Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo 100% Terbukti

Jaringan 4G menjadi banyak pilihan masyarakat dibanding jaringan HSPA+ karena kecepatannya yang tinggi. Akan tetapi pada HP Vivo seringkali pada beberapa waktu jaringan yang semula 4G menjadi HSPA+ atau bahkan 3G. Untuk itu kalian perlu mengetahui cara mengunci jaringan 4G Vivo.

Di saat era digital seperti ini, internet menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Dimana internet menjadi gaya hidup bagi berbagai kalangan. Berbagai macam aplikasi sudah banyak dibuat untuk memenuhi kebutuhan pengguna.

Zaman sekarang pengguna internet menginginkan semua serba cepat. Tidak bisa dipungkiri pula, bahwa internet dengan sinyal 4G lebih memuaskan dari pada sinyal 2G, 3G atau HSPA+. Hal ini karena 4G LTE bisa menyentuh kecepatan hingga 1 Gbps sedang 3G hanya bisa mencapai 672Mbps.

Namun, bagaimana untuk pengguna yang berkepentingan berada di daerah yang susah sinyal? Yang secara tiba-tiba sinyal 4G menjadi 3G atau bahkan 2G. Bukan hanya alasan itu saja sinyal/jaringan internet bisa berubah tiba-tiba. Tidak jarang karena terkendala cuaca, atau perusahaan penyedia layanan internet yang mengganti koneksi sinyal.

Nah bagi pengguna smartphone Vivo, hal-hal tersebut bisa diatasi. Yaitu dengan cara mengunci jaringan 4G LTE only. Banyak keunggulan jika kalian mengunci (lock) sinyal 4G Vivo ini, seperti main game lancar, melihat youtube tanpa bufferinh, dan masih banyak lagi.

Cara mengunci atau lock 4G LTE ini dapat kalian lakukan pada semua tipe HP Vivo seperti Vivo Y91, Y93, Y95, Vivo Y12, Vivo 71, Vivo 81, dan lainnya.

Syarat Mengunci Jaringan 4G di Hp Vivo

Ada beberapa cara mengunci sinyal 4G di smartphone vivo. Namun sebelumnya, untuk lock sinyal 4G LTE only di hp vivo. Perangkat yang terpasang di smartphone Vivo kalian harus memenuhi beberapa syarat.

Berikut beberapa syarat yang wajib kalian perhatikan untuk mengaktifkan jaringan 4G di HP Vivo :

  1. Perangkat wajib memiliki hardware yang sudah support dengan sinyal 4G. Namun, khusus semua tipe hp Vivo sudah mendukung hal itu.
  2. SIM Card yang digunakan sudah support 4G. Jika belum, silahkan pergi ke gerai operator kartu SIM yang kalian gunakan
  3. Settingan ini dilakukan pada daerah jaringan 4G yang stabil
  4. Kartu SIM mempunyai kuota internet
  5. Kartu SIM sudah diregistrasi sesuai dengan peraturan yang ada

Cara Mengunci Jaringan 4G HP Vivo

Ada beberapa cara mengunci jaringan 4G di Hp Vivo agar sinyal stabil. Yang pertama adalah cara umum yang paling sederhana hanya dengan masuk ke menu pengaturan. Cara kunci jaringan 4G vivo kedua menggunakan kode rahasia. Dan yang terakhir menggunakan aplikasi seperti Force LTE Only atau 4G LTE Switch. Aplikasi tersebut bisa didownload secara gratis di Play store.

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo Lewat Pengaturan

Cara lock jaringan 4G Vivo merupakan hal yang sangat mudah jika kalian mengetahui. Bagi kalian yang belum mengetahui berikut akan kami berikan cara mudah mengunci jaringan 4G Vivo :

  • Buka settings atau pengaturan pada ponsel Vivo kalian
  • Selanjutnya klik Dual card and mobile network atau kartu ganda dan jaringan seluler
  • Pilih Network Mode dan pilih 4G (preferred)/3G/2G

Cara Lock Jaringan 4G Vivo

Jika cara tersebut tidak mampu mengunci jaringan 4G atau sinyal kalian masih sering berganti ke 3G atau 2G. Maka kalian perlu melakukan cara berikutnya ini

Cara Mengunci Jaringan 4G lewat Kode Rahasia

Pada beberapa smartphone 4G, pengguna hanya perlu mengakses menggunakan kode rahasia *#*#4636#*#*. Sedangkan pada beberapa smartphone keluaran vivo terbaru, seperti Vivo Y91, Vivo V9, Vivo V11, atau Vivo V15 hal tersebut cukup berbeda.

Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi telepun pada ponsel Vivo kalian
  2. Setelah ketik *#*#4838#*#*
  3. Secara otomatis akan muncul halaman Testing
  4. Selanjutkan klik tombol Phone information atau Informasi telepon
  5. Setelah masuk pada phone info, geser kebawah sampai kalian menemukan Set preferred network type atau Setel jenis jaringan yang disukai

Cara Mengunci Jaringan 4G Vivo

  1. Terdapat banyak opsi di bawahnya dan pilih LTE only
  2. Selesai dan kalian dapat keluar dari pengaturan tersebut

Note :

Kami merekomendasikan untuk memilih settingan LTE/GSM/CDMA auto (PRL). Karena jika kalian hanya memilih LTE only, kemungkinan kalian tidak dapat melakukan panggilan telepon.

Setelah kalian cara kunci jaringan 4G menggunakan kode dial tersebut maka otomatis jaringan akan terkunci ke 4G dan untuk mengembalikannya ke 3G atau HSPA maka kalian tingal mengganti jaringan pada menu Set preferred network type atau setel jenis jaringan.

Cara Mengunci Jaringan 4G lewat Aplikasi

Cara mengunci sinyal 4G LTE ini dapat kalian gunakan jika dua cara yang sudah kami paparkan di atas tidak bekerja. Pada penjelasan kali ini kami memakai aplikasi 4G LTE Switcher. Dengan rate 4,3 dan 19k reviews dimana rata-rata pengguna menyatakan bahwa aplikasi ini cukup worth it digunakan.

Cara Kunci Jaringan 4G Vivo

  • Download dan Instal aplikasi 4G LTE Switcher pada smarthphone kalian
  • Buka aplikasi dan otomatis kalian akan dibwa pada halaman Informasi Telepon, pengaturannya pun sama seperti cara mengunci jaringan 4G vivo lewat kode rahasia.

Hanya saja, mengunci dengan aplikasi tambahan membuat kita menunggu untuk download dan installnya. Dan ada beberapa aplikasi yang membutuhkan untuk diroot terlebih dahulu. Jadi kami sangat merekomendasikan untuk mengunci jaringan langsung menggunakan kode rahasia.

Baca Juga : Cara Cek Garansi Vivo

Kelebihan dan Kekurangan Mengunci jaringan 4G LTE Only

kelebihan yang kalian dapatkan ketika mengunci 4G LTE adalah dapat mengatasi masalah jaringan 4G yang tidak stabil dan jaringan lemot. Jaringan yang lancar tersebut merupakan idaman bagi pengguan internet, karena dengan hal itu kalian dapat dengan leluasa mengakses seluruh aplikasi atau browser tanpa hambatan.

Namun, dengan segala kelebihan dari mengunci jaringan 4G LTE Only tetap mempunyai kekurangan. Yaitu tidak bisa menerima dan melakukan panggilan telepon. Bahkan bisa saja di beberapa hp vivo lain tidak bisa mengirim SMS.

Jika smartphone vivo kalian mengalami hal tersebut, solusinya seperti pada “note:” di atas. Atau dengan kembali ke pengaturan default.

Kekurangan lainnya adalah hp kalian akan boros baterai, karena smartphone Vivo mencoba mempertahankan jaringan 4G. Hal tersebut akan menguras baterai lebih banyak dibanding kalian menggunakan jaringan 3G atau HSPA.

Nah, cukup mudah bukan cara mengunci jaringan 4G Vivo. Semoga dengan artikel yang kami buat kali ini dapat membantu kalian mengatasi jaringan yang koneksinya naik turun. Beri kami komentar di kolom yang telah disediakan, kalian juga bisa cari tutorial atau tips dan trik lainnya dari website kami.

Tinggalkan komentar