Cara Screenshot Realme 7 / 7i / 7 Pro Termudah

Melakukan screenshot merupakan hal yang sangat mudah. Akan tetapi bagi sebagian pengguna baru seri Realme 7 ini tidak mengetahui cara menangkap layar pada Realme 7 / 7i / 7 Pro. Untuk itu kami akan memberikan tutorial cara screenshot Realme 7 / 7i / 7 Pro.

Pada tanggal 3 September 2020 kemarin, Realme baru saja merilis smartphone dengan tipe yang terbaru, yaitu Realme 7, 7i, dan 7 Pro. Sedangkan Realme 7 ini resmi dirilis di Indonesia pada tanggal 17 September 2020. Sejak perilisannya, smartphone keluaran terbaru tersebut sudah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena berbagai fitur yang menarik serta hargnya yang terjangkau.

Fitur yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang salah satunya adalah fitur screenshot. Terutama bagi anak-anak muda yang sering digunakan untuk screenshot hal-hal yang penting. Meskipun tutorial screenshot ini cukup mudah, namun bagi pemula, cara screenshot Realme 7 / 7i / 7 Pro ini perlu diketahui.

Lalu bagaimana cara screenshot Realme 7 / 7i / 7 Pro? Apakah sama saja dengan tipe Realme yang lainnya? Jika kalian penasaran, maka kalian bisa cek sendiri tutorialnya di bawah ini.

Cara Screenshot Realme 7 / 7i / 7 Pro

Screenshot atau yang juga dikenal dengan sebutan screen capture ini, pada dasarnya adalah mengambil tangkapan cuplikan yang muncul atau tampil pada layar yang kemudian disimpan dalam bentuk gambar (tersimpan di galeri). Gambar ini tentu saja dapat dijadikan sebagai dokumentasi, alat bukti, dibagikan ke sosial media dan sebagainya.

Nah bagi kalian yang masih bingung terkait cara screenshot Realme 7 / 7i / 7 Pro ini, berikut kami  sajikan panduan lengkapnya. Mulai dari menggunakan tombol, tanpa tombol hingga screenshot panjang.

Menggunakan Tombol Fisik

Cara screenshot Realme 7 / 7i / 7 Pro yang pertama ini adalah menggunakan tombol fisik, cara ini sangat mudah dan paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Untuk lebih mempermudah kalian bagi pengguna pemula, di bawah ini telah kami tuliskan tutorialnya secara lengkap dan jelas:

  1. Hidupkan smartphone Realme 7 / 7i / 7 Pro kalian
  2. Cari apa saja yang ingin kalian screenshot
  3. Setelah menemukannya, langsung saja tekan tombol Power dan tombol Volume Bawah secara bersamaan

Cara Screenshot Realme 7 7i 7 Pro

  1. Setelah itu muncul suara rana kamera dan layar berkedip, tandanya cara screenshot Realme 7 / 7i / 7 Pro telah berhasil dilakukan
  2. Untuk hasilnya, kalian bisa melihatnya pada galeri yang ada di folder screenshot

Tetapi sayangnya, walaupun menggunakan komninasi tombol fisik ini sangat mudah dan praktis ketika digunakan, akan tetapi hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan dini pada tombol daya dan pengatur suara apabila terlalu sering digunakan. Nah, untuk mengatasinya, sebaiknya kalian bisa menggunakan metode lain seperti yang kami tulis di bawah ini.

Menggunakan Tiga Jari

Cara screenshot Realme 7 / 7i / 7 Pro selanjutnya adalah menggunakan fitur tiga jari. Fitur tersebut bisa kalian aktifkan terlebih dahulu pada pengaturan ponsel. Di bawah ini adalah tutorial lengkapnya:

  1. Hidupkan smartphone Realme 7 / 7i / 7 Pro kalian
  2. Buka menu Pengaturan atau Setting
  3. Selanjutnya pilih Alat Serba guna (Convenience Tools)
  4. Kemudian pilih opsi Gestur & Gerakan (Gesture & Motion)
  5. Lalu aktifkan Cupilkan dengan 3 jari (3 Finger Screenshot) dengan cara menyentuh atau mengklik tombol geser yang berada di sampingnya hingga aktif

Mengaktifkan fitur 3 jari di Realme 7

  1. Setelah selesai mengaktifkan fitur gerakan 3 jari, kalian bisa mencari apa saja yang ingin discreenshot
  2. Jika sudah menemukannya, usap layar dari atas ke bawah menggunakan ujung 3 jari kalian

Cara Screenshot Menggunakan 3 Jari atau 3 Finger Screenshot

  1. Setelah itu muncul suara rana kamera dan layar berkedip, tandanya cara screenshot Realme 7 / 7i / 7 Pro telah berhasil dilakukan
  2. Untuk hasilnya, kalian bisa melihatnya pada galeri yang ada di folder screenshot

Cara kedua ini tdak kalah mudah kok dengan yang pertama. Jadi, saran kami jangan terlalu sering menggunakan tombol fisik untuk melakukan screenshot, sebagai gantinya kalia bisa menggunakan fitur tiga jari untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

Baca Juga : Cara Mengunci Jaringan 4G Realme

Menggunakan Fitur Smart Sidebar

Selain menggunakan tombol fisik, kalian juga bisa mengaktifkan fitur smart sidebar untuk mempermudah dalam melakukan screenshot Realme 7 / 7i / 7 Pro. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan tutorial di bawah ini:

  1. Hidupkan smartphone Realme 7 / 7i / 7 Pro kalian
  2. Buka menu Pengaturan atau Setting
  3. Selanjutnya pilih Alat Serba guna (Convenience Tools)
  4. Untuk mengaktifkan fitur ini pilih Bilah Samping Cerdas (Smart Sidebar)
  5. Lalu aktifkan Bilah Samping Cerdas (Smart Sidebar) dengan cara menyentuh atau mengklik tombol geser yang berada di sampingnya hingga aktif

Cara Mengaktifkan Smart Sidebar di Realme 7

  1. Setelah selesai mengaktifkan fitur smart sidebar, kalian bisa mencari apa saja yang ingin discreenshot
  2. Jika sudah menemukannya, geser dari arah kiri ke kanan pada ikon panah atau garis tipis yang ada di sebelah kanan untuk memunculkan menu pintasan Smart Sidebar
  3. Jika sudah muncul, silahkan klik menu Screenshot

Cara Screenshot Realme 7 melalui Smart Sidebar

  1. Untuk hasilnya, kalian bisa melihatnya pada galeri yang ada di folder screenshot

Perlu kalian ketahui, smart sidebar Realme 7 / 7i / 7 Pro selain menyediakan fitur screenshot, juga menyediakan banyak opsi lainnya. Termasuk merekam video pada layar, file manager, pesan dan lain sebagainya. Selain itu, kalian juga bisa mengatur, memindahkan, menambah atau menghapus pintasan yang ada didalamnya.

Baca Juga : Cara Cek Garansi Realme

Cara Screenshot Panjang Realme 7 / 7i / 7 Pro

Terkadang karena kebutuhan tertentu, kita perlu melakukan screenshot yang cukup panjang. Hal tersebut dapat dilakukan pada Realme 7 ini. Bagaimana caranya? Di bawah ini adalah tutorialnya:

  1. Hidupkan smartphone Realme 7 / 7i / 7 Pro kalian
  2. Cari apa saja yang ingin kalian screenshot
  3. Setelah menemukannya, langsung saja  ambil screenshot menggunakan salah satu dari tiga metode di atas (tombol fisik fitur tiga jari, dan fitur smart sidebar)
  4. Setelah tangkapan layar berhasil diambil, maka akan muncul Preview atau Cuplikan pada sisi kiri layar.
  5. Kemudian silahkan kalian pilih icon untuk screenshot panjang yang berada di bawah preview screenshot
  6. Setelah terbuka, silahkan gulir ke bawah sampai dibagian yang kalian inginkan
  7. Bila sudah, terakhir silahkan klik Selesai atau Done untuk menyimpan hasilnya.
  8. Untuk hasilnya, kalian bisa melihatnya pada galeri yang ada di folder screenshot

Cara Screenshot Panjang Realme 7

Itulah sedikit informasi terksit cara screenshot hp Realme 7 / 7i / 7 Pro yang bisa kami berikan. Silahkan pilih metode apa saja yang menurut kalian paling mudah. Yang terpenting jangan terlalu sering menggunakan tombol fisik, karena nantinya akan menyebabkan kerusakan dini pada tombol tersebut.

Jangan lupa untuk share tutorial cara screenshot  pada hp Realme 7 / 7i / 7 Pro ini agar bisa membantu yang lainnya juga.  Kalian juga bisa menanyakan pertanyaan apabila ada yang kurang jelas.

Tinggalkan komentar