Cara Cek Garansi Samsung 100% Akurat

Masih banyak pengguna HP Samsung yang belum megetahui cara cek garansi Samsung. Padahal hal tersebut sangatlah penting. Untuk itu kali ini kami akan membahas secara detail.

Di Indonesia, pengguna smartphone Samsung memang bisa dibilang cukup banyak. Alasan mengapa mereka memilih merek Samsung dibandingkan dengan yang lainnya karena Samsung memiliki layanan purna jual yang sangat baik.

Layanan tersebut berupa garansi selama 1 tahun penuh dan didukung service center yang merata di seluruh Indonesia. Namun sayangnya tak semua smartphone Samsung yang beredar di Indonesia mendapatkan garansi resmi Samsung Indonesia (SEIN).

Dengan adanya garansi, kalian dapat dengan mudah memperbaiki perangkat yang bermasalah atau rusak secara mudah selama itu bukan kesalahan kalian sendiri. Dan untuk mengecek garansi Samsung ternyata bisa dilakukan dengan sangat mudah dan praktis.

Sebenarnya untuk mengecek garansi smartphone Samsung sangat mudah dilakukan, hanya membutuhkan nomor IMEI. Akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui. Untuk itu kami tuliskan secara lengkap untuk memudahkan kalian semua.

Cek Garansi Samsung

Ada banyak sekali smartphone Samsung black market yang diimport ke Indonesia. Smartphone tersebut tidak akan mendapatkan garansi resmi dari Samsung Indonesia, jadi apabila ada kerusakan maka tidak bisa mengklaim garansi ke service center resmi Samsung. Tentu hal tersebut sangat merugikan, jadi alangkah lebih baik jika kalian membeli yang resmi saja demi mencegah hal-hal yang tidak dinginkan.

Sekedar saran dari kami jika membeli HP Samsung bekas, maka lakukanlah cek garansi terlebih dahulu untuk mengetahui apakah HP tersebut ilegal atau resmi.

Cara Cek Garansi Samsung Secara Online

Cara cek garansi Samsung bisa kalian lakukan via online. Dan sebelum itu, kalian harus mengetahui nomor IMEI smartphone samsung. Lalu bagaimana cara mendapatkan nomor IMEI? Berikut ini kami berikan tutorialnya:

  1. Buka menu telepon pada smartphone kalian
  2. Ketik kode dial up *#06#
  3. Kemudian, akan muncul nomor IMEI kalian. Kalian bisa mencatatnya atau screenshot jika perlu

Selain itu untuk melihat IMEI, kalian juga dapat melihat pada dusbox HP. Disana pasti terdapat informasi detail mengenai HP kalian termasuk IMEI. Lalu kalian juga dapat melihat IMEI melalui pengaturan pada ponsel kalian dan pilih pada menu tentang ponsel.

Setelah kalian mendapatkan nomor IMEI Samsung tersebut. Sekarang kalian dapat melakukan cek garansi Samsung. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka browser kalian dan kunjungi halaman https://www.imei.info/news/samsung-warranty-check-via-sn/ atau https://www.imei.info/news/samsung-check-updated-warranty-country-carrier/
  2. Masukkan nomor IMEI yang sudah kalian catat sebelumnya, setelah itu pilih Check
  3. Setelah itu lakukan verifikasi dengan klik centang pada Saya Bukan Robot, kemudian pilih Check
  4. Maka secara otomatis akan tampil semua informasi perangkat yang kalian gunakan
  5. Untuk mengecek masa garansi pilih Check SN / Warranty / Carrier

Cek Garansi Samsung Online

  1. Kemudian pilih Check SN & Warranty & Carrier
  2. Tunggu beberapa detik, maka akan ditampilkan detail tentang masa garansi HP Samsung kalian pada “Your Warranty Will Expire” yang berarti “garansi kalian akan berakhir pada”

Cara Cek Garansi Samsung Online

Cara untuk cek garansi smartphone Samsung online ini bisa dibilang sangat mudah, karena kalian hanya perlu memasukkan nomor IMEI yang sudah kalian dapatkan melalui kode dial up tadi. Dengan metode ini kalian dapat mengetahui apakah masih ada garansi serta sampai kapan berlakunya dari perangkat yang dimiliki saat ini.

Baca Juga : Cara Cek Sensor HP Samsung

Cara Cek Garansi Samsung dengan Kode Dial

Cara ini sangatlah mudah untuk dilakukan, karena tidak membutuhkan internet sama sekali cukup dengan kode dial. Untuk lebih lengkapnya berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi telepon pada ponsel kalian
  2. Kemudian ketik *#12580*369# atau *#12580369#
  3. Kemudian akan muncul menu rahasia dari HP Samsung kalian. Silahkan kalian lihat pada RF Cal disitu berisi informasi tentang tanggal ketika kalian membeli HP Samsung. Keterangan tanggal RF Cal berformat Tahun – Bulan – Tanggal. Jadi misal RF Cal kalian 20200127 maka bisa dipastikan tanggal pembelian HP samsung kalian pada 27 Januari 2020. Setelah itu tinggal kalian cari berapa masa garansi yang diberikan Samsung, biasanya Samsung memberikan garansi 1 Tahun. Jadi jika kalian mempunyai garansi 1 Tahun maka garansi akan habis pada 27 Januari 2021.

Cara Cek Garansi Samsung

Cara Cek Garansi Samsung Melalui Service center

Apabila cara di atas menurut kalian terlalu rumit, ada metode lain yang lebih memudahkan kalian untuk mengecek garansi Samsung, yaitu dengan mendatangi langsung ke tempat Service center Samsung terdekat yang ada di kotamu. Di sana kalian tinggal menanyakan kepada pihak Service center apakah smartphone Samsung yang kalian miliki masih tercover garansi atau tidak.

Baca Juga : Cara Mengatasi Papan Tombol Samsung Terhenti

Cara Cek Garansi Samsung Melalui Customer Service

Cara mudah selanjutnya untuk cek garansi Samsung kalian bisa melalui Customer Service resmi Samsung pada nomor 0800-112-7777. Pada nomor tersebut kalian bisa menanyakan tentang informasi apa saja terkait smartphone Samsung kalian, termasuk cek garansi juga.

Syarat Dan Ketentuan Garansi Samsung

Ada beberapa syarat dan ketentuan garansi Samsung yang harus kalian ketahui. Karena kerusakan smartphone bisa terjadi karena beberapa faktor, dan tidak semua kerusakan bisa tercover garansi resmi. Pasalnya Samsung memberikan beberapa ketentuan garansi untuk menentukan apakah jaminan berlaku atau tidak. Nah bagi yang ingin mengetahui ketentuan garansinya, silahkan simak informasi berikut ini:

  1. Garansi Samsung Indonesia hanya berlaku untuk smartphone yang dijual oleh PT. Samsung Electronics Indonesia yang dipasarkan di wilayah Indonesia. Jadi bagi yang membeli hp Samsung luar negeri tidak akan mendapatkan garansi resmi dari PT. Samsung Electronics Indonesia.
  2. Apabila jangka waktu garansi Samsung sudah berakhir, maka garansi akan hangus dan konsumen harus mengeluarkan biaya perbaikan sesuai kerusakan.
  3. Jika selama masa garansi hp Samsung mengalami kerusakan, maka tidak akan dipungut biaya perbaikan dan penggantian spare-part
  4. Perbaikan hp Samsung yang rusak hanya bisa dilakukan di Service center Resmi Samsung di seluruh Indonesia dengan membawa kartu garansi

Kebanyakan smartphone yang dijual di pasaran memberikan waktu garansi selama 12 bulan atau 1 tahun penuh. Namun Samsung masih tetap menjadi yang terbaik dalam memberikan layanan purna jual terhadap semua konsumennya. Hal tersebut didukung oleh layanan service center yang merata dan para teknisi ahli yang siap memperbaiki hp Samsung yang mengalami kerusakan.

Penyebab Garansi Resmi Samsung Tidak Berlaku

Sebelum melakukan klaim garansi, mungkin lebih baik kalian memeriksa ketentuan smartphone Samsung ini, apakah bisa digunakan klaim atau tidak. Nyatanya Samsung juga memberikan ketentuan smartphone tidak masuk garansi. Adapun ketentuannya silahkan simak berikut ini:

  1. Garansi tidak berlaku apabila kartu garansi tidak terisi secara lengkap, mulai dari nomor seri, model, dan IMEI.
  2. Garansi smartphone Samsung tidak berlaku apabila kerusakan dikarenakan oleh human error, seperti terjatuh, terbentur, terkena cairan, tegangan arus listrik, tergores, berkarat, terkena noda, berjamur, dan kerusakan lainnya yang disebabkan oleh penggunaan sehari-hari.
  3. Garansi akan hangus apabila smartphone Samsung sudah pernah dibuka atau diperbaiki bukan oleh teknisi Samsung.
  4. Semua spare-part harus masih disegel dan belum pernah diganti menggunakan suku cadang tidak asli.
  5. Selain itu, garansi Samsung tidak berlaku apabila software ataupun hardware telah dimodifikasi oleh pengguna.

Itulah bagaimana cara mengecek garansi smartphone Samsung dengan mudah yang dapat anda coba. Di atas juga sudah kami tuliskan berbagai metode yang bisa kalian pilih serta syarat dan ketentuan garansi Samsung. Cara cek garansi ini dapat dilakukan pada semua tipe samsung seperti samsung a51, a20s, a50s, a30, a70, m11, m21, dan masih banyak lagi.

Setelah membaca artikel ini, kalian bisa share pada teman atau keluarga agar mereka bisa melakukan cek garansi Samsung dengan baik dan benar.  Jika terdapat sesuatu yang kurang dipahami atau tidak jelas, kalian bisa memberikan kami pertanyaan melalui kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini. Dan jangan lupa juga untuk membaca artikel kami yang lainnya untuk mendapatkan informasi menarik dan bermanfaat.

Tinggalkan komentar