Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100KB Online dan di HP

Terkadang ukuran foto menjadi masalah bagi sebagian orang yang ingin melakukan pendaftaran atau berbagai hal yang diharuskan melampirkan foto atau gambar. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan cara mengubah ukuran foto menjadi 100KB.

Ukuran foto dengan kapasitas besar akan membuat boros penyimpanan baik itu di harddisk maupun server. Untuk kebutuhan kita perlu mengecilkan atau mengompresi ukuran foto agar memiliki ukuran yang lebih kecil tetapi kualitasnya sama.

Terlebih foto yang dihasilkan baik dari smartphone maupun kamera digital ukuranya cukup besar. ada beberapa cara mengecilkan ukuran foto di laptop atau hp.

Salah satu solusinya adalah dengan mengecilkan ukuran foto atau gambar yang kita miliki yang ukuranya menjadi lebih kecil dari hati.

Akan tetapi sebagian besar dari kita khawatir jika foto yang kita kompres akan membuat kualitas foto menjadi berkurang atau berkurang. Terlebih saat ini banyak institusi yang memberlakukan sistem kerja dan sekolah secara online atau dikenal dengan istilah daring (dalam jaringan).

Hal ini tidak luput dari penggunaan jaringan data dan komponen lain yang berkaitan dengan sistem online yang dibutuhkan.

Penggunaan berbagai media teknologi elektronik seperti WhatsApp, email, telegram, goggle meet, zoom dll. penggunaan beberapa media tersebut dan pemberlakuan daring membuat segalanya serba online termasuk pengiriman file, gambar dll.

Hal ini biasanya membuat server down, untuk mencegah terjadinya server down sehingga perlu mengecilkan kapasitas file dan gambar yang akan dikirim. Biasanya file mempunyai batas maksimal pengiriman 100KB, untuk itu kami akan memberikan informasi cara mengubah ukuran foto menjadi 100KB.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100KB Online

Sangat mudah sekali cara mengecilkan ukuran foto menjadi 100KB ini karena kami sudah menemukan cara ubah ukuran foto menjadi 100KB.

Cara ini bisa dilakukan tanpa secara online bahkan ada yang tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Beberapa metode yang akan kami paparkan dapat dilakukan menggunakan Laptop, HP Android dan Iphone.  Berikut beberapa cara mengubah ukuran foto menjadi 100KB.

  1. Online Jpg Tools

Situs online JPG Tools dapat kalian gunakan untuk mengubah ukuran foto menjadi 100KB secara online yang dapat digunakan dengan beberapa cara. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan Langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka situs Online JPG Tools di https://onlinejpgtools.com/compress-jpg

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100KB Online

  1. Setelah itu pilih Compress a JPG (situs ini hanya mendukung file dengan ekstensi JPG atau JPEG)
  2. Pilih pada bagian yang putih, kemudian pilih foto yang ingin kalian kecilkan ukurannya
  3. Geser ke bawah dan atur Compression Strength
  4. Kalian juga dapat melihat ukuran foto setelah dikompres. Atur sesuai dengan keinginan besar ukuran foto yang kalian inginkan.
  5. Setelah itu pilih Save As kemudian pilih Download

Setelah itu foto akan otomatis tersimpan pada perangkat kalian dengan ukuran sesuai yang tertera pada website Online JPG Tools.

  1. Compress JPEG

Situs terakhir yang saya rekomendasikan untuk mengompres ukuran foto menjadi 100KB adalah situs bernama Compress JPEG. Selain mengompresi foto JPEG, situs ini juga mendukung gambar PNG. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka situ Compress JPEG di https://compressjpeg.com/

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100KB Tanpa Aplikasi

  1. Pilih Upload Files
  2. Pilih foto atau gambar yang ingin kalian compress, kalian dapat memilih lebih dari satu foto.
  3. Tunggu hingga proses upload selesai
  4. Setelah itu pilih Settings dengan klik pada gambar kalian
  5. Atur Quality hingga sesuai dengan ukuran foto yang kalian inginkan.
  6. Setelah ukuran sudah sesuai dengan keinginan kalian, pilih Download

Semakin rendah Quality yang kalian atur, maka semakin kecil pula ukuran foto yang kalian dapatkan. Kalian dapat melihat ukuran foto atau gambar setelah dikompress dari ukuran yang tertera di atas gambar.

Baca Juga: Cara Edit Foto di Lightroom

  1. PS2PDF

Cara mengubah ukuran foto menjadi 100KB tanpa aplikasi dapat dilakukan menggunakan situs PS2PDF. Untuk mengecilkan gambar hingga 100KB di PS2PDF, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka situs PS2PDF
  2. Pilih pada tab Compress
  3. Kemudian pilih compress sesuai dengan ekstensi file foto atau gambar yang ingin kalian perkecil ukurannya

Memperkecil Ukuran Foto atau Gambar

  1. Pilih Add Files dan pilih foto yang ingin kalian kecilkan ukurannya
  2. Atur pengaturan pengompressan foto kalian
  3. Setelah itu pilih Compress Now

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100KB

  1. Setelah itu pilih Download

Foto atau gambar akan otomatis tersimpan di perangkat kalian. Pastikan untuk menggunakan internet yang stabil, karena proses ini membutuhkan internet untuk mengupload foto dan mengunduh foto.

Situs ini juga memperhatikan privasi kalian sebagai pengguna. Foto-foto yang kalian unggah ke server akan segera dihapus setelah foto dikompresi.

  1. Reduce Images

Reduce Images merupakan situs yang dapat kalian gunakan untuk melakukan cara mengubah foto menjadi 100KB secara online, selain itu situs ini juga memberikan fitur premium untuk kamu yang perlu mengompres banyak foto sekaligus.

Beberapa format foto yang didukung oleh Reduce Images antara lain: BMP, GIF, PNG, JPG. Situs Reduce Image bisa menjadi situs untuk mengompres foto menjadi 100 kb alternatif.

Reduce Images mampu mengompres ukuran foto hingga 84%. Cocok untuk mengompresi foto yang ingin kalian kirim ke lamaran kerja online.

  1. Toolur

Toolur merupakan situs yang menyedikan cara mengubah ukuran foto menjadi 100KB dan masih jauh lebih kompleks.

Ada cukup banyak pengaturan yang bisa dipilih. Mulai dari metode kompresi, opsi kualitas gambar, jenis kompresi hingga opsi untuk mengubah ukuran foto. Semuanya dapat kalian akses dengan mudah di halaman depan situs

Jika kalian ingin menggunakan foto untuk dikirim ke lamaran kerja, saran saya adalah memilih jenis kompresi normal, bukan progresif.

Jenis kompresi normal akan tetap memperkecil ukuran gambar, namun kualitasnya tetap terjaga. Sementara itu, tipe kompresi progresif akan mengurangi ukuran dan kualitas foto secara signifikan. Sehingga membuat foto terlihat buram.

Baca Juga: Cara Mengganti Background Foto Online

Cara Mengubah Ukuran Foto Menggunakan Hp Android

Dengan Aplikasi Photo Lit, kalian dapat dengan mudah melakukan cara mengubah ukuran foto menjadi 100KB di HP Android. Untuk lebih lengkapnya perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Instal aplikasi Photo Lit.
  2. Buka Aplikasi Photo Lit.
  3. Pilih Foto Kompres.
  4. Pilih foto yang akan diperkecil.
  5. Ketuk centang di kanan atas.
  6. Pilih Mode Kompresi. Misalnya, pilih ukuran. Di bagian Select Size, ubah ukuran sesuai keinginan.
  7. Ketuk tombol Mulai Kompresi.

Itulah tadi langkah singkat bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 100KB di HP Android. Adapun alasan saya memilih aplikasi Photo Lit ini karena menurut saya pribadi aplikasi ini mudah digunakan.

Saya sudah mencoba beberapa aplikasi di ponsel Android yang bisa memperkecil ukuran foto. Karena saya tidak ingin membuang waktu dan kuota, saya hanya mencoba aplikasi edit foto yang sudah di download banyak orang dan juga memiliki rating review rata-rata diatas 4 bintang.

Dari beberapa yang telah dicoba, saya memilih untuk mendemonstrasikan pengurangan ukuran foto menggunakan aplikasi Lit Photo. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 1 juta kali dengan rating review rata-rata 4.7 bintang dari lebih dari 77 ribu orang yang telah memberikan rating.

Baca Juga: Cara Mengganti Background Foto Di Picsart

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100KB di Iphone

Untuk memperkecil ukuran foto di iPhone, saya sudah mencoba aplikasi Compress Photo & Pictures.  Aplikasi kompres foto ini memiliki ukuran file unduhan 20,8 MB dan memiliki 1500 ulasan dengan rata-rata 4,8 bintang.

Kalian dapat menggunakan aplikasi tersebut apabila ingin membuat ukuran foto menjadi lebih kecil dari yang sebelumnya.

Itulah berbagai cara mengubah ukuran foto menjadi 100KB. Jika kalian menggunakan laptop, kalian bisa memperkecil ukuran foto dengan aplikasi di windows atau online dengan pilihan banyak situs yang sudah saya sebutkan jadi tidak perlu software tambahan.

Jika ingin mengubah ukuran foto menjadi 100KB dengan hp android, kalian bisa mendownload aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Intinya download aplikasinya jika diperlukan, jika tidak cukup lakukan dengan media online via website.

Terlepas dari metode yang telah saya tunjukkan di atas, ada banyak cara mengubah ukuran foto menjadi 100KB karena banyak sekali website, aplikasi dan program untuk memperkecil ukuran foto.

Itulah cara mengubah ukuran foto menjadi 100KB yang dapat saya sampaikan. Apabila dirasa artikel ini bermanfaat, kalian dapat membagikan melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Atau jika terdapat hal yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah

Tinggalkan komentar