Cara Screenshot Redmi Note 8 dan Note 8 Pro

Bagi pengguna baru Redmi Note 8 atau Note 8 Pro, mungkin terdapat sebagian pengguna yang tidak mengetahui cara melakukan tangkapan layar entah karena baru menggunakan HP merek Xiaomi atau alasan lainnya. Berikut akan kami berikan cara screenshot Redmi Note 8 dan Note 8 Pro.

Redmi memiliki berbagai jenis tipe yang semuanya terjual laris di pasaran termasuk Indonesia. Seperti tipe Redmi Note 8 dan Redmi Note 8 Pro yang dirilis di Indonesia pada tanggal 17 Oktober 2019 kemarin sudah memikat banyak perhatian masyarakat karena harganya yang terjangkau serta fiturnya yang tidak kalah canggih dibandingkan dengan smartphone mahal lainnya.

Kedua ponsel terbaru dari Xiaomi tersebut sama-sama  mengusung empat kamera belakang. Bukan dari segi kamera saja, terdapat pula peningkatan lain mulai dari prosesor hingga fitur-fitur baru yang tidak dimiliki oleh sang pendahulunya. Meskipun demikian, masih ada beberapa fitur yang diadopsi dari Redmi sebelumnya dan salah satunya adalah fitur screenshot. Jika kalian pengguna baru Redmi Note 8 atau Redmi Note 8 Pro kalian bisa membaca tutorial cara screenshot Redmi Note 8 di bawah ini.

Semua smartphone saat ini pasti sudah dibekali dengan fitur screenshot atau capture. Jadi, fitur screenshot adalah sebuah fitur yang digunakan untuk mengambil atau memotret tampilan layar smartphone kita dan disimpan menjadi sebuah gambar digital yang biasanya berformat .jpg atau .png.

Dengan adanya fitur screenshot ini tentunya sangat bermanfaat bagi kita semua. Karena dapat digunakan untuk menyimpan bukti percakapan, bukti transfer melalui internet tanpa harus mencatat dengan manual. Sebenarnya cara screenshot pada semua hp hampir sama, akan tetapi khusus pada ponsel Redmi Note 8 dan Note 8 Pro ini akan sedikit berbeda. Karena terdapat berbagai cara untuk melakukan screenshot.

Untuk lebih lengkapnya kalian dapat membaca cara screenshot Redmi Note 8 dan Note 8 Pro berikut ini

Cara Screenshot Redmi Note 8 / Note 8 Pro

Redmi Note 8 dan Note 8 Pro adalah salah satu posel dari Xiaomi yang cukup kami rekomedasikan, karena ponsel tersebut mempunyai spesifikasi yang tinggi dan fitur yang sangat banyak dan dibandrol dengan harga yang murah dibanding pesaingnya.

Salah satu fitur dalam Redmi Note 8 dan Note 8 Pro ini adalah dapat menangkap layar atau melakukan screenshot dengan berbagai  metode. Terdapat 4 cara untuk melakukan screenshot Redmi Note 8 atau Note 8 Pro.

Menggunakan Kombinasi Tombol

Kami yakin, banyak diantara kalian semua yang sudah mengetahui cara screenshot Redmi Note 8 / Note 8 Pro menggunakan kombinasi tombol. Karena bisa dikatakan cara ini yang paling umum, yang paling banyak diketahui oleh kebanyakan orang. Namun tetap saja, kami akan memberikan tutorialnya agar mereka yang belum mengetahui bisa mempelajarinya juga.

  1. Nyalakan smartphone Redmi Note 8 kalian
  2. Carilah gambar atau apa pun yang ingin kalian screenshot
  3. Jika sudah menemukannya, tekan tombol Power dan Volume Bawah yang ditekan secara bersamaan

Cara Screenshot Redmi Note 8 dan Note 8 Pro menggunakan tombol

  1. Tahan sampai terdengar suara rana kamera dan layar ponsel berkedip, maka setelah itu lepaskan
  2. Screenshot telah berhasil dilakukan, untuk mengeceknya kalian bisa menuju pada galeri dan mencarinya pada folder screenshot atau tangkapan layar

Perlu diketahui screenshot menggunakan tombol fisik ini jika dilakukan berulang kali dalam jangka waktu yang lama dapat merusak tombol. Meskipun ini adalah cara yang mudah, kami merekomendasikan untuk melakukan screenshot menggunakan metode lainnya. Untuk cara screenshot Redmi Note 8 dan Note 8 Pro selain menggunakan tombol fisik, kalian dapat melihat tutorialnya di bawah ini.

Baca Juga : Cara Screenshot Redmi Note 9 / Note 9 Pro

Menggunakan Bar Notifikasi

Kemudian cara screenshot Redmi Note 8 / Note 8 Pro selanjutnya adalah dengan menggunakan tombol screenshot yang ada di bilah pemberitahuan. Untuk lebih lengkapnya perhatikan langkah langkah berikut ini :

  1. Nyalakan smartphone Redmi Note 8 kalian
  2. Carilah gambar atau apa pun yang ingin kalian screenshot
  3. S etelah menemukannya, maka Swipe dari atas layar untuk membuka bar notifikasi. Setelah membukanya pilih icon screenshot yang bergambar kotak dan gunting.

Cara Screenshot Redmi Note 8 dan Note 8 Pro menggunakan bar notifikasi

  1. Setelah terdengar suara rana kamera dan layar ponsel berkedip, maka screenshot telah berhasil dilakukan
  2. Untuk mengeceknya kalian bisa menuju pada galeri dan mencarinya pada folder screenshot atau tangkapan layar

Perlu diketahui jika kalian yang tidak menemukan icon screenshot pada bar notifikasi, kalian harus memunculkannya terlebih dahulu melalui bar notifikasi dan pilih ubah. Kemudian geser icon screenshot agar muncul dalam bar notifikasi.

Menggunakan Tiga Jari

Cara ini merupakan cara yang sangat simpel, kalian hanya membutuhkan tiga jari secara bersamaan melakukan swipe ke layar. Untuk tutorial lebih jelasnya bisa kalian lihat di bawah ini:

  1. Nyalakan smartphone Redmi Note 8 kalian
  2. Carilah gambar atau apa pun yang ingin kalian screenshot
  3. Jika sudah menemukannya, maka Swipe atau sapu layar dari bagian atas ke bawah dengan tiga jari yang telah dirapatkan.

Cara Screenshot Redmi Note 8 dan Note 8 Pro menggunakan 3 jari

  1. Setelah terdengar suara rana kamera dan layar ponsel berkedip, maka screenshot telah berhasil dilakukan
  2. Untuk mengeceknya kalian bisa menuju pada galeri dan mencarinya pada folder screenshot atau tangkapan layar

Tetapi untuk menggunakan cara screenshot Redmi Note 8 menggunakan tiga jari, kalian harus mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu melalui pengaturan ponsel. Caranya, buka menu Setting atau Pengaturan > Setelan Tambahan > Pintasan Tombol dan Gerakan > Ambil Screenshot > Kemudian pilih dan aktifkan Screenshot 3 Jari.

Mengaktifkan Screenshot 3 jari

Menggunakan Bola Pintas

Untuk melakukan cara screenshot Xiaomi Redmi Note 8 / Note 8 Pro menggunakan bola pintas ini, terlebih dahulu kalian harus memunculkan bola pintas tersebut melalui pengaturan. Untuk lebih lengkapnya perhatikan langkah – langkah berikut ini :

  1. Pertama, kalian harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur Assistive Touch atau Bola Pintas ini. Buka Pengaturan pada ponsel kalian
  2. Setelah itu pilih Pengaturan Tambahan. Kemudian cari dan pilih Bola Pintas.
  3. Pilih Hidupkan Bola Pintas untuk mengaktifkan bola pintas tersebut

Menghidupkan Bola Pintas

  1. Selanjutnya, cari gambar atau tulisan yang ingin kalian screenshot
  2. Setelah menemukannya, akses Bola Pintas dengan menyapu atau menyentuh bola pintas.
  3. Tekan tombol Screenshot yang berlambang kotak dan gunting

Cara Screenshot Redmi Note 8 dan Note 8 Pro Menggunakan Bola Pintas

  1. Setelah terdengar suara rana kamera dan layar ponsel berkedip, maka screenshot telah berhasil dilakukan
  2. Untuk mengeceknya kalian bisa menuju pada galeri dan mencarinya pada folder screenshot atau tangkapan layar

Jika kalian bingung melakukan cara screenshot Redmi Note 8 / Note 8 Pro menggunakan bola pintas ini, kalian dapat memilih menggunakan metode yang lainnya untuk melakukan screenshot.

Baca Juga : Cara Screenshot Redmi 9

Cara Screenshot Panjang Redmi Note 8 / Note 8 Pro

Selanjutnya sedikit berbeda dengan sebelumnya, karena kami memberikan tutorial cara screenshot panjang Xiaomi Redmi Note 8 / Note 8 Pro. Apa screenshot panjang itu? Jadi kalian bisa melakukan pengambilan gambar pada layar dengan panjang yang kalian inginkan. Dengan begitu akan lebih mempermudah karena tidak perlu melakukan pengambilan gambar secara berkali-kali. Dan di bawah ini adalah tutorialnya:

  1. Nyalakan smartphone Redmi Note 8 / Note 8 Pro kalian
  2. Carilah halaman panjang yang akan kalian screenshot misalnya pada halaman website atau chat WhatsApp
  3. Jika sudah menemukannya, screenshot layar menggunakan salah satu metode di atas.
  4. Setelah terdengar suara rana kamera dan layar ponsel berkedip, maka setelah itu lepaskan
  5. Kemudian akan muncul gambar kecil yang kalian screenshot tadi pada pojok kanan atas layar. Untuk melakukan screenshot panjang pilih Scroll atau Gulir
  6. Setelah itu kalian akan dibawa pada halaman gulir, geser ke bawah sesuai dengan panjang screenshot yang kalian inginkan.
  7. Kalian bisa menekan tombol Done atau Selesai jika yang kalian screenshot sudah cukup

Cara Screenshot Panjang Redmi Note 8 dan Note 8 Pro

  1. Screenshot telah berhasil dilakukan, untuk mengeceknya kalian bisa menuju pada galeri dan mencarinya pada folder screenshot atau tangkapan layar

Jika saat melakukan screenshot panjang, tombol gulir tidak dapat di pencet maka dapat dipastikan halaman tersebut tidak dapat dilakukan screenshot panjang. Jadi tidak semua aplikasi dapat dilakukan screenshot panjang.

Sangat banyak bukan cara screenshot HP Xiaomi Redmi Note 8 / Note 8 Pro? Kalian dapat memilih salah satu metode yang menurut kalian paling mudah digunakan.

Itu saja yang dapat kami sampaikan pada artikel hari ini, semoga bisa bermanfaat dan membantu bagi kalian yang sedang mencari cara screenshot HP Redmi Note 8 atau Note 8 Pro. Jangan lupa share juga agar yang lain juga bisa menggunakan cara tersebut. Kalian juga bisa memberikan pertanyaan pada kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Tinggalkan komentar