Cara Mengosongkan Ruang Penyimpanan Tanpa Menghapus Aplikasi

Memiliki Smartphone android yang memorinya kecil tentu tidak bisa menyimpan banyak data video atau foto, nah kali ini ada tips cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang terinstal didalamnya.

Apakah tips android ini bias digunakan untuk semua perangkat / Smartphone android? tentu saja bisa. Karena memang panduan ini dibuat untuk membantu para pengguna Hp Android lama yang memori internal atau ruang penyimpanannya kecil.

Lalu, kenapa sih kita harus menyisakan banyak ruang kosong di memori internal? perlu kalian ketahui bahwa hp android yang ruang memorinya hampir penuh (terkadang muncul notifikasi “ruang penyimpanan penuh”) kinerjanya akan melambat. Untuk itu, kamu bisa mencoba cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi agar kinerja Hpnya bisa kembali normal.

2 Cara Mengosongkan Memori Internal

Cara Mengosongkan Penyimpanan Android Tanpa Menghapus Aplikasi

Jika kamu ingin mengurangi atau mengosongkan space/ruang di memori internal, maka bisa menggunakan beberapa cara berikut ini. Tentunya tanpa harus menghapus atau uninstal aplikasi yang telah terinstal sebelumnya.

Adapun beberapa cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi itu adalah sebagai berikut :

Gunakan Memori Ekternal

HP Android itu biasanya menyertakan slot microSD atau memori External dengan kapasitas hingga 256GB.

Tentunya dengan kapasitas besar yang ada di ruang penyimpanan external ini bisa kamu gunakan untuk membackup atau memindahkan data-data foto atau video yang ada di ruang penyimpanan internal ke microSD.

Dengan cara memindahkan data-datamu, tentunya ruang penyimpanan internal jadi lebih kosong dan bisa membuat kirejanya kembali normal. Adapun langkah-langkah untuk memindahkan data dari memori internal ke memori external/microsd adalah sebagai berikut :

Cara ini bisa kamu gunakan menggunakan bantuan laptop ataupun langsung dari HP Android itu sendiri. Nah, kali ini laciusang.com akan membuatkan tutorialnya langsung dari perangkatnya.

  • Langkah pertama adalah pastikan hp Androidnya sudah terinstal aplikasi Files dari Google di Playstore, jika belum kamu bisa langsung download dari link ini Aplikasi Files by Google
  • Setelah terinstal aplikasi, buka dan cari menu Browse
  • Pilih kategori folder yang ingin dipindahkan dan juga pilih file apa saja yang harus dipindahkan ke memori External (microsd)
  • Jika sudah selesai memilih file dan folder, pilih mentu tiga titik yang ada di bagian atas
  • Lalu pilih “Pindahkan Ke atau Salin Ke” dan pilih Kartus SD.
  • Selesai

Hapus Data Tidak Penting

Karena kita akan mengosongkan memori internal tanpa harus menghapus aplikasi, maka cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menghapus data-data yang sudah tidak penting atau sudah kadaluarsa.

Contoh data-data yang tidak penting adalah file-file hasil download, foto atau video yang sudah kamu backup di laptop ataupun file dokumen seperti file pdf, word atau ms.excel.

Cara menghapus data yang tidak pentingnya cukup mudah, kamu bisa masuk ke menu file atau galeri, setelah itu tinggal pilih file dokumen, foto atau video yang akan akan dihapus.

Setelah kamu hapus data foto dan video dari galeri, selanjutnya untuk mengecek benar-benar bersih (terbuang dari memori internal) adalah dengan cara masuk ke menu “Baru diHapus” yang ada di menu Galeri dan scroll bagian bawah dan menghapusnya lagi agar benar-benar bersih terbuang dari memori hpnya.

Demikianlah ulasan tentang bagaimana cara mengosongkan ruang penyimpanan tanpa menghapus aplikasi yang terinstal didalam perangkat Androidnya. Cukup dengan cara diatas tadi, kamu bisa mengembalikan performa hp Androidnya.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA