Cara Menyambungkan Hp Oppo Ke TV

Pernahkah kalian mendengar tentang hp dapat tersambung dengan TV. Ternyata cara menyambungkan hp ke tv itu sangat mudah. Kami fikir masih banyak di antara kalian yang masih belum mendengar tentang hal tersebut. Tapi tenang saja, karena kami akan memberikan tutorial cara menyambungkan hp Oppo ke TV secara lengkap dan mudah.

Di zaman yang serba teknologi ini tentunya dapat membantu kita dalam mempermudah segala urusan, misalnya saja seperti aktivitas menonton. Dengan menggunakan handphone kita bisa mengulang lagi acara tv yang sudah di tayangkan menggunakan aplikasi youtube. Bukan hanya itu saja, kita bahkan bisa menonton acara-acara menarik lainnya yang tidak di tayangkan di televisi.

Dengan menggunakan handphone kalian bisa menonton apa saja dan di mana saja dengan nyaman, asalkan kalian memiliki jaringan internet atau sambungan wifi yang lancar. berbeda dengan televisi yang ketika kalian ingin menonton suatu acara, kalian harus menyesuaikan jam tayang dari acara tersebut.

Di tambah lagi dengan adanya iklan yang terkadang mengganggu ketika sedang asyik menonton. Jadi, kabar baik untuk pengguna hp Oppo karena kali ini kami akan membahas tentang cara menyambungkan hp Oppo ke tv dengan mudah. Langsung saja berikut adalah caranya.

Cara Menyambungkan Hp Oppo Ke Tv Dengan Mudah

Seringkali kebanyakan orang lebih memilih menonton melalui handphone dari pada melalui televisi. Mengapa demikian? Menurut saya pribadi tayangan atau acara yang ada di youtube itu lebih menarik dan tidak terlalu banyak iklan, misalkan terdapat iklan pada youtube kita masih bisa untuk melewatinya.

Menonton melalui handphone hampir tidak ada kekurangan, hanya saja kita tidak bisa melihat di layar yang sebesar televisi. Namun hal tersebut masih bisa di atasi dengan menggunakan cara menyambungkan hp ke televisi.

Salah satu handphone yang bisa digunakan untuk disambungkan dengan televisi adalah hp Oppo dengan tipe misalnya Oppo a3s, f1s, f5, a7, a37, f7, f9, f11, a5 2020 dan masih banyak lagi.

Mungkin hampir semua jenis tipe hp Oppo bisa digunakan, yang terpenting adalah hp Oppo tersebut sudah mendukung fitur miracast interaksi multilayar/ Multi-Screen Interaction. Bagaimana caranya? Baca terus artikel ini sampai akhir agar kalian bisa mengikutinya di rumah.

Cara Menyambungkan Hp Oppo ke TV Tanpa Kabel

Cara ini sangat mudah digunakan karena kalian tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga cukup dengan settings pada pengaturan. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan langkah-langkah berikut ini.

  1. Pertama Nyalakan TV kalian dan masuk pada menu  Screen Mirroring.
  2. Kemudian ambil hp kalian dan buka pengaturan
  3. Masuk pada menu sambungan nirkabel lainnya
  4. Kemudian pilih Tampilan Nirkabel

Cara Menyambungkan Hp Oppo Ke TV

  1. Aktifkan Tampilan Nirkabel (untuk mengaktifkan tampilan nirkabel, kalian terlebih dahulu harus mengaktifkan wifi)
  2. Maka TV akan terdeteksi pada hp Oppo kalian, jika tidak terdeteksi lakukan pencarian atau
  3. Setelah ketemu wifinya, maka sambungkan.

Cara Screen Mirroring Hp Oppo

  1. Maka TV akan berubah tampilan menjadi layar hp kalian.

Cara screen mirroring Hp Oppo ini sangat mudah untuk dilakukan dan hampir semua merek Oppo dapat melakukannya. Sekarang kalian tidak akan khawatir dengan layar yang terlalu kecil, karena layar hp kalian sudah berpindah ke TV.

Baca Juga : Cara Cek Garansi Oppo

Cara Menyambungkan Hp Oppo Ke Tv Dengan Miracast

Untuk cara menyambungkan hp Oppo ke tv ini, kalian membutuhkan aplikasi tambahan yang bernama Miracast – Wifi Display yang bisa di dapatkan Pada Play Store atau App Store di ponsel kalian masing-masing. Aplikasi Miracast ini berfungsi untuk memunculkan fitur Miracast yang ada di hp Oppo. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan koneksi internet kalian sudah tersambung.
  2. Kemudian unduh aplikasi Miracast yang ada di Play Store atau App Store.
  3. Jika sudah selesai mengunduh, aktifkan wifi lalu buka aplikasi tersebut.
  4. Lalu pilih Connect kemudian Nyalakan Interaksi Multilayar
  5. Selanjutnya masuk ke pengaturan smart tv lalu aktifkan Scree Mirroing atau Miracast atau Anycast  atau Berbagi Layar.
  6. Kemudian, setelah aktif maka akan muncul nama Device di hp Oppo kalian.
  7. Setelah itu, pilih nama tv yang muncul di hp Oppo kemudian sambungkan.
  8. Tunggu beberapa saat, maka setelah itu layar hp Oppo kalian akan di tampilkan ke televisi.

Cara menghubungkan hp Oppo ke tv atau screen mirroring ini bisa dilakukan untuk berbagai merek tv, seperti samsung, polytron, LG, Sharp aquos, coocaa, dan lain-lain. Namun ada syarat yang harus di penuhi, yaitu harus smart tv atau tv yang mempunyai fitur screen mirroring. Lalu bagaimana jika belum memenuhi syarat tersebut? Maka kalian harus menggunakan perangakat tambahan seperti STB, & HDMI Dongle (anycast).

Baca juga : Cara Mengunci Jaringan 4G Hp Oppo

Cara Menyambungkan Hp Oppo Ke Tv Dengan Kabel MHL (USB To HDMI)

Selain cara di atas, ternyata masih ada cara lagi yang bisa kalian gunakan. Seperti cara menyambungkan hp ke tv dengan menggunakan menggunakan kabel. Adapun caranya bisa kalian lihat di bawah ini:

  1. Pertama kalian harus membeli perangkat tambahan seperti Kabel MHL (USB To HDMI).
  2. Untuk kabel MHL, pastikan memiliki dua konektor yang bisa terhubung dengan hp Oppo kalian. Dan jangan lupa pastikan juga bahwa hp Oppo yang digunakan sudah support perangkat kabel MHL.
  3. Jika sudah melakukan cara pertama dan kedua, maka selanjutnya matikan televisi kalian terlebih dahulu.
  4. Kemudian masukkan ujung port kabel usb ke handphone kalian dan yang ukuran besar masukkan ke port tv yang bernama HDMI.
  5. Jika sudah selesai, selanjutnya hidupkan televisi kalian, dan arahkan channel ke HDMI.
  6. Lalu pada hp Oppo kalian, pilihlah menu HDMI Connections.
  7. Menyambungkan hp Oppo ke tv dengan menggunakan kabel telah berhasil dilakukan.

Setelah selesai melakukan cara di atas, sekarang kalian bisa menikmati menonton beragam acara menarik dengan layar yang berukuran besar.

Cara Menyambungkan Hp Oppo Ke Tv Dengan Chromecast

Jika cara di atas dengan menggunakan kabel, maka cara selanjutnya menggunakan alat tambahan bernama Chromecast. Alat ini adalah dongle TV yang dapat melakukan streaming video online dari smartphone, tablet, atau laptop ke layar televisi, selama terhubung dalam jaringan yang sama. Untuk cara menggunakan chromecast, perhatikan langkah-langkah berikut.

  1. Langkah pertama hubungkan dongle ke port HDMI pada TV.
  2. Arahkan TV pada mode HDMI.
  3. Lalu Install aplikasi Google Chromecast.
  4. Lalu hubungkan Hp kalian pada jaringan wifi chromecast.
  5. Setelah itu buka aplikasi Google Chromecast, maka kalian akan diminta untuk memasukkan kode yang tertera pada layar televisi melalui aplikasi Google Chromecast sebagai proses sinkronisas.
  6. Menyambungkan hp Oppo ke tv tanpa menggunakan kabel telah berhasil dilakukan.

Jadi seperti itulah kira-kira untuk cara menyambungkan hp Oppo ke tv tanpa menggunakan kabel. Menurut kalian apakah cara tersebut mudah untuk dilakukan? Kami yakin pasti kalian bisa melakukannya dengan baik. Dan perlu diketahui bahwa untuk cara aplikasi tambahan yang sudah tertulis di atas, sebenarnya caranya hampir sama dengan aplikasi Chormecast dan juga aplikasi Miracast, mungkin hanya beberapa langkah saja yang berbeda, namun intinya tetap sama.

Itulah artikel kami tentang cara menyambungkan hp Oppo ke tv, sebenarnya masih ada cara lain selain yang sudah kami tulis di atas, seperti dengan menggunakan aplikasi WiDi, All Share, Air Play, dan yang lainnya. Namun hanya cara di atas tersebut yang bisa kami tulis untuk kalian. Dan semoga cara di atas bisa membantu serta bermanfaat untuk kalian semua.

Jadi, cukup sampai di sini saja untuk artikel cara menyambungkan hp Oppo ke TV dan semoga tutorial di atas dapat membantu kalian dalam untuk screen mirroring dengan menggunakan aplikasi, menggunakan kabel, maupun tanpa kabel. Jangan lupa untuk share artikel ini jika menurut kalian bermanfaat dan membantu. Atau kalian juga bisa menanyakan apa saja melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar