Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Yang Sangat Mudah

Terkadang untuk keperluan tertentu, kita harus melakukan foto dengan ukuran 4×6, lalu bagaimana jika foto yang kita punya tidak berukuran 4×6. Untuk itu kami akan memberikan cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 secara online dan di android.

Foto yang diambil dengan kamera tidak dapat digunakan hanya untuk tujuan resmi. Pasalnya untuk keperluan formal, foto harus diubah menjadi ukuran tertentu.

Misalnya untuk data pribadi, kebanyakan orang diharuskan menggunakan foto dengan ukuran 3×4 cm atau yang lebih besar yaitu 4×6 cm.

Kebanyakan editor foto atau studio foto sering kali menyimpan foto dalam satu ukuran saja, misalnya dalam ukuran 3×4 cm atau 4×6 cm.  Akan menjadi masalah ketika kita membutuhkan ukuran foto yang tidak kita miliki, misalnya kita membutuhkan ukuran 4×6 cm sedangkan yang ada hanya berukuran 3×4 cm atau sebaliknya.

Untuk itu dalam artikel ini akan membahas bagaimana cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6, cara mengubah ukuran foto 4×6 di laptop dan cara mengubah ukuran foto di hp menjadi 4×6.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan seperti Photoshop, Corel Draw, dan aplikasi lainnya, tetapi masalahnya adalah tidak semua orang menginstal aplikasi tersebut ini di komputer mereka.

Apalagi aplikasi seperti Photoshop dan CorelDraw memiliki ukuran yang relatif besar. Karena itulah pada artikel kali ini kami membagikan artikel tentang cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 online.

Untuk itu kalian tidak memerlukan aplikasi edit foto namun syarat mutlaknya kalian atau perangkat komputer kalian sudah terkoneksi dengan internet.

Ada banyak situs web yang menyediakan alat pengubah ukuran foto. Selain itu, banyak juga aplikasi yang menyediakan fitur mengubah ukuran foto baik offline maupun online. Kalian juga dapat menemukan aplikasi ini di laptop atau smartphone kalian. Berikut beberapa cara merubah ukuran foto menjadi 4×6.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4×6 Online

Ini merupakan cara yang sangat kami rekomendasikan, karena sangat mudah dan tidak perlu menginstall aplikasi. Yang dibutuhkan hanyalah internet dengan koneksi yang lumayan cepat.

Cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 online ini dapat dilakukan menggunakan beberapa situs yang menyediakan alat untuk memotong atau mengedit gambar menjadi ukuran 4×6.

Menggunakan Canva

Meskipun canva tersedia dalam bentuk aplikasi, ternyata Canva juga ada versi webnya. Untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 secara online menggunakan Canva versi web, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Canva di https://www.canva.com/photo-editor/
  2. Setelah itu pilih Edit Your Photo Now
  3. Lalu pada My Photo, pilih Upload
  4. Pilih foto yang akan kalian rubah ukurannya menjadi 4×6
  5. Setelah itu pilih alat potong (crop) pada bagian kiri
  6. Klik pada icon gembok untuk mematikan penguncian aspek rasio
  7. Isikan pada W (Width) yang berarti lebar menjadi 400
  8. Dan isikan pada H (Height) yang berarti tinggi 600
  9. Atur gambar hingga cocok
  10. Setelah itu pilih Apply

Cara Ganti Ukuran Foto 4x6

  1. Lalu pilih Save dan Download untuk mengunduhnya

Sebenarnya kalian dapat menggunakan tinggi dan lebar lainnya selain 400 dan 600 tersebut. Tinggi lebar itu menyesuaikan dengan ukuran foto kalian aslinya.

Intinya kalian harus memberikan angka perbadingan 4 dan 6 dimana 4 pada lebarnya dan 6 pada tingginya.

Menggunakan PIXLR

PIXLR merupakan aplikasi editing foto online yang dapat kalian gunakan secara gratis, selain itu juga dapat kalian gunakan untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6 secara online. Berikut adalah caranya:

  1. Buka PIXLR X di https://pixlr.com/id/x/
  2. Setelah itu pilih Buka Gambar
  3. Pilih foto yang akan kalian rubah ukurannya menjadi 4×6
  4. Setelah itu pilih alat potong (Crop)
  5. Aktifkan pilih Aspek
  6. Lalu pada pilihan perbadingan isi dengan Lebar 4 dan Tinggi 6
  7. Atur foto kalian, setelah itu pilih Terapkan

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 Online

  1. Setelah itu pilih Simpan dan Unduh

Foto atau gamabr akan otomatis tersimpan di perangkat kalian dan akan berukuran 4×6. Setelah itu foto tersebut dapat kalian gunakan untuk keperluanmu.

Baca Juga: Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 100KB

Cara Merubah Ukuran Foto 4×6 di Laptop

Mungkin sebelumnnya kalian sudah mempunyai aplikasi edit foto seperti CorelDraw, Photoshop atau yang lainnya. Aplikasi atau software tersebut dapat kalian gunakan untuk cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di laptop berikut ini.

Menggunakan Photoshop

Pertama, saya akan jelaskan cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 di Photoshop. Sebenarnya dengan Photoshop, kalian melakukan berbagai pengeditan foto salah satunya adalah mengubah ukuran menjadi 4×6. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka Photoshop kalian (versi apapun).
  2. Buka juga gambar yang akan diedit dengan mengklik File kemudian pilih Open atau kalian tekan tombol CTRL+O.
  3. Kemudian kalian dapat menekan tombol huruf C pada keyboard atau mengklik ikon krop di kotak alat.
  4. Banyak fitur pada cutting tool. Pilih Ratio dan pilih 4×6 atau jika tidak ada silahkan ketikkan 4 dan 6 pada kolom disamping ratio.

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6

  1. Atur foto yang ingin kalian potong.
  2. Jika sudah selesai, kalian dapat menekan tombol Enter atau klik centang di kanan atas.
  3. Untuk menyimpan foto pilih File kemudian Save / Save As atau gunakan kombinasi tombol dengan mengklik CTRL+S / SHIFT+CTR +S.

Mungkin beberapa kalian tidak mempunyai software atau aplikasi Photoshop. Untuk cara mengubah ukuran foto menjadi 4×6 kalian dapat mencoba cara lainnya yang mungkin dapat kalian lakukan.

Menggunakan Paint

Paint adalah salah satu aplikasi bawaan dari Windows. Jadi setiap laptop yang menggunakan sistem operasi Windows pasti mempunyai aplikasi ini.

Paint dapat kalian gunakan untuk mengubah ukuran foto menjadi 4×6. Untuk lebih lengkapnya perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Pilih foto yang akan kalian ubah menjadi 4×6, kemudian klik kanan dan pilih Open With Paint
  2. Setelah itu akan terbuka aplikasi Paint dengan foto yang kalian pilih. Pilih Resize
  3. Karena warna tidak dalam cm, kalian pilih Pixels dan hilangkan tanda centang pada Maintain Aspect Ratio
  4. Isikan pada Horizontal 151 dan Vertical 227. kemudian pilih OK

Ubah Ukuran Foto 4x6

  1. Untuk menyimpan foto, pilih File kemudian Save / Save As atau gunakan kombinasi tombol CTRL+S / SHIFT+CTRL+S

Karena pada aplikasi Paint tidak ada satuan centimeter, kami mengkoversikan dari cm menjadi piksel. Untuk ukuran 4×6 sama dengan 151 x227 piksel.

Aplikasi lain yang bisa kalian gunakan selain kedua aplikasi offline tersebut di atas adalah Corel Draw dan Microsoft Office Picture Manager yang menurut saya merupakan aplikasi juga cukup bagus dalam pengolahan atau mengedit gambar sesuai dengan yang kalian butuhkan.

Baca Juga: Cara Mengganti Background Foto Di Picsart

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4 × 6 di Android

Cara ganti ukuran foto 4×6 online ataupun offline yang harus disiapkan adalah foto yang bisa kamu ambil dengan menggunakan kamera di android. Untuk melakukan cara ganti ukuran foto 4×6 di Android ialah dengan mengunakan aplikasi Pas Foto.

  1. Pertama kamu masuk ke Google Playstore kemudian unduh aplikasi Pas Foto.
  2. Kemudian pilih pilihan dari galeri anda
  3. Pilih foto yang akan kalian ubah menjadi ukuran 4×6
  4. Pilih Ya pada pertanyaan gunakan foto ini?
  5. Pada pilihan T (Tinggi) isi dengan 60 mm
  6. Dan pada pilihan L (Lebar) isi dengan 40 mm
  7. Setelah itu pilih Terapkan ukuran ini

Cara Ubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 Di Android

  1. Geser foto hingga sesuai yang kalian inginkan, setelah itu pilih Selesaikan Penyesuaian
  2. Pilih Ya pada pertanyaan ditampilkan dalam ukuran sebenarnya apakah ini cocok?
  3. Pilih icon unduhan pada bagian kanan atas foto.
  4. Kemudian pilih Simpan dan foto akan otomatis tersimpan di HP kalian

Cara Mengubah Ukuran Foto Menjadi 4x6 Di Android

Cara ganti ukuran foto menjadi 4×6 di Android ini dapat kalian gunakan pada semua merek smartphone. Syaratnya yaitu harus mengunduh aplikasi Pas Foto tersebut.

Itulah cara mengubah ukuran foto 4×6 melalui Online, Laptop dan di Android. Pilihlah cara sesuka hati kalian dan yang merasa mampu kalian lakukan. Karena pada dasarnya semua cara yang kami berikan di atas adalah mudah untuk dilakukan.

Apabila artikel cara ubah foto menjadi 4×6 di atas dirasa bermanfaat, kalian dapat membagikan melalui tombol share yang sudah kami berikan.

Atau jika terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah ini.

Tinggalkan komentar