Cara Mudah Screenshot Redmi Note 9 dan Note 9 Pro

Redmi Note 9 dan Note 9 Pro dirilis Xiaomi pada tahun 2020. Karena hp tersebut bisa dibilang cukup baru, banyak penggunanya yang tidak mengetahui cara untuk menangkap layar atau screenshotnya. Untuk itu kami akan memberitahu cara screenshot Redmi Note 9 dan Note 9 Pro.

Redmi merupakan salah satu produk terbaru yang baru saja di rilis pada tahun 2013 yang diumumkan pada situs Xiaomi. Meskipun terbilang cukup baru, namun Redmi menyita banyak perhatian masyarakat karena harganya yang terjangkau. Hingga saat ini Redmi sudah meluncurkan berbagai banyak tipe seperti Redmi Note 9, Note 9 Pro, dan masih banyak lagi.

Redmi Note 9 dan Note 9 Pro memiliki kemampuan untuk mengambil screenshot dengan berbagai metode yang terdiri dari kombinasi tombol fisik, gesture 3 jari, notifikasi dan  Assistive Touch (Bola Pintas). Untuk kalian yang belum mengetahui cara screenshot Redmi Note 9 dan Note 9 Pro, kalian bisa melihatnya tutorial di bawah ini.

Cara Screenshot Redmi Note 9 dan Note 9 Pro

Meskipun semua ponsel saat ini sudah dilengkapi dengan fitur screenshot yang bertujuan untuk mengambil sebuah gambar pada layar ponsel, tetapi ada yang masih bingung cara melakukan screenshot Redmi Note 9 / Note 9 Pro miliknya. Entah karena belum terbiasa dengan gadget baru atau memang belum pernah mencobanya.

Empat metode cara screenshot Xiaomi Redmi Note 9 / Note 9 Pro memiliki langkah yang mudah untuk dilakukan bagi pengguna awam sekalipun. Bagi kalian yang ingin menggunakan salah satu metode tersebut, maka dapat melihat tutorial berikut ini:

Menggunakan Kombinasi Tombol

Cara ini merupakan cara paling umum, yang bisa dikatakan kebanyakan orang menggunakannya. Di bawah ini adalah tutorialnya:

  1. Pertama, buka kunci layar dan masuk ke homescreen Redmi Note 9 / Note 9 Pro
  2. Selanjutnya, cari gambar atau tulisan yang ingin kalian screenshot
  3. Setelah menemukannya, tekan tombol Power dan Volume Bawah yang di tekan secara bersamaan

Cara Screenshot Redmi Note 9 dan Note 9 Pro

  1. Apabila terdengar suara shutter dan layar berkedip, maka screenshot berhasil diambil
  2. Gambar hasil screenshot dapat langsung dilihat pada menu galeri bawaan handphone Redmi Note 9 / Redmi Note 9 Pro kalian

Meskipun cara screenshot Redmi Note 9 / Note 9 Pro menggunakan kombinasi tombol fisik tersebut sangat mudah, tetapi harus kalian ketahui bahwa terlalu sering memencet tombol fisik dapat menyebabkan kerusakan pada tombol. Seperti yang kita ketahui bahwa tombol power memiliki banyak fungsi seperti menyalakan handphone atau menghidupkan layar yang sedang mati.

Untuk menghindari hal tersebut, kalian dapat mencoba metode lainnya seperti screenshot dengan gesture 3 jari. Fitur ini sendiri sudah langsung aktif setelah kalian menyalakan pertama kali handphone Redmi.

Baca Juga : Cara Screenshot Redmi 9, 9A, dan 9C

Menggunakan 3 Jari

Selain menggunakan kombinasi tombol fisik, cara screenshot Xiaomi Redmi Note 9 / Note 9 Pro juga bisa dilakukan dengan menggunakan 3 jari, saya pribadi berpendapat bahwa cara ini lebih mudah dibandingkan dengan cara sebelumnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka kunci layar dan masuk ke homescreen Redmi Note 9 / Note 9 Pro
  2. Selanjutnya, cari gambar atau tulisan yang ingin kalian screenshot
  3. Setelah menemukannya, maka Swipe atau sapu layar dari bagian atas ke bawah dengan tiga jari yang telah dirapatkan

Cara Screenshot Redmi Note 9 dan Note 9 Pro menggunakan 3 jari

  1. Pada saat layar berkedip dan suara shutter terdengar, maka screenshot telah selesai dilakukan
  2. Kalian dapat melihat gambar hasil screenshot pada menu galeri bawaan Redmi Note 9 / Note 9 Pro kalian

Jika kalian tidak bisa melakukan screenshot menggunakan 3 jari terlebih dahulu kalian harus mengaktifkan fitur tersebut pada pengaturan. Untuk mengaktifkannya masuk ke Pengaturan kemudian pilih Setelan Tambahan lalu pilih Pintasan Tombol kemudian cari Ambil Screenshot dan rubah ke Geser kebawah dengan 3 jari.

Mengaktifkan Screenshot 3 jari

Menggunakan Bar Notifikasi

Dalam bar notifikasi Redmi Note 9 dan Note 9 Pro juga dilengkapi dengan fitur screenshot. Hal ini sangat mempermudah kalian untuk melakukan screenshot. Bagi kalian yang belum mengetahui caranya, perhatikan langkah – langkah berikut.

  1. Pertama, buka kunci layar dan masuk ke homescreen Redmi Note 9 / Note 9 Pro
  2. Selanjutnya, cari gambar atau tulisan yang ingin kalian screenshot
  3. Setelah menemukannya, maka Swipe dari atas layar untuk membuka bar notifikasi. Setelah membukanya pilih icon screenshot yang bergambar kotak dan gunting.

Cara Screenshot Redmi Note 9 dan Note 9 Pro menggunakan bar notifikasi

 

  1. Pada saat layar berkedip dan suara shutter terdengar, maka screenshot telah selesai dilakukan
  2. Kalian dapat melihat gambar hasil screenshot pada menu galeri bawaan Redmi Note 9 / Note 9 Pro kalian

Cara ini sangat mudah untuk dilakukan bagi pemula pun. Bagi kalian yang tidak menemukan icon screenshot pada bar notifikasi, kalian harus memunculkannya terlebih dahulu melalui bar notifikasi dan pilih ubah. Kemudian geser icon screenshot agar muncul dalam bar notifikasi.

Menggunakan Bola Pintas

Untuk cara ini kemungkinan sangat jarang sekali digunakan, karena kebanyakan orang lebih menggunakan metode tombol fisik dan menggunakan 3 jari. Namun, meskipun begitu, kami akan tetap memberikan tutorial cara screenshot Xiaomi Redmi Note 9 / Note 9 Pro menggunakan Assistive Touch (Bola Pintas). Berikut ini tutorialnya:

  1. Pertama, kalian harus mengaktifkan terlebih dahulu fitur Assistive Touch atau Bola Pintas ini. Buka Pengaturan pada ponsel kalian
  2. Setelah itu pilih Pengaturan Tambahan. Kemudian cari dan pilih Bola Pintas.
  3. Pilih Hidupkan Bola Pintas untuk mengaktifkan bola pintas tersebut

Menghidupkan Bola Pintas

  1. Selanjutnya, cari gambar atau tulisan yang ingin kalian screenshot
  2. Setelah menemukannya, akses Bola Pintas dengan menyapu atau menyentuh bola pintas.
  3. Tekan tombol Screenshot yang berlambang kotak dan gunting

Cara Screenshot Redmi Note 9 dan Note 9 Pro Menggunakan Bola Pintas

  1. Setelah tombol ditekan, maka layar akan berkedip dan suara shutter berbunyi
  2. Kalian dapat melihat gambar hasil screenshot pada menu galeri bawaan Redmi Note 9 / Note 9 Pro kalian

Jika kalian bingung melakukan cara screenshot Redmi Note 9 / Note 9 Pro menggunakan bola pintas ini, kalian dapat memilih menggunakan metode lainnya untuk melakukan screenshot

 

Cara Screenshot Panjang Redmi Note 9 / Note 9 Pro

Screenshot panjang juga dapat dilakukan melalui Redmi Note 9 dan Note 9 Pro. Caranya juga tidak terlalui rumit. Bagi kalian yang belum mengetahui perhatikan cara screenshot panjang Redmi Note 9 / Note 9 Pro berikut ini.

  1. Pertama, buka kunci layar dan masuk ke homescreen Redmi Note 9 / Note 9 Pro
  2. Selanjutnya, cari gambar atau tulisan yang ingin kalian screenshot
  3. Setelah menemukannya, screenshot layar menggunakan salah satu metode di atas.
  4. Setelah melakukan screenshot, pada pojok kanan layar terdapat hasil screenshot. Untuk melakukan screenshot panjang, pilih Gulir
  5. Setelah itu kalian akan dibawa pada halaman gulir, geser ke bawah sesuai dengan panjang screenshot yang kalian inginkan.
  6. Setelah dirasa panjang screenshot sudah sesuai yang diinginkan, pilih Selesai

Cara Screenshot Panjang Redmi Note 9 dan Note 9 Pro

  1. Hasil screenshot dapat kalian lihat melalui galeri Redmi Note 9 / Note 9 Pro kalian

Perlu diketahui jika saat melakukan screenshot panjang, tombol gulir tidak dapat di pencet maka dapat dipastikan halaman tersebut tidak dapat dilakukan screenshot panjang.

Jadi itulah cara screenshot Redmi Xiaomi Note 9 / Note 9 Pro dengan menggunakan berbagai metode. Kalian juga bisa menggunakan cara screenshot panjang Redmi Note 9 / Note 9 Pro dengan menggunakan tutorial di atas. Karena saat ini banyak android yang sudah menyediakan fitur screenshot, jadi kalian juga harus bisa menggunakan fitur tersebut.

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan terkait dengan artikel kami hari ini yang berjudul cara screenshot Redmi Note 9 dan Note 9 Pro. Silahkan share artikel ini jika sangat membantu, atau tanyakan apa saja terkait artikel ini jika ada yang belum dipahami.

Tinggalkan komentar