Cek Garansi Smartphone (Xiaomi, Samsung, Realme, Vivo, Oppo, dan Asus)

Setiap smartphone baru pasti mempunyai garansi. Oleh karena itu kali ini kami akan membahas tentang cara cek garansi semua merek smartphone mulai dari Xiaomi, Samsung, Realme, Vivo, Oppo, dan Asus.

Sudahkah kalian memahami tentang garansi? Jadi garansi merupakan surat keterangan dari suatu produk bahwa pihak produsen bertanggung jawab untuk memperbaiki cacat atau malfungsi yang terjadi pada bahan tertentu dari produknya selama periode waktu tertentu dan dengan syarat tertentu.

Setiap barang atau benda seperti alat elektronik misalnya handphone pasti memiliki garansi selama 12 bulan atau 1 tahun penuh yang bisa kalian gunakan pada saat smartphone mengalami kerusakan. Oleh karena itu, kalian harus cek garansi agar mengetahui garansi kalian masih tersedia atau sudah habis. Di bawah ini sudah kami tuliskan cek garansi smartphone semua merek yang bisa kalian gunakan.

Ada berbagai metode untuk cek garansi hp yaitu bisa melalui dusbook, via imei, dan via online. Dan kami akan memberikan tutorial secara lengkap dan praktis untuk kalian pengguna hp android seperti Xiaomi, Samsung, Realme, Vivo, Oppo, dan Asus.

Sebenarnya untuk cek garansi smartphone semua merek itu caranya hampir sama. Namun agar kalian lebih jelas, kami akan memberikan tutorialnya satu per-satu secara lengkap dan praktis.

Cek Garansi Smartphone Semua Merek (Xiaomi, Samsung, Realme, Vivo, Oppo, dan Asus)

Perlu di ingatkan kembali, bahwa sebelum kalian membeli smartphone seperti Xiaomi, Samsung, Realme, Vivo, Oppo, maupun Asus lebih baik kalian harus benar-benar memilih smartphone dengan garansi resmi.

Karena di Indonesia sendiri masih banyak smartphone garansi non-resmi atau distributor yang nantinya tidak akan bisa digunakan di Indonesia dikarenakan pemblokiran IMEI yang berlaku untuk smartphone ilegal atau black market. Jadi kalian harus tetap berhati-hati pada saat membeli smartphone, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Melihat IMEI Semua Merek Smartphone

Nah, sebelum melakukan cek garansi pada smartphone kalian, terlebih dahulu kalian harus mengetahui nomor IMEI dari sebuah smartphone. Dan untuk mengetahui nomor IMEI tersebut ada tiga cara yang bisa kalian gunakan.

Cara melihat nomor IMEI ini bisa digunakan untuk pengguna smartphone Xiaomi, Samsung, Realme, Vivo, Oppo, dan Asus. Berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Yang pertama, kalian bisa menggunakan kode dial up di  *#06#. Dengan begitu kalian sudah mendapatkan nomor IMEI smartphonemu.
  2. Yang kedua, kalian bisa memeriksanya melalui dusbook smartphone pada saat melakukan pembelian dahulu. Untuk nomornya, kalian bisa melihat pada dusbook bagian belakang, di sana akan ada nomor IMEI dari smartphone kalian.
  3. Dan yang terakhir, bisa kalian gunakan apabila dusbook yang kalian miliki sudah hilang. Yaitu kalian bisa menggunakan pengaturan, caranya buka menu Pengaturan pada smartphone kalian, pilih Tentang Ponsel, kemudian pilih Status, dan dilanjutkan dengan pilih IMEI.

Jadi, dengan menggunakan tiga cara mudah tersebut, maka kalian sudah bisa mendapatkan nomor IMEI pada smartphone merek Xiaomi, Samsung, Realme, Vivo, Oppo, dan Asus.

Cara Cek Garansi Vivo

Untuk cara cek garansi pertama yaitu dengan smartphone Vivo. Apabila kalian sudah mendapatkan nomor IMEI dengan tiga cara di atas tadi, selanjutnya kalian bisa melakukan cek garansi Vivo dengan melalui online. Jangan khawatir, karena kalian juga bisa melakukannya dengan sangat mudah dan cepat. Dan berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Pastikan koneksi internet atau sambungan wifi kalian sudah tersambung
  2. Selanjutnya masuk pada halaman https://www.imei.info/phonedatabase/570-phones-vivo/
  3. Masukkan nomor imei yang sudah kalian catat sebelumnya, setelah itu pilih Check
  4. Setelah itu lakukanlah verifikasi dengan klik centang pada Saya Bukan Robot, kemudian pilihlah Check
  5. Maka secara otomatis akan tampil semua informasi perangkat yang kalian gunakan
  6. Untuk mengecek masa garansi pilih Warranty & Memory & Color Check.

Cara Cek Garansi Vivo Online

  1. Setelah itu pilih Check VIVO Warranty & Memory & Color
  2. Tunggu beberapa detik maka akan ditampilkan detail tentang masa garansi smartphone Vivo kalian

Cara Cek Garansi Vivo Online Terbaru

Khusus untuk smartphone Vivo, kalian juga bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan cek garansi. Caranya juga sangat mudah, kalian tinggal mengunduh aplikasi vivo.com yang tersedia di Play Store, setelah itu pilih menu Layanan yang berada di bawah. Maka secara otomatis kalian dapat melihat kartu garansi elektronik Dan kemudian lihat pada tanggal kedaluwarsa

Itulah cara untuk cek masa berlaku garansi Vivo kalian yang dilakukan dengan melalui online maupun melalui aplikasi. Sebelum menggunakan cara di atas, pastikan kalian memiliki koneksi internet atau sambungan wifi agar bisa masuk ke halaman website, kemudian kalian bisa melakukan pengecekan garansi smartphone Vivo yang kalian  miliki.

Cara Cek Garansi Xiaomi

Sebagian besar pengguna smartphone Xiaomi tidak mengetahui garansi smartphone yang mereka miliki, apakah garansi resmi atau garansi distrubutor. Yang pasti, smartphone Xiaomi garansi distributor IMEI-nya tidak terdaftar di database Kemenperin, jadi kalian harus waspada saat peraturan pemblokiran IMEI berlaku. Tetapi bukan hanya masalah IMEI saja, smartphone Xiaomi garansi non-resmi juga akan kesusahan dalam melakukan perbaikan.

Selanjutnya untuk kalian pengguna setia smartphone Xiaomi wajib membaca tutorial ini agar kalian bisa melakukan cek garansi dengan baik dan benar. Berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Pastikan koneksi internet atau sambungan wifi kalian sudah tersambung
  2. Buka browser kalian dan kunjungi halaman http://buy.mi.com/id/registration Alamat website tersebut merupakan situs resmi Xiaomi Indonesia sehingga dijamin keakuratannya dalam menentukan masa garansi smartphone Xiaomi.
  3. Kemudian kalian tinggal memasukka nomor IMEI pada kolom yang sudah tersedia,
  4. Lalu pilih Langkah Selanjutnya untuk memulai pengecekan.

Cara Cek Garansi Xiaomi

Di sana kalian akan diberikan informasi lengkap mengenai smartphone Xiaomi kalian mulai dari waktu produksi dan waktu aktivasi yang bisa menandakan apakah garansi masih berlaku atau tidak. Xiaomi sendiri memberikan garansi selama 1 tahun untuk setiap tipe smartphone yang dipasarkan secara resmi. Dan selama masa garansi masih berlaku, maka kalian bisa klaim garansi ke Service center Xiaomi yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Cara Cek Garansi Realme

Salah satu hal penting yang harus kalian lakukan sebelum membeli smartphone adalah dengan mengecek garansi yang jelas dari smartphone tersebut, karena meskipun kalian membeli smartphone yang baru, hal tersebut tidak menutup kemungkinan untuk mengalami sebuah kerusakan. Dan dengan adanya garansi  tentu akan sangat membantu penggunanya untuk memperbaiki smartphonenya tanpa terkena biaya di service center.

Pada tutorial cara cek garansi smartphone Realme ini bisa digunakan untuk jenis tipe Realme 6 Pro, Realme 6, Realme C3,  Realme 5i, Realme X2 Pro, Realme XT, Realme 5 Pro dan yang lainnya.

Sama dengan tutorial di atas, karena untuk smartphone Realme kalian juga hanya masuk pada hamaan website yang sudah kami tulis di bawah ini:

  1. Pastikan koneksi internet atau sambungan wifi kalian sudah tersambung
  2. Buka browser kalian atau kunjungi halaman realme.com/id/support/phonecheck Alamat website tersebut merupakan situs resmi Realme Indonesia sehingga dijamin keakuratannya dalam menentukan masa garansi smartphone Realme.
  3. Kemudian kalian tinggal memasukan 15 digit nomor IMEI pada kolom Masukan Nomor IMEI Ponsel Anda. Dan pastikan kembali bahwa kalian sudah memasukan nomor IMEI dengan benar, karena jika terjadi sebuah kesalahan pada saat memasukkan nomor IMEI maka proses pengecekan garansi akan gagal.
  4. Selanjutnya pilih menu atau klik tombol Cek Sekarang untuk memulai pengecekan garansi Realme.

Cara Cek Garansi Realme

  1. Setelah itu kalian akan melakukan proses validasi dengan menggeser gambar ke kolom yang disediakan.

Verifikasi Cek Garansi Realme

  1. Kemudian akan muncul informasi mengenai Nomor IMEI, Warna Handphone, dan Waktu Registrasi. Pada bagian waktu registrasi akan terlihat tanggal dimana smartphone pertama kali diaktifkan.

Cara Cek Status Garansi Realme

  1. Jika garansi masih aktif maka akan ada detail tanggalnya, sebaliknya jika sudah tidak aktif maka akan diberikan keterangan Garansi Perangkat Anda Sepertinya Telah Habis.

Dengan melakukan cek garansi Realme tersebut kalian akan mengetahui apakah garansi tersebut masih berlaku atau tidak. Namun kalian juga tidak bisa langsung melakukan klaim garansi, karena masih ada syarat dan ketentuan yang harus kalian ketahui.

Cara Cek Garansi Oppo

Dan yang ke empat ini adalah cara cek garansi smartphone Oppo. Satu hal penting yang harus kalian ketahui pada saat ingin membeli smartphone Oppo atau yang lainnya, kalian harus memeriksa smartphone tersebut bergaransi resmi atau tidak. Smartphone dengan garansi resmi, bisa membantu kalian dalam melakukan perbaikan di service center Oppo di seluruh Indonesia. Hal tersebut berbeda apabila kalian membeli smartphone dengan garansi distributor atau smartphone Oppo yang diluar negeri, karena nantinya kalian akan mengalami kesulitan pada saat melakukan perbaikan.

Di bawah ini sudah kami tuliskan tutorial cara cek garansi Oppo secara lengkap dan mudah yang bisa kalian lakukan di rumah. Berikut ini adalah tutorialnya:

  1. Pastikan koneksi internet atau sambungan wifi kalian sudah tersambung
  2. Buka browser kalian atau kunjungi halaman https://oppo-id.custhelp.com/app/products/warranty_status Alamat website tersebut merupakan situs resmi Oppo Indonesia sehingga dijamin keakuratannya dalam menentukan masa garansi smartphone Oppo.
  3. Jika sudah, setelah itu kalian tinggal memasukkan nomor IMEI yang telah kalian dapatkan dengan cara di atas tadi, dan kemudian melakukan validasi.
  4. Setelah semuanya dimasukkan, pilih atau klik Cek Sekarang

Cara Cek Garansi Oppo

  1. Maka halaman situs tersebut akan menampilkan sisa masa berlaku garansi dari smartphone Oppo yang kalian miliki

Pada tampilan status garansi Oppo, nanti akan muncul model produk atau tipe smartphone yang kalian gunakan. Jika garansi masaih aktif maka akan ada detail tanggalnya, sebaliknya jika sudah tidak aktif maka akan diberikan keterangan Garansi Perangkat Anda Seperti Nya Telah Habis.

Sangat mudah bukan? jadi, ayo buruan cek garansi smartphone Oppo kalian, dan jangan sampai salah pada saat melakukan pengecekkan.

Cara Cek Garansi Samsung

Smartphone Samsung sendiri masih menjadi favorit kebanyakan masyarakat dengan alasan karena Samsung memiliki layanan purna jual yang sangat baik. Layanan tersebut berupa garansi selama 1 tahun penuh dan didukung service center yang merata di seluruh Indonesia.

Berikut ini adalah tutorial cara cek garansi Samsung yang bisa kalian gunakan:

  1. Pastikan koneksi internet atau sambungan wifi kalian sudah tersambung
  2. Buka aplikasi Buka browser kalian dan kunjungi halaman https://www.imei.info/news/samsung-warranty-check-via-sn/ atau https://www.imei.info/news/samsung-check-updated-warranty-country-carrier/
  3. Masukkan nomor IMEI yang sudah kalian catat sebelumnya, setelah itu pilih Check
  4. Setelah itu lakukan verifikasi dengan klik centang pada Saya Bukan Robot, kemudian pilih
  5. Maka secara otomatis akan tampil semua informasi perangkat yang kalian gunakan
  6. Untuk mengecek masa garansi pilih Check SN / Warranty / Carrier

Cek Garansi Samsung Online

  1. Kemudian pilih Check SN & Warranty & Carrier
  2. Tunggu beberapa detik, maka akan ditampilkan detail tentang masa garansi HP Samsung kalian pada “Your Warranty Will Expire” yang berarti “garansi kalian akan berakhir pada”

Cara Cek Garansi Samsung Online

Cara untuk cek garansi smartphone Samsung ini bisa dibilang sangat mudah, karena kalian hanya perlu memasukkan nomor IMEI yang sudah kalian dapatkan melalui kode dial up tadi. Dengan metode ini kalian dapat mengetahui apakah masih ada garansi serta sampai kapan berlakunya dari perangkat yang dimiliki saat ini.

Atau kalian juga bisa menghubungi Customer Service Samsung pada nomor 0800-112-7777. Pada nomor tersebut kalian bisa menanyakan tentang informasi apa saja terkait smartphone Samsung kalian, termasuk cek garansi juga.

Cara Cek Garansi Asus

Seperti merek lainnya, Asus juga memberikan garansi resmi pada smartphonenya. Bagi kalian yang kebingungan apakah smartphone Asus masih dalam masa garansi atau tidak. Berikut akan kami berikan tutorial cara cek garansi Asus :

Namun perlu diketahui ketika melakukan cek garansi Asus ini, kalian tidak akan menggunakan IMEI. Melainkan kalian menggunakan nomor SN (Serial Number) yang terdapat dalam belakang case HP, kartu garansi, dusbook, atau melalui informasi telepon pada pengaturan.

  1. Pastikan koneksi internet atau sambungan wifi kalian sudah tersambung
  2. Buka aplikasi Buka browser kalian dan kunjungi halaman https://www.asus.com/id/support/warranty-status-inquiry/
  3. Masukkan Serial Number
  4. Kemudian Klik centang pada “Saya setuju untuk memberikan nomor seri produk saya kepada Asus”
  5. Selanjunya klik Kirim

cara cek garansi hp asus

  1. Kemudian akan terdapat informasi mengenai status garansi kalian masih tersedia atau sudah hangus.

cara mengecek status garansi hp asus

Sangat mudah bukan cara cek garansi Asus? Pada keterangan website Asus tersebut akan dijelaskan secara rinci mengenai status garansi dan tanggal berakhirnya masa garansi. Jika status garansi smartphone Asus kalian masih dalam masa garansi maka kalian dapat melakukan klaim garansi. Dan sebaliknya jika status garansi smartphone Asus kalian diluar masa garansi maka kalian tidak dapat melakukan klaim garansi.

Hampir semua perusahaan smartphone memberikan masa garansi pada setiap pengguna smartphone baru. Seperti smartphone Xiaomi, Samsung, Realme, Vivo, Oppo, dan Asus perusahaan smartphone tersebut memberikan garansi selama satu tahun jika kalian membeli yang baru. Sebelum kalian mengklaim garansi ke service center atau tempat pertama kali membeli smartphone sebaiknya kalian mengecek masa garansi terlebih dahulu seperti tutorial yang sudah kami sampaikan tersebut.

Syarat Dan Ketentuan Melakukan Klaim Garansi

Sebelum melakukan perbaikan di service center resmi smartphone kalian seperti Xiaomi, Samsung, Realme, Vivo, Oppo, dan Asus. Kalian harus terlebih dahulu memenuhi syarat kebijakan garansi ponsel tersebut. Adapun syarat dan ketentuan tersebut antara lain adalah:

  1. Smartphone yang dibeli di luar negeri tidak akan mendapatkan service garansi di service center
  2. Perbaikan smartphone yang dibeli di luar negeri akan dikenakan biaya penggantian komponen spare-part serta biaya service. Jadi bisa dikatakan, kalian tetap bisa melakukan garansi di Service center Indonesia, namun tidak mendapatkan garansi resmi yang memiliki masa berlaku selama 12 bulan untuk biaya komponen spare-part dan biaya service.
  3. Garansi resmi tidak akan berlaku apabila melewati batas waktu garansi. Meskipun begitu, kalian tetap bisa melakukan perbaikan atau penggantian spare-part secara berbayar.
  4. Saat mengklaim garansi resmi harus ada kartu garansi dan bukti pembelian yang valid. Namun apabila pengguna smartphone bisa membuktikan bahwa ponselnya masih dalam masa garansi, maka garansi resmi bisa berlaku.
  5. Garansi resmi tidak berlaku untuk kerusakan yang disebabkan oleh human error, seperti terjatuh, tertekan, terkena cairan, dll.
  6. Garansi resmi tidak berlaku untuk smartphone yang rusak akibat bencana alam yang tidak dapat dihindari, seperti banjir, kebakaran, gempa, petir, kecelakaan lalu lintas, dll.
  7. Smartphone yang mengalami kerusakan karena pemakaian aksesoris yang bukan dari bawaan smartphone juga tidak bisa mendapatkan garansi resmi. Begitu pula smartphone yang rusak akibat pembongkaran di luar service center Resmi

Sebagai catatan, perlu kalian ketahui bahwa sebelum mengklaim garansi resmi di service center lebih baik kalian membackup semua data yang tersimpan pada smartphone, seperti nomor telepon, foto, video, dan beragam file penting lainnya. Pasalnya pihak smartphone tersebut tidak bertanggung jawab terhadap kehilangan data yang telah di service.

Demikian untuk artikel hari ini, semoga cara cek garansi Xiaomi, Samsung, Realme, Vivo, Oppo, dan Asus beserta syarat dan ketentuan melakukan klaim garansi di atas bisa membantu kalian semua. Dan juga jangan lupa untuk share artikel ini agar bisa membantu yang lainnya juga.

Berikan komentar atau tanggapan terkait cek garansi smartphone Xiaomi, Samsung, Realme, Vivo, Oppo, dan Asus pada kolom komentar yang sudah kami sediakan di bawah ini, jika ada yang tidak jelas atau kurang paham. Dan baca juga artikel kami yang lainnya agar mengetahui lebih banyak informasi mengenai smartphone dan informasi menarik lainnya.

Tinggalkan komentar