4 Cara Screenshot OPPO dengan Mudah untuk Semua Tipe

Mengambil gambar atau Screenshot gambar pada smartphone tentunya sudah menjadi hal penting bagi semua orang, untuk mengambil gambar chat sebagai bukti kepada orang, mengambil gambar yang tidak bisa di unduh, atau hal lainnya. Sayangnya, setiap jenis merek smartphone beda caranya untuk screenshot. Namun tidak semua pengguna tahu cara screenshot gambar atau menggambil gambar. Kali ini Laci Usang akan membagikan bagaimana cara screenshot OPPO dengan mudah.

Dalam artikel ini terdapat 4 cara screenshot oppo yang  dapat anda pilih sesuai selera kalian.

4 Cara Screenshot OPPO dengan Mudah untuk Semua Tipe

Dengan Cara Menekan Volume Bawah + Tombol Power

Cara screenshot OPPO dengan cara menekan volume bawah

Cara yang pertama anda bisa menekan tombol volume bawah + tombol power dengan bersamaan. Cara ini menghasilkan hasil screenshot satu layar utuh tanpa ada opsi edit. Cara ini sudah tidak asing lagi untuk screenshot oppo atau smartphone lainya, jika anda masih bingung begini langkah-langkahnya.

  1. Tentukan layar anda atau halaman yang ingin anda screenshot atau mengambil gambarnya.
  2. tekan tombol volume bawah + tombol power secara bersamaan. Jika terjadi flash atau layar berkedip, berarti anda sudah berhasil screenshot.
  3. Gambar hasil screenshot anda bisa anda lihat di notifikasi atau juga bisa langsung anda lihat di gallery album screenshot.

Dengan Cara Menekan Volume Atas + Tombol Power

Cara screenshot OPPO dengan cara menekan volume atas

Dengan cara ini anda bisa screenshoot gambar seperti cara yang terterai di atas.

Tetapi berbeda dengan yang ada di atas, ini memberikan opsi untuk mengedit screenshot seperti memanjang atau mengatur daerah yang ingin di ambil. Terus bagaimana dengan cara yang satu ini? Ini langkah langkahnya.

  1. Tentukan layar kalian atau halaman yang anda ingin di screenshot.
  2. Tekan tombol volume atas + tombol power secara bersamaan.
  3. Setelah itu muncul beberapa fitur pada bagian kanan layar handphone oppo kalian dengan pilihan screenshot, next page, dan save.
  4. Pilih fitur save untuk screenshot layaknya seperti biasa,seperti cara yang pertama.
  5. Pilih screenshot untuk mengatur seberapa tinngi gambar yang ingin kalian screenshot.
  6. Setelah itu save dan anda sudah bisa screenshot gambar yang kalian inginkan.

 Baca Juga : Cara Cek Garansi Oppo

Dengan Menggunakan 3 Jari

Cara screenshot oppo yang satu ini sangat memudahkan penggunanya dalam mengambil tangkapan layar. Cukup dengan mengusap menggunakan 3 jari dari atas ke bawah, anda akan mendapatkan hasil screenshot yang bisa langsung anda lihat di galeri. Tetapi mungkin jika anda tidak dapat menggunakan gesture 3 jari tersebut, anda perlu mengaktifkannya terlebih dahulu di pengaturan. Anda dapat mengaktifkannya dengan membuka Pengaturan > Gerakan > Screen On > Aktifkan 3 jari untuk Screenshot. Setelah mengaktifkan gesture tersebut anda dapat menggunakan screenshot 3 jari dengan langkah langkah sebagai berikut:

  1. Tentukan layar anda atau halaman yang ingin anda screenshot atau mengambil gambarnya.
  2. Sapukan 3 jari anda dari atas ke bawah. Jika terjadi flash atau layar berkedip, berarti anda sudah berhasil screenshot.
  3. Gambar hasil screenshot anda bisa anda lihat di notifikasi atau juga bisa langsung anda lihat di gallery album screenshot.

Dengan Menggunakan Aplikasi

Dengan zaman yang modern ini, zaman yang semuanya serba ada tentunya para pengembang aplikasi (developer) khusunya pengembang aplikasi mobile, juga tidak kalah untuk membuat aplikasi yang di gunakan untuk  screenshot smartphone kalian, inilah beberapa rekomendasi aplikasi screenshot yang mudah di gunakan.

  1. Tangkapan Layar Mudah (Play Store)

Tangkapan Layar Mudah

Pada aplikasi screenshot ini anda bisa mendownloadnya di Play Store, caranya buka Play Store yang ada di handphone oppo kalian, ketik pada kolom pencarian “tangkapan laya mudahdengan hitungan detik  akan muncul aplikasinya langsung saja klik download. Setelah terdownload install dan tunggu instalasi sampai selesai, setelah selesai jalankan aplikasinya.

Langkah – langkah screenshot menggunakan aplikasi ini yaitu

  1. Masuk pada aplikasinya
  2. Setelah itu akan muncul menu start capture
  3. Pilih start capture dan akan muncul notifikasi bagaimana cara screenshot.
  4. Untuk mengeditnya anda perlu masuk ke aplikasi tersebut untuk melakukan crop atau sedikit coretan
  1. Screenshot Touch (Play Store)

Screenshot Touch

Aplikasi screenshot ini juga salah  satu apliksi yang mudah untuk digunakan. Selain itu dalam aplikasi ini juga mendukung perekam layar dengan format mp4 dengan pilihan resolusi, frame rate, audio. Menurut kami ini adalah paket komplit satu aplikasi yang dapat digunakan 2 fungsi sekaligus yaitu screenshot dan perekam layar.

Langkah – langkah mengoperasikan Screenshot Touch

  1. Buka aplikasi Screenshot Touch
  2. Untuk pertama kali membuka anda akan diberikan tutorial bagaimana cara mengoperasikannya. tekan ok
  3. Cukup tekan pada Start capture monitoring services
  4. Dan bilah Screenshot Touch akan muncul pada notifikasi
  5. Pilih area atau halaman yang ingin anda screenshot, kemudian tekan icon screenshot touch dan screenshot sudah tersimpan
  1. Touchshot (Play Store)

Touchshot

Dengan sekali sentuhan anda sudah mendapatkan hasil screenshot yang anda inginkan, begitulah cara menggunakan aplikasi ini. Sungguh sangat mudah sekali. Fitur yang terdapat dalam aplikasi ini sungguh sangat lengkap seperti crop, memberikan coretan, memberikan watermark dan juga dapat memberikan tulisan. Dengan fitur yang sebanyak itu aplikasi ini tidak memerlukan akses root. Selain screenshot, aplikasi ini juga mendukung perekaman layar yang kualitasnya juga sudah cukup baik.

Langkah – langkah mengoperasikan aplikasi Touchshot:

  1. Buka aplikasi Touchshot
  2. Akan ditampilkan beberapa menu diantaranya screen capture, screen record, image edit, gallery
  3. Jika anda ingin screenshot maka pilih lah screen capture
  4. Setelah terpilih akan muncul bilah notifikasi touchshot di smarthphone kalian
  5. Pilih area atau halaman yang ingin anda screenshot, kemudian tekan bagian screenshot di touchshot

Masih banyak lagi aplikasi screenshot lainnya yang ada di Play Store. Tinggal kalian buka Play Store di handphone oppo kalian dan search aplikasi screenshot, ada banyak aplikasi-aplikasi screenshot yang mudah digunakan, tinggal pilih sesuai selera kalian mana yang cocok dengan anda.

Cara Screenshot OPPO Memanjang

Cara Screenshot OPPO Memanjang

Nah di dalam smartphone oppo itu sendiri dalam mode screenshotnya, ada fitur yang unik yaitu screenshot memanjang, jadi ketika kalian ingin screenshot chat atau apapun itu yang memanjang, anda bisa menggunakan fitur screenshot memanjang ini.

Screenshot memanjang  ini sekarang menjadi hal yang penting yang harus anda ketahui wahai pengguna smartphone Oppo. Dengan screenshot memanjang kalian bisa screenshot chat, website atau apapun itu yang bebentuk memanjang. Jika kalian belum mengetahui langkah – langkah screenshot oppo memanjang dengan benar, di bawah ini Laci Usang memberikan tutorialnya dengan mudah.

  • Yang Pertama kalian buka chat yang ingin kalian screenshot atau tampilan lainya selain chat.
  • Yang kedua tekan volume atas dan tombol power secara bersamaan, setelah itu di kanan layar akan muncul option screenshot, next page, dan save.
  • Yang Ketiga tinggal kalian pilih option next page.
  • Yang keempat anda dapat mengatur Panjang screenshot dengan menggunakan option screenshot, setelah mengatur anda dapat menyimpan tangkapan layar tersebut dengan memilih option save.
  • Yang kelima lihat di gallery, hasil screenshot kalian sudah dapat tersimpan.

Nah itu beberapa cara screenshot oppo. Untuk kalian pengguna smartphone oppo yang masih baru pasti masih canggung untuk cara screenshotnya. Makanya untuk itu Laci Usang membagikan cara screenshot oppo yang benar untuk kalian semua . Gimana, sudah mengerti dan paham belum tentang cara screenshot oppo yang kami bagikan. Silahkan coba dan praktekkan di hp smartphone oppo kalian.

Tinggalkan komentar