8 Cara Scan Ijazah Lewat HP dan Printer Terlengkap

Ijazah merupakan dokumen yang sangat penting dan perlu discan agar tidak hilang atau untuk kebutuhan lain seperti melamar kerja atau yang laiinya. Untuk itu kami akan memberikan cara scan ijazah lewat HP dengan aplikasi dan tanpa aplikasi juga dengan printer dan scanner.

Scan merupakan proses memindai objek dokumen yang akan diubah menjadi data digital berupa file berformat pdf atau gambar. Sedangkan arti scan ijazah adalah memindai ijazah dengan scanner untuk mendapatkan ijazah dalam bentuk file pdf atau gambar.

Scanner dapat menduplikat objek hard copy dalam bentuk kertas atau foto dengan bantuan sensor cahaya yang ada di dalamnya. Dan hasil dari scan dapat kalian simpan di dalam komputer atau smartphone kalian.

Scan sendiri juga memudahkan kalian dalam penyimpanan berkas jika dokumen secara fisik rusak atau hilang kalian masih mempunyai berkas file secara digital. Dan kalian bisa menggunakan file digital tersebut untuk dapat kalian gunakan sewaktu-waktu.

Untuk dokumen yang sering discan salah satunya adalah ijazah, karena ijazah adalah salah satu dokumen yang paling sering dibutuhkan dan digunakan untuk kepentingan tertentu misalnya untuk mendaftar sekolah, mencari kerja atau lainnya.

Untuk itu kalian harus mengetahui cara scan ijazah terlebih dahulu. Ada beberapa cara yang bisa kalian coba untuk menscan ijazah kalian.

Ada 8 cara yang bisa kalian coba untuk scan dokumen ijazah kalian. Berikut adalah cara-cara tersebut.

Cara Scan Ijazah

Cara scan ijazah dapat dilakukan menggunakan beberapa cara meliputi lewat HP tanpa aplikasi, lewat HP dengan aplikasi, di printer dan di scanner.

Cara-cara tersebut akan kami jelaskan satu persatu pada artikel di bawah ini. Kami berusaha memberikan penjelasan yang mudah dimengerti agar kalian dapat memahaminya.

Cara Scan Ijazah Lewat HP Tanpa Aplikasi

Cara scan ijazah di HP dapat dilakukan tanpa aplikasi, untuk caranya kalian dapat memberhatikan langkah-langah berikut ini:

Menggunakan Aplikasi Bawaan HP

Sebelum melakukan cara di bawah ini, kalian harus memastikan bahwa HP kalian mempunyai aplikasi bawaan pemindai atau scanner.

Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi bawaan HP pemindai atau scanner.

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi bawaan, Pemindai.
  2. Pilih menu Document atau Dokumen
  3. Foto Ijazah kalian dengan rapi agar mendapatkan hasil yang rapi
  4. Setelah itu kalian akan disuruh untuk menyesuaikan lebar ijazah yang akan discan.
  5. Atur ijazah sesuai dengan lebarnya. Setelah dirasa selesai pilih centang
  6. Pilih centang lagi dan file scan ijazah kalian akan otomatis tersimpan di HP.

Cara Scan Ijazah Melalui HP dengan Aplikasi Bawaan

Menggunakan Scanner Online

Selain menggunakan cara di atas, kalian juga dapat menggunakan website scanner online untuk melakukan scan ijazah. Untuk caranya kalian dapat memperhatikan langkah-langah berikut ini:

  1. Buka website https://m.onlinecamscanner.com/
  2. Setelah itu pilih camera untuk melakukan scan pada ijazah atau pilih Gallery jika kalian sebelumnya sudah memfoto ijazah menggunakan kamera
  3. Setelah itu kalian dapat mengatur area yang akan discan, juga terdapat beberapa pengaturan seperti memutar, menyesuaikan cahaya, membesarkan, dan masih banyak lagi.
  4. Setelah dirasa selesai, pilih crop
  5. Kalian akan dapat melihat hasil scan ijazah, pilih download untuk mengunduhnya. Kalian dapat memilih untuk menyimpan dalam bentuk png, jpg atau pdf.

Cara Scan Ijazah Lewat HP Tanpa Aplikasi

Itulah cara yang dapat kalian lakukan untuk scan ijazah secara online. Kalian dapat melakukan ini secara gratis.

Cara Scan Ijazah lewat HP Dengan Aplikasi

Menscan menggunakan aplikasi scanner adalah cara yang sangat mudah sekali, karena tanpa perlu membutuhkan printer atau scanner. Selain itu, kalian juga dapat menscan dimanapun dan kapanpun kalian membutuhkannya.

Menggunakan Google Drive

Google Drive merupakan aplikasi bawaan dari Google yang berfungsi untuk menyimpan file. Ternyata di Google Drive terdapat fitur yang bisa digunakan untuk menscan. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka aplikasi Google Drive di smartphone kalian.
  2. Tap ikon + di bagian sudut kanan bawah.
  3. Pilih opsi Pindai.
  4. Arahkan kamera ke ijazah yang ingin kalian scan.
  5. Jika posisi ijazah sudah pas, tekan tombol foto.

Scan di Google Drive

  1. Hasil foto akan tertampil dan kalian dapat melihatnya, jika kurang puas pilih tanda silang dan ulangi memfoto ijazah. Jika sudah pilih centang
  2. Atur foto sesuai kebutuhan kalian. Setelah itu pilih Simpan
  3. Kemudian beri nama file dan pilih akun untuk menyimpan hasil scan serta folder untuk menyimpannya. Setelah selesai pilih Simpan
  4. Hasil scan ijazah akan tersimpan dalam format PDF di Google Drive kalian.

Cara Scan Ijazah Lewat HP

Pada saat akan menfoto letakkan dokumen di atas latar belakang yang memiliki warna kontras dengan dokumen agar area dokumen mudah dideteksi sehingga hasil scan lebih rapi.

Menggunakan CamScanner

CamScanner merupakan salah satu aplikasi scanner portabel. Yang bisa kalian gunakan untuk menscan file dokumen kantor atau file dokumen lainnya dengan hasil scan yang cukup bagus.

Berikut langkah-langkah menscan menggunakan CamScanner.

  1. Install aplikasi CamScanner melalui Google Play Store atau AppStore
  2. Buka aplikasi tersebut, untuk pertama kali izinkan CamScanner untuk mengakses kamera
  3. Bagi yang ingin langsung menggunakan aplikasi pilih gunakan sekarang, apabila ingin mendaftar akun pilih daftar dan gunakan email atau nomer telepon
  4. Setelah masuk ke aplikasi camscanner, pilih ikon kamera untuk mengambill gambar dokumen

Cara Scan Dokumen Menggunakan CamScanner

  1. Saat masuk ke kamera, kalian akan disajikan beberapa pilihan mode yaitu mode tunggal dan mode batch. Mode tunggal adalah kalian hanya menscan satu lembar dokumen, sedangkan mode batch adalah kalian dapat melakukan scan beberapa file secara berurutan. Selain itu ada beberapa jenis data yang bisa diambil yaitu dokumen biasa, kartu id, barcode, OCR, PPT. Dan juga terdapat pengaturan seperti flash, resolusi, dan masih banyak lagi
  2. Setelah itu lakukan scan dengan menekan icon kamera
  3. Kalian dapat mengatur rotasi dan area yang akan dipotong, jika dirasa selesai pilih berikutnya
  4. Akan disajikan beberapa mode : asli, lighten, warna ajaib, mode abu-abu, dan black and white. Silahkan pilih mode kesukaan kalian. Saya lebih merekomendasikan menggunakan warna ajaib, karena teks akan terlihat lebih jelas dan seperti dokumen asli.
  5. Setelah selesai pilih Menyimpan

Cara Scan Dokumen Menggunakan CamScanner

  1. Hasil scan sudah jadi, kalian dapat mengirimkan melalui Bluetooth, email, whatsapp, atau aplikasi lainnya. Hasil scan tidak dapat disimpan langsung ke galeri, kalian dapat menyimpannya dengan meng-email kediri sendiri dengan memilih titik 3 pada pojok kanan atas dan pilih email ke diri sendiri

Cara Scan Dokumen Menggunakan CamScanner

Agar hasil scan jelas, sebelum mengambil foto pastikan dokumen mendapatkan cahaya yang cukup. Usahakan tangan jangan bergetar ketika mengambil foto dokumen.

Menggunakan Simple Scan

Simple Scan merupakan aplikasi scan dengan tampilan yang lebih sederhana. Ukuran aplikasinya juga lumayan kecil 30 MB saja yang tidak terlalu banyak membutuhkan ruang yang banyak.

  1. Bagi yang belum mempunyai aplikasi Simple Scan silahkan download terlebih dahulu di Playstore (bagi pengguna Android) dan AppStore (bagi pengguna Iphone).
  2. Selesai download aplikasi Simple Scan kemudian Buka Aplikasi Simple Scan.
  3. Tap ikon kamera di halaman awal aplikasi.
  4. Arahkan kamera ke ijazah yang akan di scan. Posisikan ijazah yang akan discan di tempat yang terang.
  5. Foto ijazah dan pastikan foto jelas dan tidak blur.
  6. Atur ukuran dan crop bagian yang tidak perlu.
  7. Scan dokumen ijazah selesai.

Hasil scan dokumen aplikasi Simple Scan berupa format PDF dan JPG. Aplikasi Simple Scan juga dapat mengupload hasil scan ke Google Drive dan Dropbox secara otomatis.

Menggunakan Tiny Scanner

Tiny Scanner adalah aplikasi scan dapat menscan dokumen, foto, kwitansi, laporan, atau berkas apapun menjadi PDF dan JPG. Berikut langkah scan menggunakan Tiny Scanner.

  1. Bagi yang belum mempunyai aplikasi Simple Scan silahkan download terlebih dahulu di Playstore (bagi pengguna Android) dan AppStore (bagi pengguna Iphone).
  2. Siapkan dokumen ijazah yang akan di scan.
  3. Selesai download aplikasi Tiny Scanner kemudian Buka Aplikasi Tiny Scanner.
  4. Pilih ikon kamera lalu foto ijazah yang ingin di scan.
  5. Atur posisi scan ijazah sesuai kebutuhan.
  6. Tekan tanda centang untuk menyimpan.
  7. Pilih format hasil scan ijazah disimpan dalam format PDF atau JPG.
  8. Scan ijazah selesai.

Tiny Scanner juga bisa mengambil foto dokumen yang tersimpan di galeri HP untuk di scan. Selain itu juga dapat membuat hasil scan PDF dengan beberapa halaman.

Cara Scan Ijazah di Printer

Untuk cara scan di printer ini, pastikan printer yang kalian gunakan harus mempunyai scanner. Karena terdapat beberapa printer yang tidak mempunyai scanner. Untuk melakukan scan pada printer, perhatikan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Siapkan dan hubungkan komputer/laptop dengan printer menggunakan kabel USB Printer.
  2. Hidupkan komputer dan printer dengan menekan tombol ON.
  3. Siapkan ijazah kalian kemudian masukkan ke dalam scanner printer dan jangan lupa tutup kembali tutup scanner.
  4. Lihat Komputer dan Laptop kalian, Buka Program Windows Fax and Scan.
  5. Setelah terbuka pilih New Scan
  6. Atur resolusi hasil scan sesuai kebutuhan kalian.
  7. Klik Preview untuk melihat hasil scan.
  8. Atur ukuran dengan mengcrop garis tepi yang tidak perlu.
  9. Klik Scan dan otomatis hasil scan akan tersimpan di Scanned Documents dalam format image atau JPG.

Itulah cara yang dapat kalian lakukan untuk melakukan scan ijazah pada printer yang mempunyai scanner.

Baca Juga: Cara Scan di Printer Epson L3110

Cara Scan Ijazah di Scanner

Mungkin cara ini sudah jarang digunakan, karena kebanyakan untuk melakukan scan sudah menggunakan cara-cara yang kami sebutkan di atas.

Akan tetapi mungkin beberapa dari kalian masih menggunakan scanner untuk melakukan scan ijazah. Untuk caranya, perhatikan langkah-langkah berikut ini:

  • Siapkan dokumen ijazah yang akan di scan kemudian masukkan ke dalam scanner
  • Tutup cover dokumen pada scanner dengan sempurna
  • Tekan tombol Scan pada Scanner Canon
  • Scan akan berjalan secara otomatis
  • Hasil scan akan tersimpan otomatis

Nah itulah cara scan ijazah lewat HP, printer dan scanner. Kalian dapat melakukan salah satu dari banyak cara di atas. Pilih sesuai keinginan kalian.

Semoga artikel kami membantu dan kalian dapat berkomentar apabila terdapat sesuatu yang kurang dipahami. Atau jika dirasa artikel ini bermanfaat, kalian dapat membagikan melalui tombol share yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar