Cara Menonaktifkan Antivirus Smadav Terbaru 2021

Saat ingin menginstall software atau yang lainnya, terkadang kita diharuskan untuk menonaktifkan atau disable antivirus terlebih dahulu. Bagi kalian yang menggunakan Smadav, kalian perlu mengetahui cara menonaktifkan Smadav.

Bagi pengguna personal computer, netbook, atau laptop pastinya sudah tidak asing lagi dengan antivirus Smadav. Smadav sendiri merupakan sebuah aplikasi yang diciptakan oleh anak Indonesia yang cukup populer di kalangan masyarakat dalam negeri bahkan sampai luar negeri.

Aplikasi anti virus yang diciptakan oleh Zainuddin Nafarin pada tahun 2006 ini berfungsi untuk mengamankan, melindungi, dan menghapus virus –  virus berbahaya yang dapat menyebabkan kerusakan sistem. Antivirus dapat mendeteksi sebuah sistem komputer untuk melihat apakah terdapat virus.

Pada umumnya software antivirus berjalan di background. Walaupun antivirus ini bisa digabung dengan antivirus lainnya dengan tambahan aplikasi. Akan tetapi Smadav sering melakukan salah tanggap mengenai virus yang dideteksi terhadap file yang mencurigakan dan ini sangat menggangu. Nah, maka dari itu dibawah ini ada solusi untuk cara menonaktifkan Smadav untuk Windows XP, 7, 8, dan 10.

Cara Mematikan Smadav

Hampir semua orang pasti sudah megetahui apa kegunaan serta manfaat meggunakan Smadav untuk laptop atau komputer. Namun tidak banyak juga orang yang masih belum mengetahui cara mematikan Smadav, padahal caranya sangat mudah untuk dilakukan. Meskipun Smadav berguna untuk menghapus virus – virus di komputer atau laptop, namun sebagian orang mencari tahu tentang cara menonaktifkan Smadav karena suatu alasan tertentu.

Menonaktifkan antivirus Smadav biasanya dilakukan karena beberapa hal. Kalian mungkin tidak ingin menggunakan Smadav lagi karena sudah menggunakan antivirus lain atau pada beberapa kasus Smadav ini kerap membuat flashdisk menjadi tidak bisa dibuka karena adanya fitur anti virus khusus flashdisk. Lalu bagaimana cara mematikan antivirus Smadav? Berikut ini langkah – langkah cara disable antivirus Smadav baik secara permanen maupun secara sementara yang sangat mudah untuk diikuti.

Cara Menonaktifkan Smadav Sementara

Antivirus Smadav bisa dimatikan dalam jangka waktu tertentu atau sementara. Hal ini sangat berguna bagi kalian yang ingin memasang suatu software namun tidak bisa karena diblokir oleh Smadav, namun di sisi lain kalian pun masih membutuhkan jasa Smadav untuk melindungi komputer atau laptop. Lalu, bagaimana cara menonaktifkan Smadav untuk sementara? Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Hidupkan komputer atau laptop kalian
  2. Arahkan mouse pointer ke pojok kanan bawah layar komputer atau laptop kalian
  3. Setelah itu pilih icon arah ke atas
  4. Setelah itu pilih Smadav dengan cara Klik Kanan

Menonaktifkan Smadav

  1. Maka kemudian akan muncul beberapa pilihan, pilih Disable Protection

Cara Disable Smadav

  1. Jika telah demikian, cara menonaktifkan Smadav untuk sementara telah berhasil dilakukan
  2. Jika ingin mengaktifkan kembali antivirus Smadav, lakukan cara yang sama dengan menghilangkan centang pada disable protection

Itulah cara mematikan Smadav secara sementara. Sangat mudah bukan? Perlu kalian ketahui, saat antivirus Smadav di komputer atau laptop kalian dimatikan sementara, berarti komputer atau laptop kalian memiliki sedikit perlindungan. Usahakan dalam kondisi itu, komputer atau laptop kalian tidak terhubung ke jaringan internet atau terhubung dengan perangkat lainnya. Dengan begitu, komputer atau laptop kalian akan tetap aman dari serangan virus atau malware.

Baca Juga : Cara Menonaktifkan Avast

Cara Menonaktifkan Smadav Melalui Taskbar

Selain cara mematikan antivirus Smadav yang sudah kami rangkum di atas, kami masih ada lagi tutorial yang lainnya. Kali ini antivirus Smadav dinonaktifkan melalui taskbar. Untuk lebih lengkapnya perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama, geser kursor ke taskbar
  2. Kemudian klik kanan pada logo Smadav yang ada di pojok kanan bawah
  3. Pilih  Disable Protection (Until Restart)
  4. Dengan memilih opsi Disable Protection Until Restart berarti antivirus Smadav akan nonaktif sampai komputer atau laptop dimatikan, namun ketika dinyalakan, Smadav akan aktif kembali sepenuhnya
  5. Jika warna logo Smadav telah berubah menjadi kuning terang pada taskbar, maka artinya antivirus Smadav telah berhasil dinonaktifkan.

Cara Menonaktifkan Smadav

Cara mematikan antivirus Smadav windows XP, 7, 8, dan 10 melalui menu taskbar telah kami ringkas seperti di atas. Cara ini bisa digunakan untuk menonaktifkan Smadav secara sementara maupun secara permanen hingga kalian sendiri yang mengaktifkannya kembali.

Cara Menonaktifkan Smadav Menggunakan Task Manager

Dua cara mematikan Smadav di atas cukup mudah dan praktis untuk dilakukan. Namun jika kalian merasa kesulitan dalam melakukan cara mematikan Smadav tersebut, kami masih memiliki jalan pintas lain yang mungkin bisa mempermudah kalian semua. Berikut ini adalah penjelasan serta langkah-langkah untuk cara menonaktifkan Smadav:

  1. Langkah pertama untuk cara menonaktifkan Smadav yaitu, tekan tombol Ctrl + Alt + Del pada keyboard komputer atau laptop kalian
  2. Tunggulah sampai layar komputer atau laptop kalian menjadi biru
  3. Setelah menjadi biru, pilih menu Task Manager
  4. Setelah berhasil masuk pada halaman Task Manager, pilih kolom Process
  5. Selanjutnya, silahkan kalian klik kanan pada logo Smadav
  6. Lalu pilih opsi End Task
  7. Cara mematikan Smadav di komputer atau laptop kalian telah berhasil dilakukan
  8. Ketika komputer atau laptop kalian dinyalakan, maka antivirus Smadav Free akan kembali aktif sepenuhnya.

Cara Mematikan Smadav

Cara menonaktifkan Smadav ini hanya bisa mematikan antivirus Smadav sementara sehingga sangat cocok bagi kalian yang ingin komputernya tetap terlindungi oleh Smadav. Membiarkan komputer atau laptop tanpa perlindungan dalam jangka waktu yang lama tentu merupakan tindakan yang berbahaya, karena ancaman virus atau malware bisa datang dari mana saja dan kapan saja.

Sekian untuk artikel tentang cara menonaktifkan Smadav pada komputer atau laptop yang mudah. Terima kasih sudah membaca sampai akhir, dan silahkan share juga artikel ini apabila menurut kalian bermanfaat dan membantu. Dan apabila ada yang kurang dipahami kalian dapat bertanya melalui kolom komentar.

Tinggalkan komentar