Cara Mudah Scan di Printer Epson L3110

Kalian mempunyai printer Epson L3110 akan tetapi belum mengerti cara scan di printer Epson L3110? Maka dari itu kalian perlu mengetahui cara scan Epson L3110 berikut ini.

Ketika kalian akan daftar pekerjaan, biasanya diminta untuk mengunggah file hasil scan dari kartu identitas seperti SIM atau KTP. Umumnya untuk mendapatkan file tersebut, kita harus pergi ke tempat percetan untuk scan dokumen. Namun lain cerita jika kalian memiliki printer Epson L3110 dirumah. Selain memiliki keunggulan dalam mencetak dokumen, printer Epson L3110 juga dikenal memiliki hasil scan yang bagus. Tak heran jika banyak kalangan professional yang mengandalkan perangkat ini untuk menunjang pekerjaan mereka.

Nah, agar kalian bisa menggunakan scan pada Epson L3110, kalian bisa mengikuti cara scan Epson L3110 di bawah ini. Pada artikel ini, kami akan memberikan berbagai penjelasan serta tutorial lengkap tentang cara scan dokumen Epson L3110.

Scan menjadi hal penting untuk sebagian orang, misalnya adalah sebagai dokumentasi. Banyak orang menggunakan scan saat mendokumentasikan atau menyimpan berkas yang dianggap penting. Sehingga, scan bisa menjadi pilihan tepat untuk menyimpan berkas tersebut agar tidak mudah hilang dan rusak.

Tentunya ada banyak sekalii merek scan yang memiliki kualita bagus, seperti halnya scan Epson L3110. Kalian pastinya sudah tidak asing lagi kan dengan merek yang satu ini? Lalu apakah kalian juga sudah bisa mengoperasikan alat scan tersebut? Jika belum, jangan lupa baca cara scan di printer Epson L3110 sampai akhir ya, agar kalian bisa melakukannya dengan baik dan benar.

Scan Epson L3110

Epson L3110 merupakan perangkat printer yang sudah memiliki fitur All In One. Jadi tidak hanya untuk printing atau mencetak saja namun juga bisa digunakan untuk mengubah hardcopy menjadi softcopy, dalam hal ini menggunakan fitur scan.

Dengan melakukan cara scan menggunakan printer Epson L3110, akan memudahkan kita menyimpan dokumen dalam bentuk gambar atau file PDF dan mengirim file hasil scan melalui email. Cara scan dengan printer Epson L3110 ini biasanya diperlukan untuk kebutuhan melamar pekerjaan atau kebutuhan yang lainnya.

Bagi kalian yang sudah terbiasa menggunakan scan dokumen pasti tidak merasa kesusahan dalam melakukannya, namun bagi yang masih pemula pasti masih merasa kesulitan dan takut salah. Untuk itu, kalian sudah masuk pada website yang tepat, karena kali ini kami akan membahas tentang cara scan Epson L3110 di Windows 10, 8, dan 7.

Install Driver Scan Epson L3110

Agar scanner pada Epson L3110 bisa berfungsi dengan baik, kita harus melakukan install driver scanner pada komputer atau laptop yang terhubung ke perangkat. Tanpa melalui proses ini mustahil kita bisa melakukan scan dokumen karena scanner belum terdeteksi oleh PC. Untuk tutorial lebih lengkapnya, perhatikan tutorial cara scan dengan printer Epson L3110 berikut ini.

Cara Mengunduh Driver Scanner Epson L3110

Kegunan driver scanner pada perangkat komputer ini adalah untuk mengenali dan sinkronisasi antara scanner dengan PC sehingga kedua perangkat bisa saling berkomunikasi dengan baik dan scanner bisa memahami perintah tanpa masalah. Selain itu perangkat scanner juga bisa memberikan detail informasi jika terjadi masalah atau error yang terjadi pada komputer sehingga memudahkan pengguna untuk melakukan perbaikan berdasarkan informasi yang diberikan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Download driver Epson L3110 pada link ini https://www.epson.co.id/Support/Printers/Ink-Tank-Printers/L-Series/Epson-EcoTank-L3110/s/SPT_C11CG87501
  2. Setelah itu klik menu Unduhan atau Download pada halaman website tersebut
  3. Pilihlah sistem operasi sesuai PC yang kalian gunakan, biasanya situs akan mendeteksi OS yang digunakan secara otomatis
  4. Kemudian klik tanda (+) disebelah kanan Driver

Driver Epson L3110

  1. Pada sebelah kanan Driver Scanner untuk Windows klik tombol Unduh atau Download

Cara Mengunduh Driver Epson L3110

  1. Lalu akan muncul halaman term and condition silahkan pilih Setuju atau Accept

Mengunduh Driver Epson L3110

  1. File driver akan otomatis didownload oleh PC kalian

Setelah mengikuti langkah tersebut dengan benar, tunggu hingga proses pengunduhan selesai dilakukan. Setela proses pengunduhan selesai, lanjut dengan cara menginstallnya.

Cara Install Driver Scan Epson L3110

Setelah laptop kalian erhasil mengunduh file drivernya tadi, sekarang saatnya untuk melakukan proses instalasi driver pada komputer agar scanner bisa cepat dikenali oleh PC dan digunakan untuk scan dokumen yang kalian miliki.

  1. Buka folder tempat file driver yang sudah selesai diunduh tadi
  2. Jalankan file driver dengan cara mengkliknya 2 kali
  3. Silahkan ikuti petunjuk instalasi yang ditampilkan di layar PC kalian. Biasanya cukup klik Next
  4. Beri tanda centang pada term and condition dan kemudian klik Next
  5. Ikuti petunjuk sesuai dengan yang diperintahkan saat proses install driver
  6. Tunggu proses instalasi sampai finish

Setelah muncul pemberitahuan Epson Scan 2 telah sukses diinstall berarti kalian telah berhasil menyelesaikan proses instal driver dengan benar, selanjutnya silahkan tunggu hingga komputer berhasil mengenali snanner Epson L3110 kemudian restart PC kalian.

Cara Scan Epson L3110

Setelah berhasil melakukan tutorial penginstalan driver di atas, kini saatnya kalian untuk melakukan cara scan di printer Epson L3110. Kalian bisa melakukan scan dokumen, foto, gambar menggunakan perangkat tersebut dengan menggunakan tutorial cara scan dokumen di printer Epson L3110 dari kami. Berikut ini adalah cara menscan di printer Epson L3110 yang benar :

  1. Hidupkan printer, kemudian sambungkan ke komputer atau laptop
  2. Masukan dokumen yang ingin kalian scan
  3. Buka dan jalankan aplikasi Epson Scan 2
  4. Tunggu beberapa saat hingga sistem mempersiapkan scanner untuk kalian
  5. Selanjutnya kalian bisa mengatur format, ukuran, dan juga lokasi penyimpanan file hasil scan.
  6. Setelah itu klik tombol Scan
  7. Tunggu sampai sistem menyelesaikan proses scanning

Cara Scan Epson L3110

Selain menggunakan aplikasi Epson L3110, kalian juga bisa menggunakan cara lain loh. Untuk lebih jelasnya simak tutorial di bawah ini.

Cara Scan Epson L3110 Melalui Windows Fax and Scan

Setiap operating sistem Windows pasti mempunyai software yang satu ini, salah satu kegunaan dari software ini adalah dapat melakukan scan dokumen. Untuk lebih lengkapnya perhatikan langkah-langkah berikut ini :

  1. Hidupkan printer dan sambungkan pada komputer
  2. Tekan menu Start lalu cari Windows Fax and Scan

Cara Scan Dokumen Menggunakan Printer Epson L3110

  1. Selanjutnya pilih New Scan yang berada pado pojok kiri atas

Cara Scan Menggunakan Epson L3110

  1. Untuk melihat hasilnya bisa tekan Preview terlebih dahulu
  2. Untuk melakukan scan, tekan Scan dan tunggu hingga prosesnya selesai

Masih ada satu metode lain, selain menggunakan aplikasi Epson L3100. Daripada penasaran, langsung saja cek cara scan Epson L3110 berikut ini.

Cara Scan Epson L3110 Melalui Paint

Perlu kalian ketahui dengan software Paint, kalian juga dapat melakukan scan. Untuk cara scannya perhatikan langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka dan jalankan aplikasi Paint yang sudah ada pada komputer atau laptop kalian
  2. Tekan menu File lalu pilih From Scanner Or Camera
  3. Disini kalian juga bisa pilih preview untuk melihat terlebih dahulu
  4. Apabila sudah terlihat pas, tinggal kalian klik Scan
  5. Hasil scan akan muncul di aplikasi scan, kemudian kalian bisa Save As untuk menyimpannya

Demikianlah cara scan Epson L3110. Sangat mudah bukan? Apabila kalian ingin mengcopy dokumen tersebut dalam bentuk hardcopy silahkan melakukan print pada file yang telah kalian scan tersebut.

Jangan lupa share artikel tentang cara scan di printer Epson L3110 ini agar bisa bermanfaat untuk semuanya. Silahkan mencoba dengan tutorial yang menurut kalian paling mudah untuk dilakukan. Berikan beberapa pertanyaan juga apabila ada poin yang belum dipahami.

Tinggalkan komentar