Cara Merekam Layar Hp Oppo (Semua Tipe)

Seiring berkembangnya waktu menangkap layar tak hanya dapat berbentuk gambar, melainkan juga dapat berbentuk video. Oppo merupakan salah satu smartphone yang dapat melakukan perekaman layar. Bagi kalian yang masih belum mengetahui caranya, berikut akan kami berikan cara merekam layar hp Oppo.

Saat ini smartphone menjadi lebih canggih dan dilengkapi dengan fitur perekam layar. Perangkat – perangkat Oppo biasanya hadir dengan sistem ColorOS di dalamnya. Sistem yang menjadi andalan Oppo ini menawarkan beragam fitur tambahan. Salah satunya adalah fitur Screen Recording, yang dapat memudahkan para penggunanya untuk merekam aktivitas layar, sehingga mereka dapat berbagi berbagai macam hal, seperti tutorial menggunakan aplikasi, mengatur perangkat, hingga gameplay permainan.

Nah, apakah diantara kalian ada yang belum mengerti bagaimana cara untuk merekam layar? Jika belum, maka baca terus artikel ini hingga bawah.

Cara merekam layar hp Oppo sekarang ini bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tanpa menggunakan tambahan aplikasi. Tetapi kalian bisa melakukannya hanya menggunakan pengaturan hp Oppo kalian. Untuk kualitas video yang dihasilkan juga sangat bagus, kalian dapat mengatur resolusi video rekam layar Oppo sesuai dengan yang diinginkan. Semakin tinggi resolusi yang digunakan, maka akan semakin besar pula ukuran video rekaman layar tersebut.

Bagaimana Cara Merekam Layar Hp Oppo?

Cara merekam layar HP Oppo ini dapat dilakukan pada hampir semua tipe Oppo seperti Oppo a3s, a5s, a37f, a12, a1k, a83, f5, a57, a9 2020, a5 2020 dan seterusnya.

Tetapi sebelum memulai merekam layar dan memilih resolusi video, kalian harus menyesuaikannya dengan memori penyimpanan ponsel kalian, agar tidak terjadi peringatan memori penuh saat melakukan perekaman layar.

Cara Merekam Layar Hp Oppo

Cara merekam layar hp Oppo bisa dilakukan dengan mudah dengan pengatruran ponsel kalian maupun menggunakan aplikasi tambahan. Berikut ini adalah tutorialnya:

Menggunakan Pengaturan

Untuk tutorial pertama cara merekam layar hp Oppo ini dilakukan dengan menggunakan pengaturan ponsel. Hal ini akan lebih mudah karena tidak perlu ribet harus mengunduh aplikasi terlebih dahulu.

  1. Pada smartphone Oppo kalian, tarik dari atas layar untuk membuka bilah notifikasi
  2. Setelah itu cari dan tekan ikon untuk Perekam Layar

Cara Merekam Layar Hp Oppo

  1. Secara otomatis rekaman akan di dilakukan
  2. Untuk menghentikan rekaman, silahkan tekan pada bulatan kecil yang muncul di layar
  3. Dan hasil rekaman akan langsung di simpan di galeri smartphone kalian

Perlu diketahui, bahwa rekaman layar akan berhenti secara otomatis jika sudah mencapai batas penyimpanan 5Gb untuk 1 video. Untuk mengurangi ukuran, kalian dapat mengatur resolusi nya menjadi 480p.

Baca Juga  : Cara Mengunci Jaringan 4G Oppo

Menggunakan Aplikasi

Cara merekam layar Oppo ke dua yaitu dengan menggunakan aplikasi Super Screen Recorder yang bisa kalian dapatkan di Google Play Store.

  1. Pertama, kalian buka aplikasi Super Screen Recorder yang sebelumnya sudah kalian unduh melalui Play Store
  2. Setelah itu muncul floating button, mulai merekam dengan tap tombol Record atau bulatan merah
  3. Dalam waktu 3 detik kemudian perekaman akan segera di mulai
  4. Untuk menghentikannya tap tombol 2 Garis, beberapa saat kemudian hasil rekaman muncul melalui jendela kecil dan secara otomatis tersimpan pada galeri ponsel kalian.

Untuk cara merekam layar hp Oppo menggunakan aplikasi sebenarnya bukan hanya ini saja. Masih ada beberapa aplikasi lain yang bisa digunakan. Namun kami merekomendasikan aplikasi Super Screen Recorder karena cara penggunaannya yang sangat mudah.

Baca Juga : Cek Garansi Oppo

Cara Mengaktifkan Suara Rekam Layar Hp Oppo

Pengalaman saya sendri ketika akan melakukan perekaman layar pada hp tetapi suara tidak muncul. Hal tersebut ternyata suara rekaman belum aktif. Apakah kalian pernah mengalami juga? Nah, untuk mengatifkan suara rekaman kalian bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

  1. Buka menu Pengaturan pada smartphone kalian
  2. Setelah itu pilih Pengaturan Tambahan
  3. Lalu pilih menu Rekaman Layar
  4. Kemudain pilih Rekaman Suara Mikrofon atau Rekam Suara Sistem sampai berwarna hijau

Cara Merekam Layar dan Suara Hp Oppo

Ketika kalian mengaktifkan rekam suara mikrofon maka pada saat kalian melakukan perekaman layar, maka mikrofon kalian akan aktif. Sedangkan untuk rekam suara sistem adalah suara yang dihasilkan dari ponsel kalian akan ikut terekam.

Tutorial tersebut kami tujukan untuk hp oppo dengan tipe a5 2020. Mungkin untuk tipe lainnya caranya hampir sama seperti di atas tersebut. Selain untuk mengaktifkan suara, kamu juga bisa mengatur beberapa settingan lainnya. Seperti misalnya resolusi video dan menyalakan kamera depan.

Baik pada smartphone maupun laptop memang kadang membutuhkan perekaman layar, misalnya untuk kebutuhan presentasi atau untuk kegiatan yang lainnya. Dengan hadirnya fitur perekam layar ini akan lebih memudahkan kita dalam melakukan kegiatan tersebut. Dengan perekam layar ini kita juga bisa memberikan tutorial singkat seputar penggunaan aplikasi, pengaturan android maupun memberikan informasi lainnya.

Sedikit informasi bagi kalian pengguna HP Oppo, ternyata hp Oppo dapat disambungkan pada TV. Bagi kalian yang tidak mengetahui caranya, perhatikan cara menyambungkan HP Oppo ke TV. Hal tersebut sangat berguna ketika kalian melakukan presentasi atau sekedar menonton film.

Dan itulah sedikit tutorial cara merekam layar hp Oppo dengan menggunakan aplikasi maupun tanpa menggunakan aplikasi. Menurut saya pribadi akan lebih mudah jika menggunkan pengaturan dari ponsel karena tidak perlu mengunduh aplikasi terlebih dahulu. Namun silahkan pilih apa saja yang menurut kalian mudah untuk dilakukan.

Cukup sampai di sini saja untuk artikel kami hari ini tentang cara merekam layar hp Oppo terbaru 2020. Silahkan share artikel kami apabila menurut kalian bermanfaat dan membantu. Kalian juga bisa memberikan berbagai komentar apabila ada yang belum di pahami. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar