Cara Mudah Screenshot Redmi 9, 9A, dan 9C

Redmi 9, 9A, dan 9C merupakan salah satu ponsel keluaran terbaru dari Xiaomi. Mereka merilis ponsel tersebut pada tahun 2020. Karena ponsel tersebut memiliki harga yang murah dengan spesifikasi yang cukup baik, seri Redmi 9 mampu meraup banyak pengguna. Akan tetapi sebagian pengguna tidak mengetahui cara menangkap layar pada Xiaomi Redmi 9, 9A, 9C. Untuk itu kami akan memberikan tutorial cara screenshot Redmi 9 / 9A / 9C.

Sebagai salah satu handphone Rp 1 jutaan andalan Xiaomi di Indonesia, Redmi 9, 9A, dan 9C hadir dengan desain, performa, dan fitur-fitur yang menarik bagi penggunanya. Selain itu Redmi terkenal mempunyai harga yang murah dengan spesifikasi tinggi diantara pesaingnya.

Redmi 9, 9A, dan 9C memiliki kemampuan untuk mengambil screenshot dengan berbagai metode yang terdiri dari kombinasi tombol fisik, gesture 3 jari, bar notifikasi, dan bola pintas. Untuk kalian yang belum mengetahui cara screenshot Redmi 9, 9A, dan 9C kalian bisa melihatnya tutorial di bawah ini.

Sejak dirilis untuk pertama kalinya, Redmi 9 telah menjalankan perangkat lunak Android Q 10 dengan ROM MIUI 12. Selain dibekali berbagai fitur-fitur baru, segudang optimasi peningkatan performa, juga dilengkapi berbagai fitur screenshot untuk memudahkan penggunanya dalam mengambil tangkapan cuplikan layar.

Dan untuk screenshot atau tangkapan layar tersebut bisa dilakukan dengan berbagai metode yang bisa kalian pilih. Mungkin cara screenshot di Redmi 9 / 9A / 9C ini merupakan hal yang mudah untuk dilakukan, namun kami yakin diantara kalian masih belum banyak yang mengetahuinya. Jadi baca artikel ini sampai akhir yaa.

Cara Screenshot Redmi 9, 9A, dan 9C

Saat ini semua ponsel dibekali dengan fitur screenshot yang bertujuan untuk menangkap sebuah layar pada ponsel. Pada Redmi 9, 9A, dan 9C Xiaomi membekali dengan berbagai metode untuk melakukan screenshot.

Terdapat 4 cara untuk melakukan screenshot pada Redmi 9, 9A, dan 9C diantaranya melalui  kombinasi tombol fisik, gesture 3 jari, bar notifikasi, dan bola pintas. Cara tersebut sangat mudah untuk dilakukan bagi pengguna awam sekalipun. Untuk lebih jelasnya perhatikan cara screenshot Xiaomi Redmi 9 / 9A / 9C berikut ini

Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

Cara screenshot menggunakan kombinasi tombol fisik ini merupakan cara yang paling umum dilakukan untuk melakukan screenshot. Akan tetapi untuk melakukan screenshot, setiap smartphone mempunyai kombinasi tombol yang berbeda beda. Untuk Redmi 9, 9A, dan 9C perhatikan langkah – langkah dibawah ini:

  1. Pertama, buka kunci layar dan masuk ke homescreen Redmi 9 / 9A / 9C kalian
  2. Selanjutnya, cari gambar atau tulisan yang ingin kalian screenshot
  3. Setelah menemukannya, tekan tombol Power dan Volume Bawah yang di tekan secara bersamaan

Cara Screenshot Redmi 9

  1. Apabila terdengar suara shutter dan layar berkedip, maka screenshot berhasil diambil
  2. Gambar hasil screenshot dapat langsung dilihat pada menu galeri bawaan handphone Redmi 9 kalian

Perlu diketahui screenshot menggunakan tombol fisik ini jika dilakukan berulang kali dalam jangka waktu yang lama dapat merusak tombol. Meskipun ini adalah cara yang mudah, kami merekomendasikan untuk melakukan screenshot menggunakan metode lainnya.

Baca Juga : Cara Screenshot Redmi Note 9 dan Note 9 Pro

Menggunakan 3 Jari

Ini merupakan cara screenshot yang sangat kami rekomendasikan. Karena caranya cukup mudah yaitu menggunakan gestur 3 jari. Untuk lebih lengkapnya perhatikan langkah – langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka kunci layar dan masuk ke homescreen Redmi 9 / 9A / 9C kalian
  2. Selanjutnya, cari gambar atau tulisan yang ingin kalian screenshot
  3. Setelah menemukannya, maka Swipe atau sapu layar dari bagian atas ke bawah dengan tiga jari yang telah dirapatkan

Cara Screenshot Redmi 9 menggunakan 3 jari

  1. Pada saat layar berkedip dan suara shutter terdengar, maka screenshot telah selesai dilakukan
  2. Kalian dapat melihat gambar hasil screenshot pada menu galeri bawaan Redmi 9 / 9A / 9C kalian

Jika kalian sudah melakukan cara diatas akan tetapi ponsel kalian tidak melakukan screenshot  maka kalian perlu mengaktifkan fitur screenshot 3 jari tersebut pada menu pengaturan. Cara mengaktifkannya masuk ke Pengaturan kemudian pilih Setelan Tambahan lalu pilih Pintasan Tombol kemudian cari Ambil Screenshot dan rubah ke Geser kebawah dengan 3 jari.

Mengaktifkan Screenshot 3 jari

Menggunakan Bar Notifikasi

Pada umumnya bar notifikasi pada HP Xiaomi telah dilengkapi dengan fitur screenshot, tak terkecuali pada Redmi 9, 9A, dan 9C. Fitur tersebut sangat memudahkan kalian untuk mengambil tangkapan layar. Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah – langkah berikut :

  1. Pertama, buka kunci layar dan masuk ke homescreen Redmi 9 / 9A / 9C kalian
  2. Selanjutnya, cari gambar atau tulisan yang ingin kalian screenshot
  3. Setelah menemukannya, maka Swipe dari atas layar untuk membuka bar notifikasi. Setelah membukanya pilih icon screenshot yang bergambar kotak dan gunting.

Cara Screenshot Redmi 9 menggunakan bar notifikasi

  1. Pada saat layar berkedip dan suara shutter terdengar, maka screenshot telah selesai dilakukan
  2. Kalian dapat melihat gambar hasil screenshot pada menu galeri bawaan Redmi 9 / 9A / 9C kalian

Jika kalian yang tidak menemukan icon screenshot pada bar notifikasi, kalian harus memunculkannya terlebih dahulu melalui bar notifikasi dan pilih ubah. Kemudian geser icon screenshot agar muncul dalam bar notifikasi.

Menggunakan Bola Pintas

Untuk melakukan cara screenshot Xiaomi Redmi 9 / 9A / 9C menggunakan bola pintas ini, terlebih dahulu kalian harus memunculkan bola pintas tersebut melalui pengaturan. Untuk lebih lengkapnya perhatikan langkah – langkah berikut ini :

  1. Pertama, kalian harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur Assistive Touch atau Bola Pintas ini. Buka Pengaturan pada ponsel kalian
  2. Setelah itu pilih Pengaturan Tambahan. Kemudian cari dan pilih Bola Pintas.
  3. Pilih Hidupkan Bola Pintas untuk mengaktifkan bola pintas tersebut

Menghidupkan Bola Pintas

  1. Selanjutnya, cari gambar atau tulisan yang ingin kalian screenshot
  2. Setelah menemukannya, akses Bola Pintas dengan menyapu atau menyentuh bola pintas.
  3. Tekan tombol Screenshot yang berlambang kotak dan gunting

Cara Screenshot Redmi 9 Menggunakan Bola Pintas

  1. Setelah tombol ditekan, maka layar akan berkedip dan suara shutter berbunyi
  2. Kalian dapat melihat gambar hasil screenshot pada menu galeri bawaan Redmi 9 / 9A / 9C kalian

Jika kalian bingung melakukan cara screenshot Redmi 9 / 9A / 9C menggunakan bola pintas ini, kalian dapat memilih menggunakan metode yang lainnya untuk melakukan screenshot.

Cara Screenshot Panjang Redmi 9 / 9A / 9C

Screenshot panjang juga dapat dilakukan melalui Redmi 9, 9A, dan 9C. Caranya sangat mudah. Bagi kalian yang belum mengetahui perhatikan cara screenshot panjang Redmi 9 / 9A / 9C berikut ini :

  1. Pertama, buka kunci layar dan masuk ke homescreen Redmi 9 / 9A / 9C kalian
  2. Selanjutnya, cari gambar atau tulisan yang ingin kalian screenshot
  3. Setelah menemukannya, screenshot layar menggunakan salah satu metode di atas.
  4. Setelah melakukan screenshot, pada pojok kanan layar terdapat hasil screenshot. Untuk melakukan screenshot panjang, pilih Gulir
  5. Setelah itu kalian akan dibawa pada halaman gulir, geser ke bawah sesuai dengan panjang screenshot yang kalian inginkan.
  6. Setelah dirasa panjang screenshot sudah sesuai yang diinginkan, pilih Selesai

Cara Screenshot Panjang Redmi 9

  1. Kalian dapat melihat gambar hasil screenshot pada menu galeri bawaan Redmi 9 / 9A / 9C kalian

Perlu diketahui jika saat melakukan screenshot panjang, tombol gulir tidak dapat di pencet maka dapat dipastikan halaman tersebut tidak dapat dilakukan screenshot panjang.

Itulah cara screenshot Redmi 9 / 9A / 9C dengan berbagai metode. Kalian dapat memilih salah satu metode yang kalian sukai. Juga kami sudah memberikan cara screenshot panjang Redmi 9 / 9A / 9C yang bisa kalian gunakan untuk melakukan screenshot yang panjang.

Jika menurut kalian artikel cara screenshot Redmi 9 / 9A / 9C ini bermanfaat kalian dapat berbagi melalui tombol share yang sudah kami sediakan. Atau jika terdapat sesuatu yang kurang dipahami, kalian dapat bertanya melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar