Cara Menutup Akses Google Form Secara Otomatis dan Manual

Terkadang saat kita membuat Google Form untuk kuesioner, survey atau pengumpulan tugas terdapat pembatasan waktu. Karena itu kalian harus membatasi Google form yang dibuat, maka dari itu kami akan memberikan cara menutup Google Form.

Google Form adalah salah satu fitur yang ada di Google yang dapat kalian gunakan  secara gratis untuk membuat formulir yang dapat digunakan untuk membuat kuesioner, survey, form pendaftaran, pengumpulan tugas, dan masih banyak lagi.

Selain gratis, kelebihan Google Form ini cukup banyak dibandingkan dengan platform pembuat formulir lainnya. Maka dari itu Google Form adalah pilihan yang sangat cocok apabila kalian ingin membuat formulir online.

Akan tetapi terdapat sedikit masalah ketika menggunakan Google Form ini yaitu masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara menutup Google Form.

Memang cara menutup akses Google Form ini sedikit membingungkan bagi yang masih pemula dalam menggunakan Google Form. Karena tempatnya sedikit tersembunyi.

Untuk itulah kami akan memberikan bagaimana cara menutup link Google Form ini agar kalian yang pemula dapat menutup akses Google Form yang kalian buat.

Cara Menutup Google Form

Sebenarnya untuk menutup Google Form terdapat banyak cara yang dapat kalian lakukan. Menutup Google Form dapat kalian lakukan melalui fitur yang ada di Google Form sendiri dan juga melalui Add-ons.

Untuk lebih lengkapnya kalian dapat membaca artikel kami di bawah ini.

Dengan Fitur Bawaan Google Form

Misalnya kalian membuat Google Form untuk pendaftaran dan kuota telah terpenuhi, maka kalian haruslah menutup respon Google Form. Lalu bagaimana caranya? Berikut akan kami jelaskan secara mudah.

  1. Buka Google Form yang telah kalian buat sebelumnya. Kalian dapat membukanya melalui Google Drive atau langsung ke Google Form
  2. Setelah terbuka, pilih pada tab Responses
  3. Lalu geser ke kiri pada tombol Accepting Responses
  4. Setelah itu kalian akan melihat tulisan akan berganti not accepting responses yang berarti sudah tidak menerima tanggapan lagi.
  5. Selain itu kalian dapat memberikan pesan kepada orang yang akan mengisi form yang sudah kalian tutup tersebut pada kolom Message for Respondents.

Cara Menutup Google Form

Setelah kalian menutup akses orang lain ke Google Form tersebut, kalian juga dapat membuka akses lagi dengan cara menggeser tombol not accepting responses hingga bertuliskan accepting responses.

Dengan formLimiter

FormLimiter adalah add-ons yang ada di Google Form yang dapat kalian gunakan secara gratis. Dengan add-ons ini kalian dapat menutup Google Form secara otomatis.

Berikut adalah langkah-langkah cara menutup Google Form otomatis.

  1. Buka Google Form dan login menggunakan akun kalian atau buka form yang sudah pernah kalian buat sebelumnya.
  2. Kemudian pada pojok kanan atas pilih titik tiga

Pengaya Google Form

  1. Pilih Pengaya atau Add-ons

Mencari Addons di Google Form

  1. Setelah itu cari add-ons atau pengaya bernama formLimiter
  2. Setelah ketemu, pilih formLimiter tersebut dan pilih Install

Cara Membatasi Google Form

  1. Setelah formLimiter terinstall maka izinkan formLimiter untuk mengakses Google Drive kalian, pilih Izinkan atau Allow
  2. Setelah itu kalian akan melihat formLimiter pada pojok kanan bawah Google Form kalian.
  3. Pada kolom Limit Type pilih Date and Time jika ingin membatasi Google Form berdasarkan waktu. Atau pilih Number of Form Responses jika ingin membatasi jumlah respon di Google Form.
  4. Apabila kalian memilih Date and Time, maka akan muncul “Stop accepting form responses when a due date is set on” tetapkan tanggal dan waktu akhir Google Form kalian.

Cara Menutup Google Form Otomatis

  1. Apabila kalian memilih Number of Form Responses, maka akan muncul “Stop accepting form responses when responses are greater than” tetapkan jumlah maksimal responden pada Google Form kalian.

Cara Menutup Link Pendaftaran Google Form

  1. Kalian juga dapat mengisikan pesan yang berisikan bahwa Google Form sudah ditutup.
  2. Setelah semua kalian setting, pilih Save and Enable

Google Form kalian akan secara otomatis ditutup sesuai dengan ketentuan yang kalian buat menggunakan formLimiter.

Apabila kalian ingin membatalkan pembatasan menggunakan formLimiter tersebut, kalian dapat membatalkannya dengan membuka formLimiter dan pilih Disable.

Bagaimana Cara Membatasi Waktu Google Form

Sudah kami jelaskan sebelumnya, untuk membatasi waktu di Google Form kalian dapat menggunakan pengaya atau add-ons bernama formLimiter.

Dengan formLimiter tersebut kalian dapat menentukan kapan Google Form akan ditutup secara otomatis. Selain itu kalian juga dapat memberikan pesan kepada orang yang akan mengisi form tersebut.

Selain formLimiter, kalian dapat menggunakan add-ons lainnya seperti timify.me, Quilgo – Timer & Proctoring, dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara Menutup Akses Google Form

Apabila responden sudah memenuhi kuota, maka kalian harus segera menutup akses orang lain ke Google Form yang kalian buat. Untuk cara menutup akses ini sebenarnya kami sudah memberikan caranya di atas.

Itulah cara menutup Google Form dengan fitur bawaan dan juga formLimiter. Dengan membaca artikel ini, kami berharap kalian dapat menonaktifkan Google Form yang kalian buat.

Apabila menurut kalian artikel ini bermanfaat, kalian dapat membagikan melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Atau jika terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan komentar