Cara Mengunci Jaringan 4G di HP Oppo Semua Tipe

Jaringan yang tidak stabil atau lemot merupakan hal yang tidak menyenangkan bagi masyarakat. Untuk itu kebanyakan orang mengaktifkan jaringan 4G pada ponsel mereka masing-masing agar internetan lebih cepat dan lancar. Mungkin dari kalian ada yang masih belum tahu jika jaringan 4G bisa dikunci. Maka dari itu artikel kami pada hari ini akan membahas tentang cara mengunci jaringan 4G Oppo.

Saat ini semua jenis smartphone sudah dilengkapi dengan fitur jaringan 4G. Susahnya sinyal mungkin bisa disebabkan karena adanya faktor lingkungan dan yang lain sebagainya. Namun jangan khawatir, di sini kami akan memberikan solusi atas pertanyaan-pertanyaan kalian semua. Dengan mengetahui cara lock 4G Oppo maka kalian dapat mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo

Seperti yang kita ketahui, jaringan 4G bisa dikunci agar kalian bisa internetan dengan sangat lancar. Caranya-pun juga mudah untuk dilakukan. Di bawah ini adalah langkah-langkahnya.

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo Lewat Pengaturan

Pertama-tama sebelum mengunci jaringan 4G pada Oppo, pastikan kalian sudah mengaktifkan jaringan 4G pada smartphone kalian masing-masing. Bagaimana cara mengunci jaringan 4G Oppo?. Ikutulah langkah-langkah kami di bawah ini:

  1. Buka menu pengaturan pada smartphone kalian
  2. Pilih menu “SIM ganda & jaringan seluler”
  3. Setelah itu pilih SIM yang akan kalian rubah menjadi jaringan 4G
  4. Kemudian cari menu “jenis jaringan yang dianjurkan” lalu pilihlah “4G/3G/2G (Otomatis)”

Cara Mengunci Sinyal 4G Oppo

Melakukan setting jaringan seperti di atas tidak berarti mengunci jaringan 4G, melainkan hanya melakukan preferensi ke jaringan 4G. Karena di pengaturan tidak terdapat pilihan 4G LTE Only, maka cara mengunci sinyal 4G di atas tidak dapat mempertahankan sinyal kalian jika tidak diikuti cara lock 4G Oppo yang lainnya dibawah ini.

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo Lewat Kode Dial Up

Jika cara di atas untuk mengubah jaringan menjadi 4G, kini saatnya kalian untuk mengunci jaringan tersebut. Langkahnya-pun sangat mudah, kali ini kalian hanya menuliskan kode dial up pada smartphone kalian. Agar lebih jelas, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka menu telepon pada smartphone kalian
  2. Ketik kode *#*#4636#*#* dan secara otomatis kalian masuk pada menu halaman informasi tentang jaringan ponsel
  3. Pilihlah kartu yang ingin kalian lock jaringan 4G
  4. Selanjutnya pilih menu “informasi telepon”

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo

  1. Kemudian pilih menu “setel jaringan yang disukai” dan dilanjutkan dengan memilih “LTE Only”

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo Terbaru

  1. Jika sudah menyelesaikan langkah di atas, maka secara otomatis smartphone kalian sudah mengunci pada sinyal 4G
  2. Selesai

Itulah cara mudah untuk kunci jaringan 4G LTE Only, setelah itu kalian sudah bisa internetan sepuasnya tanpa merasa kesal pada jaringan yang lemot.

Cara Mengatasi *#*#4636#*#* Tidak Bisa di HP Oppo

Sebagian dari kalian mungkin ada yang melakukan dial *#*#4636#*#* dan tidak terjadi apa – apa. Mungkin kalian akan panik dan berpikir bahwa HP Oppo kalian tidak dapat lock 4G. Setelah kami melakukan riset, ternyata terdapat beberapa tipe Oppo yang tidak dapat melakukan cara mengunci jaringan 4G Oppo menggunakan*#*#4636#*#*.

Akan tetapi kami masih mempunyai cara lain agar kalian dapat mengunci sinyal 4G. Yaitu dengan melakukan dial *#673644#, coba dial tersebut dan pilih enable 4G. Jika dial tersebut masih tidak bisa, kalian dapat memperhatikan cara mengunci sinyal 4G menggunakan aplikasi di bawah ini.

Baca Juga : Cara Cek Garansi Oppo

Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo Menggunakan Aplikasi 4G Switcher

Jika cara mengunci sinyal 4G Oppo menggunakan kode dial up tidak berhasil, kalian bisa menggunakan cara lain yaitu dengan aplikasi 4G Switcher yang bisa di unduh secara gratis. Caranya juga mudah untuk dilakukan, beikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan koneksi internet kalian sudah tersambung
  2. Unduh aplikasi 4G Switcher dari Play Store
  3. Jika sudah selesai mengunduh, buka aplikasi tersebut
  4. Setelah membuka kalian langsung masuk pada menu utama. Menu tersebut sama seperti ketika pada saat menggunakan kode dial up yang sudah kami jelaskan di atas
  5. Kemudian pilih menu “setel jaringan yang disukai” dan dilanjutkan dengan memilih “LTE Only”
  6. Jika sudah menyelesaikan langkah di atas, maka secara otomatis smartphone kalian sudah mengunci pada sinyal 4G
  7. Selesai

Cara ini sangat membantu bagi kalian yang tidak bisa mengakses kode dial up di atas. Meskipun harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu, namun cara mengunci jaringan 4G Oppo ini juga mudah untuk dilakukan. Karena hanya membuka aplikasi tersebut, tidak perlu ribet kalian sudah langsung masuk pada halaman utama kemudian bisa melakukan mengunci jaringan 4G.

Kelebihan Dan Kekurangan Mengunci Jaringan 4G

Kalian pasti sudah mengetahui apa kelebihan ketika jaringan diubah menjadi 4G, tentunya jaringan internet menjadi lebih cepat. Kecepatan tersebut mungkin bisa kalian gunakan untuk melakukan berbagai kegiatan seperti streaming, game online, live streaming di media sosial, video call dan menonton film di Netflik atau aplikasi lainnya. Dengan jaringan 4G kalian bisa melakukan kegiatan tersebut dengan lancar tanpa khawatir jaringan internet tidak stabil.

Ternyata mengunci jaringan 4G juga memiliki beberapa kekurangan. Kekurangan tersebut antara lain, tidak bisa memanggil dan menerima telepon dari orang lain. Selain itu kalian tidak dapat melakukan kode dial up, jadi jika ingin melakukan dial up harus menonaktifkan 4G LTE Only terlebih dahulu.

Seperti itulah kekurangan mengunci jaringan 4G. Jika kalian ingin lock 4G di hp, maka kalian juga harus siap menerima kekurangan tersebut.

Cara mengunci jaringan 4G Oppo ini dapat dilakukan pada berbagai tipe hp Oppo seperti a5 2020, a5s, a37, a12, a1k, a3s dan masih banyak lagi. Setelah kalian memahami tutorial ini, kalian juga harus mengetahui tentang tips yang lain seperti cara screenshot Oppo.

Demikian artikel tentang cara mengunci jarigan 4G pada hp Oppo. Sangat sederhana bukan? Setelah melakukan semua cara di atas, kalian sudah bisa internetan dengan nyaman dan tenang. Bagi kalian yang masih bingung atau kurang jelas, bisa ditanyakan pada kolom komentar yang sudah kami sediakan. Atau kalian juga bisa share artikel ini jika menurut kalian membantu dan bermanfaat.

Tinggalkan komentar