itulah cara menghitung persen di kalkulator hp yang ada tombol persennya. Jika kalkulator bawaan hp kalian mempunyai tombol persen, kalian sangat diuntungkan dengan adanya tombol tersebut.

Cara Menghitung Persen di Kalkulator Online

Cara menghitung ketiga yaitu dengan menggunakan kalkulator online, cara ini mungkin jarang digunakan karena di setiap handphone sudah ada aplikasi bawaan kalkulator. Sebenarnya sama saja dengan cara di atas, hanya saja jika kalkulator online ini harus menggunakan jaringan internet terlebih dahulu. Untuk caranya, kalian bisa perhatikan contoh di bawah ini:

  1. Pastikan koneksi internet kalian telah tersambung
  2. Setelah itu buka google
  3. Kemudian kalian hanya perlu menulis “kalkulator online”
  4. Setelah itu akan muncul kalkulator dengan berbagai fitur lebih lengkap yang bisa kalian gunakan.

Cara Menghitung Persen di Kalkulator Online

Itulah cara mudah menghitung persen dengan menggunakan kalkulator. Sanagat mudah bukan? Jadi kalian tidak perlu bingung lagi jika menemukan diskon pada sebuah produk. Hanya menerapkan cara di atas, setelah itu kalian bisa mengetahui berapa bersar diskon dan berapa harga sebuah produk setelah mendapatkan diskon.

Bacalah dengan teliti, dan jangan sampai salah agar kalian bisa melakukannya dengan benar. Jangan lupa untuk share artikel cara menghitung persen di kalkulator ini jika menurut kalian bermanfaat. Dan jika masih ada yang kurang dipahami kalian dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah.

Tinggalkan komentar