Cara Menonaktifkan Antivirus Avast (Permanen Atau Sementara)

Avast merupakan salah satu antivirus yang cukup baik. Akan tetapi pada beberapa waktu, Avast ini sangat menjengkelkan penggunanya. Pada waktu tersebut kalian perlu mengetahui cara menonaktifkan antivirus Avast.

Antivirus dalam PC laptop merupakan sesuatu yang wajib untuk di instal dalam suatu perangkat. Namun, sebagian pengguna PC atau laptop lebih memilih untuk mematikan antivirus karena berbagai alasan. Mematikan antivirus diperlukan untuk beberapa tindakan di PC atau laptop. Misalnya saja ketika ingin mendownload dan menginstal aplikasi yang scriptnya mungkin dicurigai oleh antivirus.

Salah satu antivirus yang cukup sensitif adalah Avast. Oleh karena itu, cara menonaktifkan Avast perlu dilakukan demi proses yang diharapkan akan lancar.

Beberapa orang memilih menggunakan Avast karena karena antivirus ini tergolong cukup ringan, sehingga tidak membebani performa sistem secara keseluruhan. Tetapi yang namanya antivirus, kadang fitur proteksinya malah bisa mempengaruhi fungsi dari file atau aplikasi tertentu, menjadi tidak berjalan dengan normal.  Maka dari itu, untuk cara menonaktifkan antivirus Avast bisa kalian lihat pada tutorial kami di bawah ini.

Avast ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat, karena banyak sekali orang yang menggunakan aplikasi ini sebagai satpam atau sebagai pelindung di PC atau laptop. Avast merupakan program yang sangat ringan dibandingkan dengan antivirus yang lainnya. Memungkinkan performa tetap cepat meskipun antivirus diaktifkan pada PC atau laptop dengan spesifikasi rendah sekalipun.

Meskipun begitu, kalian pasti memiliki beberapa alasan mengapa ingin menatikan antivirus yang satu ini. perlu kalian ketahui, bahwa cara menonaktifkan Avast sangat mudah untuk dilakukan. Lantas bagaimana cara mematikan Avast antivirus? Yuk, simak tutorial dari kami di bawah ini.

Cara Mematikan Antivirus Avast

Berbica tentang cara menonaktifkan Avast, Avast memang dipercayai banyak orang yang digunakan untuk dijadikan sebagai pengaman bagi PC atau laptop. Aplikasi antivirus ini sudah ada sejak tahun 1988 dan merupakan program antivirus pertama yang dirilis untuk Windows 64 bit.

Dengan pengalaman bertahun-tahun dalam mengamankan komputer, tentu sudah tidak diragukan lagi kemampuan antivirus ini. Meski antivirus ini memiliki reputasi yang cukup baik dalam melindungi sistem operasi dari sebuah PC atau  laptop, namun beberapa orang lebih memilih mematikannya dengan beberapa alasan seperti:

  1. Antivirus Avast membuat sistem menjadi berat.
  2. Avast menghapus file penting yang dianggap terjangkit virus.
  3. Terlalu banyak iklan.

Tidak hanya itu saja, pastinya kalian juga memiliki alasan lain mengapa lebih memilih untuk mematikan antivirus Avast. Untuk beberapa alasan lain mungkin kalian  merasa perlu mematikan Avast untuk sementara waktu, atau bahkan mematikan Avast untuk selamanya. Dalam artikel ini kalian akan mengetahui cara menonaktifkan antivirus Avast permanen atau sementara. Cara mematikan Avast antivirus ini bisa digunakan untuk seluruh produk antivirus Avast.

Cara Menonaktifkan Avast Melalui Try Icon

Cara mematikan Avast antivirus menggunakan try icon ini merupakan cara yang paling simpel loh. Tetapi sayangnya belum banyak yang mengetahui cara ini. Nah dari pada kalian kebingungan perhatikan langkah-langkah berikut ini.

  1. Sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa Avast sudah berjalan seperti biasa
  2. Arahkan cursor ke taskbar di bagian pojok kanan bawah, lalu klik kanan pada icon Avast

Mematikan Avast

  1. Kemudian akan ada beberapa pilihan yang muncul. Pilihlah Avast Shield Control (Kontrol Proteksi Avast), kemudian pilih waktu yang kalian inginkan

Cara Menonaktifkan Antivirus Avast

Dibawah ini merupakan keterangan waktu-waktu untuk menonaktifkan Avast :

  1. Disable 10 Minutes.Untuk menonaktifkan Avast selama 10 menit.
  2. Disable 1 Hour. Untuk menonaktifkan Avast selama 1 jam.
  3. Disable Until Computer is Restarted. Untuk menonaktifkan Avast selama komputer berjalan, dan baru menyala kembali setelah komputer di-restart.
  4. Disable Permanently. Untuk menonaktifkan Avast secara permanen, sampai kalian menyalakannya lagi secara manual.

Hanya dengan menggunakan tiga langkah saja tentang cara menonaktifkan Avast, maka antivirus di laptop kalian akan mati dan tidak akan melakukan scaning. Tetapi setelah waktu habis atau pengaturan diubah, maka kinerja antivirus akan kembali seperti semula.

Cara Menonaktifkan Avast Dari Software

Metode ini cocok digunakan untuk mengantisipasi kerja antivirus pada hal yang dirasa tidak diperlukan. Misalnya untuk mematikan scan virus pada memori eksternal, scan setiap saat, scan saat booting dan lain sebagainya. Setelah dimatikan, maka harapannya avast hanya akan melakukan scan pada sistem tertentu saja. Jika kalian ingin mengikuti tutorial cara menonaktifkan Avast langsung dari softwarenya, bisa menyimak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama buka aplikasi Avast yang sudah terinstal, bisa melalui desktop, dari toolbar, dari start maupun dari search
  2. Selanjutnya klik menu Protection (Perlindungan) kemudian dilanjutkan dengan memilih menu Virus Scans (Pemindai Virus)

Tutorial Menonaktifkan Avast

  1. Klik ikon Roda Gigi yang ada di bagian kanan atas

Pengaturan Avast

  1. Lalu pilih Proteksi Inti, kemudian Hilangkan Centang pada proteksi inti tersebut. Terdapat beberapa pilihan waktu menonaktifkannya, kalian cukup memilih sesuai dengan keinginan kalian

Cara Menonaktifkan Avast

Itu tadi cara menonaktifkan Avast antivirus menggunakan aplikasi secara permanen yang akan terus berlaku sampai kalian mengubahnya. Mudah dan efektif jika kamu sering menginstal aplikasi yang dirasa tidak aman. Namun, seolah antivirus ini menjadi tidak berfungsi karena sebenarnya itu bagian dari fungsi utama antivirus, yaitu mencegah aplikasi berbahaya.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Smadav

Cara Uninstall Antivirus Avast

Selain cara menonaktifkan Avast, kami juga memberikan cara uninstall antivirus Avast. Karena, menurut kami apabila aplikasi ini sudah tidak diperlukan lagi, daripada menonaktifkannya, mungkin lebih baik jika diuninstall saja. Dengan begitu, maka memori akan lebih longgar dan ram tidak akan terlalu berat bekerja.

Uninstall sendiri sebenarnya bukan hanya untuk mematikan kinerja aplikasi, tetapi juga sekaligus menghilangkan aplikasi tersebut. Jika kalian memiliki cadangan aplikasi antivirus yang lain, tentu saja laptopmu akan ada perlindungan lain. Namun jika tidak ada, melakukan uninstal ini dapat menyebabkan laptop terancam oleh virus yang bisa didapatkan dari bebagai sumber. Berikut ini adalah tutorial cara uninstall antivirus Avast:

  1. Untuk langkah pertama, buka Control Panel
  2. Setelah itu pilih Programs kemudian klik Uninstal A Program
  3. Cari aplikasi Avast kemudian langsung saja klik Uninstall
  4. Lalu lakukan konfirmasi untuk memulai uninstall

Sangat mudah kan untuk cara uninstall antivirus Avast? Cara ini tentu saja sama dengan aplikasi yang lain ada umumnya. Namun yang perlu dipertimbangkan adalah apakah kalian benar-benar akan mematikannya dengan melakukan uninstall atau sebaiknya menggunakan metode yang lain.

Demikianlah tutorial tentang cara menonaktifkan Avast. Semoga bisa membantu bagi kalian yang sedang mencari cara mematikan Avast antivirus secara permanen maupun sementara. Dan apabila aplikasi tersebut dirasa sudah tidak diperlukan lagi, mungkin lebih baik jika di uninstall saja, untuk tutorialnya juga sudah kami sampaikan di atas tadi.

Kalian bisa memilih metode apa saja terkait cara menonaktifkan Avast di atas, pilih mana saja yang menurutmu lebih mudah untuk dilakukan. Jangan lupa untuk share artikel ini agar yang lain bisa melakukannya juga. Apabila kalian ingin memberikan pertanyaan terkait, maka silahkan tulis pada kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Tinggalkan komentar