11 Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta Dalam 1 Bulan Untuk Pelajar

Pelajar atau mahasiswa harus rajin menabung agar dapat mengumpulkan uang. Berikut ini cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar

Bagi kalian yang berusia 17 tahun dan dibawah 25 tahun baik sebagai pelajar ataupun mahasiswa, pasti sudah tahu betapa berharganya uang saat ini. Terlebih di masa saat ini sangat sulit untuk mendapatkan uang, jadi harus esktra hati-hati dan bijak dalam membelanjakan uang.

Pada usia itu juga banyak hal yang harus dengan kritis dipikirkan sebelum bertindak, tetapi tidak menutup kemungkinan juga ada yang sembrono. Kebanyakan pelajar masih bergantung dengan uang dari orang tua tetapi ada juga yang sudah memiliki penghasilan sendiri.

Tetapi di usia tersebut banyak kebutuhan serta keinginan yang kian bertambah. Tetapi keuangan sangat tidak mungkin bertambah juga. Semakin bertambah usia uang dari orang tua juga akan sedikit berkurang kecuali kebutuhan untuk sekolah atau kuliah.

Maka dari itu jika kalian memiliki keinginan mengumpulkan uang sendiri itu hal yang wajar, karena ya memang ada kebutuhan yang harus dipenuhi sendiri di luar tanggung jawab orang tua.

Mengumpulkan uang sesuai target dalam 1 bulan juga bukan hal gampang terlebih belum ada penghasilan sendiri. Maka dari itu perlu perencanaan yang matang agar target tercapai dengan waktu yang tepat.

Tanamkan niat yang baik, konsistensi, sabar, semangat dan tidak mudah putus asa jika ingin target kalian tercapai.

Apabila kalian sebagai pelajar mempunyai target uang 3 juta dalam satu bulan, maka kalian dapat menerapkan cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar berikut ini.

Tips dan Cara Mengumpulkan Uang 3 Juta dalam 1 Bulan untuk Pelajar

Dalam mengumpulkan uang bagi pelajar, pasti ada target yang harus dicapai. Mengumpulkan uang dan menabung menurut kami adalah hal yang sedikit berbeda karena meskipun sama-sama dilakukan karena ada sesuatu yang ingin dimiliki tetapi untuk konsistensinya itu berbeda.

Menabung konsistensinya akan lebih terjaga karena akan terus berlanjut di waktu-waktu selanjutnya, sedangkan mengumpulkan uang jika target sudah tercapai maka akan berhenti dan tidak dilanjutkan.

Mengumpulkan uang 3 juta perbulan untuk pelajar, apa mungkin bisa tercapai? Jawabannya adalah bisa asalkan ada niat, kesungguhan dan menerapkan tips dan cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar berikut ini.

  1. Sisihkan Tabungan Di Awal Bulan

Bagi kalian yang sudah mendapatkan jatah bulanan dari orang tua atau beasiswa (bagi yang mendapatkan) maka lebih baik sisihkan 10% dari total uang yang kalian terima untuk disimpan.

Memang tidak banyak nominal tersebut, tetapi ini akan menjadi awal untuk mengejar target 3 juta dalam 1 bulan.

Baca Juga: Cara Menabung 1 Juta Per Bulan untuk Anak Sekolah

  1. Menabung Setiap Hari dengan Nominal yang Disanggupi

Menabung memang tidak harus langsung banyak, tetapi bertahap sedikit demi sedikit. Tetapi jika kalian memiliki uang lebih menabung sekaligus banyak akan lebih baik.

Dalam menyimpan uang kalian harus menentukan sendiri berapa nominal uang yang kalian sanggupi. Karena dalam mengumpulkan uang, jangan sampai ada unsur keterpaksaan sehingga bisa tidak tercapai target kalian.

Berapapun nominalnya entah 10.0000, 20.000, 50.000 bahkan seratus ribu sekali menabung itu harus kalian sendiri yang menentukan. Karena kesanggupan setiap orang berbeda-beda.

Cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar ini bisa kalian capai apabila konsisten dalam menabung setiap harinya.

  1. Buatlah Tujuan Keuangan dan Target Waktunya

Biasanya diperlukan tujuan untuk mencapai target, termasuk dalam mengumpulkan uang. Misalkan kalian ingin membeli hp dalam satu bulan (asumsi hp harga 3 juta) maka kalian membutuhkan uang 3 juta.

Dengan target waktu 1 bulan. Lagu bagaimana perhitungannya? Berikut perhitungan simplenya.

3.000.000/30 hari = 100.000/hari

Maka kalian harus menabung senilai 100.000 perharinya. Jika satu hari terlalu berat bisa dibuat per minggu atau seminggu 3 kali jadi ada tenggang waktunya.

 

  1. Pentingkan Kebutuhan daripada Keinginan

Jika akan membeli sesuatu, utamakan yang memang benar-benar kalian butuhkan jangan karena ingin.

Kebutuhan pokok harus terpenuhi supaya tidak menganggu aktivitas sehari-hari kalian.

Buatkan daftar khusus untuk kebutuhan pokok kalian yang wajib dipenuhi. Sehingga jika kebutuhan pokok terpenuhi maka target kalian dalam mengumpulkan uang tidak akan terganggu.

  1. Membatasi Uang di Dompet

Membatasi uang di dompet juga membantu kalian untuk berhemat dan bijak dalam membelanjakan uang yang kalian miliki.

Ketika akan pergi ke suatu tempat, rencanakan berapa pengeluaran yang akan kalian lakukan, dan bawa uang pas di dompet supaya kalian tidak terpikirkan untuk membeli sesuatu yang tidak penting.

 

  1. Berhematlah, Jangan Boros

Berhemat adalah kunci dalam cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar. Jika kalian tidak berhemat kalian akan kesulitan mencapai nominal yang kalian targetkan. Berhematlah untuk tidak membeli sesuatu yang tidak kalian butuhkan.

Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan Pribadi Pelajar atau Mahasiswa

  1. Hindari Pinjaman Online

Pada usia ini sangat rawan untuk dipengaruhi, jadi kalian harus berhati-hati jika ditawarkan pinjaman online. Terlebih kalian meminjam hanya untuk memenuhi gaya hidup yang seharusnya tidak kalian lakukan. Terlebih juga belum memiliki pengahsilan tetap, pinjaman online terlalu beresiko.

Maka dari itu lebih baik hindari pinjaman online. Karena efeknya bisa mengganggu kalian untuk memenuhi target mengumpulkan uang, harusnya uang bisa kalian kumpulkan kalian gunakan untuk membayar tagihan pinjaman online.

  1. Kurangi Berpergian yang Tidak Perlu

Pada usia ini adalah usia yang senang-senangnya berpergian dengan teman-teman sebaya. Berpergian sebenarnya boleh-boleh saja asalkan berpergian tersebut harus dilakukan dengan kadar yang cukup.

Sesekali hangout bersama teman juga tidak apa-apa karena sebagai mahkluk sosial tentu perlu untuk berinteraksi dengan orang lain.

Tetapi jika kalian memang tidak ingin dan sedang berhemat, lebih baik kalian tidak berpergian atau kalau tidak kalian mengundang teman-teman kalian untuk datang ke rumah kalian.

 

  1. Membawa Bekal dan Tidak Membeli Makanan di Luar

Membawa bekal dari rumah baik untuk kesehatan kalian juga baik untuk kesehatan saku kalian. Dengan membawa bekal sendiri makanan lebih terjamin kebersihannya.

Terlebih makan diluar, kalian akan menghabiskan uang yang lebih banyak daripada membawa bekal dari rumah.

  1. Memanfaatkan Transportasi Umum

Jika kalian tidak memiliki kendaraan sendiri, kalian bisa beralih ke kendaraan umum. Kendaraan umum saat ini juga terbilang sudah bersih, bagus dan tentunya biaya transportasi terjangkau.

Untuk jarak jauh atau dekat biayanya di mulai dari 4000 rupiah saja satu kali perjalanan. Tentu harga yang sangat terjangkau sekali dan tentunya hemat juga.

 

  1. Menambah Pendapatan dengan Skill yang Dimiliki

Dengan mencari penghasilan tambahan, cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar akan mudah tercapai.

Banyak pekerjaan yang bisa kalian coba untuk menambah penghasilan sehingga target kalian bisa segera tercapai.

Jenis pekerjaan bisa kalian lakukan untuk menambah penghasilan seperti jasa les privat, jualan online, fotografi, pelayan cafe, video editor, copywriter, penulis, dan masih banyak lainnya.

Semua pekerjaan di atas lebih bersifat part time atau pekerjaan yang tidak terikat waktu serta juga beberapa memakai sistem shift.

Selain itu kalian juga bisa menambah pengalaman kerja juga mengembangkan skill yang kalian miliki.

Jika kalian merasa tidak sanggup karena memang keterbatasan keuangan yang kalian miliki maka jangan memaksakan diri. Kalian bisa melakukannya jika kalian sanggup menjalani tips di atas dan target menabung dengan nominal diatas perharinya.

Bagi beberapa orang memang ada yang menyanggupi tetapi memang faktor keuangan mereka yang bagus juga dibantu sudah memiliki penghasilan tambahan dari pekerjaan yang mereka lakukan.

Sekian pembahasan cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk pelajar kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan membantu kalian.

Terima kasih sudah membaca cara mengumpulkan uang 3 juta dalam 1 bulan untuk remaja. Jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian jika bermanfaat. Jika ada yang kurang kalian pahami, tinggalkan komentar di kolom yang telah kami sediakan.

Leave a Comment

error: This content is protected by DMCA