Cara Menyembunyikan Status Online di Telegram Agar Tidak Terlihat

Privasi merupakan sesuatu yang penting bagi seorang manusia. Seperti halnya menampilkan status online di Telegram merupakan hak pengguna Telegram. Bagi kalian yang belum mengetahui cara agar Telegram tidak terlihat online, berikut akan kami berikan cara menyembunyikan status online di Telegram secara mudah.

Telegram saat ini menjadi aplikasi chatting yang cukup banyak digunakan orang, terutama di Indonesia. Menyusul kebijakan terbaru WhatsApp yang mengakibatkan banyak orang yang berpindah menggunakan Telegram. Karena hal tersebut banyak orang yang memindahkan chat WhatsApp ke Telegram agar mereka tidak kehilangan riwayat chat yang penting.

Seperti halnya aplikasi chatting lainnya, Telegram akan menampilkan status online apabila kita sedang membuka Telegram. Entah karena berbagai alasan, sebagian orang tidak mau terlihat online di Telegram meskipun ia sedang membuka Telegram. Lalu bagaimanakah cara menyembunyikan status online di Telegram? Kami akan memberikan tutorial mudahnya pada artikel ini.

Daftar Isi

Cara Menyembunyikan Status Online di Telegram

Bagi sebagian orang status online di Telegram merupakan sesuatu yang sangat privasi. Untuk menghidari terlihat online di Telegram, kalian harus mengetahui terlebih dahulu cara menghilangkan status online di Telegram.

Sebenarnya cara agar tidak terlihat online di Telegram ini dapat kalian lakukan dengan mudah. Karena dari pihak Telgram sendiri sudah memberikan fitur tersebut. Akan tetapi meskipun Telegram sudah memberikan fiturnya, masih banyak orang yang belum mengetahui caranya.

Agar lebih mudah dipahami, pada artikel ini kami akan menyertakan gambar. Untuk lebih lengkapnya perhatikan langkah-langkah cara menonaktifkan status online di Telegram berikut ini.

  1. Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah membuka Telegram.
  2. Kemudian pilih tiga garis yang berada pada pojok kiri atas.
  3. Setelah itu pilih Pengaturan atau Settings
  4. Kemudian akan muncul menu pengaturan pada aplikasi Telegram. Untuk menyembunyikan status online di Telegram, pilih Privasi dan Keamanan atau Privacy and Security.

Cara Agar Tidak Terlihat Online di Telegram

  1. Pada menu privasi, pilih Waktu Aktif dan Terlihat atau Last Seen & Online
  2. Setelah itu akan terbuka menu pilihan untuk mengatur terakhir dilihat dan status online pada Telegram kalian. Pada menu tersebut terdapat 3 pilihan yaitu :
  • Semua Orang atau Everybody : Apabila kalian memilih pilihan ini, maka status online dan terakhir dilihat kalian dapat diketahui semua orang meskipun belum menjadi kontak kalian.
  • Kontak Saya atau My Contacts : Jika kalian mengaktifkan pilihan ini, maka status online dan terakhir dilihat kalian, hanya dapat diketahui oleh orang yang nomornya sudah kalian simpan (kontak kalian).
  • Tidak Ada atau Nobody : Apabila kalian memilih mengaktifkan pilihan ini, maka status online dan terakhir dilihat kalian tidak dapat dilihat oleh siapapun, jadi bagi kalian yang ingin menyembunyikan status online di Telegram, maka ini adalah pilihan yang tepat.
  1. Untuk cara agar tidak terlihat online di Telegram kalian harus memilih opsi Tidak Ada atau Nobody. Setelah itu pilih Centang pada pojok kanan atas.

Cara Menyembunyikan Status Online di Telegram

Setelah kalian melakukan cara menyembunyikan status online di Telegram di atas, maka sekarang status kalian tidak akan muncul pada profil.

Apabila kalian sudah memutuskan untuk menyembunyikan status online di Telegram, maka status yang akan ditampilkan pada profil kalian berupa perkiraan dilihat. Perkiraan dilihat yang ditampilkan berupa baru saja, seminggu lalu, dan sebulan lalu)

  • “Terlihat belakangan ini atau Last seen recently” status ini akan muncul apabila kalian terakhir kali membuka Telegram antara 1 detik sampai 3 hari yang lalu.
  • “Terlihat seminggu yang lalu atau Last seen within a week” status seperti ini akan muncul jika kalian terahir kali membuka Telegram diantara 3 hari sampai 7 hari yang lalu.
  • “Terlihat sebulan yang lalu atau Last seen within a month” status seperti ini akan muncul apabila kalian terakhir kali membuka Telegram antara 7 hari sampai satu bulan yang lalu.
  • “Tak terlihat sangat lama atau Last seen a long time ago” status ini akan muncul apabila kalian terakhir kali membuka Telegram sudah lebih dari satu bulan yang lalu.

Perlu diketahui jika kalian menyembunyikan status online di Telegram, maka kalian juga tidak dapat melihat status online orang lain. Jadi jika kalian akan menyembunyikan status online ini, kalian harus menerima ketentuan tersebut.

Pada bagian pengaturan waktu aktif dan terlihat (last seen & online) ini, terdapat fitur yang sangat unik. Yaitu kalian dapat mengecualikan penyembunyian terakhir dilihat dan status online kalian. Kalian dapat melihat fitur tersebut pada bagian bawah menu terakhir dilihat dan online :

Cara Agar Telegram Tidak Terlihat Online

  • Selalu Berbagi Dengan atau Always Share With : Pada menu ini kalian dapat membagikan terakhir dilihat dan status online pada kontak yang kalian pilih. Jadi jika kalian sudah memilih kontak pada menu ini, kontak tersebut akan selalu dapat melihat status online dan terakhir dilihat kalian meskipun kalian memilih [tidak ada atau nobody] pada menu pemilihan mode terakhir diihat dan status online.
  • Tidak Pernah Berbagi Dengan atau Never Share With : Pada menu ini kalian dapat memilih untuk mengecualikan kontak yang sama sekali tidak ingin kalian bagikan status online dan terakhir dilihat kalian. Jadi jika kalian sudah memilih kontak pada menu ini, kontak tersebut tidak dapat melihat status online dan terakhir dilihat kalian meskipun kalian memilih [semua orang atau everybody] pada menu pemilihan mode terakhir diihat dan status online.

Itulah artikel tentang cara menyembunyikan status online di Telegram. Kami sudah menjelaskan secara detail mengenai cara agar tidak terlihat online di Telegram agar kalian dapat menyembunyikan status online.

Apabila terdapat cara menyembunyikan status online di Telegram ini yang kurang dipahami kalian dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan. Jangan lupa share jika menurut kalian artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar