3 Cara Menyetem Gitar Dengan Mudah Bagi Pemula

Bagi para gitaris proffesional, bermain gitar adalah hal yang cukup gampang. Tapi dalam bermain gitar ada yang harus kita mengerti dan pahami. Apa itu? Dalam bermain gitar kalian harus paham dulu dengan chord gitar atau kunci gitar. Kunci gitar itu yang bagaimana? Kunci gitar di awali yang paling dasar mulai dari A, B, C, D, E, F, G dan dilanjutkan dengan minor yaitu Am, Bm, Cm, Dm, Em, Fm, Gm. Selain chord kalian juga diharuskan untuk menyetem gitar. Mungkin kalian bingung bagaimana cara menyetem gitar, kali ini Laci Usang akan membagikan cara mudah menyetel gitar. Menyetem gitar juga tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru supaya hasilnya bagus dan senar tidak putus.

Menyetem gitar dilakukan agar gitar mempunyai nada yang bagus dan beraturan. Sebagus-bagusnya kalian dalam memainkan gitar, jika gitar yang kalian gunakan tidak setel, nada yang dihasilkan pun juga tidak bagus. Maka dari itu setiap orang yang memainkan gitar diharuskan untuk menyetem gitar terlebih dahulu agar gitar tidak fals. Dalam menyetel gitar kita bisa menggunakan telinga kita secara manual, akan tetapi harus mempunyai pendengaran yang bagus supaya setel. Sebagian dari kalian mungkin masih baru dalam memainkan gitar. Pastinya gitar yang kalian gunakan tidak setel, sebaiknya kalian menyetem gitar dahulu. Jika kalian tidak bisa menyetem secara manual, Laci Usang juga akan membagikan bagaimana cara menyetem gitar dengan aplikasi android dan cara menyetem gitar dengan tuner.

Cara Menyetem Gitar Agar Senar Tidak Putus

Dalam menyetem gitar kalian harus tahu dulu nada senar 1 sampai 6. Dalam gitar senar 1 yaitu senar yang paling kecil atau senar yang paling bawah dan senar 6 yang paling atas. E A D G B E merupakan nada senar mulai dari senar 1 sampai senar 6. E A D G B E inilah yang kita pakai dalam menyetem gitar secara manual. Tapi sekarang kita bisa menyetem gitar dengan mudah dengan sebuah aplikasi android, jika kalian bingung dalam menyetem gitar secara manual kalian bisa menggunakan aplikasi tuning di Android kalian. Oke langsung saja praktekkan cara menyetem gitar dibawah ini.

3 Cara Menyetem Gitar Akustik

inilah cara menyetem gitar akustik dengan mudah. kalian bisa mengikuti langkah demi langkah untuk menyetem gitar kalian. cara ini bisa kalian gunakan pada gitar senar nilon maupun senar lainnya.

1. Cara Menyem Gitar Secara Manual

Yang pertama yaitu secara manual, menyetem gitar secara manual kalian dapat menetukan senar 1 sampai 6 dengan nada E yaitu senar ke 6 senar paling atas, nada A senar ke 5, nada D senar ke 4, nada G senar ge 3, nada B senar ke 2 dan E senar ke 1. Terus bagaimana cara menentukan nada disetiap senar 1 sampai 6, inilah langkah-langkahnya.

Dalam menyetem gitar secara manual kalian hanya cukup menyamakan nada dengan menekan senar di fret tertentu.

  • Yang Pertama tentukan dahulu nada senar ke 1 sesuka kalian seenak kalian
  • Yang Kedua tekan senar 2 pada fret ke 5 lalu samakan bunyinya sama senar nomer 1 yang kalian tentukan tadi
  • Yang Ketiga tekan senar 3 pada fret ke 4 dan samakan nadanya dengan senar nomer 2
  • Yang Keempat tekan senar 4 pada fret ke 5 dan samakan nadanya dengan senar nomer 3
  • Yang Kelima tekan senar 5 pada fret ke 5 dan samakan nadanya dengan senar nomer 4
  • Yang keenam tekan senar 6 pada fret ke 5 dan samakan nadanya dengan senar nomer 5

Supaya nadanya sama kalian cukup putar stem senar gitar sesuai arah senar yang kalian pasang kanan untuk mengencangkan kiri untuk mengendorkan atau sebaliknya. Itulah cara menyetem gitar secara manual, kalian cukup menentukan nada senar pertama dan samakan nadanya dengan menekan di beberapa fret. Jika kalian tidak tahu fret itu apa, fret dalam gitar adalah kolom-kolom pada gitar. Setiap fret mempunyai nada yang beda kunci yang berbeda pula. Jika kalian masih bingung dalam menyetem gitar secara manual, kalian bisa menyetem gitar dengan mudah menggunakan aplikasi android di bawah ini.

2. Cara Menyetem Gitar Dengan Aplikasi Android

Cara Menyetem Gitar Dengan Aplikasi Android

Jika kalian masih bingung bagaimana cara menyetem gitar, padahal diatas sudah kami bagikan bagaimana cara menyetel gitar secara manual. Menyetem gitar secara manual memerlukan pendengaran yang baik supaya hasilnya bagus. Tapi bagi seorang pemula mungkin susah jika menyemakan nada secara manual. Kalian bisa menyetem gitar dengan mudah dengan bantuan aplikasi di bawah ini.

  • Yang Pertama sebelum kalian melakukan stem gitar kalian harus mempunyai sebuah aplikasi yang namanya guitar tuner jika kalian belum unduh bisa kalian dapatkan disini
  • Yang Kedua setelah itu buka aplikasinya
  • Yang Ketiga dalam menyetem gitar menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Kalian cukup memutar-mutar tuner senar pada gitar yang kalian gunakan dan petik setiap senar gitar kalian sampai tandanya berubah menjadi hijau. Lakukan pada setiap senar 1 sampai senar ke 6

cara menyetem gitar untuk pemula kalian bisa menggunakan aplikasi guitar tuner yang satu ini. Dijamin gitar kalian mempunyai nada yang bagus dan tidak fals.

Selanjutnya dengan menggunakan tuner. Kalian bisa membeli alat stem gitar tuner ditoko gitar. Menyetem gitar menggunakan alat tuner ini juga sangat mudah. Tinggal kalian putar-putar tuner pada senar dan tetukan nada sampai alat tuner tersebut berwana hijau.

3. Cara Menyetem Gitar dengan Tuner

Cara Menyetem Gitar dengan Tuner

  • Yang Pertama persiapkan alat tuner kalian
  • Yang Kedua jepit dikepala gitar yang kalian gunakan
  • Yang Ketiga mulailah atur nada gitar kalian dari senar ke 1 yaitu E senar ke 2 A senar ke 3 D senar ke 4 G senar ke 5 B senar ke 6 E
  • Yang Keempat kalian dapat menentukan nada berikut dengan memutar tuner gitar kalian sampai alat tuner kalian berwarna hijau.

Itulah sedikit yang kami bagikan tentang cara menyetem gitar. Jika di dalam cara tersebut terdapat kesalahan, kalian dapat memberitahu kami pada kolom komentar. Di android juga banyak aplikasi stem gitar yang bisa kalian coba sendiri. Metode-metodenya juga hampir sama, tidak membingungkan orang untuk menyetem gitar.

Gimana sobat, apakah artikel yang kami berikan membantu kalian. Jika iya bisa kalian share ke teman-teman sekiranya membantu.

Tinggalkan komentar