Contoh Amplop Lamaran Kerja Yang Diantar Langsung

Kamu membutuhkan amplop coklat jika ingin mengirimkan sura lamaran kerja secara datang langsung keperusahaannya dan berikut ini adalah contoh amplop lamaran kerja yang baik dan benar.

Jika biasanya mengirimkan lamaran kerja dan CV (Curriculum Citae) via email, tentunya kita tidak membutuh kan amplop. Tapi, jika wajib datang langsung keperusahaannya, maka Amplop adalah hal yang wajib kamu bawa untuk menyimpan berkas lamaran kerja dan dokumen-dokumen lampirannya.

Contoh amplop lamaran kerja yang kali ini admin buat adalah bagaimana cara penulisan alamat dan perihal yang ada di bagian luar amplop. Biasanaya ada 2 versi yaitu alamat perusahaan di amplop lamaran kerjanya ditulis tangan dan ada juga yang di print, lalu digunting kotak sesuai ukuran alamatnya. Tapi memang alangkah baiknya kita print alamat perusahaannya tersebut, agar saat dikirimkan dan diterima oleh resepsionis atau security bisa mereka baca dengan mudah.

Nah, agar kamu tidak salah-salam dalam penulisan dan penempatan alamat perusahaannya, berikut ini adalah beberapa contoh map amplop lamaran kerja yang baik dan benar.

Standar Amplop Lamaran Pekerjaan

contoh amplop coklat F4 untuk lamaran kerja

Banyak yang mengatakan bahwa kesan pertama itu datang dari cara membuat lamaran kerja, tapi ada yang lebih utama lagi yaitu amplop lamaran kerja. Bagaimana kamu mengemasnya secara rapi, mulai dari penulisan nama pengirim, alamat tujuan perusahaan hingga perihalnnya.

Jika kamu membuatnya dengan asal-asalan, tentu membuat HRD perusahaan tersebut bisa saja malas membukanya dan langsung menumpukkan didaftar tidak lolos. Sangat disayangkan jika sampai seperti itu.

Nah, contoh amplop lamaran kerja yang baik dan benar berikut ini bisa kamu jadikan bahan contoh untuk membuat kesan bahwa kamu benar-benar serius dalam melamar pekerjaannya.

Berikut ini adalah beberapa poin penting dalam menggunakan amplop untuk melamar pekerjaan :

(1) Standar amplop lamaran kerja yang sering digunakan adalah amplop ukuran F4 yang berwarna coklat. Amplop coklat ini ada 2 versi, yang polos dan ada yang bergaris-garis biru merah disamping-sampingnya (seperti frame).

(2) Harga amplop coklat ukuran F4 ini cukup murah, kisaran Rp 1000/lembarnya dan agak lebih mahal untuk yang ada frame biru merahnya. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan amplop coklat ini, mulai dari toko klontongan, indomaret, alfamidi, toko buku hingga tempat fotocopy.

(3) Pastikan juga amplop yang kamu gunakan tidak dilipat dan tidak kotor.

(4) Dibagian depan amplop coklatnya kamu wajib menuliskan nama pengirim, alamat penerima dan perihal surat tersebut. Ini adalah bagian yang sangat penting, jika kamu mengirimkannya polosan tanpa alamat dan diterima oleh security atau recepcionist, ditakutkan akan tercecer dan tidak diteruskan ke bagian HRD untuk proses interviewnya.

3 Hal Penting Penulisan Alamat di Amplop Lamaran

contoh penulisan pengirim di amplop lamaran kerja

Penulisan amplop lamaran kerja harus benar dan itu ada terdiri dari 3 bagian, yaitu :

  • Bagian Pojok kanan atas : tuliskan disitu Perihal : Lamaran dan lebih bagus jika kamu menuliskan posisi atau jabatan yang dilamar.
  • Bagian Kiri Atas : itu adalah posisi kamu menuliskan detail pengirim. mulai dari nama, alamat, serta nomor telepon. Pastikan kamu juga menuliskan data yang sesuai KTP ya.
  • Bagian Kanan Bawah : ini adalah posisi tempat menuliskan alamat perusahaan yang dituju. pastikan kamu menujukan langsung kepada bagian HRD.

Berikut ini adalah contoh penulisannya :

Contoh penulisan Perihal surat :

Perihal : Lamaran Pekerjaan
Jabatan : Staff Administrasi

Contoh Penulisan alamat pengirim :

Nama : Nama Lengkap Anda
Alamat : Alamat tempat tinggal saat ini
Email : email yang aktif
No. telp : Nomor telepon yang aktif

Contoh Penulisan Alamat Perusahaan :

Kepada Yth.
Bpk/Ibu HRD
PT. Jaya Abadi Nusantara
Jl. Sudirman IV no. 10 Jakarta Pusat, 14450

Demikianlah, contoh amplop lamaran kerja tulis tangan atau diprint dan ditempel dengan lem kertas. Semoga ini bisa bermanfaat dan kamu bisa langsung diterima bekerja dengan baik.

error: This content is protected by DMCA