Cara Menyimpan atau Memindahkan Foto di Google Drive

Apabila kalian mempunyai foto yang penting dan takut kehilangan foto tersebut, maka dengan menyimpannya ke Google Drive kalian tidak perlu takut kembali. Untuk itu kalian harus mengetahui cara menyimpan foto di Google Drive terlebih dahulu.

Berbeda dengan penyimpanan internal pada ponsel kalian, Google Drive merupakan sebuah layanan penyimpanan online (cloud) milik Google yang dapat digunakan secara gratis. Layanan gratis ini memiliki batas penyimpanan 15GB. Dengan penyimpanan sebesar itu kalian dapat menyimpan berbagai file seperti foto, video, dokumen, dan masih banyak lagi.

Google Drive ini dapat digunakan untuk membackup apabila sewaktu waktu foto atau gambar yang tersimpan di HP kalian hilang. Dengan manfaat tersebut, kalian sangatlah penting mengetahui cara menyimpan file foto di Google Drive.

Sebenarnya cara simpan foto di Google Drive ini sangat mudah untuk dilakukan. Hanya dengan menggunakan HP saja kalian sudah dapat memindahkan foto kalian dari galeri ke Google Drive. Menggunakan laptop untuk memindahkan foto ke Google Drive juga sangat mudah dilakukan.

Dengan mengetahui cara memindahkan foto ke Google Drive kalian tidak perlu lagi khawatir foto kalian hilang. Apabila sewaktu waktu kalian membutuhkan foto tersebut, kalian dapat dengan mudah mengunduhnya.

Jadi masalah penyimpanan kalian yang penuh, kini dapat diatasi dengan memindahkannya di Google Drive. Untuk itu perhatikan cara memindahkan foto dari galeri ke Google Drive berikut ini.

Cara Simpan Foto di Google Drive

Menyimpan foto di Google Drive adalah perkara gampang. Yang harus kalian butuhkan adalah koneksi internet yang cukup kencang. Karena kalian nanti akan melalui proses mengunggah foto di Google Drive.

Cara memindahkan foto ke Google Drive ini dapat dilakukan dengan menggunakan HP atau PC (Laptop dan Komputer). Jadi baca terus artikel ini, karena cara menyimpan foto di Google Drive lewat HP dan Laptop akan sedikit berbeda.

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Lewat HP

Dengan menggunakan sebuah ponsel, kalian sudah dapat memindahkan foto ke Google Drive. Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunduh aplikasi Google Drive yang ada di Play Store. Aplikasi ini tersedia secara gratis. Untuk itu perhatikan langkah-langkah cara menyimpan gambar di Google Drive berikut ini:

  1. Unduh terlebih dahulu Google Drive yang ada di Play Store
  2. Setelah kalian mengunduhnya, buka aplikasi Google Drive tersebut
  3. Setelah itu pada tampilan awal pilih icon + pada pojok kanan bawah
  4. Jika kalian ingin membuat folder terlebih dahulu di Google Drive, pilih Folder dan beri nama pada folder kalian, setelah itu pilih Create atau Buat. Jika kalian ingin melakukan penggunggahan foto di folder yang kalian buat, cari terlebih dahulu folder tersebut kemudian upload disitu.

Cara Menyimpan Foto di Google Drive

  1. Jika kalian ingin mengunggah foto, pilih Upload
  2. Setelah itu pilih foto yang ingin kalian simpan ke Google Drive. Jika kalian ingin menyimpan banyak foto di Google Drive, maka tandai foto dengan tekan dan tahan pada foto yang ingin kalian unggah. Setelah itu pilih Open atau Buka

Cara Menyimpan Foto Gambar di Google Drive

  1. Setelah itu tunggu proses penguploadan foto di Google Drive. Setelah selesai, foto kalian akan otomatis tersimpan di Google Drive

Apabila kalian bingung melakukan cara diatas, kalian masih dapat menggunakan cara memindahkan foto atau gambar ke Google Drive lainnya, yaitu melalui galeri pada HP kalian. Berikut adalah cara menyimpan foto di Google Drive lewat hp :

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Google Drive yang ada di Play Store
  2. Setelah itu buka galeri pada ponsel kalian
  3. Kemudian cari foto yang ingin kalian simpan ke Google Drive. Apabila kalian ingin menyimpan banyak foto kalian dapat menandai foto mana saja yang ingin kalian simpan ke Google Drive
  4. Setelah itu pilih opsi Sent atau Kirim
  5. Akan muncul banyak opsi pemilihan, pilih Save to Drive atau Simpan ke Drive
  6. Kemudian kalian akan dibawa pada halaman Google Drive, kalian dapat memberikan nama dan memilih folder. Serta jika terdapat lebih dari satu akun pada ponsel, kalian dapat memilih akun Google Drive yang ingin kalian gunakan untuk menyimpan foto.
  7. Setelah itu pilih Save atau Simpan

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Lewat HP

  1. Tunggu proses penguploadan foto di Google Drive. Setelah selesai, foto kalian akan otomatis tersimpan di Google Drive.

Sangat mudah bukan cara simpan foto di Google Drive? Jika kalian ingin melihat foto yang kalian simpan, kalian dapat membuka aplikasi Google Drive kemudian cari folder tempat kalian menyimpan foto atau gambar.

Baca Juga : Cara Mengganti Background Foto Online

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Lewat Laptop atau Komputer

Menyimpan foto di Google Drive juga dapat dilakukan menggunakan laptop atau komputer. Caranya hampir mirip dengan menggunakan HP. Untuk lebih lengkapnya, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama buka halaman berikut ini https://drive.google.com/drive/
  2. Setelah itu login menggunakan akun Google Drive kalian
  3. Akan terbuka halaman Google Drive kalian, untuk menyimpan foto pilih icon + New pada pojok kiri atas

Cara Memindahkan Foto ke Google Drive

  1. Jika kalian ingin membuat folder terlebih dahulu di Google Drive, pilih Folder dan beri nama pada folder kalian, setelah itu pilih Create atau Buat
  2. Jika kalian ingin mengunggah foto, pilih File Upload
  3. Jika kalian ingin mengunggah foto yang sudah kalian jadikan dalam satu file, maka pilih Folder Upload.

Cara Memindahkan Foto ke Google Drive Lewat Laptop atau Komputer

  1. Setelah itu pilih foto yang ingin kalian upload, kemudian pilih Open atau Buka

Cara Simpan Foto di Google Drive

  1. Tunggu proses penguploadan foto di Google Drive. Setelah selesai, foto kalian akan otomatis tersimpan di Google Drive.

Itulah cara menyimpan foto di Google Drive melalui laptop atau komputer. Sangat mudah bukan? Yang kalian butuhkan hanyalah koneksi internet untuk melakukan upload di Google Drive.

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Secara Otomatis

Apabila kalian ribet dengan cara manual, maka kalian dapat menerapkan cara menyimpan foto di Google Drive secara otomatis ini. Untuk caranya perhatikan lagkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi Google Drive dan Google Photos yang ada di Play Store
  2. Kemudian buka aplikasi Google Photos, dan pilih icon profil yang berada pada pojok kanan atas
  3. Setelah itu pilih Photos Settings atau Setelan Foto
  4. Akan terbuka setelan Google foto kalian, pilih Backup & Sync atau Pencadangan & Sinkronasi. Setelah itu aktifkan pencadangan otomatis.

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Secara Otomatis

  1. Pada halaman tersebut kalian dapat melakukan pengaturan kualitas foto yang ingin diunggah ke Google Drive, Penggunaan jaringan saat melakukan pencadangan dan pengaturan pencadangan folder

Pencadangan otomatis sudah berhasil diaktifkan dan sekarang semua foto yang berada di perangkat kalian akan otomatis tersimpan di Google Drive. Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kalian sudah dapat melakukan cara cadangkan foto di Google Drive.

Itulah artikel tentang cara menyimpan foto di Google Drive. Apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian baca sekali lagi atau dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Dengan mengetahui cara menyimpan foto atau gambar ke Google Drive, kalian tidak perlu takut kehilangan foto kalian lagi. Apabila menurut kalian artikel ini bermanfaat, kalian dapat berbagi melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar